Manfaat terasi

Terasi merupakan salah satu bumbu masakan yang paling banyak digunakan di Indonesia. Salah satu manfaat terasi yang paling umum dijumpai adalah untuk membuat sambal.

Namun, bumbu masakan yang terbuat dari udang tersebut ternyata tak hanya menyedapkan rasa sambal saja. Ada cukup banyak jenis masakan yang menjadi lezat saat dicampur dengan terasi. Penasaran apa saja manfaat terasi selain untuk sambal? Mari simak ulasan berikut ini.

BACA JUGA: Mengenal Petis Udang, Bumbu Rahasia Makanan Khas Surabaya

1. Baik untuk diet

Diet
Jovee

Terasi udang memiliki kandungan protein yang cukup tinggi. Untuk itu, bahan masakan ini sangat cocok diolah menjadi salah satu menu diet dengan menjadikannya sambal.

-->

Sedulur cukup mengurangi konsumsi karbohidrat seperti nasi dan ganti dengan bahan lain tinggi protein seperti tahu, tempe, atau kacang panjang. Bahan-bahan tersebut sangat cocok disantap dengan sambal terasi sehingga bisa membantu Sedulur menjaga pola makan.

2. Mencegah osteoporosis

Terasi
Jabar Ekspres

Manfaat terasi untuk kesehatan selanjutnya berasal dari kandungan vitamin D dan fosfor. Mineral ini dapat membuat kesehatan tulang terjaga sehingga terhindar dari resiko osteoporosis atau pengeroposan tulang.

Selain itu, mengkonsumsi terasi juga baik untuk orang-orang yang sedang dalam proses penyembuhan tulang. Karena fosfor dan vitamin D bisa membantu mempercepat pemulihan patah tulang.

3. Menjaga kesehatan gigi

Terasi udang
Fimela

Udang menjadi salah satu hewan dengan kandungan kalsium yang tinggi. Ini berdampak pada komposisi mineral yang ada dalam terasi dimana ada sekitar 10 persen kalsium.

Kandungan kalsium ini ternyata sangat baik untuk menjaga kesehatan gigi. Namun, manfaat terasi ini tidak cukup banyak diketahui orang-orang.

4. Meningkatkan mood

Happy eating
University of California

Terasi udang mengandung tryptophan, yang membantu mengeluarkan serotonin, hormon yang meningkatkan mood. Hormon ini juga menjadi salah satu pemicu seseorang merasakan rasa bahagia ketika sedang makan sesuatu yang dia suka.

Jadi tidak heran ketika kandungan tryptophan ini muncul dalam tubuh, seseorang akan merasakan bahagia dan puas seusai menyantap sambal terasi.

BACA JUGA: Menilik Sejarah Gudeg Yang Legendaris, Makanan Raja di Abad Ke-15!

5. Mengurangi resiko keriputan dini

Keriputan dini
Grid ID

Dilansir dari The Spruce Eats, terasi juga memiliki kandungan antioksidan bernama astaxanthin. Tak hanya bisa mencegah pertumbuhan sel kanker tertentu, antioksidan jenis ini juga mampu mencegah keriput akibat paparan sinar matahari berlebih.

6. Mencerdaskan otak

terasi terbuat dari udang
Hewanpedia

Fakta terasi terbuat dari udang ternyata membuat banyak manfaat yang bisa dirasakan tubuh. Salah satunya dari kandungan vitamin B12 dan omega-3 yang berasal dari udang. Mineral alami tersebut mampu meningkatkan fungsi otak.

7. Meningkatkan rasa umami makanan

Manfaat terasi
Foie Good

Selain untuk kesehatan, manfaat terasi yang utama adalah untuk menyedapkan masakan. Namun, jika Sedulur belum mengetahui rasa dan aroma apa yang bisa diberikan bumbu makanan dengan aroma menyengat ini bisa simak penjelasan dari Dr. Laili Rahmawati,STP.,MMA.

Dilansir dari Kompas, Laili menjelaskan bahwa terasi merupakan bumbu dapur yang mirip seperti bonito atau fermented food lainnya.

Alhasil, terasi jika diolah dalam sebuah masakan akan memberikan variasi rasa asin gurih khas sea food. Hal ini juga disesuaikan dengan grade terasi dan bahan pembuatannya.

“Di pasaran ada banyak grade terasi. Itu semua dilihat dari bahan bakunya. Ada terasi yang terbuat dari ikan, ada juga yang terbuat dair kaldu ikan. Ada yang terbuat dari udang, ada juga yang dari kaldu udang,” jelasnya.

Dalam penjelasannya, Laili juga mengatakan terasi memiliki banyak kandungan mineral baik seperti zinc, fosfor, dan kalsium.

BACA JUGA: 14 Inspirasi Model Rak Bumbu Dapur dari Kayu Terbaik

Bahaya konsumsi terasi berlebihan

Sambal terasi
Endeus TV

Namun, Sedulur perlu berhati-hati karena terasi tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan lho. Hal ini karena memakan terasi baik yang sudah dijadikan sambal atau menu masakan lainnya bisa mengganggu kesehatan pencernaan.

Dilansir dari Alodokter, sambal terasi yang dikonsumsi berlebihan bisa memunculkan masalah seperti iritasi mukosa bibir, mulut, mata, dan saluran pencernaan. Bahkan, terasi bisa memicu sakit maag dan kembung lho.

Demikian tadi penjelasan lengkap tentang manfaat terasi bagi kesehatan. Semoga informasi di atas bisa menambah wawasan Sedulur soal bumbu khas nusantara tersebut ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.
 
Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.