tes kecepatan internet

Tes kecepatan internet sangat diperlukan untuk bisa mendukung pekerjaan.  Pasalnya, internet yang kencang, memang sangat diperlukan supaya segala kebutuhan untuk pekerjaan atau bermain sosial media tidak menjadi sulit.

Kecepatan internet menjadi satu syarat supaya nyaman saat melakukan kegiatan berselancar di dunia maya. Jaringan internet yang lambat tentu akan menyebabkan  frustasi pada penggunanya. Untuk itu ada beberapa aplikasi dan situs yang bisa digunakan dalam menguji kecepatan kecepatan internet yang akan  sedang digunakan atau akan digunakan.

Berikut aplikasi untuk uji kecepatan internet seperti yang dihimpun dari laman CBNC Indonesia. Yuk simak ulasan lengkapnya berikut ini.

BACA JUGA : Mengenal Simbol-Simbol Pada Flowchart, Jangan Asal Pakai

1. Meteor by OpenSignal

Ini Cara Cek Kecepatan Internet, Mudah Banget
androidguys

Tes uji kecepatan internet bisa menggunakan Meteor by OpenSignal. Aplikasi ini merupakan aplikasi independen  yang menawarkan uji kecepatan yang handal dengan antarmuka yang apik. Meteor akan menjelaskan kepada Sedulur secara sederhana mengenai kecepatan internet Sedulur. Meski demikian, aplikasi ini tidak memberikan cakupan informasi jaringan yang secara detail. Tapi tenang, buat Sedulur yang sudah menginstal aplikasi yang satu ini, aplikasi ini bisa digunakan ketika sedang melakukan bepergian keluar kota atau saat berada di luar daerah.

Meteor dianggap dapat melakukan  tes kecepatan internet meliputi wi-fi, jaringan 3G, 4G hingga dengan 5G. Nah, tes ini bisa dilakukan secara cepat hanya dalam hitungan detik saja lho Sedulur. Tentu saja hasilnya akan semakin lebih akurat. Selanjutnya aplikasi ini juga bisa menampilkan detail lainnya seperti berupa kecepatan upload dan  ping.

Buat kamu yang menginstal aplikasi yang satu ini, meteor juga memiliki beberapa fitur ekstra khususnya dalam menampilkan aplikasi-aplikasi yang terpilih seperti Chrome, Maps,  hingga Youtube, untuk mengetahui apakah berjalan secara maksimal pada koneksi internet yang digunakan.

BACA JUGA : Ovarium Adalah Tempat Terjadinya Pembuahan, Simak Fungsinya

2. Speed test master

Ini Cara Cek Kecepatan Internet, Mudah Banget
Apkdownloadforvideos

Tes uji kecepatan internet yang bisa kamu pakai selanjutnnya adalah dengan menggunakan apllikasi speed test master. Aplikasi yang satu ini tersedia di hp yang berbasis  iOS dan juga android. Dalam aplikasi ini terdapat sekumpulan tools yang tak hanya mencakup tes kecepatan. Misalnya saat menghitung waktu respon ping untuk jaringan PlayStation, Steam, Youtube, Tiktok, dan juga jaringan media sosial lainnya.

Selain itu, aplikasi ini juga bisa dijadikan sebagai tes kecepatan internet wifi serta memberitahu pengguna dalam menempatkan dirinya supaya mendapatkan sebuah konektivitas yang handal dan mumpuni.  Aplikasi ini juga didukung dengan sejumlah fitur sampingan yang berguna dalam mendeteksi jaringan wifi di sekitar maupun tes kecepatan internet wifi.

Apabila kamu ingin merasa bebas dan tidak ingin mendapatkan iklan dari aplikasi yang satu ini, maka tidak ada salahnya lho untuk berlangganan yang versi premium. Bagaimana, tertarik untuk memakai aplikasi yang satu ini?

3. Speed tes wifi analyzer by analiti

Ini Cara Cek Kecepatan Internet, Mudah Banget
apkpure

Selanjutnya ada aplikasi yang dianggap sangat keren dan mungkin membantu Sedulur dalam melihat berapa presentasi kecepatan internet yang bisa dinikmati. Ya, aplikasi tersebut adalah Speed Tes Wifi Analyzer by Analiti.  Dengan desain utilitarian memberikan pengguna banyak informasi dengan terperinci.

Sayang  sekali buat Sedulur pengguna iOS, aplikasi ini tidak tersedia atau tidak mendukung perangkat hp tersebut. Sebab, aplikasi ini hanya bisa kamu temui di aplikasi Google Play dan Amazon Play Store. Aplikasi ini tersedia secara gratis, namun tersedia pula pilihan untuk berlangganan.

BACA JUGA : 6 Jenis Kucing Persia Asli, Ciri Khas, Harga & Cara Merawatnya

4. Speedtest by Ookla

Ini Cara Cek Kecepatan Internet, Mudah Banget
blackxperience

Selanjutnya ada aplikasi gratis untuk mengukur test speed real yaitu Speedtest by Ookla. Aplikasi yang satu ini bisa kamu unduh gratis di i OS, Android, Windows, dan Mac. Meskipun bisa diakses secara gratis. Namun, pengguna iOS dan Android dapat membayar berlangganan supaya bisa menghilangkan iklan.

Aplikasi yang satu ini mungkin tidak hanya digunakan supaya mengetahui kecepatan dari unduh, unggah, atau ping saja. Namun Speedtest by Ookla juga bisa digunakan dalam melihat situasi ideal ketika menikmati video live streaming. Aplikasi yang satu ini akan memutar beberapa klip untuk bisa melihat terkait resolusi maksimal yang bisa dicapai saat streaming video.

Speedtest by Ookla akan meminta akses lokasi dan beberapa otorisasi lainnya sehingga dapat bekerja secara maksimal. Keunggulan lain yang bisa kamu dapatkan Sedulur setelah menginstal aplikasi ini adalah menghadirkan layanan VPN secara gratis dengan limit 2 GB per bulannya.

Keunggulan tes kecepatan pada Speedtest by Okla adalah memiliki riwayat hasil tes pada aplikasi, selain juga dapat menunjukan hasil peta jaringan seluler yang sehat dan terdapat pada VPN bawaan.

BACA JUGA : Mengenal Kucing Kampung & Perbedaanya dengan Kucing Ras

5. Fast by Netflix

Ini Cara Cek Kecepatan Internet, Mudah Banget
thenexweb

Aplikasi ini sudah tersedia di iOS dan Android. Aplikasi ini berfungsi untuk digunakan sebagai tes uji kecepatan internet. Saat masuk ke aplikasi, tes kecepatan unduhan akan langsung dimulai dan kamu tidak harus menekan tombol ‘go’.

Sementara Buat Sedulur yang khawatir dengan risiko akan banyak memakan ram, tenang dan jangan khawatir. Sebab, aplikasi yang satu ini ini tidak akan banyak memakan space pada ponsel Sedulur kok. Nah buat kamu yang masih bingung dengan aplikasi yang satu ini, terdapat informasi seperti unloaded dan loaded latency, kecepatan unggah, dan juga IP publik pengguna.

6. Network speed tes by microsoft

Get Network Speed Test - Microsoft Store
microsoft

Terakhir ada network speed tes by microsoft. Aplikasi ini tersedia di Microsoft Store dan memiliki fungsi sebagai tes kecepatan internet google. Keunggulan yang dimiliki oleh aplikasi network speed tes by microsoft adalah dapat menguji kinerja sinyal dan memeriksa terkait cakupan jaringan secara keseluruhan.

Dalam aplikasi yang satu ini pula, tersedia pengujian sebelumnya, jadi pengguna dapat dengan mudah melakukan perbandingan. Jadi, bagaimana tertarik menggunakan aplikasi yang satu ini untuk menguji kecepatan internet dari Sedulur? Semoga bisa membantu kebutuhan Sedulur.

Demikian ulasan mengenai aplikasi yang bisa dipakai untuk menguji tes kecepatan internet. Mudah dan sangat praktis bukan? Persoalan internet yang lambat mungkin membuat seseorang akan merasakan ketidaknyamanan. Apalagi di zaman sekarang semakin banyak pekerjaan yang membutuhkan koneksi internet yang mumpuni.

Salah satu pekerjaan yang hanya bermodalkan internet adalah menjadi Super Agen! Super Agen bertugas mengumpulkan pesanan kebutuhan pokok atau sembako dari tetangga atau toko kelontong terdekat Sedulur. Setelah mengumpulkan pesanan, Sedulur bisa membelikan sejumlah barang orderan itu hanya lewat Aplikasi Super. Untuk bisa berbelanja di Aplikasi Super, Sedulur harus mengunduh aplikasinya lewat Google Play Store ya atau klik di sini.

Untuk mendaftar menjadi Super Agen, Sedulur bisa membaca syarat dan ketentuan secara lengkap di sini. Keuntungan jika Sedulur bergabung menjadi Super Agen antara lain, kerja hanya bermodalkan ponsel pintar, jam kerja fleksibel, dan pendapatan per bulan bisa mencapai Rp5 juta lho!