Jangan pernah meremehkan jenis kucing kampung, meski banyak ditemukan di jalanan, namun nyatanya, kucing jenis ini memiliki banyak keistimewaan. Lantas apa saja kelebihan dari kucing jenis ini dan perbedaannya dengan kucing ras? Simak yuk ulasan berikut ini!

BACA JUGA : 300 Nama-nama Kucing Lucu dan Unik yang Mudah Diingat

1. Mengenal kucing kampung

Fakta Untik Tentang Kucing Kampung, Sudah Tau?
pexels

Nama lain kucing kampung biasa disebut dengan nama kucing domestik, ternyata jenis ini sangat banyak ditemukan di lingkungan sekitar kita lho. Biasanya, mereka sering mondar-mandir mencari pakan di jalanan atau di sekitaran ruang publik. Karena hidup di jalanan atau di gang rumah milik warga, membuat kucing ini dianggap banyak orang sebagai kucing liar. Status yang disematkan pada kucing lliar itu pun, membuat banyak orang memperlakukannya secara semena-mena.

Meski memiliki perbedaan yang sangat signifikan dengan kucing-kucing rumahan, lantas tidak boleh Sedulur memperlakukan hewan peliharaan Rasulullulah SAW dengan tindakan yang tidak baik. Nah, untuk mengeatahui apa sajakah fakta-fakta terkait kucing kampung, berikut ulasan selengkapnya.

-->

BACA JUGA : 101 Ucapan Ulang Tahun Untuk Diri Sendiri, Untuk Apresiasi Diri

2. Ciri-ciri kucing kampung

Fakta Untik Tentang Kucing Kampung, Sudah Tau?
pexels

Setelah mengetahui atau mengenal tentang kucing kampung, maka selanjutnya adalah mengetahui ciri-ciri dari kucing jenis ini. Nah berikut tim Aplikasi Super memberikan penjelasannya untuk Sedulur. Yuk simak.

Kepala

Kucing jenis ini memiliki struktur kepala yang cenderung kecil dan sedikit lonjong dibbandingkan dengan beberapa jenis kucing lain. Kepala kucing ini biasanya dihiasi dengan telinga yang memiliki ukuran yang sedang.

Tubuh

Ciri kucing ini selanjutnya adalah, mereka memiliki bentuk tubuh yang ramping dibandingkan dengan beberapa jenis kucing lainnya. Bentuk tubuh pada jenis kucing ini cenderung pendek dengan leher yang kecil dan lebih lincah dibandingkan ras lain

Bulu

Kucing ini juga terkenal memiliki bulu yang pendek, berbeda dengan jenis-jenis kucing rumahan lain di mana mereka cenderung memiliki bulu yang lebat. Meski memiliki bulu pendek, bulu pada kucing ini ternyata membawa beberapa keuntungan. Selain itu, terkait dengan perawatan, tidak ada perlakuan khusus untuk jenis kucing yang satu ini.

BACA JUGA : 100+ Kosa Kata Bahasa Korea Percakapan Sehari-hari, Lengkap!

3. Sifat kucing kampung

Fakta Untik Tentang Kucing Kampung, Sudah Tau?
pexels

Meski sangat mudah untuk dipelihara, kucing ini memiliki sisi yang kurang disukai lho Sedulur. Kucing kampung cenderung kotor dan suka masuk ke got-got atau lubang saluran air hanya untuk mencari makan. Tidak hanya itu, mereka sering terlibat perkelahian dengan kucing jenis lain, sehingga sering meninggalkan bekas luka.

BACA JUGA : 12 Urutan Bintang Zodiak Berdasarkan Tanggal & Kepribadiannya

4. Jenis kucing kampung

Fakta Untik Tentang Kucing Kampung, Sudah Tau?
pexels

Meski terkenal karena sifat hidupnya yang tidak steril, namun, kucing ini ternyata memiliki beragam jenis lho. Dan sangat populer untuk dipelihara. Lantas jenis kucing kampung apa sajakah itu, berikut penjelasannyanya.

Kucing merah bata.

Jenis kucing kampung yang pertama ada yang berwarna merah bata. Sebab, warna yang ditonjolkan pada kucing ini adalah, warna kuning, orange bahkan putih yang bergaris-garis. Kucing jenis ini paling sering ditemukan di lingkungan sekitar dan sangat setia dengan pemiliknya.

Kucing warna hitam putih

Jenis kedua ada jenis kucingberwarna hitam dan putih. Mereka sangat pandai dalam melakukan perburuan dan bahkan lebih baik dari kucing dengan warna merah bata. Tidak hanya itu, kucing ini tidak terlalu suka berkelahi. Meski demikian, kucing ini diketahui, sangat pemalas jika sudah tua

Kucing kampung berwarna putih

Selanjutnya ada kucing dengan jenis corak warna putih. Mereka sangat unik, karena bulu tubuhnya berwarna putih. Mereka sangat favorit untuk dipelihara, karena aktif, pintar, gemar bermain  dan cukup energik. Meski demikian, kucing ini sangat rentan terkena penyakit.

Kucing kampung hitam

Selanjutnya ada kucing dengan warna hitam gelap. Kucing ini terlihat sangat garang, meski demikian mereka jarang kotor dan pandai dalam berburu. Satu lagi kelebihan dari kucing jenis ini adalah, mereka sangat penurut dengaan tuannya.

Kucing kembang telon

Kucing  yang satu ini, memiliki jumlah tiga warna yang berbeda. Mulai dari warna putih, hitam dan orange. Meski demikian warna kembang telon biasanya dimiliki oleh betina. Namun, bilamana ditemukan pejantan, maka sudah dipastikan mereka mengalami kelainan. Perlu diketahui Sedulur, mereka lebih suka ada di luar rumah ketimbang di rumah.

BACA JUGA : 9 Jenis Calathea Termahal di Indonesia, Hingga Jutaan Rupiah!

5. Cara merawat kucing kampung

Fakta Untik Tentang Kucing Kampung, Sudah Tau?
pexels

Mungkin banyak orang menganggap kucing kampung jelek. Namun, apabila kamu rawat dengan baik, maka kucing ini bisa terlihat cantik dan sehat lho. Tidak hanya itu, apabila dirawat dengan benar maka bisa menciptkan kucing yang lucu.

Lantas bagaimana cara perawatan dari kucing ini, dan bagaimana supaya mendapatkan kucing jenis ini yang  lucu dan sehat, berikut adalah ulasannya.

Mandikan kucing kampung

Cara pertama yang harus kamu lakukan adalah, memandikan kucing ini dengan sabun dan shampo khusus. Supaya selalu bersih dan bisa diajak main, kamu harus memandikannya 1-2 minggu sekali.

Menyikat bulu kucing secara teratur

Supaya bulunya terlihat sehat, kamu harus melakukan berbagai langkah penting. Setelah mandi, jangan  lupa menyikat dan mengeringkan  bulu kucing peliharaanmu. Jangan salah, bulu kucing jenis ini tidak kalah bagus dari jenis anggora atau persia.

Memberikan vaksinasi

Jangan lupa untuk selalu memberikan vaksinasi, buat kucing kesayanganmu ya Sedulur. Vaksinasi ini sangat penting supaya kucingmu terbebas dari berbagai penyakit.

Membersihkan dan memotong kuku

Supaya kucing kamu terlihat bersih dan sehat, maka pastikan juga untuk selalu menjaga kebersihan kuku kucingmu. Sebagai bagian dari merawat anakan kucing kampung.

BACA JUGA : 20+ Ikan Aqua Space Terbaik, Cocok Dipelihara Untuk Pemula

6. Makanan kucing kampung

Fakta Untik Tentang Kucing Kampung, Sudah Tau?
pexels

Tidak ada perawatan khusus bagi Sedulur yang berminat merawat kucing jenis ini. Namun, buat Sedulur yang ingin melihat kucing kampung terlihat sehat dan bersih, maka tidak ada salahnya memberikan mereka makanan yang bergizi dan berserat tinggi. Dilansir dari petpintar.com, makanan dan minuman untuk kucing jenis ini harus mengandung seperti di bawah ini.

  • Protein hewani (daging atau ikan)
  • Asam amino, seperti taurin dan arginin
  • Asam lemak
  • Vitamin
  • Mineral
  • Air

7. Perbedaan kucing kampung dengan ras

pexels

Kucing ras umumnya memiliki bulu yang panjang dan lebat. Sehingga perawatannya sangat ekstra disiplin. Sedangnya kucing kampung bulunya tidak terlalu lebat dan lebih cenderung pendek. Bahkan, kucing ini juga tidak perlu sering-sering dimandikan. Meski banyak dipandang sebelah mata, kucing domestik lebih memiliki banyak warna dibandingkan dengan yang ras.

Selain itu, motifnya lebih bervariasi dibandingkan dengan yang ras. Untuk daya tahan tubuh, kucing kampung lebih teruji dibandingkan ras. Mengapa kucing domestik bisa demikian, karena mereka sudah biasa hidup liar di alam bebas sehingga jauh lebih unggul ketimbang jenis ras.

Nah, demikian ulasan mengenai kucing kampung, penjelasan hingga perbedaan dengan kucing ras. Meski terkenal memiliki hidup yang jorok, namun, apabila Sedulur berminat ingin memeliharanya, bukan tidak mungkin kucing ini bisa hidup lebih sehat dan memiliki warna kulit yang indah.