Kucing persia dijadikan favorit sebagai hewan peliharaan. Banyak pecinta hewan memelihara jenis kucing ini. Apalagi perawatannya pun lumayan mudah. Selain lucu dan menggemaskan, memelihara kucing  juga bisa meredakan stres bagi masing-masing orang.

Tahukah kamu Sedulur, kucing persia memiliki beragam jenis lho. Dan tentu saja memiliki beberapa ciri-ciri khusus. Nah seperti apa jenisnya dan bagaimana ciri-cirinya, berikut ulasan lengkap yang berhasil dihimpun oleh tim Aplikasi Super

BACA JUGA : 12+ Cara Mengusir Tokek di Rumah Pake Bahan Alami, Manjur!

1. Ciri-ciri kucing persia

Kenali Ciri khas Jenis Kucing Persia
pexels

Memelihara kucing adalah  kesukaan Rasulullah SAW. Jadi, di agama Islam, memelihara hewan ini sangat dianjurkan sekali. Salah satu jenis kucing yang bisa kamu pelihara adalah jenis kucing persia. Nah, untuk mengetahui seperti apa, ciri-ciri kucing persia ini, yuk simak ulasanny di bawah ini

-->

Bulu tebal

Karakteristik yang pertama dan wajib Sedulur tahu adalah kucing jenis persia memiliki bulu-bulu lembut, tebal, bahkan berkilau. Panjang bulu kucing jenis ini berkisar sekitar 5-15 cm dan menutupi seluruh bagian tubuh, kecuali di bagian wajah.

Mata bulat dan berwarna cerah

Ciri khas yang kedua yang wajib Sedulur pahami adalah kucing persia memiliki mata yang bulat dan berwarna cerah. Warna bola mata juga menyesuaikan dengan warna bulu kucing. Misalnya saja, warna mata hijau terletak pada jenis kucing persia dengn bulu perak dan juga keemasan.

Meski demikian, ada pula lho yang jenis persia yang memiliki warna berbeda pada kedua bola matanya. Biasanya, hal ini disebut dengan odd eye. Kucing jenis odd eye biasanya memiiki bulu-bulu yang berwarna putih. Namun, meski demikian ternyata jenis odd eye juga bisa ditemukan pada kucing dari ras lain.

Hidung pesek

Mungkin beberapa Sedulur pernah melihat kucing dengan bentuk hidup yang pesek. Ya kucing dengan bentuk hidung seperti ini, sangat indah lho untuk dipelihara. Dan, jenis kucing persia memiliki bentuk hidung yang seperti ini. Meski juga ada ras persia yang memiliki hidung yang panjang. Bagian pada hidung kucing letaknya berada di pangka dan terlihat memiliki belahan.

Telinga kecil

Ciri khas selanjutnya dari jenis ras persia adalah, kucing ini ternyata hanya memiliki telinga yang berukuran sangat kecil dan bentuk ujungnya membulat. Bagian pada pangkal telinga bisa dikatakan tidak terlalu terbuka, sementara itu pada bagian ujung melengkung dan menghadap ke bawah.

Kepala besar

Selanjutnya, ciri lain dari kucing jenis ini adalah, mereka memiliki kepala yang berukuran besar, melingkar atau bahkan melengkung menyerupai seperti sebuah kubah. Nah, pada bagian struktur wajah, tengkorak besar lumayan kokoh. Tidak hanya itu, bagian pada dagu kucing jenis ini, berbentuk bulat, kuat dan tidak terlalu rendah. Lalu untuk bagian rahang sangat besar dan juga kuat.

Bentuk kaki pendek

Ciri-ciri kucing persia selanjutnya adalah mereka memiliki bentuk kaki yang cukup pendek. Tidak hanya kaki yang pendek, namun juga memiliki bentuk badan yang tebal, gemuk, dan bulat. Kakinya lurus, memiliki telapak datar, dan besar. Meski pendek, namun kaki-kaki ras kucing ini sangat kuat dan kokoh lho Sedulur.

Ekornya berbulu tebal dan panjang

Satu lagi yang wajib kamu ketahui Sedulur, ras kucing jenis ini memiliki ekor yang lumayan panjang dan diselimuti oleh bulu-bulu yang tebal. Sehingga ketika berjalan, kucing ini berlenggak-lenggok layaknya putri kecantikan. Bentuknya yang unik ini, tentu membuat siapa pun pasti terpikat ingin memeliharanya

Badan bulat

Ciri-ciri selanjutnya yang bisa kamu lihat dari kucing jenis ini adalah mereka memiliki badan yang bulat, pendek, dan bertubuh besar. Karena bentuknya yang unik ini, membuat kucing persia disebut sebagai tipe cobby yang mana mereka memiliki kaki pendek besar, pundak lebar dan kepala yang melingkar.

Harga kucing persia

Harga kucing jenis ini pun juga sangat bervariasi. Tergantung dengan jenis dan bentuk pada bagian tubuhnya. Harga paling murah dibanderol dari kisaran Rp 850 ribu dan sampai yang paling mahal bisa mencapai kisaran Rp 2 juta.

BACA JUGA : 20+ Ikan Aqua Space Terbaik, Cocok Dipelihara Untuk Pemula

2. Jenis kucing persia

Kenali Ciri khas Jenis Kucing Persia
pexels

Setidaknya untuk kucing jenis persia ini memiliki kurang lebih 5 jenis. Tentu saja dengan bentuk tubuh atau ciri-ciri yang berbeda. Dan bahkan, harga yang ditawarkan juga akan sangat berbeda.

Berdasarkan warna pada bulu, kucing dari ras persia dibedakan menjadi solid colour (satu warna), bicolor (dua warna), tricolor atau calico (tiga warna), tabby (belang) dan colourpoint (kucing kawin silang). Kelima jenis ini akan saya jabarkan di bawah ini. Yuk simak ulasannya berikut ini Sedulur.

Kucing persia peaknose

Pada posisi pertama ada kucing persia dengan jenis peaknose. Dan kucing jenis ini, termasuk dalam kucing yang paling mahal. Untuk kucing yang masih memiliki umur tiga bulan dan belum mendapat vaksin dihargai mencapai Rp 6,5 juta. Sementara untuk harga kucing persia  jenis peaknose yang masih berusia enam bulan dan sudah mendapat vaksinasi, bisa dihargai Rp 12 juta.

Dikutip dari laman Katadata.co.id, ciri khas dari kucing jenis ras persia dan memiliki bentuk tubuh peaknose adalah kucing dengan hidung yang pesek. Kucing ini dianggap sangat lucu lho Sedulur. Mengapa bisa demikian, ya wajah peaknose akan terlihat cemberut dan menggemaskan.

Kucing jenis ini dibagi menjadi  dua jenis, yaitu peaknose biasa dan peaknose ekstrem. Keduanya terletak pada bagian ukuran hidung. Nah, apabila kucing jenis ini semakin pesek hidungnya, tentu saja harganya pun bisa jauh lebih mahal lho Sedulur. Jadi, tertarik untuk membeli dan merawatnya? Maka siapkan kocek yang dalam-dalam ya.

Kucing persia medium

Selanjutnya ada jenis kucing persia medium. Ciri-ciri utama dari kucing jenis ini adalah, mereka memiliki hidung yang relatif lancip dan berbeda dari jenis persia lainnya Sedulur. Ras kucing ini merupakan hewan peliharaan yang berasal dari perkawinan silang antara jenis persia yang asli dan kucing lokal.

Jenis persia medium, bisa kita temui di beberapa negara di Asia Tenggara, seperti Malaysia, Thailand, dan di Indonesia lebih tepatnya. Bentuk tubuh dari ras kucing medium ini, memiliki tubuh yang besar, wajah bulat, telinga pendek dan kaki yang besar. Nah, pasti Sedulur akan bertanya-tanya, berapa sih harga kucing jenis ini? Harga kucing persia medium dibanderol dengan harga Rp 850 ribu sampai dengan Rp 1,65 juta untuk usia satu bulan dan belum mendapatkan vaksin.

Selanjutnya, apabila kucing ini sudah memasuki usia enam bulan maka harganya juga akan  berbeda. Namun, tenang Sedulur, harganya masih ramah untuk dikantong kok. Kucing dengan usia enam bulan, dan belum mendapatkan suntikan vaksin, biasanya akan dihargai  dengan Rp 600 ribu sampai dengan Rp 2,5 juta.

Kucing persia flatnose

Sesuai dengan namanya, flatnose, kucing ini memiliki hidung yang pesek. Selain itu, jenis persia flatnose memiliki wajah lebih kotak, mata bulat dan kaki yang lebih pendek. Tidak cuma itu, ukuran telinganya bisa dikatakan lebih kecil dan hampir tidak terlihat. Perlu kamu  ketahui, kucing jenis memiliki wajah yang terkesan tambun atau gemuk dan pendek.

Kucing ras persia jenis ini, juga sangat aktif dalam melakukan gerakan dan suka memanjat kesana dan kemari. Nah, untuk rentang harga yang ditawarkan jenis persia flatnose ini hampir sama dengan jenis peaknose. Bicara mengenai harga dari jenis flatnose ini, harganya bisa dikatakan sangat lumayan. Kucing yang masih berumur tiga bulan dan belum mendapatkkan vaksin dijual dengan harga Rp 4,5 juta sampai dengan 5,9 juta.

Selanjutnya, untuk kucing dengan usia tiga bulan dan sudah mendapatkan suntikan vaksin harganya bisa mencapai Rp 8 juta sampai dengan Rp 9  juta. Lalu, untuk kucing yang sudah memasuki usia enam bulan dan belum mendapatkan suntikan vaksin, rentang harganya bisa mencapai Rp 9,5 juta sampai dengan harga Rp 10 juta.

Terakhir, jenis flatnose dengan usia enam bulan dan sudah mendapatkan  suntikan vaksin, harganya akan semakin mahal yaitu Rp 11 juta sampai dengan Rp 12 juta. Harganya lumayan wah bukan, namun itu kembali dari kamu Sedulur. Harga tersebut mungkin tidak terlalu berpengaruh untuk mereka yang suka memelihara kucing.

Ras persia himalaya

Setelah tadi membahas tentang kucing persia jenis flatnose,  kini saatnya membahas tentang ras himalaya. Kelebihan ras himalaya ini adalah, mereka berasal dari perkawinan silang antara kucing persia jenis himalaya dan juga kucing siam. Perlu kamu ketahui Sedulur, ras himalaya ini, tidak berasal dari Indonesia, melainkan dari Benua Eropa.

Ciri-ciri kucing persia jenis ini adalah memiliki sebuah titik yang gelap pada bagian wajah, kaki, ekor, dan telinga. Tidak tanggung-tanggung, kucing persia himalaya memiliki berat badan bisa mencapai empat hingga enam kilogram. Kucing ini sangat layak untuk dijadikan hewan peliharaan kamu Sedulur. Sebab, harganya masih bisa dijangkau oleh kantong kalian.

Harga kucing persia himalaya yang asli dan masih berusia tiga bulan dan belum mendapatkan suntikan  vaksin, akan dihargai sekitar Rp 3 juta, hingga Rp 4,5 juta. Sementara harga kucing jenis ini, dengan usia enam bulan dan belum mendapatkan suntikan vaksin, dibanderol dengan harga Rp 6,7 juta sampai dengan Rp 8 jutaan.

Bagaimana, apakah Sedulur tertarik untuk memelihara jenis kucing ini, nah, semoga membantu Sedulur yang sedang mencari kucing peliharaan dari ras persia.

Kucing persia eksotik short hair (Persia rambut pendek)

Terakhir ada jennis persia short hair atau ras persia yang memiliki rambut pendek. Kucing ini sebenarnya lahir dari hasil sebuah perkawinan dengan kucing yang berasal dari Amerika. Tentu saja kucing jenis ini memiliki banyak perbedaan dari jenis persia lainnya. Kucing jenis ini memiliki bulu yang lebih pendek, hidung kecil dan pendek serta terkesan lucu.

Nah, apabila Sedulur bingung, seperti apa sih bentuk kucing persia jenis ini, maka buat Sedulur yang sudah pernah menonton film garfield, nah seperti itulah bentuk kucingnya. Ciri-ciri dari kucing jenis ini adalah mereka memiliki badan yang gemuk, telinga pendek, dan juga hidung pesek.

Tahukah Sedulur, kucing jenis ini, ditemukan di Amerika sekitar tahun 1950. Bentuk tubuh mereka pendek, dahi lebar, mata berbentuk bulat dan memiliki gabungan dari beberapa warna. Tidak hanya itu, kucing jenis ini juga memiliki hidung yang tidak terlalu mancung serta bentuk wajah yang lumayan rata.

Nah, buat Sedulur yang bertanya terkait berapa sih harga kucing jenis ini, tenang berikut ini adalah penjelasannya. Harga anak kucing persia jenis ini, memiliki rentang harga berkisar Rp 4 juta sampai dengan Rp 7 juta.

BACA JUGA : 10 Rekomendasi Sabun Pemutih Wajah Terbaik Murah & Bagus!

3. Variasi warna kucing persia

pexels

Tahukah kamu Sedulur, ras persia, memiliki beragam variasi warna yang berbeda. Sebab, ada perpaduan tiga warna, dua warna dan masih banyak lagi. Nah, dari pada berlama lama terkait variasi warna  ras persia, berikut adalah ulasannya.

Satu warna atau solid warna

Jenis persia memiliki warna sama yang dimulai dari pangkal hingga ujung bulu. Solid colour  kucing jenis persia antara lain adalah warna hitam, putih, merah dan juga warna krem.

Dua warna atau bicolor

Kucing dengan corak yang memiliki dua warna  yaitu corak putih dan perpaduan warna  hitam, merah dn krem. Nah, biasanya kucing jenis ini dengan  corak dua warna ini, memiliki warna pink  di bagian hidung dan mata warna tembaga.

Tricolor atau calico

 Tiga warna atau calico tidak hanya bisa ditemukan pada jenis persia saja. Kucing calico memiliki garis batas warna yang  jelas. Calico sendiri masih dibagi menjadi dua jenis yaitu jenis calico murni dan dilute calico.

Tortoiseshell

Keempat adalah jenis warna tortoiseshell di mana mereka memiliki tiga warna yang bercampur aduk dan tidak ada batas warna yang cukup jelas. Tortoiseshell biasanya ada di ujung bulu terang warna krem, hitam dan merah.

Tabby atau belang

Kucing jenis tabby diketahui memiliki helai bulu sekitar 2-3 warna terang dan gelap. Nah pada bagian ujung biasanya berwarna gelap.

Colourpoint

Warna kucing yang seperti ini berasal dari hasil sebuah persilangan antara persia dengan kucing jenis siam. Maka hasilnya akan didapat seperti kucing ini yang memiliki warna yang hampir sama  dengan kucing siam. Untuk jenis persia yang berbulu panjang, memiliki kombinasi warna bulu gelap dan terang. Sementara itu, bagian warna gelap ada di kaki, ekor, telinga, dan juga pada bagian wajah.

Nah, demikian ulasan mengenai kucing ras persia dari mulai jenis, ciri dan harga yang ditawarkan. Semoga membantu Sedulur yang tertarik ingin mempelihara kucing di rumah ya Sedulur.