Sudahkah Ibu Super mengetahui manfaat yogurt untuk ibu hamil? Jangan anggap enteng, yogurt memiliki segudang manfaat yang baik untuk menjaga kesehatan ibu hamil .Olahan susu fermentasi ini mengandung probiotik dan beragam nutrisi yang baik bagi ibu hamil.

Dalam kesempatan ini, akan dibahas segudang manfaat yogurt untuk ibu hamil yang wajib diketahui. Hal tersebut penting untuk diketahui, agar Ibu Super yang sedang hamil bisa mengkonsumsinya dengan tujuan untuk menjaga kesehatan Ibu Super dan kesehatan janin. Yuk, mari langsung kita simak ulasannya di bawah ini.

BACA JUGA: Manfaat Yoghurt Untuk Kesehatan Tubuh Dan Kecantikan Kulit

1. Memenuhi asupan nutrisi tubuh dan janin

1. Memenuhi asupan nutrisi tubuh dan janin
freepik

Manfaat yogurt untuk ibu hamil yang pertama adalah dapat memenuhi asupan nutrisi tubuh ibu hamil dan janin. Hal tersebut disebabkan yoghurt kaya akan kandungan protein, kalsium, kalium, magnesium, fosfor, vitamin A, vitamin B, folat, zinc dan probiotik. Daftar kandungan tersebut dapat memenuhi kebutuhan gizi selama hamil dan menjaga nutrisi yang cukup bagi kesehatan janin.

2. Mendukung tumbuh dan kembang janin

2. Mendukung tumbuh dan kembang janin
freepik

Untuk mendukung tumbuh kembang janin dengan baik, Ibu Super bisa memanfaatkan yogurt bagi wanita hamil. Hal tersebut disebabkan oleh kandungan protein, kalori, lemak dan karbohidrat yang dapat berperan untuk menambah berat badan janin. Kandungan kalsium dari yoghurt juga dapat mendukung pembentukan dan perkembangan tulang, gigi, jantung, saraf dan otot si kecil.

Kandungan prebiotik dalam yoghurt juga dapat membantu dan mendukung sistem imunitas tubuh janin dan mengurangi risiko sang bayi ketika lahir menderita eksim atau alergi saat sudah lahir.

3. Menjaga berat badan ideal saat hamil

3. Menjaga berat badan ideal saat hamil
freepik

Selama hamil, Ibu Super akan mengalami kenaikan berat badan yang signifikan. Saat hamil, terdapat beberapa ukuran berat badan ideal untuk ibu hamil. Dengan mengkonsumsi yogurt untuk ibu hamil, Ibu Super bisa menjaga berat badan ideal bagi Ibu Super saat hamil. Ibu Super bisa mulai mengkonsumsi yogurt secara rutin saat mulai masa kehamilan.

BACA JUGA: 8 Manfaat Daun Tempuyung, Untuk Obat Asam Urat Hingga Ginjal

4. Mengurangi risiko komplikasi kehamilan

 

4. Manfaat yoghurt Mengurangi risiko komplikasi kehamilan
freepik

Terdapat juga manfaat yogurt untuk wanita hamil yaitu untuk mengurangi risiko komplikasi kehamilan. Komplikasi yagn sering terjadi yaitu diabetes gestasional dan preeklamsia. Kandungan dari probiotik yogurt bisa membantu memperkuat daya tahan tubuh dan mengurangi risiko terkena penyakit dan terinfeksi bagian intim ibu hamil.

5. Melancarkan sistem pencernaan

5. Melancarkan sistem pencernaan
freepik

Manfaat yogurt bagi wanita hamil selanjutnya adalah dapat membantu ibu hamil memiliki sistem pencernaan yang sehat dan bekerja dengan baik. Biasanya, ibu hamil akan mengalami masalah pencernaan seperti sembelit, dengan frekuensi yang sangat sering. Yogurt yang dikonsumsi bisa mengatasi permasalahan tersebut, dan mencegah mengalami gangguan pencernaan saat hamil.

BACA JUGA: 12 Manfaat Daun Bidara, Bantu Atasi Insomnia Hingga Kanker

6. Meningkatkan daya tahan tubuh

   6. Yoghurt untuk ibu hamil Meningkatkan daya tahan tubuh
pexels

Manfaat yogurt bagi wanita hamil juga bisa membuat sistem imunitas atau daya tahan tubuh ibu hamil meningkat. Usus ibu hamil akan menghasilkan sistem imun yang berdampak pada kekebalan tubuh secara keseluruhan. Dengan kesehatan usus yang terjaga dengan baik, sisitem imun tubuh Ibu Super pun akan semakin baik setiap harinya.

7. Membantu mendinginkan tubuh

7. Membantu mendinginkan tubuh
pexels

Apapun merk yogurt untuk trimester pertama, dapat berfungsi untuk mengindingkan tubuh. Ketika ibu hamil mengkonsumsi makanan pedas, suhu tubuhnya akan naik dan hal tersebut tidak baik bagi kesehatan janin. Untuk mengatasi hal tersebut, ibu hamil bisa meminum yogurt. Karena yogurt dapat mengurangi efek pedas dari makanan yang dikonsumsi.

BACA JUGA: 9 Fakta dan Manfaat Tamanu Oil Untuk Kesehatan Wajah, Hindari Jerawat

8. Membantu mencegah darah tinggi

8. Membantu mencegah darah tinggi
pexels

Dengan mengkonsumsi merk yogurt untuk ibu hamil, ibu hamil bisa memilih merk apapun, bisa memberikan dampak yang baik untuk tekanan darah ibu hamil. Tenakan darah tinggi merupakan hal yang sering dialami saat hamil, dan hal tersebut perlu di atasi untuk mencegah dampak buruk bagi kesehatan ibu dan janin.

9. Melawan kulit kering dan pigmentasi

9. Yoghurt untuk ibu hamil Melawan kulit kering dan pigmentasi
pexles

Yogurt cimory untuk ibu hamil juga dapat menghindari ibu hamil dari kulit kering dan pigmentasi yang dialami. Hal tersebut terjadi akibat perubahan  hormon yang ibu alami selama kehamilan. Yogurt merupakan minuman yang kaya akan vitamin E yang baik untuk menjaga kesehatan kulit dan mencegah pigmentasi pada kulit.

BACA JUGA: Manfaat Konsumsi Roti Gandum Untuk Diet & Tips Memilihnya

10. Kaya akan probiotik

10. Kaya akan probiotik
pexels

Yogurt bagi wanita hamil sangat baik karena mengandung probiotik sangat tinggi. Bakteri baik dalam yogurt dapat menghindari ibu hamil mengalami infeksi pada sistem pencernaan. Sistem pencernaan yang tidak sehat, dapat mempengaruhi kesehatan ibu hamil secara kesuluruhan. Oleh karena itu, wajib bagi ibu hamil untuk mengkonsumsi yogurt secara rutin.

Semoga penjelasan terkait yogurt untuk ibu hamil di atas bisa menambah wawasan ibu yang sedang hamil. Ibu Super bisa membeli yogurt sebagai cadangan dengan membelinya di Aplikasi Super. Aplikasi Super menyediakan berbagai bahan makanan dengan kualitas terbaik dan harga yang murah. Ibu Super bisa klik di sini untuk download Aplikasi Super dan gunakan Aplikasi Super mulai dari saat ini.