yogurt untuk ibu hamil

Sudahkah Sedulur mengetahui manfaat yogurt untuk ibu hamil? Belum banyak yang tahu bahwa yogurt yang terkenal dengan manfaat untuk kesehatan pencernaan ini juga memiliki segudang kebaikan untuk menjaga kesehatan ibu hamil. Hal ini dikarenakan produk olahan dari susu fermentasi tersebut mengandung probiotik dan beragam nutrisi lain yang baik bagi ibu hamil.

Dalam artikel kali ini, akan dibahas segudang manfaat yogurt untuk ibu hamil yang perlu Sedulur diketahui. Hal tersebut penting untuk diketahui, agar Sedulur yang sedang hamil bisa mengkonsumsinya dengan tujuan untuk menjaga kesehatan ibu maupun janin. Yuk, mari langsung kita simak ulasannya di bawah ini.

BACA JUGA: Rekomendasi Merk Skincare Paling Aman Untuk Ibu Hamil

Mengenal manfaat yogurt untuk ibu hamil

yogurt untuk ibu hamil
Depositphotos

Dihimpun dari berbagai sumber, yogurt merupakan salah satu sumber probiotik atau bakteri baik yang baik untuk dikonsumsi sehari-hari. Tak hanya itu, kandungan probiotik dalam yogurt juga memiliki manfaat bagi kesehatan ibu hamil. Di antaranya adalah menjaga kesehatan pencernaan, meningkatkan kemampuan usus dalam menyerap makanan, serta mencegah sembelit.

-->

Melihat uraian singkat di atas, bisa disimpulkan bahwa yogurt merupakan jenis makanan yang baik untuk dikonsumsi ibu hamil. Dengan kata lain, ibu hamil boleh mengkonsumsi yogurt sebagai asupan makanan untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian.

Sementara untuk menambah wawasan Sedulur, berikut sudah dirangkum 10 manfaat yogurt untuk ibu hamil dan janin.

1. Memenuhi asupan nutrisi tubuh dan janin

yogurt untuk ibu hamil
iStock

Manfaat yogurt untuk ibu hamil yang pertama adalah dapat memenuhi asupan nutrisi tubuh ibu hamil dan janin. Hal tersebut disebabkan yoghurt kaya akan kandungan protein, kalsium, kalium, magnesium, fosfor, vitamin A, vitamin B, folat, zinc dan probiotik. Daftar kandungan tersebut dapat memenuhi kebutuhan gizi selama hamil dan menjaga nutrisi yang cukup bagi kesehatan janin.

2. Mendukung tumbuh dan kembang janin

yogurt untuk ibu hamil
iStock

Untuk mendukung tumbuh kembang janin dengan baik, Sedulur bisa memanfaatkan yogurt bagi wanita hamil. Hal tersebut disebabkan oleh kandungan protein, kalori, lemak dan karbohidrat yang dapat berperan untuk menambah berat badan janin. Kandungan kalsium dari yoghurt juga dapat mendukung pembentukan dan perkembangan tulang, gigi, jantung, saraf dan otot si kecil.

Kandungan prebiotik dalam yoghurt juga dapat membantu dan mendukung sistem imunitas tubuh janin dan mengurangi risiko sang bayi ketika lahir menderita eksim atau alergi saat sudah lahir.

BACA JUGA: 8 Manfaat Ikan Gabus Untuk Ibu Hamil Baik Bagi Kesehatan

3. Menjaga berat badan ideal saat hamil

yogurt untuk ibu hamil
iStock

Selama hamil, Sedulur akan mengalami kenaikan berat badan yang signifikan. Saat hamil, terdapat beberapa ukuran berat badan ideal untuk ibu hamil. Dengan mengkonsumsi yogurt, Sedulur bisa menjaga berat badan ideal pada masa kehamilan. Oleh karenanya, Sedulur bisa mulai mengkonsumsi yogurt secara rutin saat mulai masa kehamilan.

4. Mengurangi risiko komplikasi kehamilan

iStock

Terdapat juga manfaat yogurt untuk wanita hamil yaitu untuk mengurangi risiko komplikasi kehamilan. Komplikasi yang sering terjadi yaitu diabetes gestasional dan preeklamsia. Kandungan dari probiotik yogurt bisa membantu memperkuat daya tahan tubuh dan mengurangi risiko terkena penyakit dan terinfeksi bagian intim ibu hamil.

5. Melancarkan sistem pencernaan

yogurt ibu hamil
iStock

Manfaat yogurt bagi wanita hamil selanjutnya adalah dapat membantu ibu hamil memiliki sistem pencernaan yang sehat dan bekerja dengan baik. Biasanya, ibu hamil akan mengalami masalah pencernaan seperti sembelit, dengan frekuensi yang sangat sering. Yogurt yang dikonsumsi bisa mengatasi permasalahan tersebut, dan mencegah mengalami gangguan pencernaan saat hamil.

6. Meningkatkan daya tahan tubuh

Depositphotos

Manfaat yogurt bagi wanita hamil juga bisa membuat sistem imunitas atau daya tahan tubuh ibu hamil meningkat. Usus ibu hamil akan menghasilkan sistem imun yang berdampak pada kekebalan tubuh secara keseluruhan. Dengan kesehatan usus yang terjaga dengan baik, sistem imun tubuh ibu hamil pun akan semakin baik setiap harinya.

BACA JUGA: Beragam Manfaat Susu Kedelai Untuk Ibu Hamil dan Janinnya

7. Membantu mendinginkan tubuh

Depositphotos

Apapun merk yogurt untuk trimester pertama, dapat berfungsi untuk mendinginkan tubuh. Ketika ibu hamil mengkonsumsi makanan pedas, suhu tubuhnya akan naik dan hal tersebut tidak baik bagi kesehatan janin. Untuk mengatasi hal tersebut, ibu hamil bisa meminum yogurt. Karena yogurt dapat mengurangi efek pedas dari makanan yang dikonsumsi.

8. Membantu mencegah darah tinggi

Depositphotos

Mengkonsumsi yogurt juga bisa memberikan dampak yang baik untuk tekanan darah ibu hamil. Tekanan darah tinggi merupakan hal yang sering dialami saat hamil, dan hal tersebut perlu diatasi untuk mencegah dampak buruk bagi kesehatan ibu dan janin.

9. Melawan kulit kering dan pigmentasi

Depositphotos

Yogurt juga dapat memberikan manfaat lain, misalnya menghindarkan ibu hamil dari risiko kulit kering dan pigmentasi yang dialami. Hal tersebut terjadi akibat perubahan  hormon yang ibu alami selama kehamilan. Yogurt merupakan minuman yang kaya akan vitamin E yang baik untuk menjaga kesehatan kulit dan mencegah pigmentasi pada kulit.

10. Kaya akan probiotik

Depositphotos

Yogurt bagi wanita hamil sangat baik karena mengandung probiotik sangat tinggi. Bakteri baik dalam yogurt dapat menghindari ibu hamil mengalami infeksi pada sistem pencernaan. Sistem pencernaan yang tidak sehat, dapat mempengaruhi kesehatan ibu hamil secara keseluruhan. Oleh karena itu, wajib bagi ibu hamil untuk mengkonsumsi yogurt secara rutin.

Demikian penjelasan mengenai manfaat yogurt untuk ibu hamil. Bisa disimpulkan bahwa yogurt adalah jenis makanan dengan segudang nutrisi yang baik untuk menjaga kesehatan ibu hamil maupun janin. Oleh karenanya, yogurt bisa dipilih sebagai asupan makanan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi pada masa kehamilan.

Di sisi lain, Sedulur juga bisa melengkapi kebutuhan nutrisi dengan mengkonsumsi aneka produk susu lain, seperti susu steril dan susu kehamilan. Menariknya, kini Sedulur dapat memperoleh aneka produk tersebut dengan harga terjangkau hanya di Aplikasi Super.

Tidak hanya menawarkan harga lebih murah, Aplikasi Super juga punya layanan pengiriman dengan gratis ongkir yang bikin belanja semakin mudah dan hemat. Cukup pesan lewat aplikasi dan barang belanjaan akan dikirim sesuai alamat. Sangat praktis bukan? Untuk itu, yuk, langsung unduh Aplikasi Super dan nikmati berbagai kemudahan serta keuntungan dalam berbelanja!