Kehamilan adalah salah satu hal yang paling ditunggu bagi pasangan suami istri, baik yang baru menikah maupun sudah lama menikah. Adalah suatu hal yang menegangkan sekaligus mendebarkan bagi seorang ibu yang sudah mempunyai gejala kehamilan dan memastikannya. Ada banyak cara yang bisa dilakukan oleh seorang ibu untuk mengetahui apakah sedang mengandung sang buah hati yang ditunggu-tunggu, termasuk cara mengetahui kehamilan dengan memegang perut.

.Tentu saja dalam ilmu sains modern, mengetahui kehamilan bisa dilakukan dengan menggunakan testpack. Namun jika Sedulur cenderung suka cara tradisional, Sedulur juga dapat mengetahui kehamilan dengan memegang perut. Di bawah ini adalah rangkuman cara mengecek kehamilan yang bisa Sedulur praktekkan sendiri di rumah. Simak, yuk!

BACA JUGA: Ini Tanda Kehamilan 1 Minggu Setelah Berhubungan, Jarang Disadari

1. Merasa tidak nyaman ketika ditekan

cara mengetahui kehamilan dengan memegang perut
pexels

Jika Sedulur hamil, cara mengetahui kehamilan dengan memegang perut adalah merasa tidak nyaman ketika dipegang. Hal ini disebabkan oleh adanya perubahan hormon pada ibu yang sedang mengandung. Perlu diperhatikan frekuensi ketidaknyamanan Sedulur ketika ditekan, karena jika rasa sakitnya tidak wajar, itu bisa menjadi salah satu tanda mengalami keguguran. Perut yang tidak nyaman ini adalah hal yang wajar dirasakan dari awal hamil sampai kehamilan pada bulan ketiga. Pilihlah pakaian yang tepat agar bisa nyaman ketika dipakai.

2. Mual dan muntah ketika perut ditekan

cara mengetahui kehamilan dengan memegang perut
jovee

Salah satu cara mengetahui kehamilan dengan memegang perut adalah akan mual bahkan muntah ketika ditekan. Biasanya, ibu muda akan mengalaminya ketika mencium aroma tertentu yang menyengat seperti aroma durian. Hal ini juga merupakan ciri-ciri ada janin dalam perut. Perlu diperhatikan bahwa jika terlalu sering mengalaminya, bisa jadi janin mengalami nutrisi yang kurang. Hindari makanan yang pedas dan asam saat hamil agar tidak mudah mengalami mual dan muntah. Selain hamil, gejala ini juga menjadi suatu tanda bahwa Sedulur mengalami penyakit maag. Maka dari itu, pahami perbedaannya dahulu, ya.

BACA JUGA: Ciri Ciri Bentuk Perut Hamil 2 Bulan Saat Duduk atau Berdiri

3. Ingin buang air kecil ketika perut ditekan

cara mengetahui kehamilan dengan memegang perut
merdeka

Cara mengetahui kehamilan dengan memegang perut selanjutnya adalah ketika ditekan akan merasa ingin kencing. cara mengetahui hamil 3 hari atau lebih ini merupakan kondisi dimana janin di dalam perut akan semakin membesar dan berkembang, sehingga akan membuat kandung kemih yang dimiliki sang ibu akan terdesak. Jika terdesak, akibatnya adalah sering buang air kecil. Pada trimester pertama adalah yang paling sering membuat ibu sering bolak-balik ke kamar mandi. Perubahan hormon yaitu mulainya memproduksi hormon hCG dalam perut ibu hamil adalah salah satu pemicunya selain semakin membesarnya janin yang dikandung.

4. Ketika perut ditekan akan terasa kram

honestdoc

Cara mengetahui kehamilan dengan memegang perut selanjutnya adalah ketika ditekan akan terasa keram. Sebenarnya hal ini wajar karena adanya perkembangan janin yang semakin besar di dalam perut. Namun, penyebab dari kondisi tersebut juga bisa diakibatkan dari adanya tekanan pada pembuluh darah, sendi, dan juga otot. Tekanan ketiga hal tersebut akan meningkat seiring pertumbuhan janin, dan akan menimbulkan rasa nyeri yang bisa dirasakan saat perut ditekan. Selain itu, adanya peregangan ligamen yang merupakan penghubung antar tulang juga bisa mengakibatkan kram. Tak hanya itu, adanya gas yang berlebihan dalam perut juga bisa menyebabkan kram karena adanya peningkatan hormon progesteron.

BACA JUGA: Kenali Jenis Keputihan Pada Ibu Hamil, Manakah yang Berbahaya?

5. Ukuran perut menjadi lebih besar

pexels

Cara mengetahui kehamilan dengan memegang perut yang menjadi lebih besar daripada sebelumnya. Saat janin akan mulai tumbuh di dalam perut, maka perkembangan dari perut ini akan semakin terlihat dengan jelas. Perkembangan ukuran ini akan terlihat saat trimester pertama akan berakhir. Perbedaan perut buncit dan hamil saat duduk adalah perut akan tetap keras dan kencang ketika perut sedang hamil. Sementara itu, orang yang buncit karena lemak, maka akan terlihat adanya gelambir dan teksturnya tidak kencang ketika sedang duduk.

6. Saat ditekan punggung bawah terasa sakit

popmama

Selain mengetahui perbedaan bentuk perut hamil muda orang gendut saat duduk, punggung yang terasa sakit saat ditekan merupakan salah satu tanda ibu hamil. Sakit punggung yang berlebihan serta otot punggung terasa pegal adalah salah satu cara mengetahui kehamilan. Memberikan pijatan ringan dapat menjadi solusi atas permasalahan tersebut. Hal ini bisa terjadi karena janin yang berkembang semakin besar serta usia kehamilan yang semakin bertambah. Hal ini membuat ibu hamil akan lebih berat menopang sang janin dan selain punggung, pinggang juga akan mengalami nyeri. 

BACA JUGA: 12 Ciri-Ciri Hamil Muda yang Sering Tidak Disadari Oleh Wanita

7. Mengetes kehamilan dengan menggunakan garam

pexels

Salah satu cara mengetahui kehamilan selain dengan memegang perut adalah menggunakan garam. Tak hanya menyedapkan makanan, garam juga bermanfaat untuk mengecek kehamilan pada ibu. Cara yang dilakukan cukup gampang, taburkan garam di sebuah mangkuk (usahakan bukan mangkuk yang digunakan untuk wadah makanan) lalu dicampur dengan urin. Hormon hCG yang berproduksi selama masa kehamilan akan bereaksi pada urin jika sudah dicampur dengan garam. Campuran garam dan urin tersebut akan berubah menjadi larutan putih seperti susu jika Sedulur positif mengandung.

8. Cara mengetahui kehamilan melalui denyut nadi

pexels

Salah satu yang alami dalam cara mendeteksi kehamilan dengan tangan adalah melalui denyut nadi. Memang sampai saat ini tidak ada penelitian pasti tentang cara mengetahui kehamilan selain dengan memegang perut ini. Namun, ketika dalam masa kehamilan, denyut nadi akan meningkat dan bisa menjadi tanda selama seorang ibu mengandung, jantung bisa bekerja dengan tepat dan baik. Denyut nadi pada ibu hamil adalah sekitar 80-90 denyut pada setiap menitnya. Sementara itu, pada wanita yang sedang tidak mengandung adalah sekitar 60-80 saja per menitnya.

Demikianlah cara mengetahui kehamilan dengan memegang perut maupun tanpa memegangnya yaitu bisa dengan denyut nadi maupun menggunakan media garam. Perlu diperhatikan bahwa bentuk perut hamil muda saat tidur maupun tidak adalah sama. Yang menjadi pembeda adalah bentuk perut ibu hamil dan bentuk perut seseorang dengan kelebihan lemak atau buncit. Semoga bermanfaat!