yakult untuk ibu hamil

Bicara tentang kehamilan, tentu saja akan ada banyak hal yang menyinggung soal pantangan. Mulai dari minuman, makanan, hingga aktivitas yang tidak boleh dilakukan ketika mengandung. Nah, sekarang pertanyaannya amankah yakult untuk ibu hamil?

Untuk mengetahui jawaban dari pertanyaan tersebut, simak informasi yang ada di bawah ini.

BACA JUGA: Ini Sayuran yang Dilarang untuk Ibu Hamil, Berikut Faktanya!

Apa itu Yakult?

yakult untuk ibu hamil
hellosehat

Yakult merupakan minuman yang memiliki kandungan probiotik. Probiotik sendiri adalah bakteri baik yang mampu memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Dalam satu botol Yakult, terdapat kurang lebih 10 milyar bakteri baik Lactobacillus casei Strain Shirota.

-->

Produsen Yakult mengklaim, juga bakteri tersebut telah terbukti bisa melewati cairan asam lambung dan sampai ke bagian usus manusia dengan kondisi hidup. Lactobacillus casei Strain Shirota akan meningkatkan jumlah koloni bakteri baik dan menyeimbangkan jumlah bakteri jahat di dalam pencernaan.

Jadi secara garis besar, manfaat dari Yakult untuk manusia adalah membantu kesehatan sistem pencernaan sekaligus membuat daya tahan tubuh meningkat.

Bolehkah minum Yakult untuk ibu hamil?

yakult untuk ibu hamil
gempi

Bolehkah Yakult untuk ibu hamil muda dan hamil tua? Dilansir dari situs resmi Yakult, menjelaskan jika minuman probiotik ini boleh dan sangat aman jika diminum selama masa kehamilan. Yakult ini mengandung beberapa bahan alami seperti susu skim (susu yang kandungan lemaknya sudah dikurangi atau dihilangkan) dan juga glukosa.

Dan seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, jika Yakult ini mampu membantu mengembalikan jumlah bakteri baik. Di saat yang bersamaan, hal ini juga akan menekan jumlah bakteri jahat yang terdapat di dalam sistem pencernaan ibu hamil.

BACA JUGA: 8 Manfaat Kurma Muda yang Baik untuk Program Hamil

Apa manfaat Yakult untuk ibu hamil?

ibupedia

Tidak hanya boleh diminum oleh ibu hamil, namun Yakult juga memiliki beberapa manfaat bagi ibu hamil yang meminumnya. Lalu apa saja manfaat tersebut? Langsung saja, berikut ini penjelasannya.

Mengatasi sembelit

Sembelit itu tidak baik bagi kesehatan ibu hamil serta janin yang dikandung. Nah, Yakult ini mengandung prebiotik alami yang mampu mengatasi sumbatan pada usus dan merangsang feses untuk menuju usus besar.

Meningkatkan kekebalan tubuh

Pada trimester pertama, biasanya ibu hamil akan mengalami gangguan seperti muntah dan mual. Kondisi semacam ini akan berdampak pada penurunan sistem kekebalan tubuh karena asupan nutrisi tidak terpenuhi. Namun dengan meminum Yakult, imun tubuh akan tetap terjaga.

Menekan pertumbuhan bakteri jahat

Usus adalah organ tubuh yang memiliki peranan penting. Bahkan penuaan pada manusia, diawali dengan usus terlebih dahulu. Bakteri baik yang dikandung oleh Yakult ini, mampu menjaga kesehatan usus dengan menekan pertumbuhan bakteri jahat.

Mengurangi kadar racun dalam usus

Proses detoksifikasi ini sangat dibutuhkan oleh tubuh, karena racun yang tidak segera dikeluarkan akan menumpuk lalu mengancam kesehatan pencernaan. Racun tersebut dikeluarkan melalui feses, dan Yakult inilah yang membuat keluarnya feses lancar.

Meningkatkan jumlah bakteri baik di usus

Keseimbangan bakteri di dalam usus sangat menentukan tingkat kesehatan seseorang secara menyeluruh. Maka dari itu, sebaiknya hindari makanan dan minuman yang bisa merusak keseimbangan tersebut. Selain itu, Yakult juga berperan dalam meningkatkan jumlah bakteri baik dalam usus.

BACA JUGA: Kenali Jenis Keputihan Pada Ibu Hamil, Manakah yang Berbahaya?

Pengalaman pribadi seorang blogger minum Yakult saat hamil

cooponline

Seorang blogger bernama Ms. Cheesie pernah mengonsumsi Yakult setiap hari ketika hamil. Berdasarkan pada testimoni darinya, Yakult untuk ibu hamil itu tidak ada salahnya.

Selain menjaga kesehatan pencernaan dan juga kekebalan tubuh, menurutnya manfaat dari Yakult membantu mencegah konstipasi (susah BAB). Efek positif probiotik akan sistem imun ini juga bisa diteruskan oleh ibu kepada si bayi melalui ASI.

Hal yang perlu diperhatikan sebelum ibu hamil minum Yakult

cnbcindonesia

Walaupun mampu beberapa manfaat bagi ibu hamil, namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Hal ini berhubungan dengan adanya gula dan juga laktosa yang terkandung di dalam minuman probiotik satu ini.

Kandungan gula

Yakult mengandung sekitar 10 gram gula setiap botolnya (65 ml). Jadi bagi ibu hamil yang mempunyai riwayat diabetes, disarankan untuk menghindarinya.

Kandungan laktosa

Yakult juga memiliki kandungan laktosa, yakni gula yang terdapat dalam susu. Untuk orang-orang yang mempunyai intoleransi terhadap laktosa, Yakult bisa menyebabkan diare, kembung, muntah, dan mual.

BACA JUGA: Ini Tanda Kehamilan 1 Minggu Setelah Berhubungan, Jarang Disadari

Dari informasi yang ada di atas, bisa disimpulkan jika tidak ada larangan Yakult untuk ibu hamil. Bahkan bagi ibu hamil yang tidak memiliki riwayat diabetes atau intoleransi laktosa, justru direkomendasikan untuk rutin minum Yakult tiap hari.

Namun karena Yakult sendiri bukanlah minuman biasa, alangkah baiknya jika Sedulur berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu tentang hal ini. Jika dokter mengizinkan, maka tidak apa-apa. Namun jika dokter melarang, lebih baik mengikuti kata dokter saja.

Kalau Sedulur mau beli yakult dan kebutuhan lain, yuk belanja aja di Aplikasi Super! Dijamin mudah dan murah!