kapur barus terbaik

Siapa nih di antara Sedulur yang kebingungan memilih kapur barus terbaik? Kapur barus atau yang biasa disebut dengan kamper biasa dipakai dalam lingkungan rumah tangga untuk membasmi berbagai serangga sekaligus mengharumkan ruangan atau tempat yang diberi kapur barus tersebut.

Di Indonesia sendiri, banyak sekali varian-varian kapur barus yang dijual bebas. Dengan berbagai merek dan kelebihannya masing-masing, wajar apabila Sedulur kesulitan dalam menentukan mana kapur barus terbaik yang bisa dipakai.

Maka dari itu, artikel ini akan sedikit mengulas beberapa merek kapur barus terbaik yang bisa Sedulur coba. Informasi di bawah ini juga meliputi beberapa kelebihan dan kekurangan dari masing-masing kapur barus.

Penasaran apa saja 14 rekomendasi kapur barus terbaik di tahun 2023 ini? Yuk, langsung simak ulasannya di bawah ini!

-->

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Pembersih Lantai Terbaik, Pasti Bikin Kinclong!

Apa itu kapur barus?

Depositphotos

Membahas rekomendasi kapur barus terbaik rasa-rasanya tidak akan lengkap jika kita tidak sedikit mengulas pengertian dari kapur barus itu sendiri. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kapur barus atau yang biasa disebut dengan kamper adalah suatu zat padat sejenis lilin berwarna putih, agak transparan, dengan ciri khas aroma yang sangat kuat.

Jika berbicara mengenai asal-usulnya, dapat dipahami bahwa kapur barus tersebut diambil dari zat terpenoid yang ada pada pohon laurel kamper (Cinnamomum camphora) sebagai salah satu bahan utama pembuatnya. Pohon jenis itu sendiri dapat dijumpai dengan luas di wilayah Asia, terutama di pulau Sumatra, Kalimantan, serta daerah Taiwan.

Dari situ, kapur barus diolah dengan sedemikian rupa untuk digunakan sebagai pembasmi serangga. Beberapa jenis serangga yang dapat diusir menggunakan kapur barus adalah ngengat dan kecoak. Selain itu, tikus beserta hewan pengerat lainnya juga tidak menyukai aroma kuat yang dikeluarkan oleh kapur barus. Pun kapur barus ternyata dapat digunakan dalam berbagai ruangan lembab untuk mencegah jamur tumbuh.

Tips memilih kapur barus terbaik

Depositphotos

Setelah mengetahui fungsi utama kapur barus, apakah Sedulur tertarik untuk menggunakannya? Nah, sebelum Sedulur mulai mencari kapur barus di supermarket atau minimarket, tidak ada salahnya Sedulur mengetahui beberapa tips dalam memilih kapur barus tersebut.

Secara garis besar, dapat disimpulkan ada empat tips utama dalam menentukan kapur barus mana yang paling cocok digunakan di rumah Sedulur. Keempat tips tersebut adalah memilih kapur barus berdasarkan ruangan atau tempat penggunaannya, memperhatikan berat bersih kapur barus, mengecek aroma, serta memilih bentuk kapur barus itu sendiri. Yuk, simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

  1. Pilih berdasarkan ruangan atau tempat penggunaannya

Jika Sedulur mencermati kapur barus yang ada di pasaran, biasanya Sedulur akan mendapati kapur barus dengan peruntukan ruang atau tempat penggunaannya masing-masing. Biasanya ada kapur barus yang dibuat khusus untuk tempat kering, ada pula yang digunakan untuk tempat basah.

Ketika Sedulur menggunakan kapur barus khusus tempat kering (seperti lemari) di kamar mandi, tentunya kapur barus tersebut tidak akan berfungsi secara maksimal. Jadi, perhatikan tulisan penjelasan pada kemasan bagian belakang kapur barus.

  1. Perhatikan berat bersih kapur barus

Selain memperhatikan peruntukan tempat atau ruangannya, Sedulur juga harus cermat terhadap berat bersih dari kapur barus. Jika berat kapur barus kurang dari 25 gram, biasanya ia akan bertahan untuk sekali pemakaian saja. Kapur barus di bawah 25 gram sendiri biasanya tidak akan bertahan dengan lama, jadi penggunaan kapur barus dengan berat tersebut akan sekaligus dua sampai tiga buah.

Berbeda lagi jika berat bersih dari kapur barus tersebut berkisar pada lebih dari 50 gram. Kapur barus dengan berat itu biasanya akan sangat cocok digunakan untuk ruangan atau tempat luas, seperti kolong ranjang tidur, kamar mandi, dan lain sebagainya.

  1. Cek aroma dari kapur barus

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kapur barus biasanya akan menawarkan aroma yang kuat dan wangi. Aroma tersebut sekaligus membantu untuk mencegah serangga tinggal di ruangan atau tempat tertentu.

Kapur barus lazim memiliki bau yang kuat serta menyengat. Jika Sedulur kurang suka dengan bau khas tersebut, Sedulur bisa memilih kapur barus dengan varian aroma lainnya, seperti buah atau bunga. Dengan begitu, ruangan atau tempat yang diberi kapur barus tidak akan beraroma menyengat melainkan wangi. 

  1. Pilih bentuk kapur barus untuk lebih menghemat tempat

Terakhir, Sedulur bisa mempertimbangkan bentuk kapur barus seperti apa yang cocok untuk ditempatkan pada rumah Sedulur. Kapur barus lazimnya terbagi menjadi dua jenis berdasarkan bentuknya, bola dan gantung. Kapur barus bola akan diletakkan pada alas, sedangkan kapur barus gantung akan digantung pada lokasi-lokasi tertentu.

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Produk Minyak Goreng untuk Diet, Bikin Sehat!

Kapur barus terbaik 2023, paling ampuh!

Nah Sedulur, sudah siap mencari tahu rekomendasi kapur barus terbaik mana yang akan Sedulur beli? Yuk, langsung simak ke-14 kapur barus pilihan berikut ini!

1. Sakura Para Kamper

kapur barus terbaik
Monotaro

Sakura Para Kamper memiliki bentuk kecil yang ekonomis, dengan total berat kemasan sebesar 250 gram. Karena bentuknya yang kecil, kapur barus ini sangat cocok dan aman untuk melindungi isi lemari pakaian agar terhindar dari jamur dan berbagai serangga lainnya. Asal Sedulur menaruh kapur barus di pojok-pojok lemari, Sedulur tidak perlu khawatir kapur barus Sakura Para Kamper ini akan mengotori pakaian.

BACA JUGA: 13 Rekomendasi Merk Deterjen Terbaik, Ampuh Basmi Kuman!

2. Sea Gull Kapur Barus

kapur barus terbaik
Pinterest

Sea Gull Kapur Barus adalah salah satu kapur barus khusus yang biasa ditempatkan di dalam kamar mandi. Kapur barus ini bentuknya berupa bola warna-warni menarik, sehingga sangat mudah terlihat. Terbuat dari bahan pilihan terbaik yang mampu menghilangkan bau tidak sedap, Sea Gull Kapur Barus sangat efektif menjaga kebersihan serta aroma kamar mandi. Selain itu, ia juga dapat mengusir serangga, seperti kecoak dan kawan-kawan. Ukurannya yang kecil mampu diletakkan di ujung ruangan yang sulit dijangkau.

3. Dahlia Kapur Barus Gantung

kapur barus terbaik
Pinterest

Dahlia Kapur Barus Gantung termasuk ke dalam salah satu kapur barus gantung yang serbaguna. Sedulur dapat menggantung kapur barus ini di berbagai tempat, termasuk lemari pakaian untuk menghindari bau yang tidak sedap.

Kemasannya pun semakin menarik karena dibungkus dengan sebuah wadah dan dilapisi oleh jaring-jaring. Jangan khawatir boros, Dahlia Kapur Barus Gantung hadir dengan kemasan isi ulang sehingga tempat wadah tidak begitu saja terbuang sia-sia ketika habis. Sedulur bisa memilih aroma jeruk dan apel yang sangat segar.

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Kaldu Jamur untuk Melezatkan Rasa Masakan

4. Unicon Kamper

kapur barus terbaik
Pinterest

Pernah mendengar kapur barus merek Unicon Kamper? Ya, merek tersebut menjadi salah satu kapur barus yang ampuh untuk mengusir kecoak dan tikus. Seperti yang kita ketahui bersama, kecoak dan tikus menjadi hama yang paling menyebalkan di lingkungan rumah tangga. Oleh karena itu, coba gunakan kapur barus Unicon Kamper yang khusus untuk mengusir dua hama ini.

Bentuknya yang bulat dan kecil membuat produk ini dapat ditempatkan di mana pun, terutama di sudut tempat kecoa atau tikus biasa berkumpul. Aromanya yang tajam akan membuat kedua hama terusik sampai akhirnya tewas.

5. Dahlia Kamper K-316 Fresh Bouquet 6’s

kapur barus terbaik
Pinterest

Walaupun bentuknya berbeda dari kapur barus pada umumnya yang berbentuk bulat, fungsi dan manfaat dari Dahlia Kamper K-316 Fresh Bouquet 6’s ini tetap sama yakni untuk mengusir bau membandel serta serangga hama. Dahlia Kamper K-316 Fresh Bouquet 6’s bisa diletakkan di kamar mandi, kamar tidur, dan tempat lainnya.

Satu kemasan kapur barus Dahlia Kamper K-316 Fresh Bouquet 6’s berisi 6 kotak. Produk ini menawarkan wewangian bunga yang segar dan awet. Tersedia pula dalam beberapa variasi warna kapur barus yang berbeda, seperti oranye, merah muda, dan ungu.

BACA JUGA: 12 Merk Mentega atau Butter Terbaik yang Sehat dan Aman

6. Swallow Kapur Barus

kapur barus terbaik
Pinterest

Satu kemasan Swallow Kapur Barus berisikan butiran kamper putih dengan ukuran sekitar 500 gram. Tentu saja, kapur barus tersebut dapat Sedulur taruh di seluruh ruangan yang ada di dalam rumah. Walaupun kecil, kapur barus ini akan membuat kamar mandi atau lemari pakaian Sedulur wangi, bahkan kewangiannya cukup tahan lama. Sedulur pun bisa menempatkan beberapa butir kapur barus di rak buku untuk menghindari jamur, loh!

7. Bagus Miko Kamper Lavender

kapur barus terbaik
Pinterest

Menjaga pakaian agar tetap wangi walaupun disimpan dalam lemari untuk waktu yang lama bisa dilakukan dengan meletakkan kapur barus ini di dalamnya. Bagus Miko Kamper Lavender diklaim ampuh untuk melindungi pakaian dari jamur yang membandel, ngengat, serta kutu. Dikemas dalam kotak kecil yang unik, kamper ini juga bisa Sedulur taruh di rak sepatu untuk menghilangkan bau apek karena pemakaian sehari-hari.

8. Kamper Unicon Pengusir Rayap & Tikus

Pinterest

Sedulur sudah tahu belum bahwa rayap dapat diusir dengan kapur barus? Bukan hanya mengusir kecoa dan tikus, Kamper Unicon Pengusir Rayap & Tikus juga memiliki formula khusus untuk melindungi lemari beserta isinya dari rayap yang membandel.

Tidak tanggung-tanggung, produk ini memiliki 12 butir kapur barus bulat yang dapat Sedulur gunakan dalam jangka waktu lama. Harganya yang terjangkau, bikin anggaran belanja makin hemat! Cukup letakkan kapur barus ini di tempat yang menjadi target rayap dan tikus, ia pun akan bekerja dengan sendirinya mengusir kedua hama tersebut.

9. Kamper Toilet Saudi Choice

Pinterest

Dalam satu kemasan Kamper Toilet Saudi Choice, terdapat 5 bola kapur barus yang bisa Sedulur letakkan di kamar mandi sebagai pewangi beraroma segar atau sudut rumah tempat kecoa dan tikus berkumpul. Kamper Toilet Saudi Choice ini termasuk ke dalam salah satu kapur barus yang tahan lama. Ada 2 varian yang bisa Sedulur pilih, yaitu bola kapur barus warna-warni serta putih polos.

10. Kamper Alami Bola Kayu

Pinterest

Pernah mendengar kamper alami dari kayu? Ya, ternyata jenis kapur barus tersebut memang ada dan sudah diproduksi luas di pasaran Indonesia. Selain berfungsi sebagai pengharum atau kamper alami, Kamper Alami Bola Kayu ini juga diklaim mampu mengusir hama. Tidak hanya murah, produk ini tentunya sangat ramah lingkungan. Desainnya pun begitu unik dengan aksen kayu berwarna cokelat.

11. Swallow Kampers Twin Ball Paradichlorobenzene

Pinterest

Swallow Kampers Twin Ball Paradichlorobenzene adalah salah satu kapur barus terbaik dengan ukurannya yang cukup besar. Ukuran tersebut membuatnya mampu menyebarkan keharuman maksimal di penjuru ruangan. Satu kemasan Swallow Kampers Twin Ball Paradichlorobenzene terdiri dari dua bola besar kapur barus dengan aroma yang berbeda. Produk kapur barus ini menawarkan keharuman yang tahan lama hingga berhari-hari.

12. Kapur Barus Azano

Pinterest

Mencari kapur barus dengan kemasan 1 kg? Kapur Barus Azano solusinya! Kapur Barus Azano hadir dalam bentuk bulatan kecil-kecil yang bisa digunakan di berbagai tempat, seperti kamar mandi dan lemari. Jangan lupa untuk menutup rapat kembali kemasan sisa kapur barus dan simpan di tempat sejuk agar kualitasnya tetap terjaga, ya!

13. Yukinawa Naphthlene Ball

Pinterest

Selain Kapur Barus Azano, Yukinawa Naphthlene Ball juga menawarkan kapur barus dengan kemasan 1 kg. Mengingat isinya yang banyak, produk ini bisa dibilang cukup ekonomis untuk pemakaian jangka panjang. 

14. Bagus Kamper Jumbo with Case

Pinterest

Bagus Kamper Jumbo with Case hadir dengan wadah plastik warna-warni yang menarik. Karena wadahnya terbuat dari plastik, produk ini mudah dibersihkan dan dapat dipakai berulang kali. Dilengkapi dengan gantungan multifungsi, Sedulur bisa dengan mudah menggantung kapur barus ini di kamar mandi atau di dalam lemari pakaian.

Bagaimana nih, Sedulur? Sudah menemukan kapur barus terbaik mana yang akan menjadi andalan dalam melawan serangga di rumah dan memperharum ruangan? Sedulur bisa membaca-baca lebih terkait 14 rekomendasi kapur barus di atas melalui internet, ya. Pastikan kapur barus pilihan Sedulur sudah sesuai dengan varian dan aroma yang Sedulur mau.

Kalau Sedulur masih memiliki daftar belanjaan kebutuhan rumah tangga yang lain di samping kapur barus, Sedulur bisa banget nih untuk membelinya melalui Aplikasi Super. Selain melayani kebutuhan sembako, Aplikasi Super juga menyediakan berbagai barang-barang rumah tangga yang sangat lengkap. Mulai dari peralatan mandi, keperluan dapur, hingga produk bersih-bersih rumah!

Wah, super komplit, ya! Cus langsung unduh Aplikasi Super lewat Google Play Store dan nikmati berbagai voucher serta promonya! Sssttt, gratis ongkir setiap saat, loh! Aplikasi Super, Mudah, Murah, Untung Melimpah!