Sedulur yang pecinta kucing, tentu saja tidak asing lagi dengan istilah grooming kucing. Grooming merupakan istilah yang digunakan untuk perawatan kucing peliharaan. Sebagai bentuk tanggung jawab dan rasa sayang terhadap hewan peliharaan, sudah semestinya kita merawat dan mengurusnya.

Grooming kucing merupakan serangkaian proses yang memiliki tahapan dan tipsnya terlebih dahulu. Dengan melakukan ini, terdapat manfaat yang bisa dirasakan oleh kucing peliharaan kita. Namun sebelum masuk ke pembahasan tersebut, lebih baik kita mulai pembahasan dengan menjelaskan pengertian grooming itu sendiri.

BACA JUGA: Ini Ciri Ciri Kucing Hamil Lengkap Dengan Cara Merawatnya!

Apa itu grooming kucing?

Apa itu grooming kucing
freepik

Grooming kucing adalah istilah yang digunakan merujuk pada kegiatan pemeliharaan dan perawatan terhadap kucing peliharaan kita. Grooming sendiri berasal dari kata groom yang merarti merawat atau mengurus diri. Meskipun banyak kucing liar yang tidak mendapatkan perawatan namun terlihat baik-baik saja.,

-->

Bukan berarti kucing-kucing liar tersebut tidak melakukan perawatan sendiri. Jika kita sering melihat kucing menjilati seluruh bagian tubuhnya, hal tersebut merupakan proses dan bagian dari perawatan yang dilakukan oleh kucing. Berbeda dengan kucing liar yang mandiri dan bebas, kucing rumahan sendikit manja dan penurut.

Oleh karena itu, perlu beberapa tindakan dari kita sebagai pemilik kucing untuk merawat kesehatan serta kebersihan kulit kucing tersebut. Apa arti grooming kucing secara senderhana merupakan sebentuk tindakan untuk perawatan kucing itu sendiri.  Lantas apa saja manfaat dari grooming itu sendiri?

BACA JUGA: 12 Makanan Kucing Persia Untuk Kesehatan & Perawatan Bulu

Manfaat Grooming

Manfaat grooming
freepik

Bukan tanpa manfaat, grooming kucing merupakan kegiatan yang bisa memberikan banyak manfaat bagi kucing peliharaan. Kucing sendiri terkenal sebagai hewan yang manja dan sangat suka diperhatikan. Terlepas dari itu, berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa Sedulur dapatkan dengan melakukan grooming terhadap kucing Sedulur, yaitu di antaranya:

  • Membersihkan bulu dan kulit kucing
  • Menjaga kesehatan bulu dan kulit kucing
  • Terhidar dari jamur, bakteri dan virus.
  • Memperhatikan kenyamanan kucing peliharaan

Dari daftar manfaat grooming kucing di atas, kita bisa menyadari bagaimana kedudukan grooming kucing bagi keberlangsungan hidup hewan pelaharaan yang kita miliki. Untuk melakukan serangkaian langkah perawatan di atas, kita membutuhkan beberapa peralatan khusus. Yuk, simak ulasannya di bawah ini.

BACA JUGA: Ini 6 Ciri Ciri Kucing Cacingan, Penyebab & Cara Mengobatinya

Peralatan yang dibutuhkan

manfaat grooming
freepik

Jika Sedulur melihat setiap tempat grooming kucing terdekat, Sedulur akan menyadari bahwa dibutuhkan beberapa peralatan khusus. Hal ini membuat kita sebagai palanggan menyadari mengapa harga grooming kucing bisa sedemikan tinggi. Tanpa harus mengunjungi tempat grooming kucing terdekat, Sedulur bisa melakukan perawatan sendiri jika memiliki beberapa peralatan di bawah ini:

  • Sisir biasa atau sisir khusus untuk kucing
  • Sikat kecil dengan bulu sikat yang lembut
  • Pemotong kuku khusus kecil atau pemotong kuku ukuran kecil
  • Gunting kecil untuk memotong bulu kucing
  • Sikat cucu khusus kucing atau anjing
  • Shampo khusus kucing
  • Blower atau hairdryer untuk mengeringkan bulu kucing
  • Tisu basah atau tisu khusus kucing
  • Pembersih telinga khusus kucing atau anjing
  • Handuk kecil

Beberapa peralatan yang dibutuhkan di atas merupakan syarat grooming kucing agar Sedulur bisa melakukannya sendiri di rumah. Namun, jangan lupa sebelum melakukan perawatan sendiri, Sedulur bisa konsultasi ke setiap tempat grooming kucing agar langkah yang Sedulur lakukan tidak salah. Selain itu, Sedulur juga bisa menyimak beberapa tips di bawah ini untuk melakukan grooming sendiri di rumah.

BACA JUGA: Fakta Kucing Munckin Kaki Pendek, Harga & Cara Merawatnya

1. Memastikan umur kucing

1. Grooming kucing
freepik

Untuk grooming kucing, Sedulur tidak bisa melakukannya secara sembarangan. Hal yang pertama harus Sedulur perhatikan adalah memastikan umur kucing itu sendiri. Kucing yang boleh digrooming adalah kucing yang telah melewati umur 3 bulan. Atau minimal sudah tidak lagi disusui oleh induknya.

Jika melakukan grooming pada kucing dibawah usia tersebut, akan berisiko kepada kesehatan kucing itu sendiri. Kucing memiliki kondisi yang agak berbeda terkait suhu tubuh. Jika kucing terkena basah, selain berisiko kucing sakit, kucing juga tidak akan nyaman. Memastikan usia kucing bisa meminimalisir risiko di atas.

2. Perhatikan kondisi kucing dan kondisi cuaca

2. Perhatikan kondisi =
freepik

Setelah memastikan umur kucing aman, jangan lupa juga untuk memperhatikan kondisi kucing sebelum Sedulur memastikan untuk melakukan grooming kucing. Kondisi kesehatan kucing merupakan hal penting untuk dipastikan terlebih dahulu, agar kesehatan kucing tidak melemah setelah grooming. Kucing yang kurang sehat biasanya akan lebih agresif saat proses grooming dilakukan.

Hal penting lainnya adalah memastikan kondisi cuaca. Terutama jika Sedulur melakukan grooming tidak memiliki alat pengering khusus. Karena memastikan kucing agar benar-benar terjaga kehangatannya sangat penting. Kucing sangat rentan terhadap cuaca dingin. Hal ini bisa membuat imunitas kucing melemah dan berisiko membuat kucing sakit.

BACA JUGA: Mengenal Kucing Mixdom, Kucing Ras Campuran Lucu & Populer

3. Gunakan air hangat

3. Grooming kucing
freepik

Setelah menyimak dua tips di atas, Sedulur yang awam akan menjadi paham bahwa kucing sangat sensitif dengan suhu. Maka memastikan suhuh air yang digunakan saat proses grooming kucing merupakan hal yang tidak kalah penting diperhatikan. Kucing sangat sensitif terkena air, lebih tepatnya kucing sangat tidak nyaman jika mereka ada di kondisi yang basah.

Menggunakan air hangat mengurangi ketidaknyamanan kucing itu sendiri. Serta bertujuan untuk memberikan relaksasi terhadap kucing. Karena air hangat bertujuan untuk memberikan relaksasi kepada tubuh. Bukan hanya itu, air hangat juga efektif untuk membasji jamur, bakteri, kutu dan permasalahan bulu dan kulit kucing pada umumnya.

Maka dari itu, Sedulur wajib melakukan grooming pada kucing dengan menggunakan air hangat, jika tidak tersedia Sedulur lebih baik tidak melakukan grooming sama sekali. Karena dapat beresiko mengganggu kesehatan dan kenyamanan kucing itu sendiri

4. Segera keringkan bulu kucing

5. grooming kucing
freepik

Setelah memandikan kucing, Sedulur harus segera mengeringkan bulunya. Bagian ini merupakan tahapan yang agak sulit. Karena kucing sangat tidak nyaman saat tubuhnya basah. Sedulur bisa menggunakan handuk dan blower agar bulu kucing cepat kering. Selain itu, suhu tubuh kucing normal berbeda dengan suhu normal manusia.

BACA JUGA: 12 Cara Menghilangkan Kutu Kucing yang Ampuh dan Praktis

5. Gunakan handuk dan jemur kucing

7. Bersihkan telinga
freepik

Agar proses pengeringan cepat, Sedulur juga bisa memanfaatkan cahaya matahari. Mengeringkah bulu kucing menggunakan  handuk sambil disiram dengan sinar matahari. Hal ini juga efektif untuk membuat tubuh kucing tetap hangat. Namun untuk memanfaatkan ini, Sedulur harus memperhatikan kondisi cuaca terlebih dahulu.

6. Bersihkan area mata dan hidung

Bersihkan mata dan hidung
freepik

Langkah selanjutnya adalah membersihkan area mata dan hidung. Tahapan ini penting dalam melakukan grooming. Sedulur bisa menggunakan kapas atau cairan khusus untuk membersihkan area hidung dan mata kucing. Sedulur bisa mengusap dengan gerakan satu arat dari bagian hidung menuju pipi, lakukan hingga area hidung benar-benar bersih.

Setelah bersih, lakukan hal yang sama pada area mata. Lakukan dengan gerakan yang sama dan satu arah, juga lakukan secara berulang hingga bagian mata kucing bersih.

BACA JUGA: Ini Penyebab Kucing Muntah Kuning dan Cara Mengobatinya

7. Bersihkan telinga

8. bersihkan telinga
freepik

Setelah area mata dan hidung bersih, Sedulur bisa melanjutkannya ke bagian penting lain yaitu telinga. Disarankan untuk menggunakan kapas dengan pinset, atau juga tidak memiliki kedua alat tersebut, Sedulur bisa menggunakan cutton bud. Jangan lupa untuk menambahkan cairan khusus untuk membersihkan telinga. Lalu bersihkan hingga semua kotoran telinga terangkat.

8. Sisir bulu kucing

Sisir bulu kucing
freepik

Tips dan langkah terakhir adalah dengan menyisir bulu kucing. Gunakan gerakan searah dari kepala menuju ekor dan sebaliknya. Saat menyisir bulu kucing, Sedulur bisa memperlihatkan secara detail bagian kulit kucing. Cek apakah ada masalah di bagian kulit atau bulunya. Jika aman, Sedulur bisa melanjugkan lap kucing dengan handuk sambil memberikan pijatan.

Itulah tips dan beberapa penjelasan terkait grooming kucing yang perlu Sedulur ketahui. Memperhatikan kesehatan, kebersihan dan melakukan perawatan rutin terhadap kucing merupakan sebentuk tanggung jawab kita memelihara kucing. Karena dengan memutuskan untuk memelihara kucing, kita juga secara otomatis memperhatikan segala kebutuhannya. Termasuk kebutuhan mendapatkan perawatan.