Benarkah menggoreng makanan menggunakan air fryer lebih sehat? Yuk simak fakta dan informasinya di bawah ini!

Belakangan ini ramai berita yang menyampaikan bahwa terdapat cara menggoreng yang lebih mudah dan lebih menyehatkan. Seperti kita tahu sendiri, makanan yang digoreng menggunakan minyak, lebih beresiko karena mengandung banyak lemak jenuh. Siapa yang tidak tertarik ketika mendengar kabar ada cara menggoreng makanan lebih sehat.

Jawabannya adalah dengan menggunakan air fryer terbaik. Air fryer yang bagus dapat membuat proses memasak menjadi lebih hemat dan lebih sehat, kabarnya air fryer low watt dan tidak akan menghamburkan listrik yang digunakan. Fryer listrik juga merupakan alat masak air fryer hemat listrik yang cocok digunakan untuk penggunaan energi terbarukan.

Superapp.id dalam kesempatan kali ini akan membahas manfaat alat menggoreng tanpa minyak menggunakan alat baru ini. Walaupun mungkin harga air fryer dibanderol lumayan mahal, dan kuche air fryer review masih jarang yang melakukannya, Sebelum membahas manfaat alat menggoreng tanpa minyak ini, kita bahas terlebih dahulu apa sebenarnya air fryer itu.

-->

Baca Juga: Tips Mengolah Sayur Agar Nutrisi Tidak Hilang Ala SUPER

Apa itu Air Fryer?

1. Menurunkan Kadungan Lemak pada Makanan
freestufffinder.com

Air fryer adalah alat dapur atau alat memasak yang bisa digunakan untuk menggoreng berbagai makanan tanpa menggunakan minyak sama sekali. Banyak yang terkagum-kagum dan sekaligus terheran bagaimana bisa makanan digoreng tanpa menggunakan minyak. Bukan hanya itu, bahan makannya pun beragam, mulai dari daging, kentang, hingga kue kering bisa digoreng menggunakan alat satu ini.

Meskipun sama-sama bisa menghasilkan makanan yang renyah dan tampilan seperti digoreng, alat satu ini memiliki cara kerja yang berbeda dengan menggoreng seperti biasanya. Alat canggih ini bekerja dengan mengalirkan udara panas yang ada di sekitar makanan dan menghasilkan reaksi kimia yang dikenal dengan istilah efek Maillard.

Efek kimia yang melibatkan asam amino dan gula dan dapat menyebabkan perubahan warna makanan dan rasa makanan seperti layaknya digoreng. Alat canggih ini hanya membutuhkan satu sendok makan minyak untuk dapat menggoreng makanan dan menghasilkan tekstur renyah dengan digoreng menggunakan banyak minyak. Jika memang fungsi air fryer demikian lantas seperti apa saja manfaatnya? Yuk, langsung saja kita simak ulasannya di bawah ini.

Manfaat Air Fryer dalam Memasak Makanan

1. Menurunkan Kadungan Lemak pada Makanan

1. Menurunkan Kadungan Lemak pada Makanan
liputan6.com

Alat menggoreng tanpa minyak ini dapat menurunkan kandungan lemak pada makanan. Hal tersebut jika didapat dengan membandingkan menggoreng cara konvensional dengan menggunakan alat canggih satu ini. Jika pada cara konvensional kita membutuhkan 3 cangkir minyak goreng, dengan 1 sdm makan minyak kita bisa menggoreng makanan, hal tersebut tentu saja sangat signifikan menurunkan kandungan lemak pada makanan.

Baca Juga: 10 Makanan Tinggi Serat Ini Wajib Ada di Daftar Menu Kamu!

2. Membantu Menurunkan Berat Badan

2. Membantu Menurunkan Berat Badan
bola.com

Manfaat selanjutnya adalah mampu untuk menurunkan berat badan. Hal ini tentu saja merupakan dampak dari berkurangnya kandungan lemak pada makanan ketika menggoreng menggunakan alat canggih satu ini. Selain itu, dengan kandungan kadar lemak dalam makanan yang rendah, membuat apapun makanan yang digoreng dengan alat ini bisa dikonsumsi dan tidak akan membuat tubuh menjadi lebih berat.

3. Mengurangi Pembentukan Zat Berbahaya

3. Mengurangi Pembentukan Zat Berbahaya
topwisata.info

Manfaat selanjutnya adalah dapat mengurangi pembentukan zat berbahaya. Biasanya, ketika kentang yang mengandung karbohidrat tinggi dan diolah dengan cara digoreng konvensional, akan terbentuk sebuah zat kimia bernama akrilamida yang dicurigai mengandung sifat karsinogenik, yang dapat memicu kanker. Dengan diolah menggunakan alat ini, kadar akrilamida bisa diturunkan hingga 90%.

4. Membuat Sayuran Menjadi Lebih Renyah

4. Membuat Sayuran Menjadi Lebih Renyah
sajiansedap.grid.id

Manfaat selanjutnya yaitu dapat membuat sayuran menjadi lebih renyah dan memiliki rasa yang nikmat. Terlebih, kandungan dari sayuran pun tidak akan banyak berkurang dan berlunturan. Hal tersebut dikarenakan dengan menggoreng secara konvensional, biasanya kandungan dari sayuran akan banyak berkurang, namun menggunakan alat canggih satu ini, selain sayuran menjadi lebih nikmat dan renyah, kandungannya pun dapat bertahan dan bisa bermanfaat untuk tubuh.

5. Mengurangi Limbah Dapur

5. Mengurangi Limbah Dapur

Limbah dapur juga dapat membahayakan lingkungan sekitar kita. Dengan menggunakan alat canggih satu ini, kita bisa mengurangi limbah dapur dan dapat lebih menghemat kebutuhan dapur sekaligus membuat berbagai makanan yang lebih sehat. Hal ini tentu saja memberikan banyak keuntungan, dibandingkan dengan memasak secara konvensional.

Lalu pertanyaannya bagaimana memilih dan cara menggunakan alat canggih ini secara baik dan benar. Sedulur bisa simak ulasannya di bawah ini.

Cara Memilih dan Menggunakan Air Fryer dengan Benar

Cara Memilih dan Menggunakan Air Fryer dengan Benar
kompas.com

Agar bisa memilih dan menggunakan alat canggih untuk menggoreng satu ini dengan baik dan benar, Sedulur harus memperhatikan beberapa hal dalam poin di bawah ini:

  • Pastikan material plastik pada alat canggih yang dibeli bebas dari BPA. BPA atau bisphenol A adalah bahan kimia yang dapat membahayakan kesehatan apabila terserap pada makanan yang kemudian kita konsumsi.
  • Pilih alat menggoreng tanpa minyak dengan kapasitas yang sesuai kebutuhan Sedulur.
  • Gunakan minyak yang sehat dan dapat menahan suhu tinggi, seperti minyak zaitun, minyak canola atau minyak sayur.
  • Panaskan alatnya terlebih dahulu sebelum digunakan.
  • Hindari memasukkan bahan olahan makanan terlalu banyak.
  • Bersihkan alat setelah digunakan sebagai perawatan.

Berdasarkan pembahasan yang dijelaskan oleh Superapp.id di atas, bahan makanan akan lebih aman diolah menggunakan alat canggih yang dapat menggoreng makanan tanpa menggunakan banyak minyak ini. Sedulur juga bisa berkreasi menggunakan bahan makanan yang lebih sehat, seperti sayuran dan lain sebagainya.

Sedulur juga bisa membeli bahan makanan yang sehat dengan harga yang jauh lebih murah dengan membelinya di Aplikasi Super. Sedulur bisa klik di sini untuk melihat kelengkapan barang dan bahan makanan yang dimiliki oleh Aplikasi Super. Sedulur juga bisa klik di sini untuk download Aplikasi Super dan melakukan transaksi lebih mudah menggunakan smartphone. Selamat mencoba!