Doa Sebelum dan Sesudah Belajar

Belajar merupakan sebuauh bentuk dari ibadah. Setiap orang pasti melalui fase ini untuk menuntut ilmu hingga memperluas pengetahuan. Hal ini pasti mempunyai banyak manfaat. Terlebih lagi untuk menunjang karier agar dapat menduduki posisi yang lebih tinggi dan mencari tahu passion  agar mendapatkan pekerjaan yang diinginkan. Dalam ajaran Islan, Rasulullah SAW menganjurkan umatnya untuk membaca doa sebelum belajar dan sesudahnya agar kita sebagai umat-Nya dapat mendapatkan keberkahan dalam menuntut ilmu.

Di bawah ini, sudah terangkum doa sebelum belajar dan menghafal ketika hendak dan sesudahnya. Berikut adalah daftarnya doa beserta artinya yang wajib diketahui dan diamalkan oleh umat Muslim di dunia.

Tulisan Arab Doa Sebelum Belajar dan artinya

doa sebelum belajar dan menghafal
image source: SobatSekolah.com

1. Surat Taha ayat 114

رَضِتُ بِااللهِ رَبَا وَبِالْاِسْلاَمِ دِيْنَا وَبِمُحَمَّدٍ نَبِيَا وَرَسُوْلاَ رَبِّ زِدْ نِيْ عِلْمًـاوَرْزُقْنِـيْ فَهْمًـا

Rodhitu billahirobba, wabil islaamidina, wabi-muhammadin nabiyyaw warosula. Robbi zidnii ‘ilmaa warzuqnii fahmaa

-->

Artinya: “Aku ridha Allah SWT sebagai Tuhanku, Islam sebagai agamaku, dan Nabi Muhammad SAW sebagai Nabi dan Rasul. Ya Allah, tambahkanlah kepadaku ilmu dan berikanlah aku pengertian yang baik”

2. Doa sebelum belajar yang mudah dihafal

رَبِّ زِدْنِي عِلْمًا وَارْزُقْنِيْ فَهْمًا وَاجْعَلْنِيْ مِنَ الصَّالِحِيْنَ

Robbi zidnii ‘ilmaa warzuqnii fahmaa, waj’alnii minash-shoolihiin

Artinya: “Ya Allah, tambahkanlah aku ilmu dan berikanlah aku rezeki akan kepahaman, dan jadikanlah aku termasuk golongan orang-orang yang saleh.”

BACA JUGA: Manfaat Susu Beruang yang Aman untuk Konsumsi Sehari-hari

Tulisan Arab Doa Sesudah Belajar dan Artinya

1. Doa sesudah belajar pertama

اَللّٰهُمَّ اِنِّى اِسْتَوْدِعُكَ مَاعَلَّمْتَنِيْهِ فَارْدُدْهُ اِلَىَّ عِنْدَ حَاجَتِىْ وَلاَ تَنْسَنِيْهِ يَارَبَّ الْعَالَمِيْنَ

Allaahumma innii istaudi’uka maa ‘allamtaniihi fardud-hu ilayya ‘inda haajatii wa laa tansaniihi yaa robbal ‘alamiin

Artinya : “Ya Allah, sesungguhnya kutitipkan kepada-Mu apa yang telah Engkau ajarkan kepadaku, maka kembalikanlah dia kepadaku di saat aku membutuhkannya. Janganlah Engkau membuat aku lupa kepadanya. Wahai Tuhan pemelihara alam.”

2. Doa sesudah belajar kedua

اَللّ هُمَّ أَرِنَا الْحَقَّ حَقًّا وَارْزُقْنَا اتِّـبَاعَهُ وَأَرِنَا الْبَاطِلَ بَاطِلاً وَارْزُقْنَا اجْتِنَابَهُ

Allahumma arinal haqqa haqqa warzuqnat tibaa’ah. Wa arinal baathila ba-thilan warzuqnaj tinaabahu

Artinya: “Ya Allah, tunjukkanlah kepada kami kebenaran, sehingga kami dapat mengikutinya. Dan tunjukkanlah kepada kami kejelekan, sehingga kami dapat menjauhinya”

3. Doa sesudah belajar ketiga

رَبَّنَا انْفَعْنَا بِمَاعَلَمْتَنَا الَّذِيْ يَنْفَعُنَا وَزِدْنَا عِلْمًا وَالْحَمْدُلِلّ هِ عَلَى كُلِّ حَالٍ

Rabbanan fa’naa bima ‘alamtanaldzi yanfa’una wa zidna ‘ilman walhamdulillahi ‘ala kullihal

Artinya: “Ya Tuhan kami, jadikanlah ilmu kami ilmu yang bermanfaat, ajarkan kami apa-apa yang bermanfaat bagi kami serta tambahkan ilmu bagi kami, segala puji hanya bagi Allah dalam setiap keadaan.”

BACA JUGA: Inilah Doa untuk Orang Sakit Paling Mujarab Dalam Islam

Keutamaan Membaca Doa Sebelum Belajar

doa sebelum belajar dan menghafal
image source: elevenia

Setiap doa yang dipanjatkan kepada Allah SWT pasti memiliki manfaat dan keutamaan. Tidak terkecuali saat kita membaca doa sebelum belajar. Dengan berdoa, kita dapat menenangkan diri dan memulai dengan niat dan tawakal kepada Allah SWT. Keutamaan lain dalam membaca doa adalah agar semua ilmu yang kita pelajari dapat mudah diterima oleh otak dan bisa terus mengingat apa saja yang dipelajari ketika belajar. 

Selain itu, berdoa merupakan salah satu bentuk ibadah yang mana banyak keberkahan dalam proses belajar. Maka dari itu, usahakan untuk membaca doa agar semua ilmu yang kita dapatkan dan pelajari dapat menjadi berkah, diberikan kemudahan, diberikan ketenangan, dan kelancaran dalam menuntut ilmu. Zikir ini bisa dihalafkan dan diajarkan sedari dini. Akan lebih baik jika doa sebelum belajar anak TK diamalkan hingga dewasa. 

BACA JUGA: Kumpulan Ucapan & Doa Kelahiran Anak Dalam Islam

Wakti Mustajab untuk Belajar

Bukan hanya tubuh, otak juga memerlukan waktu yang tepat untuk beristirahat dan juga bekerja. Dikutip dari Mukaddimah Majmu’ Syarh Muhadzzab melalui dalamislam.com, Imam al-Khatib al-Baghdadi, ada beberapa waktu yang tepat untuk memulai belajar. Berikut daftarnya.

1. Pagi hari

Pagi hari yang dimaksudkan adalah ketika sepertiga malam atau waktu sahur. Selain itu, waktu ini juga dipercaya menjadi waktu yang baik untuk kita berkomunikasi kepada Allah SWT. Selain itu, pada saat bangun pada dini hari, otak kita masih dalam keadaan fresh karena belum banyak beban pikiran. Jadi, kita bisa lebih fokus dalam belajar.

Maka dari itu, sungguh dianjurkan kita untuk belajar atau menuntut ilmu pada sepertiga malam karena merupakan waktu yang sangat mulia. Seperti yang dituturkan dalam sebuah syair:

وقت السحر به يطيب الحال لأهل الصفا # وبه يجود العالي بفضل أهل الوفا

Artinya: “Waktu larut malam adalah saat termuliakannya keadaan orang–orang suci. Dan pada waktu itu pula Sang Maha Mulia semakin pemurah dengan anugerah untuk mereka yang menepati janji mengunjungi–Nya (shalat malam)”

2. Siang hari

Pagi setelah matahari terbit hingga siang hari adalah waktu orang sedang bekerja dan fokus. Jangan lupa untuk merapalkan doa sebelum belajar di sekolah bagi yang masih pelajar. Doa ini juga bisa tetap diamalkan oleh orang dewasa dan siapa saja

3. Ketika lapar

Percaya atau tidak, keadaan lapar membuat seseorang bisa lebih fokus belajar. Karena saat merasa kenyang, kita cenderung menjadi ngantuk, lelah, dan menganggap bahwa waktu sesudah makan adalah istirahat. Belajar pun akan menjadi kurang fokus.

BACA JUGA: 15+ Nama Toko yang Membawa Berkah dan Cara Memilihnya

Adab Belajar

doa sebelum belajar di sekolah

Kita semua tentu tahu bahwa menuntut ilmu atau belajar merupakan sesuatu yang wajib dilakukan. terutama yang memeluk Islam. Ada beberapa adab yang perlu diketahui dan diamalkan. Ingat dan lakukan terus ya.

1. Niat belajar karena Allah

Sebelum memulai belajar, hendaknya bulatkan niat terlebih dulu. Sebagaimana dikutip dalam firman Allah SWT Al Bayyinah Ayat 5 yang berbunyi:

وَمَا أُمِرُوا إِلَّا لِيَعْبُدُوا اللَّهَ مُخْلِصِينَ لَهُ الدِّينَ حُنَفَاءَ وَيُقِيمُوا الصَّلَاةَ وَيُؤْتُوا الزَّكَاةَ ۚ وَذَٰلِكَ دِينُ الْقَيِّمَةِ

Artinya: “Padahal mereka tidak disuruh kecuali supaya menyembah Allah dengan memurnikan ketaatan kepada-Nya dalam (menjalankan) agama yang lurus, dan supaya mereka mendirikan shalat dan menunaikan zakat dan yang demikian itulah agama yang lurus.”

2. Berdoa sebelum dan sesudah belajar

Seperti yang sudah disebutkan di atas beserta ayatnya, kita harus berdoa sebelum belajar dan menghafal juga mengamalkannya. Di mana dan kapan saja, berdoa sebelum belajar di sekolah maupun di rumah.

3. Bersungguh-sungguh dan fokus

Dengan niat untuk mendapat ilmu yang bermanfaat, tentunya kita harus bersungguh-sungguh dan fokus. Bila guru atau pengajar sedang menjelaskan, maka hendaknya agar tetap fokus agar ilmu dapat terserap dengan baik.

Selain membulatkan niat dan memanjatkan doa sebelum belajar, kamu juga perlu mempersiapkan diri. Seperti istirahat yang cukup dan makan dengan teratur. Supaya tidak terlambat makan, siapkan bahan makanan utamanya dengan berbelanja di Aplikasi Super. Saat istirahat, kamu tinggal menghangatkan masakan yang sudah dibuat sebelumnya. Perut nggak bakal keroncongan lagi dan belajar bisa tetap fokus.