Google Drive

Lebih dari sekadar tempat penyimpanan dan berbagi data, Google Drive ternyata punya banyak fitur tersembunyi yang sangat bermanfaat. Yuk simak fitur tersebut!

Google Drive sudah lama menjadi aplikasi cloud sharing favorit bagi professional. Pasalnya, GDrive mudah diakses di mana saja dan memiliki segudang fitur yang bermanfaat bagi semua orang. Selain itu, aplikasi ini juga dimiliki oleh semua orang yang mempunyai akun gmail.

Tapi tahukah Sedulur apa saja sebenarnya fitur dari platform penyimpanan ini? Lebih dari sekadar tempat menyimpan, platform ini ternyata juga punya banyak fungsi. Yuk simak ulasannya berikut ini!

Fitur dan Fungsi Tersembunyi Penyimpanan Google Drive, Milenial Wajib Tahu!

Filter Pencarian Google Drive

Unsplash

Tahukah Sedulur bahwa Drive Google memiliki fitur filter pencarian? Jika Sedulur lihat di kolom search yang terdapat pada bagian atas laman Google Drive web, terdapat ikon untuk filter. Klik ikon tersebut dan akan muncul filter untuk hasil pencarian yang lebih spesifik.

-->

Fitur ini akan sangat berguna bagi Sedulur yang memiliki ribuan file atau data dalam Drive nya. Lewat filter pencarian ini, Sedulur dapat mengatur hasil pencarian mulai dari jenis file, lokasi, hingga pemilik dari file tersebut.

Backup Smartphone dengan Google Drive

Voi.id

Backup smartphone merupakan hal yang penting untuk dilakukan secara berkala di era sekarang. Pasalnya, smartphone kini menjadi bagian besar dalam hidup semua orang. Terdapat banyak sekali data penting dan sentimental yang tersimpan dalam smartphone. Karena itu, backup perlu untuk selalu dilakukan.

Untungnya, GDrive menawarkan fitur backup smartphone dengan sangat mudah. Sedulur tinggal mengaktifkan fitur ini lewat menu settings > backup > lalu pilih apa saja yang ingin Sedulur backup di Google Drive seperti foto, dokumen, atau kalender.

Backup PC dengan Google Drive

Unsplash

Nggak cuma buat smartphone, Sedulur juga bisa melakukan backup dari data di PC. Namun berbeda dengan smartphone, Sedulur perlu untuk menginstall dulu aplikasi Google Backup and Sync di PC. Setelah mengunduh dan menginstall aplikasi ini, akan muncul folder Google Drive pada PC Sedulur. Dari sini, Sedulur tinggal menaruh file yang ingin di-backup ke dalam folder ini.

Akses Offline

Unsplash

Mengakses Drive memang membutuhkan internet. Layanan penyimpanan satu ini merupakan cloud server yang mengandalkan internet. Akan tetapi, aplikasi dari Google ini juga menyediakan layanan akses offline bagi file-file di dalamnya. Tanpa harus melakukan Google Drive download, Sedulur dapat mengakses file secara offline dan melakukan perubahan di dalamnya. Perubahan ini akan segera tersimpan di Drive saat Sedulur kembali mendapat jaringan internet.

Cara untuk mendapatkan akses offline ini adalah dengan mengunduh Google Docs Offline Extension for Chrome. Sedulur lalu perlu melakukan Google Drive sign in dengan email dan password Sedulur. Setelah itu, masuklah ke menu settings dan centang tulisan Create, Open, and Edit current Google Docs, Spreadsheets, and Presentation Offline on This Device.

Baca Juga: 13 Cara Ampuh Mengatasi Laptop Lemot, Dijamin Berhasil!

Melihat Histori Perubahan

Unsplash

Salah satu keunggulan GDrive adalah kemampuannya untuk dibuka dan diedit oleh banyak orang sekaligus. Hal ini sangat memudahkan kerja tim yang memang perlu untuk koordinasi ketat. Lewat fitur ini ketua tim nggak perlu lagi ribet memantau semua perubahan yang dilakukan tim dalam dokumen bersama. Sedulur tinggal mengecek histori perubahan dokumen sesuai dengan jam dan tanggalnya untuk melihat perubahan apa saja yang terjadi dan siapa yang mengerjakannya.

Caranya, Sedulur tinggal melakukan Google Drive login dan buka file yang ingin dicek. Setelah itu, klik di menu file > Version History. Beberapa versi dokumen akan muncul sesuai tanggal perubahannya.

Mengirim File Besar Lewat Gmail

Unsplash

Pengiriman file dengan ukuran besar kerap membuat bingung. Pasalnya, Gmail memiliki batas pengiriman file hanya sebesar 25MB saja. Sedulur yang ingin mengirim file dengan besar lebih dari itu bisa mencoba fitur GDrive yang satu ini.

Cara menggunakannya, Sedulur tinggal mengunggah file yang ingin dikirim ke GDrive. Setelahnya, di laman compose gmail, Sedulur bisa menemukan ikon GDrive di bagian bawah. Ikon ini memfasilitasi Sedulur untuk attach file dari Drive langsung maupun mengirim dalam bentuk link saja.

Mengubah Format ke Google Docs

Unsplash

Tahukah Sedulur bahwa kini Sedulur dapat mengunggah dokumen dengan format words ke dalam GDrive? Namun untuk mempermudah akses dan fitur yang lebih lengkap, dokumen words dapat diubah menjadi format Docs. Perubahan format ini ternyata juga difasilitasi dengan baik oleh Google Drive.

Menghapus Format Dokumen

Unsplash

Saat memindahkan file berupa teks dengan cara copy dan paste, format awal tulisan tentu akan terbawa dalam dokumen baru. Google Docs mengantisipasi hal ini dengan menu clear formatting. Sesuai namanya, menu clear formatting ini akan menghapus format teks terdahulu secara menyeluruh. Sedulur kemudian bisa menyesuaikan format baru teks sesuai keinginan.

Setelah membaca fitur rahasia Google Drive di atas, mana saja nih yang Sedulur sudah tahu atau bahkan sudah sering pakai? Google Drive memang merupakan salah satu aplikasi vital yang memegang peranan penting dalam kehidupan.

Selain Google Drive, aplikasi lain yang juga patut Sedulur install demi mempermudah hidup adalah Aplikasi Super. Lewat aplikasi ini Sedulur dapat berbelanja ragam kebutuhan sehari-hari dengan mudah dan murah. Nggak percaya? Yuk install Aplikasi Super sekarang juga!