download google meet

Kamu mungkin sudah sering menggunakan Google Meet untuk berbagai kebutuhan online meeting. Tapi, masih sedikit dari kita yang tahu cara download Google Meet. Google Meet sendiri merupakan sebuah apps yang memberikan layanan konferensi video secara gratis. Google meet merupakan update dari Google Hangout yang sudah diketahui banyak pengguna.

Berikut ini beberapa cara download Google Meet yang perlu Sedulur ketahui. Sebelum masuk ke pembahasan tersebut, alangkah lebih baik bila mengetahui terlebih dahulu informasi seputar Google Meet itu sendiri. 

BACA JUGA: 10 Blogger Indonesia Terbaik & Paling Mengispirasi, Sudah Tahu?

Info seputar Google Meet

google meet app
Tek.id

Kamu bisa download Google Meet di HP dengan sistem operasi Android dan iOS. Selain itu, Sedulur juga bisa menggunakannya di berbagai laptop baik di Windows dan MacBook. Menggunakan Google Meet memberikan keluluasaan karena bisa mengundang hingga 250 orang, tergantung pada paket Google Meet yang digunakan.

-->

Desain intuitif dan fitur canggih membuat aplikasi ini begitu populer di kalangan pengguna Android. Perbedaan antara Google Hangout dan Meet adalah karena Meet memungkinkan lebih banyak orang daripada Google Hangout.

Fitur Google Meet

fitur
Okezone

Beberapa fitur yang dimiliki oleh Google Meet adalah kapasitasnya yang banyak, termasuk juga interface-nya yang menarik dan ringan. Google Meet juga memiliki berbagai fitur chat yang memungkinkan pengguna memiliki pengalaman chatting yang lancar dengan teman dan keluarga.

Ada juga fitur polling langsung yang memungkinkan Sedulur dan peserta lain berpartisipasi dalam latihan pengambilan keputusan. Fitur chat juga mencakup kemampuan berbasis teks dan bahkan berbagi file.

Kamu dapat mengirim pesan sebagai pesan teks atau file. Google Meet juga tersinkronisasi dengan G-suite sehingga kolaborasi juga bisa berjalan lancar. Jika bisnismu  bergantung pada seringnya konferensi, kalender Google dan Google Docs bisa sangat membantu pekerjaan Sedulur. Oleh karena itu, banyak yang download Google Meet dan menggunakannya.

BACA JUGA: Apa Itu WordPress? ini Pengertian, Jenis dan Kegunaannya

Harga Google Meet

harga google meet
workspaceupdates.googleblog.com

Memang Google Meet merupakan aplikasi gratis. Jika ingin menikmati berbagai fitur canggih dan menarik lainnya, kamu harus mengeluarkan sejumlah uang untuk membeli lisensinya. Berikut ini beberapa daftar Google Meet yang bisa didapatkan:

  1. Basic $6/bulan. Program yang didapatkan yaitu gmail, email applications, meet conferencing, Google docs, spreadsheets and presentation, safe team messaging, sharing calendars, shared notes, dan engaging employees. Maksimal partisipan 100. Cloud storage sekitar 30 GB. Support: 24/7 via email, telepon atau teks.
  2. Business $12/bulan. Program yang didapatkan yaitu all basic applications and a search feature throughout Gsuite as an added feature. Maksimal partisipan 150. Cloud storage tidak terbatas, jika partisipan di bawah 10. Support: 24/7 via email, telepon atau teks
  3. Enterprise $25/bulan. Program yang didapatkan yaitu all of the business and an added security feature. Maksimal partisipan yaitu 250. Cloud space tidak terbatas, jika partisipan di bawah 10. Support: 24/7 via email, telepon atau teks.

Setelah mengetahui beberapa informasi di atas, tentu Sedulur penasaran bagaimana cara download Google Meet yang bisa dilakukan. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Sedulur lakukan:

BACA JUGA: Hyperlink: Kenali Definisi, Jenis, Fungsi dan Cara Membuatnya

1. Cara download Google Meet di laptop

cara download google meet di laptop
Antaranews

Cara pertama yang bisa kita lakukan adalah menggunakan Google Chrome di web. Ini merupakan cara paling sering digunakan karena merupakan cara download Google Meet di laptop tanpa aplikasi. Langkah yang bisa Sedulur lakukan adalah sebagai berikut:

  1. Buka browser Google Chrome pada laptop
  2. Buka situs Google Meet di link: https://meet.google.com/
  3. Klik new meeting > start meeting untuk memasuki meeting online
  4. Jangan lupa untuk menyetujui dengan izinkan penggunaan kamera dan mikrofon pada laptop bila diperlukan
  5. Setelah itu, pilih join now
  6. Kamu bisa mengundang participant lain dengan share link. Caranya, pilih menu Salin Info Akses
  7. Tambahkan peserta lain dengan klik menu add participant
  8. Proses selesai, kamu telah sukses menggunakan Google Meet di laptop Sedulur melalui Chrome

2. HP atau smartphone

cara download google meet di hp
Detik

Kedua adalah cara download Google Meet di HP maupun smartphone merupakan pilihan alternatif jika tidak menggunakan laptop. Langkah yang bisa Sedulur lakukan adalah sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi Google Play Store di HP atau smartphone masing-masing
  2. Download Google Meet apk di Google Play Store
  3. Download dan install
  4. Secara otomatis, proses download dan instal akan berjalan, tinggal menunggu hingga selesai
  5. Setelah selesai, aplikasi Google Meet akan terpasang dan langsung bisa digunakan
  6. Tinggal masuk Google Meet dan gunakan untuk keperluan pekerjaan atau kuliah

BACA JUGA: Apa Itu Blockchain, Definisi & Cara Kerja Teknologi dibalik Bitcoin

3. Bluestack

Bluestack
satutitiknol

Ini adalah cara download Google Meet untuk laptop, dengan menggunakan Bluestack. Berikut langkah yang bisa Sedulur lakukan:

  1. Kunjungi Bluestack di situs //www.bluestacks.com/id/index.html
  2. Download dan install di laptop
  3. Pastikan kalian telah melakukan login dengan akun Google
  4. Ketik Google Meet pada kolom pencarian aplikasi di Google Play Store
  5. Jika sudah, kalian tinggal klik Instal
  6. Secara otomatis, aplikasi Google Meet akan langsung terpasang di laptop
  7. Selanjutnya, tinggal Google Meet login dan memulai meeting

4. MEmu

MEmu
MEmuplay

Aplikasi yang bisa digunakan selain Bluestack adalah MEmu. Cara menggunakan Google Meet app ini tidak jauh berbeda dengan Bluestack. Langkah yang bisa Sedulur lakukan adalah sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi MEmu di laptop
  2. Setelah itu, klik ikon Google Play Store atau MEmu App Store
  3. Ketik Google Meet di di kolom pencarian
  4. Setelah ketemu, kalian bisa langsung melakukan klik pada aplikasi tersebut
  5. Tekan Install untuk memasang aplikasi Google Meet di laptop
  6. Secara otomatis, Google Meet akan melakukan proses pemasangan di laptop
  7. Sedulur tinggal Google Meet join dan memulai pertemuan

BACA JUGA: Apa itu Software: Pengertian, Fungsi, Jenis, & Contohnya

Kelebihan Google Meet

Kelebihan
CNN Indonesia

Salah satu kelebihan dari Google Meet yaitu interface-nya.  Karena, G-Suite telah terbukti memberikan interface yang menarik dan intutif. Hal ini akan memudahkan kita untuk menggunakannya. Selain itu, kapasitas dari G-Meet yang lebih banyak dan membuat kita leluasa. Hal ini merupakan bagian dari pelayanan Google kepada semua penggunanya.

Selain itu, Google Meet juga memiliki label yang ditampilkan dengan jelas, mulai dari memulai pertemuan dan untuk menampilkan screen atau share screen untuk kepentingan presentasi. Selain itu, menggunakan Google Meet cenderung lebih mudah karena terhindar dari lag, karena kapasitasnya yang tidak begitu besar. Sebagai gambarannya berikut kelebihan yang ada dari Google Meet:

  • Program tambahan
  • Akses penuh ke program G-suite
  • Pengguna G-suite tidak perlu membayar untuk tools konferensi tambahan.
  • Lebih murah.
  • Ini memiliki antarmuka yang mudah digunakan. Nyaman untuk semua orang.

Bukan aplikasi namanya jika tidak ada kekuarangan, berikut ini kekuarangan yang sering dialami saat menggunakan Google Meet:

  • Tidak ada versi PC untuk aplikasi ini, Sedulur harus menggunakan emulator untuk mengaksesnya di PC.
  • Dapat menyebabkan delays bagi orang yang tidak terbiasa dengan Google Meet.
  • Meet tidak memiliki fitur tambahan seperti polling langsung atau whiteboard seperti kebanyakan platform Zoom.
  • Sedulur harus memiliki akun Gmail. Ini adalah kerugian karena beberapa orang mungkin memiliki email lain dari penyedia layanan yang berbeda.

Sekian penjelasan terkait cara download Google Meet beserta dengan keunggulan dan informasi terkait Google Meet lainnya. Semoga penjelasan di atas bisa membuat Sedulur lebih mahir lagi menggunakan Google Meet untuk keperluan pekerjaan dan perkuliahan. Di tengah pandemi Covid-19 saat ini, segala aktivitas dialihkan secara digital, termasuk menggunakan Google Meet.

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.