hyperlink adalah

Hyperlink adalah fitur yang biasa ditemukan di dalam artikel, presentasi, dan dokumen lainnya. Adanya fitur ini membuat para pengguna lebih mudah mengakses file atau informasi terkait yang dibutuhkan. Hyperlink berfungsi untuk menghubungkan satu dokumen ke dokumen lainnya.

Bagi Sedulur yang ingin menambah wawasan di dunia teknologi, hyperlink adalah hal penting untuk diketahui. Apa itu hyperlink? Bagaimana contoh hyperlink dan cara membuatnya? Simak pembahasan lengkapnya di bawah ini secara saksama.

BACA JUGA: Apa Itu WordPress? Ini Pengertian, Jenis dan Kegunaannya

Apa itu hyperlink?

hyperlink adalah
Oxford Web Studio

Hyperlink adalah sebuah cara yang bisa dilakukan untuk menghubungkan satu atau beberapa file sekaligus dalam sebuah dokumen maupun halaman situs web. Secara umum, hyperlink dibuat dalam bentuk teks yang berisi link khusus ke lokasi file yang dituju. Tidak hanya berupa teks saja, contoh hyperlink juga bisa dibuat dalam bentuk video, gambar, ikon, dan materi lainnya. Tinggal sesuaikan saja dengan kebutuhan dan estetika halaman.

Fungsi hyperlink sangat memudahkan pengguna dalam mencari pelengkap file yang dibutuhkan. Tidak perlu mengetik alamatnya secara manual, pengguna tinggal mengirimkan link atau mencantumkan link tersebut di dokumen yang diinginkan. Langkah pembuatannya pun sangat mudah karena biasanya ada fitur khusus di dalam setiap aplikasi untuk membuatnya.

Fungsi hyperlink

ThoughtCo

Supaya lebih paham bahwa hyperlink adalah hal penting, berikut beberapa fungsinya yang perlu Sedulur ketahui.

  • Fungsi hyperlink adalah untuk menghubungkan antar-dokumen atau file. Agar saat presentasi atau membuat dokumen, bisa lebih mudah menghubungkannya dengan dokumen lain tanpa perlu repot mencari dokumen terkait.
  • Fungsi lainnya yaitu memudahkan pengunjung web untuk bisa melihat tulisan, video, gambar, atau materi lainnya dalam sebuah tampilan situs yang sama. Jadi, pengunjung tidak perlu mencarinya secara manual karena bisa langsung klik link tersebut.
  • Berikutnya, fungsi dari hyperlink adalah untuk memudahkan pencarian informasi. Misalnya dengan membagikan link ke orang lain sehingga orang tersebut bisa membaca atau membukanya. Selain itu, Sedulur juga dapat membuka link dari orang lain dan membaca informasi di dalamnya.

Fitur hyperlink pada beberapa perangkat lunak presentasi juga dapat memberikan kemudahan dalam menghubungkan file atau slide pada dokumen PowerPoint dengan cepat tanpa mencari slide secara manual.

Jenis-jenis hyperlink

hyperlink adalah
EasyTechJunkie

Hingga saat ini, ada tiga jenis hyperlink yang bisa Sedulur temukan di web atau dokumen digital. Jenis pertama hyperlink adalah absolute address, lalu relative address, dan yang terakhir link yang tertuju pada section khusus di sebuah dokumen. Berikut penjelasan masing-masing jenisnya.

  • Absolute address, jenis hyperlink yang memiliki unsur nama file, path, lokasi jaringan, dan protocol. Absolute address biasanya digunakan untuk merujuk pada halaman di website.
  • Relative address, atau yang dikenal juga alamat relatif merupakan jenis hyperlink yang bisa digunakan di blog. Jenis ini hanya menyebut nama file dan path­ saja tanpa menyebutkan lokasi jaringan dan protocol.
  • Link to section, jenis hyperlink yang merujuk halaman tertentu pada sebuah konten artikel. Link to section banyak digunakan pada pencarian Google dan sesuai Search Engine Optimization (SEO) saat ini. Saat menekannya, otomatis link tersebut akan membawa Sedulur pada kalimat spesifik di sebuah halaman.

BACA JUGA: Pengertian Blog: Ini Jenis, Struktur, Fungsi, dan Kegunaannya!

Contoh hyperlink

The Manual Therapist

Hyperlink bisa dibuat sesuai kebutuhan masing-masing. Misalnya, Sedulur hendak membagikan alamat web Aplikasi Super, maka hyperlink-nya berupa https://superapp.id/. Contoh hyperlink tersebut bisa diubah judulnya, bebas sesuai keinginan. Sebagai contoh, link tersebut diganti menjadi klik di sini untuk mengunjungi web Aplikasi Super. Siapa saja yang menekan link tersebut, otomatis menuju ke web Aplikasi Super. Jadi, tidak perlu mengetiknya secara manual.

Dari contoh ini, tentunya Sedulur bisa memahami hyperlink dengan lebih mudah. Cara membuatnya juga sangat simpel. Tinggal sesuaikan saja dengan aplikasi atau software yang digunakan.

Cara membuat hyperlink

hyperlink adalah
GCF Global

Secara umum, agar bisa membuat hyperlink diperlukan tag <a> serta href yang berarti hyperlink reference. Pencantuman tag <a> dan href dilakukan sebelum penulisan nama situs yang diinginkan. Pembuatan dengan cara ini bisa diterapkan pada web, program email, bookmark, atau halaman pemrograman.

Sementara di Microsoft Office, perintah yang digunakan untuk membuat hyperlink adalah menu Insert, lalu pilih Hyperlink atau Link. Ketika akan mencantumkan hyperlink di program Microsoft, biasanya akan menggunakan jenis absolute address agar saat diklik akan langsung mengarah ke web atau dokumen yang diinginkan. Berikut rincian tahapannya.

  1. Pilih sel, teks, atau objek yang ingin dibuat hyperlink.
  2. Klik Insert.
  3. Lalu, klik Hyperlink.
  4. Masukkan alamat dalam kolom Address atau pilih file di penyimpanan.
  5. Klik OK.

Sebelum melakukan cara tersebut, pastikan Sedulur telah menyiapkan file atau menyalin alamat situs web yang ingin dicantumkan dalam hyperlink. Cara membuat hyperlink secara cepat juga dapat dilakukan dengan menekan CTRL + K. Setelah itu, tinggal pilih file atau tempel alamat situs web, lalu klik OK.

Sekian pembahasan mengenai hyperlink, mulai dari pengertian, fungsi, jenis, hingga cara membuatnya. Semoga dapat membantu Sedulur makin mahir dalam menghubungkan dokumen atau file melalui hyperlink. Menambahkan hyperlink bisa dipraktikkan untuk mengembangkan web atau blog Sedulur, lho.

Oh iya, bagi Sedulur yang tengah mencari alternatif mengembangkan blog pribadinya, bisa pula mengikuti lomba blog. Salah satu lomba blog yang bisa diikuti adalah Kontes Blog Super Bercerita #KadoUntukPahlawan. Kontes ini diselenggarakan spesial oleh Aplikasi Super pada 4 April—5 Juni 2022. Terbuka untuk umum serta GRATIS. Mengangkat tema pahlawan, di sini Sedulur bisa menulis sosok pahlawan di sekitar sesuai versi terbaikmu.

Jika tulisan yang telah dibuat terpilih sebagai pemenang, Sedulur bakal mendapatkan hadiah jutaan rupiah. Enggak cuma itu saja, menariknya yang membedakan kontes blog ini dengan lomba lainnya adalah, Super akan bantu mewujudkan impianmu terhadap sosok ‘pahlawan’ yang diangkat dalam tulisan. Menarik banget, ‘kan? Daripada penasaran, silakan cek infonya di sini.

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.