Penjelasan tentang software

Istilah perangkat lunak atau software mungkin tak asing lagi di telinga mengingat perangkat ini selalu ada dalam perangkat elektronik seperti komputer dan HP. Kini, ada banyak sekali contoh software yang berkembang dan pengguna bisa dengan mudah memilih perangkat lunak yang diinginkan, tentunya juga sesuai kebutuhan.

Beragamnya keberadaan perangkat lunak, memang tak lepas dari peran para pengembang teknologi atau tech developer. Tugas pengembang dibidang IT memang tak akan jauh dari dunia software dan hardware atau perangkat keras.

Bagi yang tertarik mendalami dunia perangkat lunak, maka perlu mengetahui apa saja contoh software dan ragamnya. Untuk itu, mari simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

BACA JUGA: Apa Itu VPS, Kenali Pengertian, Fungsi, dan Cara Memilih VPS

-->

1. Apa itu software?

contoh software
Indozone

Sebenarnya, istilah ini selalu ditemukan dalam kehidupan seharI-hari khususnya bagi mereka yang bekerja menggunakan komputer. Di dalam komputer tersusun atas dua hal yang penting, seperti perangkat lunak atau software dan hardware alias perangkat keras. Namun di sini kita akan membahas mengenai apa itu software dan contohnya.

Menurut laman IBM dalam tulisannya yang berjudul ‘What is software development?’ , software adalah data yang disimpan dan diformat secara digital termasuk dalam program, dokumentasi, informasi dan ditulis oleh komputer.

Dalam pembuatan perangkat lunak, harus berdasarkan dengan bahasa pemrograman yang dilakukan seorang programer  Nah, tugas dari programer adalah membuat kode yang akan dikenali oleh perangkat  keras  melalui aplikasi Compiler.

Jadi perangkat lunak adalah nyawa pada perangkat keras agar dapat beroperasi dengan melakukan penginstallan sistem operasi. Dengan demikian software dan hardware akan saling bersinergi serta terikat. Itulah penjelasan mengenai pengertian software yang biasa kita temukan di perangkat komputer.

2. Fungsi software atau perangkat lunak

Pengertian Software : Fungsi, Jenis, Spesifikasi dan Contoh Software -  IDCloudHost
IDCloudHost

Setelah mengetahui penjelasan mengenai apa itu software hingga mendetail, maka berikutnya mengetahui fungsi dari keberadan perangkat lunak ini di dalam komputer. Kamu perlu mengetahui fungsi perangkat lunak agar mudah dalam memahami dan mengaplikasikannya. Maka dari itu, mari simak beberapa fungsi penting dari keberadaan perangkat lunak.

Dasar komputer

Fungsi software atau perangkat lunak yang pertama adalah sebagai dasar komputer atau nyawa perangkat keras supaya bisa di operasikan. Sebab, perangkat ini punya peran yang sangat penting pada inti komputer. Ibaratnya seperti otak atau chip di dalam komputer. Jika tidak akan perangkat lunak di dalam kompuuter, maka yang ada komputer kamu tak akan menyala dan tak akan bisa digunakan untuk bekerja.

Penghubung

Selain sebagai dasar dalam komputer, fungsi software berikutnya adalah sebagai media atau penghubung. Ya, perangkat lunak di dalam komputer tidak akan bisa bekerja sendiri tanpa bantuan perangkat keras. Maka dari itu, mereka memiliki fungsi sebagai media atau penghubung antara beberapa perangkat lunak lain dengan perangkat keras komputer.

Penerjemah

Tak hanya sebagai penghubung dan dasar komputer, fungsi software berikutnya adalah sebagai penerjemah. Perangkat lunak difungsikan sebagai penerjemah, perintah perangkat lunak lain ke dalam bahasa mesin atau pemrograman. Hal ini supaya dengan mudah terbaca oleh perangkat keras atau Hardware.

Identifikasi

Fungsi software yang terakhir adalah Identifikasi, yang mana bahwa tugas perangkat lunak memang mengidentifikasi selain juga menjadi penerjemah bahasa mesin.

Setelah mengetahui contoh software dan fungsinya serta  pengertian apa itu software, maka berikutnya adalah mengenal jenis-jenis yang ada dalam perangkat lunak. Beradasarkan pada pengertiannya, berikut adalah fungsi perangkat lunak yang harus kamu tahu.

BACA JUGA: Cara Memperbaiki Hardisk Tidak Terbaca Mudah & Praktis

3. Jenis jenis perangkat lunak

programer
Indozone

Sebagai nyawa atau chip yang terdapat dalam komputer, Software punya peran besar dalam menjalankan beberapa fungsi utamanya. Nah supaya kamu mudah memahami tentang jenis-jenisnya yuk simak ulasan di bawah ini.

Sistem operasi

Pertama ada sistem operasi atau Operating System yang dipakai dalam mengelola dan mengkoordinir pada setiap komponen yang ada dalam komputer. Ada pun beberapa contoh software sistem operasi yang harus kamu tahu, seperti Windows, UNIX, DOS, Linux dll.  

Bahasa pemrograman

Tidak hanya sistem operasi, terdapat pula keberadaan bahasa pemrograman. Bahasa pemrograman adalah jenis perangkat lunak yang memang difungsikan dalam memberikan interaksi standar. Melibatkan sistmatika sintak dan semantic. Adapun contoh dari bahasa pemrograman adalah seperrti PHP, Microsoft Virtual Basic,  Java, Script

Program aplikasi

Terakhir yang ada di dalam perangkat lunak adalah program aplikasi. Diketahui, bahwa jenis perangkat lunak atau software mempunyai fungsi tertentu. Misalnya saja seperti keberadaan perangkat lunak presentasi, perangkat lunak penentu primer RNA dll. Ada pun contoh software aplikasi yang ada dalam program aplikasi. Seperti Ms. Office, MYOB, NCBI, Primer3web, Clustawl Omega, OpenOffice.ord dan masih banyak lagi.

Itulah beberapa jenis yang terdapat dalam software, berikutnya kamu harus mengetahui beberapa spesifikasi yang ada dalam perangkat lunak. Hal ini agar kamu bisa mendukung dalam pengoperasian komputer.

BACA JUGA: Cara Mengatasi Lupa Kata Sandi Email dengan Mudah & Cepat

4. Spesifikasi dalam software

contoh software
IDCloudHost

Dalam komputer kamu akan menemukan beberapa spesifikasi perangkat lunak. Tentunya semua mempunnyai peran penting dalam jalannya komputer. Lantas seperti apa contoh software komputer yang harus kamu tahu. Mari simak ulasannya di bawah ini.

  • Sistem Operasi Mesin Server : Seperti Solaris, Ms. Windows Server, Free BSD, Varian OS Linux untuk server (Caldera, Debian, Mandrake, dll)
  • Menunjang Aplikasi Jaringan Komputer meliputi : DSN server, database server, remote desktop, web server dll
  • Aplikasi Lalu Lintas Jaringan seperti routing atau proses pengiriman data/informasi dengan cara meneruskan paket data ke sebuah jaringan satu ke jaringan yang lainnya.

5. Contoh perangkat lunak atau Software

programer
Nesabamedia

Setelah kamu mengetahui spesifikasi dalam perangkat lunak alias software, maka berikutnya adalah mengenai contoh software komputer. Ada banyak sekali contoh perangkat lunak yang harus kamu tahu. Lalu biasanya keberadaan perangkat lunak ini tidak akan asing dalam aktivitas keseharian kita.

Sebab, perangkat lunak ini kerap dipakai saat mengerjakan tugas. Baik tugas sekolah, tugas kantor hingga melakukan presentasi. Nah, penasaran dengan contoh software dan hardware, maka kamu perlu menyimak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Microsoft Office Word

Contoh software komputer yang pertama adalah keberadaan Ms Office Word. Aplikasi berwarna biru dengan logo W ini mempunyai beragam fungsi dalam kehidupan sehari-hari. Seperti mengerjakan tugas, membuat desain untuk CV hingga untuk keperluan pembuatan laporan. Ms Word adala aplikasi untuk mengetik dan mengetik teks atau yang akan ditampilkan pada selembar kertas bila sudah dicetak.

Microsoft Office Powerpoint

Selain Ms Word yang kerap dipakai dalam membuat tugas ketikan, selanjutnya ada contoh software aplikasi bernama Ms Powerpoint. Powepoint biasa digunakan oleh meraka para profesional muda ataupun hanya sebatas untuk pekerjaan kampus dan sekolah. Biasanya aplikasi ini digunakan sebagai media untuk presentasi dengan menghadirkan beberapa poin-poin penting namun ringkas.

Tidak hanya dijabarkan menjadi beberapa poin, Powerpoint bisa memudahkan kamu dalam melakukan presentasi di depan dosen hingga bos. Sehingga perlu rasaya kamu memiliki contoh software komputer bernama PowerPoint agar mudah dalam melakukan presentasi di hadapan khalayak publik.

Microsoft Excell

Contoh software aplikasi berikutnya adalah keberadaan Microsoft Excell. Biasanya, aplikasi yang satu ini kerap dipakai oleh mereka yang bekerja sebagai admin. Admin gudang di perusahaan, admin keuangan dan pekerjaan-pekerjaan lain yang memang berhubungan dengan dunia hitung-menghitung. Namun intinya bahwa Ms Excell digunakan dalam keperluan mengedit dan membuat dokumen dalam tampilan kolom.

Selain itu, beberapa rumusnya yang ada di Ms Excell mampu digunakan sebagai media untuk berhitung cepat. Sehingga contoh software komputer ini mempunyai banyak sekali fungsi dan tujuan.

Demikian ulasan mengenai pengertian, fungsi, jenis-jenis hingga contoh software komputer. Semoga ulasan ini bisa memberikan sedikit gambaran tentang dunia perangkat lunak dan bisa berguna untuk kamu yang ingin mempelajari dunia IT.      

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

 Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.