bar mini

Adanya bar di dalam rumah bisa menambahkan kenyamanan bagi para penghuninya. Akan tetapi, salah satu kendala yang sering dihadapi adalah kebutuhan akan ruang yang cukup luas. Namun tidak perlu khawatir, Sedulur bisa mengakalinya dengan membuat bar mini.

Mini bar ini adalah versi kecil atau minimalis dari sebuah bar. Kamu tetap bisa merasakan sensasi berada di dalam bar namun dalam skala kecil. Tentu saja setiap kebutuhan yang biasa ditemukan dalam bar bisa didapatkan dalam versi mininya ini. Bagi Sedulur yang tertarik dan ingin mencari referensi yang menarik, langsung saja simak informasi yang ada di bawah ini.

BACA JUGA: 20+ Inspirasi Dapur Minimaslis Sederhana & Mewah, Bisa Ditiru

1. Mini bar minimalis dengan dapur terbuka

bar mini terbuka
dekoruma

Yang pertama adalah mini bar dapur yang terbuka. Konsep bar yang satu ini akan menghadap keluar dan menempatkan sebagian bar di bagian luar dan sebagian lagi di bagian dalam ruangan. Jadi suasana yang dirasakan akan terasa lebih cozy.

Kitchen set mini bar dapur kecil yang digunakan sengaja dibuat kering. Hal ini karena aktivitas yang dapat dilakukan di dalamnya memang bukan untuk memasak namun untuk aktivitas-aktivitas santai. Misalnya seperti mengobrol sambil menyantap cemilan.

2. Mini bar ruang tamu yang modern dan mewah

ruang tamu
content

Bisa dibilang jika adanya bar akan membuat ruang tamu nampak lebih unik dan spesial. Untuk memberikan kesan yang modern dan mewah, Sedulur tidak perlu repot mencari banyak barang, kok. Cukup dengan memilih furnitur yang tepat, maka ruang tamu pun akan tampak berkelas.

Misalnya saja penggunaan kursi logam dengan bentuk yang sederhana. Selain itu, Sedulur juga bisa memperhatikan para pemilihan warna yang tepat. Khusus untuk warna, usahakan setiap furniture yang digunakan itu memiliki warna yang senada. Jangan sampai hanya karena salah memilih warna, tampilan ruang tamu malah menjadi tidak enak dipandang.

3. Mini bar minimalis ruang makan outdoor

bar mini outdoor
dekoruma

Untuk ruang makan yang memiliki konsep outdoor, Sedulur bisa meletakkan mini bar minimalis di bagian bawah jendela pemisah antara ruang makan outdoor dengan dapur. Desain mini bar seperti ini, tentunya akan semakin menguatkan tema yang diusung pada ruang makan.

Misalnya saja, keberadaan dari elemen kayu untuk bagian counter dan juga kursi. Selain itu, nuansa yang dihasilkan dari tema skandinavian pun semakin terasa. Dengan ini, maka susana bersantap dengan keluarga akan terasa semakin hangat dengan furnitur yang minimalis bernuansa putih.

4. Mini bar cafe minimalis di teras

Mini bar cafe minimalis di teras
dekoruma

Desain mini bar yang satu ini, dapat Sedulur terapkan jika ukuran teras rumah yang dimiliki cukup sempit. Dengan begini, kamu bisa memanfaatkannya sebagai area refreshing, bersantai, maupun sekedar menerima tamu.

Bar minimalis ini bisa Sedulur buat dengan memasang ambalan atau kayu di bagian pagar teras. Kemudian tinggal tempatkan beberapa kursi di bagian bawahnya. Alangkah lebih baik, jika posisi mini bar ini menghadap ke arah jalan secara langsung. Jadi Sedulur bisa duduk bersantai sembari menikmati pemandangan sekitar.

5. Dapur mini bar cantik bertekstur kayu

kayu
furnizing

Penggunaan aksen kayu untuk pilihan furnitur memang membuatnya tampak lebih eksklusif. Hal ini tentu saja berlaku juga untuk penggunaan furniture pada bar. Di sini, kamu bisa menggunakan meja kecil panjang dari kayu palet.

Pastinya meja tersebut akan membuat berbagai aktivitas dalam menyiapkan makanan terasa semakin mudah. Terlebih lagi, meja mini bar ini juga dapat Sedulur gunakan untuk area menyantap makanan bersama teman atau keluarga.

6. Bar eksklusif di atap rumah

rooftop
dekoruma

Bagi Sedulur yang mempunyai semacam taman atau ruang santai di bagian atap rumah, maka bisa memanfaatkannya untuk membuat sebuah bar mini. Kamu juga bisa menyesuaikan desain mini bar tersebut dengan konsep taman yang sudah diterapkan.

Misalnya saja untuk taman di atap yang berkonsep modern, Sedulur bisa menggunakan warna abu milenium pada furnitur bar. Selain itu, gunakan juga warna putih sebagai warna pendamping. Seperti yang tadi sudah dikatakan, pemilihan yang tepat akan membuat kita merasa nyaman ketiak berada di tempat tersebut.

BACA JUGA: 15 Tips Dekorasi Kamar Kos Aesthetic Paling Nyaman

7. Bar mini dapur kecil milenium

milemium
bestwallpapermalang

Seperti contoh mini bar dapur kecil di atas, penggunaan konsep milenium mampu membuat dapur yang kecil tampak luas. Untuk menimbulkan kesan milenium nan modern, Sedulur bisa memilih furniture berbahan alumunium dan besi anti karat. Sedangkan untuk warna, penggunaan warna yang tepat adalah warna-warna netral seperti putih, abu-abu, silver, dan juga hitam.

Di bagian atas bar, Sedulur juga dapat memasang sebuah jendela lipat yang panjang. Jendela tersebut akan membuat bagian luar dan dalam ruangan seperti terhubung. Selain itu, jendela juga akan membuat udara masuk dan membuat ruangan terasa lebih sejuk.

8. Bar di patio kayu

patio kayu
furnitureus

Penambahan sebuah mini bar minimalis pada bagian teras di hunian yang memiliki konsep rumah kayu, ternyata juga mampu memberikan energi baru bagi para penghuninya. Tema kayu yang diusung untuk mini bar tersebut, juga bisa menambah kenyamanan patio untuk tempat bersantai outdoor yang terkesan hangat.

Sedulur juga dapat menghadirkan berbagai jenis tanaman gantung agar suasana yang ditimbulkan semakin asri serta alami. Dengan konsep tersebut, maka bar ini akan terkesan seperti mengundang orang-orang untuk beristirahat dan rehat sejenak di sana, lho.

9. Bar berkesan futuristik

futuristik
lifestyleasia

Ingin punya mini bar seperti yang ada di kafe atau klub besar? Ya, Sedulur dapat mendesain bar minimalis tersebut dengan menggunakan counter bar beraksen neon, agar nampak lebih futuristik. Sedulur bisa meletakkan bar ini di dalam sebuah ruang khusus.

Hal ini akan membuat suasana teras terasa lebih meriah dan gemerlap neon semakin terasa. Sedulur juga bisa memilih desain mini bar yang melingkar, lengkap beserta kabinet bar station-nya. Untuk warna neon, Sedulur bisa menyesuaikan dengan selera, kok.

10. Mini bar outdoor elegan

elegan
dekoruma

Jika ingin menghadirkan nuansa yang berbeda di halaman atau bagian teras rumah, Sedulur bisa mengkombinasikan antara konsep mini bar berwarna dasar netral dengan dekorasi yang memiliki warna terang. Misalnya saja seperti menggunakan sofa minimalis berwarna senada, kemudian diberikan sedikit sentuhan akhir berupa cushion warna merah.

Tanpa mengurangi kesan modernnya sedikitpun, Sedulur tetap bisa menampilkan nuansa outdoor yang terkesan alami dengan penggunaan kayu untuk bagian depan. Agar tidak kelihatan memaksa, akses kayu juga digunakan pada bagian atap bar.

11. Bar minimalis yang melayang

melayang
dekoruma

Yang dimaksud mini bar melayang tersebut, bukan berarti bar-nya melayang di udara begitu saja, lho. Ini adalah konsep pembuatan sebuah bar kecil yang ditempelkan pada pilar rumah, sehingga benda apapun yang diletakkan di atasnya akan terlihat seperti melayang.

Konsep yang satu ini bisa menjadi salah satu alternatif yang dapat Sedulur coba, jika teras rumah yang dimiliki tidak terlalu besar. Menariknya, Sedulur tidak memerlukan desain yang tematik, hanya dengan pemilihan kontras warna pada bangku, kemudian menempatkan beberapa sukulen seperti kaktus maupun berbagai tanaman hias yang lain agar tampilan bar semakin manis.

12. Mini bar outdoor BBQ

bbq
thegorbalsla

Mengingat fungsi utama dari bar itu adalah sebagai tempat untuk bersantai, tentu saja penambahan alat atau perabot berupa panggangan BBQ sangat tepat. Ya, pengadaan acara BBQ akan sangat seru ketika ada keluarga, kerabat, maupun teman yang datang ke rumah Sedulur kan?

Oleh sebab itu, Sedulur dapat menempatkan alat pemanggang dalam bar tersebut. Untuk countertop dari bar, alangkah lebih baik jika dibuat dari material yang kuat dan juga tahan panas seperti keramik maupun aluminium. Hal ini dilakukan untuk menghindari segala kemungkinan yang tidak diinginkan.

Itulah beberapa rekomendasi bar mini yang bisa Sedulur jadikan sebagai inspirasi. Silahkan pilih salah satu dari beberapa konsep bar yang sudah dijelaskan di atas. Silahkan pilih mana yang paling sesuai dengan selera dan kebutuhan Sedulur.

Jangan hanya membuat bar hanya untuk memperindah sebuah ruangan atau rumah saja. Namun pikirkan juga dengan fungsinya. Yang paling penting, tujuan pembuatan bar itu adalah untuk membuat para penghuni rumah terasa lebih nyaman lagi ketika berada di dalamnya.