Terrarium merupakan salah satu solusi untuk membuat tanaman dengan keterbatasan lahan dan tempat. Tidak seperti di pedesaan, yang masih tersedia lahan luas untuk menanam tanaman. Di kota untuk menaman sudah sangat sulit, oleh karena itu banyak dipikirkan cara dan inovasi untuk melakukannya.

Mulai dari membuat vertical garden hingga menanam tanaman di dalam pot, semua itu dilakukan untuk mengatasi keterbatasan lahan. Pada akhirnya kemudian memunculkan inovasi terrarium untuk menghadirkan keindahan tanaman tanpa mengkhawatirkan keterbatasan lahan.

Lantas apa sebenarnya pengertian dari tanaman terrarium itu sendiri? Yuk, mari kita simak pembahasan lengkapnya di bawah ini!

BACA JUGA: Mengenal Apa Itu Paludarium, Miniatur Alam dalam Akuarium

-->

Apa itu Terrarium?

terrarium
ruparupa

Terrarium adalah tanaman yang ditanam di dalam wadah yang terbuat dari kaca. Wajah kaca tersebut berfungsi menjadi pot untuk tempat tumbuhnya tanaman. Sederhananya adalah teknik membuat tanaman untuk mengatasi keterbatasan lahan dan memberikan nilai estetis sebagai hiasan rumah.

Terdapat juga beberapa jenis yang bisa dibuat, salah satu yang menarik perhatian adalah terrarium aquarium. Yang dapat memberikan kesan alami dan memberikan sentuhan warna biru dan hijau di dalam ruangan yang mempercantik hiasan rumah. Perpaduan tanaman, air, hingga kaca yang sebagai wadahnya.

Sedulur tertarik ingin membuatnya sendiri? Yuk, mari langsung simak langkah membuatnya di bawah ini.

Bahan yang dibutuhkan

terrarium
dekoruma

Untuk membuat terrarium reptile, bahan yang dibutuhkan untuk membuatnya adalah:

  • Pasir
  • Arang
  • Tanah
  • Wadah kaca atau plastik
  • Tanaman
  • Aksesoris seperti bebatuan
  • Sumpit
  • Corong (opsional)
  • Tisu untuk membersihkan

BACA JUGA: Apa Itu Aquascape dan Bedanya Dengan Akuarium Biasa

Langkah membuatnya

terrarium
rumah

Untuk membuat terrarium gelas, dari bahan-bahan yang telah Sedulur kumpulkan di atas, Sedulur bisa mengikuti langkah membuatnya di sini:

  • Lapisi bagian bawah wadah kaca atau plastik dengan 1,5 inci bebatuan kecil. Lapisan bawah dari batu-batu kecil ini berfungsi sebagai pengeringan..
  • Setelah itu, tambahkan lapisan tipis arang aktif. Arang aktif berfungsi melawan pertumbuhan bakteri.
  • Lanjutkan dengan menuangkan tanah dengan cukup banyak agar menutupi akar tanaman. Sebaiknya lapisan tanah sekitar 2,5 inci.
  • Masukkan tanaman hias yang akan Anda gunakan. Mulai dengan tanaman dengan ukuran paling besar terlebih dahulu. Pindahkan tanaman dari pot dan pangkas akarnya. Lalu lubangi tanah cukup besar agar pas dengan akar tanaman. Masukkan tanaman ke lubang dan bereksperimenlah dalam penataannya.
  • Bersihkan dengan tisu jika kotor. Lakukan penyiraman tiap 2 minggu atau ketika tanah terlihat kering. Jangan diletakan di sinar matahari langsung.

Cara yang sangat mudah bukan untuk membuat terrarium kaktus atau yang paling sederhana sekalipun. Lantas apa saja sih kelebihan yang bisa kita dapatkan dengan memiliki terrarium sukulen di dalam rumah?  Berikut penjelasannya:

BACA JUGA: Cara Bisnis Aquaspace Modal Tipis Omzet Berlapis, Cocok Untuk Pemula

1. Mempercantik rumah tanpa memakan tempat

suara

Untuk harga terrarium yang tidak terlalu mahal untuk dibeli, kelebihan ini sangat menguntungkan. Rumah Sedulur bisa mendapatkan kecantikan tanpa harus menghabiskan tempat yang luas. Secara estetika juga, dekorasi rumah Sedulur bisa terlihat lebih menggugah dan bisa membuat Sedulur lebih betah berada di dalam rumah.

Di tengah masa pandemi Covid-19 saat ini, banyak dari kita yang mengerjakan setiap pekerjaan di rumah. Oleh karena itu, memiliki rumah yang cantik merupakan suatu keharusan untuk diwujudkan. Agar kita tidak mudah bosan dan stress berada di rumah yang sekaligus harus bekerja.

2. Memberikan efek psikologis

kompas

Sebagaimana yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa keberadaan dari hiasan tanaman dari kaca ini bisa membuat kita betah berada di dalam rumah. Karena keberadaan hiasan ini dapat memberikan efek psikologis secara positif dan membuat kita menjadi lebih rileks dan santai ketika berada di dalam rumah.

Kita dapat meningkatkan mood, rasa bahagia dan produktivitas. Sehingga saat masa WFH mengerjakan apapun di rumah, kita terhindar dari segala permasalahan stres dan tekanan kerja. Akan membuat kita sebagai penghuni rumah menjadi lebih nyaman lagi.

BACA JUGA: Kenali Ikan Cupang Koi, Harga, Ciri Ciri & Cara Merawatnya

3. Tidak perlu repot merawatnya

terrarium
pinhome

Kelebihan selanjutnya adalah perawatan yang mudah dan tidak membuat kita repot untuk mengurusnya. Tidak sebagaimana hiasan rumah lainnya, yang memerlukan perhatian dan perawatan. Hiasan ini sangat mudah untuk dirawat. Selain itu, jika melihat bahan-bahan untuk membuatnya yang telah dijelaskan di atas, sangat mudah ditemukan dan murah untuk dibeli.

Jika tidak ingin ribet membuat sendiri, Sedulur bisa mencari harga terrarium mini yang murah yang harus disesuaikan dengan ukuran dalam rumah Sedulur. Rumah Sedulur pun akan menjadi semakin cantik dan indah.

Sekian penjelasan segalah hal terkait terrarium lumut, Sedulur bisa dengan bebas membuatnya untuk mempercantik dekorasi dalam rumah Sedulur. Jangan lupa juga untuk menyiapkan segala kebutuhan dan persiapan untuk membuatnya. Agar rumah Sedulur semakin cantik dengan hiasan alami tanpa harus memakan tempat yang berlebihan di dalam rumah.