Sebagai organ reproduksi wanita, pastinya miss V harus senantiasa dirawat dan dijaga kebersihannya. Hal tersebut dilakukan agar kesehatan tubuh juga bisa terjaga. Tak hanya itu, kehidupan seksual seseorang juga menjadi berpengaruh. Pada wanita berusia dewasa, salah satu permasalahan umum yang dialami adalah mengendurnya organ vital. Tidak perlu panik, karena terdapat beberapa cara merapatkan miss v yang bisa dilakukan.

Manfaat miss V yang rapat tentunya bisa meningkatkan rasa percaya diri seorang wanita, apalagi ketika sedang berhubungan dengan suami. Suami akan menjadi lebih puas ketika mengetahui bahwa organ vital pasangannya rapat. Kepuasan tersebut tentunya akan membuat hubungan rumah tangga menjadi lebih harmonis dan hangat. Lantas, bagaimana cara merapatkan miss V agar bisa lebih percaya diri lagi? Berikut adalah ulasannya.

BACA JUGA: Ini 16 Cara Mengatasi Telat Datang Bulan Agar Tidak Hamil

1. Mengonsumsi alpukat

cara merapatkan miss v
pixabay

Dikenal sebagai buah untuk melancarkan pencernaan dan menjaga kesehatan mata, ternyata alpukat juga memiliki fungsi yang baik untuk organ vital wanita. Salah satu cara alami untuk mengencangkan vagina ini bisa didapatkan dari kandungan di dalam alpukat yang beragam. Alpukat kaya akan vitamin B-6, kalium, serta lemak sehat. Nutrisi dalam buah untuk merapatkan miss v tersebut bisa digunakan untuk menaikkan libido atau gairah karena kadar hormon estrogen dan produksi cairan vagina dalam tubuh meningkat. Tak hanya itu, alpukat juga bisa mencegah bayi lahir cacat karena mengandung folat yang penting dikonsumsi oleh ibu hamil.

-->

2. Gooseberry

cara merapatkan miss v
pexels

Kandungan buah gooseberry diketahui dapat mengetatkan dinding vagina serta bisa digunakan untuk mengencangkan otot-otot dinding vagina. Gooseberry juga memiliki sifat anti mikroba, anti inflamasi, serta antivirus, yang berguna untuk membersihkan vagina. Buah berry yang berasal dari Eropa ini juga bisa digunakan sebagai obat diare yang mana penderita akan mengalami susah buang air besar atau sembelit. 

Cara merapatkan miss v dengan gooseberry adalah dengan merebus air serta sekitar dua belas buah ini. Hal ini digunakan untuk melepaskan ekstraknya secara alami. Setelah mendidih, tuang ke dalam gelas bersih dan tunggu sampai agak dingin dengan cara meletakkannya pada suhu ruang. Oles ekstrak buah gooseberry di area vagina sebelum mandi setiap hari agar otot vagina menjadi lebih lembut dan elastis.

BACA JUGA: Infeksi Saluran Kemih: Gejala Penyebab & Cara Mengobatinya

3. Daun sirih

cara merapatkan miss v
pixabay

Bahan alami yang satu ini pastinya sudah sangat familiar di telinga. Daun sirih adalah salah satu tumbuhan yang sangat populer dalam merapatkan serta membersihkan vagina, terutama yang sudah aktif secara seksual. Kandungan di dalam daun sirih yang beragam dipercaya bisa membunuh jamur, bakteri, dan parasit yang merupakan penyebab utama dari keputihan dan bau tidak sedap pada vagina. Perlu diingat bahwa untuk menggunakannya tidak boleh berlebihan, karena pH yang ada di dalam vagina bisa hilang.

Cara merapatkan miss v dengan sirih adalah dengan merebus 3-5 lembar daun sirih yang sudah dicuci bersih dengan ukuran sedang. Setelah mendidih, gunakan air rebusan tersebut untuk membilas beberapa daerah pada vagina saat mandi. Vagina akan menjadi lebih kesat serta bakteri yang berbahaya juga akan hilang.

4. Daun dan bunga pepaya

cara merapatkan miss v
pixabay

Setelah memahami apakah daun sirih bisa merapatkan miss v dan jawabannya adalah iya, maka daun selanjutnya yang memiliki fungsi yang sama adalah daun pepaya. Tak hanya daunnya, bahkan bunga pepaya juga bisa untuk mengencangkan vagina. Adanya senyawa kimia dalam daun pepaya tersebutlah yang bisa mengencangkan otot-otot dalam vagina. Kandungan anti bakteri serta antioksidannya juga bisa membersihkan vagina dengan baik.

Caranya cukup mudah untuk dipraktekkan, yaitu dengan merebus pucuk daun pepaya yang masih muda dan konsumsi sebagai lalapan saat makan. Selain itu, ramuan daun pepaya juga bisa dicoba. Caranya adalah dengan mencampurkan daun dan bunga pepaya, jahe, madu, serta kuning telur ayam kampung.

BACA JUGA: Obat Kuat Alami Pepsoden Bisa Bikin Tahan Lama, Beneran?

5. Kunyit

cara merapatkan miss v
pixabay

Kunyit dipercaya sebagai bahan alami untuk menyembuhkan asam lambung, mencegah penyakit jantung, dan sembelit. Tak hanya itu, cara mengembalikan keperawanan menggunakan kulit juga bisa dilakukan. Apalagi, jika Sedulur sering berhubungan atau aktif secara seksual. Cara yang satu ini diklaim cukup ampuh dilakukan dan memiliki efek yang luar biasa. 

Kondisi rahim yang menonjol pada vagina serta masalah lainnya bisa dicegah dengan menggunakan kunyit secara teratur. Hal inilah yang mendasari mengapa seorang wanita dianjurkan minum kunyit asam saat menstruasi, karena dinding rahim, vagina, panggul, serta otot vagina akan diperkuat oleh kunyit asam.

Kemampuan kunyit sebagai cara merapatkan miss v diperkuat dengan cara mengonsumsinya. Beberapa pilihan menu yang bisa dibuat dengan mudah menggunakan bahan dasar kunyit adalah teh rebusan kunyit yang dibuat dengan cara mencampurkan kunyit dengan jus lemon dan madu, dan bumbu kari yang terbuat dari kunyit yang bisa awet disimpan beberapa bulan.

6. Lidah buaya

pixabay

Lidah buaya dikenal sebagai tanaman yang bisa menenangkan serta melembabkan kulit wajah yang kering. Tak hanya wajah, vagina juga bisa terawat jika diberikan ekstrak lidah buaya. Cara yang bisa dipraktekkan adalah dengan mengambil lidah buaya yang masih segar, cuci bersih, lalu pisahkan kulit dengan gel nya. Setelah gel sudah jadi, oleskan ke area vagina dan bilas dengan air bersih yang hangat. Untuk mendapatkan hasil vagina yang kencang dan kesat, lakukan hal tersebut setiap selesai mandi.

BACA JUGA: 12 Arti Mimpi Pacar Selingkuh, Pertanda Baik atau Buruk?

7. Vitamin E

pixabay

Vitamin E bisa digunakan untuk mengurangi tekanan darah tinggi serta diabetes selama kehamilan. Selain itu, vitamin E juga bisa menjadi salah satu cara merapatkan miss v, lho. Vitamin E adalah kandungan yang bisa dengan mudah mengatasi iritasi serta kekeringan pada vagina. Penyebab utama dari kekeringan vagina adalah merokok, olahraga yang terlalu keras, bahkan terlalu banyak berpikir atau stress. Kondisi tersebut dapat diatasi dengan mengonsumsi vitamin E.

Cara untuk mengonsumsinya cukup mudah, yaitu dengan meminum kapsul vitamin E yang banyak dijual di apotek atau bisa juga dengan mengoleskan minyak vitamin E ke vagina secara perlahan. Cara ini digunakan agar vitamin E bisa lebih mudah terserap di area kulit. 

8. Senam kegel

alodokter

Senam kegel merupakan sebuah gerakan sederhana untuk melepas dan menahan otot dasar panggul. Gerakan ini cukup fleksibel karena bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Otot dasar panggul akan mengencang, termasuk otot yang ada pada area vagina serta rektum. Berikut adalah cara melakukan senam kegel sederhana untuk merapatkan miss v:

  • Ketika buang air kecil, cobalah berhenti sejenak di tengah-tengah untuk menemukan otot yang tepat. Jika urin berhasil berhenti untuk keluar, maka Sedulur sudah menemukan otot yang tepat. 
  • Rebahkan badan dengan posisi tegak lurus.
  • Kemudian, kencangkan otot yang tadi berhasil digunakan untuk menahan urine yang keluar.
  • Tahan posisi tersebut selama 5 detik, kemudian lepaskan lagi selama 5 detik juga.
  • Ulangi langkah tersebut selama minimal 5 kali.

Gerakan sederhana tersebut dipercaya membuat otot panggul menjadi semakin baik. Tingkatkan durasi latihan senam kegel hingga 10 detik per set untuk hasil yang maksimal. Bisa juga dengan meningkatkan gerakannya sebanyak 5-10 kali dalam 3 set per harinya. 

BACA JUGA: Apa Itu Fetish? Kenali Ciri Ciri dan Penyebabnya, Simak Disini!

9. Latihan panggul

tribunnews

Latihan panggul dapat digunakan untuk melatih otot vagina serta sebagai cara merapatkan miss v setelah keguguran. Berikut adalah cara latihan panggul yang bisa dipraktekkan:

  • Langkah pertama adalah berdiri tegak dengan posisi bahu dan pantat yang menyentuh tembok.
  • Pastikan posisi dari lutut tidak tegang.
  • Selama melakukan ini, tarik pusar ke arah tulang belakang serta pastikan punggung tetap menempel pada tembok dengan tegap.
  • Lakukan posisi tersebut selama 4 detik, kemudian lepaskan dan ulangi hingga 10 kali persen sebanyak 5 kali dalam sehari.

10. Mengonsumsi makanan sehat

pexels

Dengan mengonsumsi makanan yang sehat,maka akan memberikan berbagai manfaat kesehatan bagi tubuh serta wajah. Pola makan yang sehat dan teratur bisa digunakan untuk meremajakan jaringan tubuh serta otot dan tulang. Berbagai makanan bisa dipilih berdasarkan masalah pada tubuh. Jika Sedulur mencari cara merapatkan miss v, ada berbagai macam makanan sehat yang bisa dipilih.

Jika Sedulur merasa vagina longgar, mungkin salah satu penyebabnya adalah faktor penuaan. Umur yang semakin bertambah membuat produksi estrogen dalam tubuh menurun. Hal ini menyebabkan vagina menjadi kurang fleksibel, tipis, serta kering. Untuk membuatnya menjadi rapet, salah satu caranya adalah mengonsumsi makanan sehat yang mengandung banyak estrogen. Ini bertujuan untuk membuat vagina menjadi kencang kembali serta tidak kekurangan hormon estrogen.

Makanan yang disarankan untuk mengencangkan vagina adalah yang mengandung protein organik, seperti daging sapi. Daging sapi dipercaya efektif untuk membangun massa otot serta membuat dinding vagina menjadi lebih kuat. Selain protein organik, konsumsi vitamin C yang rutin juga bisa menurunkan risiko kelemahan dasar panggul. Vitamin C terdapat dalam berbagai jenis makanan, diantaranya adalah jeruk nipis, mangga, pepaya, dan brokoli.

Cara merapatkan miss v dengan jeruk nipis yang terdapat kandungan vitamin C adalah dengan menumbuk jinten, bunga delima, serta kunyit hingga halus. Kemudian, masukkan bahan yang telah halus tersebut ke dalam sebuah gelas berisi air panas dan perasan jeruk nipis. Aduk hingga merata dan konsumsi secara rutin pada malam hari setelah makan malam.

Vitamin C yang terkandung dalam jeruk nipis baik untuk menurunkan risiko kelemahan dasar panggul. Ia juga bisa menaikkan makanan yang mengandung estrogen serta bisa digunakan untuk melumasi jaringan intim dari dalam. Selain mengonsumsi beberapa kandungan makanan, Sedulur juga harus menghindari beberapa makanan seperti kafein. Kafein bisa membuat kandung kemih iritasi serta buang air kecil akan sulit untuk ditahan.

BACA JUGA: 12 Gaya Berhubungan Agar Lama, Agar Menambah Keintiman

11. Manjakani

alodokter

Sejak dahulu kala, manjakani digunakan sebagai ramuan bahan alami untuk merawat organ intim. Jamu manjakani adalah obat herbal yang diracik secara khusus dari tanaman spesies pohon oak. Banyak masyarakat yang menjual jamu manjakani dalam bentuk bubuk yang dibuat dari buah oak. Tanaman yang memiliki nama lain Mecca Manjakani ini sebenarnya sudah banyak tumbuh di Indonesia. Namun, masyarakat belum begitu mengenal manfaat apa saja yang terkandung di dalamnya.

Kandungan manjakani yang bisa mengencangkan otot vagina adalah tannin, vitamin A, vitamin C, protein, dan kalsium. Selain mengencangkan dan merapatkan miss v, kandungan elemen astringentnya juga bisa menghilangkan bakteri yang menjadi penyebab utama keputihan dan bau tidak sedap. Ramuan turun temurun dari nenek moyang ini bisa diolah dengan cara menghaluskannya terlebih dahulu sebelum dioleskan di vagina. Selain mengoleskannya, Sedulur juga bisa meminum jamu manjakani agar otot area vagina bisa lebih elastis. 

12. Jamu tradisional

pixabay

Beberapa jamu tradisional diklaim bisa membuat vagina menjadi kencang dan elastis kembali. Dikutip dari sebuah penelitian dari Universitas Airlangga, Surabaya, ada beberapa nama jamu untuk merapatkan miss v, yaitu jamu harumita, jamu tongkat nikmat, serta jamu galian rapet. Jamu yang bisa mengencangkan vagina ini kebanyakan berasal dari Jawa Timur, tepatnya di Madura.

Cara merapatkan miss v dengan pasta gigi, mitos atau fakta?

Beredar kabar bahwa pasta gigi bisa untuk merapatkan miss v. Sebenarnya, hal itu hanyalah mitos belaka. Memasukkan pasta gigi ke dalam vagina justru akan menyebabkan berbagai kerusakan serius yang mengganggu. Selain itu, seseorang juga akan merasa tidak nyaman karena pasta gigi akan terasa dingin. 

Demikian beberapa cara merapatkan miss v yang bisa dicoba sendiri dengan mudah di rumah. Dampak yang baik akan semakin terasa karena cara tersebut menggunakan bahan alami yang aman untuk digunakan. Namun perlu diingat, jangan terlalu berlebihan dalam menggunakan berbagai macam bahan tersebut, agar tidak menimbulkan masalah baru. Konsultasikan ke dokter terlebih dahulu sebelum melakukan berbagai cara di atas. Hal ini dikarenakan kondisi kulit setiap orang berbeda, sehingga dampaknya mungkin juga akan berbeda. Semoga berhasil!