cara mengusir semut

Semut menjadi salah satu binatang kecil yang seringkali ditakuti oleh sebagian orang. Meskipun memiliki tubuh kecil, namun gigitan semut bisa menimbulkan rasa sakit yang cukup terasa. Hal ini membuat banyak yang mencari cara mengusir semut dengan bahan alami yang ampuh.

Sebenarnya, kita tidak perlu membunuh semut untuk mengusirnya. Sedulur bisa menggunakan cara mengusir semut menurut Islam, yakni dengan membaca doa Nabi Sulaiman. Hal ini karena diketahui semut merupakan makhluk Allah yang juga menjadi rakyat dari Nabi Sulaiman.

Terlepas dari cara mengusir semut menggunakan doa tersebut, ada beberapa bahan alami yang bisa Sedulur gunakan. Berikut cara mengusir semut yang dapat dicoba dengan mudah. Yuk, kita simak!

BACA JUGA: Penyebab Tenggorokan Gatal dan Cara Mengatasinya

-->

1. Lemon

cara mengusir semut
iStock

Cara mengusir semut di kamar dapat dilakukan dengan menggunakan lemon. Sedulur bisa meletakkan air perasan lemon maupun kulit lemon di area semut mulai masuk. Sedulur juga bisa mengepel lantai kamar dengan air yang sudah ditambah dengan perasan air lemon. 

Selain itu, Sedulur juga bisa mencampurkan air dengan perasan lemon dengan perbandingan 1:3 dan menyemprotkannya ke semua titik kamar, terlebih pada titik masuk dan sarang semut. Setelah beberapa waktu, semut akan pergi menjauh karena tidak menyukai apapun yang asam dan pahit, seperti contohnya bau sari lemon yang asam. 

2. Jeruk

cara mengusir semut
iStock

Hampir sama dengan lemon, Sedulur juga bisa menggunakan jeruk sebagai alternatif lain. Sedulur dapat mengusir semut dengan mencampurkan air hangat dengan sedikit kulit jeruk, lalu oleskan di sekitar titik masuk semut. Setelah beberapa saat, bersihkan olesan jeruk tersebut. 

Jeruk juga bisa menjadi cara mengusir semut tanpa membunuh karena hanya mengeluarkan bau yang tidak disukai semut tanpa melukainya. Jika perlu, Sedulur juga bisa meletakkan kulit jeruk di dapur atau tempat lain yang terdapat banyak semut. 

3. Bubuk cabai rawit atau lada hitam

cara mengusir semut
iStock

Cara mengusir semut di makanan sebenarnya bisa dengan mengetuk-ketukkan wadah atau menjemurnya dibawah sinar matahari. Namun jika cara itu tidak mempan dilakukan, Sedulur bisa menggunakan bubuk lada hitam atau cabai rawit untuk mengusirnya. 

Pertama, ketuk-ketukkan wadah makanan yang disemuti, lalu taburi bubuk cabai rawit atau lada hitam pada area sekitar wadah. Dalam beberapa saat, mereka akan mulai meninggalkan tempat tersebut karena semut juga membenci sesuatu yang pedas. 

BACA JUGA: 6 Penyebab Sakit Perut Sebelah Kanan dan Cara Mengatasinya

4. Cuka putih

cara mengusir semut
iStock

Cuka putih dapat mengusir semut dengan efektif.  Hal ini dapat terjadi karena semut tidak tahan dengan bau cuka putih. Cara yang bisa dilakukan adalah dengan mencampurkan cuka dan air dengan perbandingan sama atau 1:1. Setelah itu, semprotkan ke semua titik masuk semut.

Sedulur juga bisa menambahkan beberapa tetes minyak esensial ke dalam campuran cuka dan air tersebut lalu mengocoknya hingga tercampur rata. Setelah itu, semprotkan larutan ke titik masuk semut dengan pengulangan satu kali sehari. 

5. Kayu manis

cara mengusir semut
iStock

Bahan alami selanjutnya yang bisa digunakan adalah kayu manis. Menurut penelitian dari jurnal berjudul Terminating Red Imported Fire Ants Using Cinnamomum Osmophloeum Leaf Essential Oil, minyak esensial yang terbuat dari kayu manis ternyata memiliki potensi untuk mengusir semut.

Sedulur bisa menaburkan bubuk kayu manis di area sekitar rumah untuk mengusir serangga, termasuk semut merah. Taburkan serbuk kayu manis di titik masuk semut, dengan begitu mereka tidak akan melewatinya lagi.  Sedulur juga bisa menggabungkan kayu manis dengan cengkeh untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

Kayu manis bisa mengusir semut karena memiliki bau yang menyengat. Dengan menambahkan minyak esensial pada serbuk kayu manis, bau menyengat akan menjadi lebih kuat dan semut akan lebih cepat pergi.  

6. Minyak kayu putih

cara mengusir semut
iStock

Minyak kayu putih juga dipercaya dapat menjadi pengusir serangga alami. Sedulur bisa mencampurkan 5 hingga 10 tetes minyak kayu putih dengan 2 gelas air hingga rata dan memasukkannya dalam botol semprot.

Setelah itu, semprotkan larutan campuran tersebut ke seluruh bagian yang didatangi semut. Cara lainnya adalah dengan membasahi kapas dengan minyak kayu putih dan meletakkannya di area yang sering didatangi semut. Ganti kapas setiap minggunya untuk hasil yang lebih maksimal.

BACA JUGA: 12 Penyebab Gatal Pada Kulit Beserta Cara Mengatasinya

7. Air mendidih

cara mengusir semut
iStock

Cara selanjutnya tidak hanya mengusir namun juga sampai membunuh semut yang masuk ke dalam rumah. Sedulur bisa menyiramkan air mendidih ke dalam lubang semut yang ada di dalam rumah atau di area sekitar rumah. Dengan begitu, semut tidak akan mengganggu Sedulur lagi.

8. Daun mint

cara mengusir semut
iStock

Salah satu daun yang tidak disukai semut adalah daun mint. Daun yang memiliki aroma mint ini sangat dibenci oleh semut karena aromanya yang pedas. Sedulur dapat mengusir semut dengan mencampurkan 10 tetes ekstrak mint dengan secangkir air, lalu semprotkan pada bagian-bagian yang dilalui semut. Untuk hasil maksimal, ulangi cara ini sebanyak dua kali sehari.  

9. Ampas kopi 

cara mengusir semut
iStock

Bahan alami selanjutnya yang bisa digunakan sebagai cara mengusir semut di tanaman adalah ampas kopi. Bahan ini dipercaya bisa digunakan untuk mengusir semut karena memiliki aroma dan rasa yang pahit. Cukup gunakan ampas kopi yang baru diseduh dan buang pada tempat berkumpulnya semut. 

BACA JUGA: 14 Penyebab Kucing Muntah Beserta Cara Mengatasinya

10. Garam

cara mengusir semut
iStock

Selanjutnya adalah cara mengusir semut dengan garam. Cara ini dapat dilakukan dengan menaburkan garam di area masuknya semut atau melarutkannya pada air mendidih dan menyemprotkannya pada bagian-bagian yang dilalui semut.  

11. Asam Borat

cara mengusir semut
iStock

Bahan lain yang bisa digunakan adalah asam borat atau boric acid. Berdasarkan penelitian pada jurnal yang berjudul Effects of Boric Acid, Fipronil, Hydramethylnon, and Diflubenzuron Baits on Colonies of Ghost Ants, asam borat terbukti sebagai bahan yang ampuh untuk membunuh ratu semut dan pekerjanya dalam waktu 3 minggu. 

Namun, Sedulur perlu menjauhkan bahan ini dari jangkauan anak-anak maupun hewan peliharaan. Sedulur juga perlu menggunakan sarung tangan ketika menggunakan bahan kimia ini untuk menghindari terjadinya reaksi berbahaya.

12. Kapur

cara mengusir semut
iStock

Cara berikutnya adalah menggunakan kapur yang sering disebut sebagai kapur semut. Kapur merupakan bahan yang mengandung kalsium karbonat dan efektif untuk mengusir semut.  Sedulur bisa membuat garis menggunakan kapur di area yang ingin dilindungi, atau menaburkan sedikit bubuk kapur pada area yang dilewati semut. 

BACA JUGA: 10 Penyebab Badan Terasa Dingin Beserta Cara Mengatasinya  

13. Pembersih kaca dan deterjen cair

cara mengusir semut
iStock

Cara terakhir adalah menggunakan campuran antara pembersih kaca dengan detergen cair. Cara ini cukup efektif karena campuran dua bahan tersebut akan menghilangkan bau feromon yang ditinggalkan semut saat berjalan sehingga mereka tidak bisa kembali masuk ke rumah. 

Nah, itulah penjelasan mengenai cara mengusir semut dengan bahan alami yang ampuh. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Sedulur yang sedang diganggu dengan kehadiran semut di wilayah rumah. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.