tenggorokan gatal

Tenggorokan gatal merupakan salah satu masalah kesehatan yang lazim diderita mayoritas masyarakat. Masalah kesehatan ini dapat menjangkiti siapa saja, tanpa pandang jenis kelamin atau umur. Tenggorokan yang gatal mungkin terkesan sepele, namun hal tersebut dapat membuat kita sulit berbicara atau terasa sakit saat menelan.

Infeksi dan alergi menjadi penyebab paling umum dari tenggorokan gatal ini. Namun, terlepas dari kedua penyebab tersebut, ternyata ada faktor-faktor lain yang bisa menyebabkan rasa gatal pada tenggorokan. Apa saja penyebab tenggorokan gatal dan bagaimana solusi mengatasinya? Yuk, cek informasinya berikut ini!

BACA JUGA: 12 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat secara Alami & Obat

Pengertian tenggorokan gatal

tenggorokan gatal
Fimela

Gatal pada tenggorokan merupakan perasaan tidak enak yang biasanya disertai dengan gejala perih dan nyeri di dalam tenggorokan. Perasaan dan gejala tersebut dapat dibarengi dengan gangguan lainnya seperti batuk dan demam. Sesuai dengan yang disebutkan pada bagian sebelumnya, infeksi dan alergi menjadi penyebab paling sering gangguan tenggorokan ini.

-->

Penyebab tenggorokan gatal

Infeksi dan alergi yang menjadi penyebab tenggorokan gatal dapat berupa berbagai macam gejala. Berikut adalah beberapa di antaranya.

1. Infeksi sinus

tenggorokan gatal
Depositphotos

Sinusitis atau yang lebih sering dikenal dengan infeksi sinus merupakan penyebab pertama dari tenggorokan gatal. Sinusitis merupakan peradangan pada lapisan sinus, biasanya ditandai dengan pilek, hidung tersumbat, hidung berair, bersin-bersin, dan nyeri di area wajah. Lapisan sinus merupakan sebuah rongga kecil yang ada di saluran pernapasan pada tulang tengkorak. 

Lapisan sinus memproduksi lendir yang berperan untuk menyaring sekaligus membersihkan bakteri maupun partikel asing, serta mengendalikan suhu dan kelembaban dari udara yang terhirup. Ketika lapisan sinus mengalami infeksi dan meradang, maka akibatnya sinus akan memproduksi terlalu banyak lendir, lalu terjadilah penyumbatan di hidung atau tenggorokan.

2. Infeksi jamur

tenggorokan gatal
Depositphotos

Jamur Candida albicans dapat menyerang mulut dan menyebabkan infeksi pada mulut, tenggorokan, dan kerongkongan. Infeksi yang terjadi pada tenggorokan membuat rasa gatal tak tertahankan. Untuk mencari tahu apakah infeksi jamur tersebut ada pada tenggorokan, kita bisa melihat ke dalam mulut dengan bantuan cermin, kemudian mencari bercak-bercak putih pada lidah atau kemerahan di bagian sudut mulut.

3. Alergi

tenggorokan gatal
Lightfield Studios

Alergi dapat menyerang bagian tenggorokan pada tubuh. Biasanya, alergi dapat muncul ketika kita terpapar suatu pemicu, entah itu makanan, debu, serbuk sari dari bunga, bulu binatang, atau obat-obatan. Ketika tidak sengaja terpapar pemicu tersebut, alergi akan muncul pada tenggorokan dan menyebabkan post-nasal drip.

4. Post-nasal drip

tenggorokan gatal
Adobe Stock

Post-nasal drip merupakan sebuah kondisi di mana saluran pernapasan atas terlalu banyak mengandung lendir. Lendir tersebut terkumpul pada bagian tenggorokan, akibatnya rasa gatal pun muncul. Seringnya post-nasal drip terjadi karena infeksi virus pilek atau flu, serta rinitis.

5. Radang tenggorokan

tenggorokan gatal
Lightfield Studios

Radang dapat menyebabkan sensasi sakit dan gatal pada tenggorokan. Biasanya, radang tenggorokan diakibatkan oleh pilek atau flu yang tidak berkesudahan. Di dalam tenggorokan, radang tersebut dapat terjadi pada bagian amandel, laring, maupun katup epiglotis. Pada kasus tertentu, radang tenggorokan dapat disebabkan oleh bakteri Streptococcus atau yang lazim dikenal dengan penyakit strep throat.

BACA JUGA: 10+ Salep Gatal untuk Alergi Paling Ampuh, Gampang Dicari

6. Dehidrasi

tenggorokan gatal
Source Tactical Gear

Dehidrasi merupakan kondisi di mana cairan yang masuk ke dalam tubuh lebih sedikit dibandingkan dengan cairan yang keluar. Kurang lebih 55 sampai 80 persen dari total berat tubuh merupakan air. Maka dari itu, apabila tubuh mengalami kekurangan cairan, akibat yang ditimbulkan bisa fatal.

Secara umum, air di dalam tubuh memiliki peran yang sangat siginifikan. Air dapat membantu kerja dari sistem pencernaan tubuh, kemudian membuang racun dan kotoran, penstabil suhu tubuh, serta sebagai pelumas alami sendi. Bagi tenggorokan, air berfungsi melembabkan jaringan-jaringan yang ada. Ketika tubuh mengalami kekurangan cairan, tenggorokan akan menjadi gatal. Selain itu, tubuh akan merasa lemas, sulit berkonsentrasi, dan merasakan sakit pada kepala.

7. Paparan asap dan zat kimia

tenggorokan gatal
Aron Health

Polusi yang terhirup ke dalam saluran pernapasan ternyata dapat membuat tenggorokan gatal. Polusi tersebut tidak hanya terbatas pada asap kendaraan saja, namun juga asap rokok, zat kimia, bahkan debu. Apabila polusi tersebut terlalu sering atau banyak terhirup, maka risiko untuk terkena gejala tenggorokan berdahak dan batuk semakin tinggi.

8. Penyakit asam lambung (GERD)

tenggorokan gatal
Lekasehat

Tenggorokan gatal karena asam lambung terjadi karena GERD (Gastroesophageal Reflux Disease). GERD atau yang lebih sering dikenal sebagai penyakit asam lambung adalah salah satu dari sekian banyak faktor penyebab tenggorokan gatal.

GERD dapat terjadi ketika katup pada kerongkongan (esofagus) bawah berubah menjadi lemah. Katup tersebut merupakan pembatas antara kerongkongan dan lambung. Organ ini mencegah naiknya isi lambung (makanan dan zat asam) ke atas. 

Nah, pada kasus penderita GERD, katup kerongkongan berubah menjadi lemah sehingga tidak mampu menahan isi lambung untuk naik ke kerongkongan. Ketika hal ini sering terjadi, maka lapisan kerongkongan akan mengalami iritasi.

Zat asam yang naik dari lambung dapat menuju ke tenggorokan. Akibatnya, tenggorokan akan merasakan rasa panas atau terbakar yang menyebabkan perih dan gatal. Terdapat banyak faktor pemicu GERD, namun beberapa yang paling utama adalah gaya hidup tidak sehat serta terlalu banyak mengonsumsi makanan asam atau pedas.

9. Asma

tenggorokan gatal
Hale Road Medical

Asma merupakan sebuah penyakit serius yang menjangkiti sistem pernapasan. Gejala-gejala dari asma adalah sesak napas akibat peradangan dan penyempitan pada saluran pernapasan. Mereka yang mengidap asma memiliki saluran pernapasan yang relatif lebih sensitif dibanding mereka yang sehat.

Ketika paru-paru pengidap asma terpapar pemicu seperti asap rokok, debu, bulu hewan, udara dingin, infeksi virus, serta paparan zat kimia, maka otot-otot pada saluran pernapasan berubah menjadi kaku dan menyulitkan untuk bernapas. Pemicu asma dapat pula meningkatkan produksi dahak pada pengidapnya. Dari situlah rasa gatal pada tenggorokan muncul.

10. Luka pada tenggorokan

tenggorokan gatal
Shopee

Selanjutnya, faktor penyebab gatal tenggorokan yang terakhir adalah luka. Luka tersebut dapat ditimbulkan oleh cedera atau masuknya zat asing dari aktivitas makan dan minum. Selain itu, makanan atau minuman yang terlalu panas dapat menimbulkan iritasi. Hal ini memungkinkan terjadinya tenggorokan gatal tapi tidak batuk.

BACA JUGA: Apa Itu Gerd Anxiety, Ini Gejala Penyebab & Cara Mengobatinya

Cara mengatasi tenggorokan gatal

Berikut merupakan beberapa solusi untuk mengatasi rasa sakit dan gatal pada tenggorokan.

1. Berkumur air garam

Quora

Berkumur dengan air garam adalah salah satu solusi paling mudah yang dapat dilakukan untuk mengatasi tenggorokan gatal. Air garam dapat berfungsi sebagai pembasmi bakteri, meredakan rasa sakit dan gatal, serta melarutkan lendir menumpuk yang ada pada tenggorokan. Cara pemanfaatannya dengan mencampurkan setengah sendok teh garam ke dalam satu gelas air. Kemudian, berkumur selama beberapa menit, dan ulangi hingga 3 sampai 4 kali dalam sehari.

2. Mengonsumsi lozenges

MIMS

Lozenges merupakan nama lain dari permen tenggorokan gatal. Jenis permen tersebut dapat merangsang produksi air liur sehingga kelembaban tenggorokan tetap terjaga. Ketika kondisi tenggorokan lebih basah dan lembab, maka rasa sakit akan hilang. Permen lozenges saat ini dapat dijumpai di berbagai toko kelontong dan apotek.

3. Menambah asupan cairan tubuh

Quora

Serupa dengan mengonsumsi lozenges untuk menambah produksi cairan dan kelembapan dalam tenggorokan, kita juga perlu meningkatkan asupan cairan yang masuk ke dalam tubuh. Asupan cairan untuk tubuh yang bagus bagi tenggorokan gatal dan batuk berdahak bisa diperoleh melalui air mineral, campuran teh herbal dan madu, jus buah tanpa pemanis buatan, serta sup kaldu. Dengan begitu, Sedulur dapat terhindar dari rasa gatal pada tenggorokan sekaligus dehidrasi.

4. Memanfaatkan air humidifier

Alodokter

Air humidifier merupakan sebuah alat yang didesain khusus untuk menjaga kelembapan suatu ruangan. Alat ini bekerja dengan menyemprotkan partikel-partikel air ke sekelilingnya agar udara tidak menjadi kering. Air humidifier sangat bermanfaat untuk mengatasi iritasi seperti kulit kering, bibir pecah-pecah, pilek, hingga sakit tenggorokan.

5. Beristirahat

Edules

Aktivitas paling penting yang terakhir untuk mengatasi kondisi ini adalah memperbanyak istirahat. Tenggorokan gatal saat tidur mungkin tidak nyaman, namun cara ini membuat tubuh cepat pulih dan sistem imunitas akan melawan virus tersebut.

BACA JUGA: 10 Komponen Kebugaran Jasmani untuk Tubuh yang Sehat

Obat untuk mengatasi tenggorokan gatal

Tenggorokan gatal obatnya cukup mudah ditemui di pasaran. Obat-obatan tersebut terbagi sesuai dengan gejala penyebabnya. Apabila terkena radang tenggorokan yang disebabkan oleh bakteri Streptococcus, maka obat yang diperlukan adalah penisilin atau amoxicillin.

Apabila rasa gatal pada tenggorokan tersebut disebabkan oleh alergi, maka obat berjenis antihistamin dapat meredakan gatal tersebut dengan cepat. Salah satu obat golongan tersebut yang sering dijumpai di apotek adalah Diphenhydramine.

Sesuai dengan penjelasan sebelumnya, gejala batuk dan pilek dapat menyebabkan sakit pada tenggorokan. Obat batuk dengan kandungan Dextromethorphan HBr dan Doxylamine Succinate dapat dengan efektif meredakan rasa gatal dan sakit tersebut. Terlebih lagi, kedua obat itu dapat memberikan sensasi hangat yang nyaman untuk tenggorokan.

Apabila kondisi tersebut disebabkan oleh asma, maka inhaler dapat menjadi solusi cepatnya. Lalu, apabila asam lambung naik, antasida, H-2 receptor blocker seperti cimetidine dan ranitidine, serta penghambat pompa proton seperti lansoprazole dan omeprazole dapat menjadi pertolongan pertama yang efektif.

Gejala tenggorokan gatal merupakan masalah kesehatan yang lumrah terjadi. Namun, apabila masalah kesehatan tersebut terjadi dengan intensitas yang tinggi dan durasi yang lama, sebaiknya segera hubungi fasilitas kesehatan terdekat untuk berkonsultasi. Selalu jaga kesehatan dan tetap menjaga gaya hidup yang baik, ya.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!