badan terasa dingin

Beberapa orang memiliki tubuh yang sensitif pada udara dingin. Akan tetapi, ada juga orang yang merasa kedinginan padahal suhu dalam keadaan normal dan cuaca juga tidak sedang hujan. Banyak faktor yang menyebabkan badan terasa dingin bahkan hingga menggigil tersebut. Diantara yaitu akibat kurang tidur atau juga malnutrisi (kurang gizi). 

Jika Sedulur sering merasa kedinginan, bisa jadi itu karena ada penyakit tertentu dalam tubuh dan harus diwaspadai agar tidak semakin memburuk. Untuk itu, yuk kenali penyebab badan terasa dingin dan cara mengatasinya berikut ini!

BACA JUGA : 12 Penyebab Gatal Pada Kulit Beserta Cara Mengatasinya

Penyebab badan terasa dingin

Ada beberapa faktor yang cukup sering menyebabkan badan terasa dingin dan lemas. Hal ini biasanya disebabkan kurangnya asupan gizi dan kelainan pada struktur sel dalam tubuh. Berikut ini faktor penyebab badan terasa dingin yang harus Sedulur perhatikan.

1. Anemia

badan terasa dingin
Freepik

Penyebab badan terasa dingin dan capek yang pertama adalah karena kekurangan darah atau yang biasanya disebut dengan anemia. Seseorang dapat menderita anemia karena kurang mengkonsumsi zat besi dan juga vitamin B12. Akibatnya sel darah yang bertugas untuk mendistribusikan oksigen ke seluruh tubuh tidak dapat bekerja dengan efektif sehingga menyebabkan badan merasa kedinginan.

Tak hanya itu, salah satu faktor utama penyebab anemia adalah kekurangan vitamin dan juga mineral. Untuk itu, Sedulur perlu mengonsumsi makanan yang banyak mengandung zat besi serta vitamin B12, diantaranya seperti daging, telur, ikan, sayuran hijau dan juga makanan laut.

2. Dehidrasi

badan terasa dingin
Freepik

Perlu Sedulur ketahui bahwa tubuh manusia 60 persennya terdiri dari air. Maka dari itu asupan air sangat penting untuk mengontrol suhu tubuh dan metabolismenya. Jika tubuh mengalami dehidrasi maka sensitifitas pada suhu ekstrem akan semakin meningkat. Untuk itu, Sedulur harus mencukupi kebutuhan cairan tubuh dengan mengkonsumsi air setidaknya 8 gelas per hari, terutama setelah melakukan aktivitas fisik dan makan.

3. Diabetes

badan terasa dingin
Freepik

Perlu Sedulur ketahui bahwa penyakit diabetes yang tidak terkontrol dapat menyebabkan komplikasi seperti gangguan pada saraf dan juga ginjal. Neuropati diabetic merupakan kerusakan saraf pada penderita diabetes yang disebabkan karena tingginya kadar gula darah. Kondisi ini adalah satu kasus komplikasi diabetes yang banyak terjadi.

Kerusakan saraf yang diakibatkan karena diabetes ini sering kali menyebabkan kaki dan juga tangan kesemutan atau mati rasa, wajah menjadi terlihat pucat dan tubuh sering merasa kedinginan. Keadaan ini terkadang juga dapat menimbulkan nyeri pada kaki dan juga tangan.

Tak hanya itu, diabetes juga menyebabkan gangguan pada ginjal. Gejala yang ditimbulkan diantaranya adalah tubuh merasa kedinginan sepanjang waktu, sesak nafas, gatal-gatal, hilangnya nafsu makan hingga muntah.

BACA JUGA : 15 Manfaat Habbatussauda Bagi Kesehatan Tubuh & Kulit

4. Hipotiroidisme

badan terasa dingin
Freepik

Kelenjar tiroid merupakan kelenjar pembentuk hormon agar tubuh bisa melakukan aktivitasnya secara normal. Kelenjar ini terletak di leher bagian depan dan berbentuk seperti kupu-kupu. Tanpa hormon tiroid yang cukup, metabolisme tubuh menjadi lambat dan produksi panas tubuh pun akan berkurang.

Biasanya, seseorang yang kekurangan hormon tiroid berisiko mengalami hipotiroid. Salah satu gejalanya adalah badan sering terasa dingin disertai kulit kering, kelelahan, dan sembelit.

5. Gangguan hipotalamus

SehatQ

Gangguan hipotalamus dapat terjadi karena jaringan hipotalamus mengalami kerusakan. Kerusakan pada jaringan hipotalamus dapat disebabkan karena berbagai hal, diantaranya seperti cedera kepala berat, cacat bawaan lahir, stroke, infeksi, hingga penyakit autoimun.

Gangguan hipotalamus tak hanya membuat seseorang menjadi sering merasa kedinginan, tetapi juga mudah kepanasan. Selain itu, kerusakan hipotalamus juga menyebabkan munculnya berbagai gejala lain, seperti gangguan tidur, perubahan nafsu makan dan libido, serta suasana hati yang cepat berubah.

6. Kurang tidur

badan terasa dingin
Freepik

Penyebab badan terasa dingin dan lemas diantaranya adalah kurang tidur. Hal ini disebabkan karena kurang tidur dapat mengganggu sistem saraf serta kinerja hipotalamus di otak yang berfungsi untuk mengatur suhu tubuh. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa salah satu penyebab menurunnya kinerja hipotalamus adalah karena respon tubuh terhadap stress karena waktu tidur yang kurang.

BACA JUGA : 10 Manfaat Pisang Klutuk untuk Kesehatan dan Kecantikan

7. Malnutrisi (kurang gizi)

Freepik

Penyebab badan terasa dingin dan lemas selanjutnya adalah karena kekurangan gizi atau yang disebut juga dengan malnutrisi. Malnutrisi adalah tubuh yang terlalu kurus atau indeks massa tubuh lebih rendah dari 18,5. Jika tubuh terlalu kurus, maka jaringan lemak juga akan berkurang. Hal inilah yang menyebabkan seseorang penderita malnutrisi sering merasa kedinginan.

Tak hanya itu, kekurangan kalori juga dapat menurunkan metabolisme tubuh sehingga tubuh tidak dapat memproduksi panas yang cukup untuk menghangatkan tubuh. Cara mengatasinya yaitu Sedulur dapat mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung protein, lemak dan juga karbohidrat kompleks.

8. Peredaran darah tidak lancar

Freepik

badan terasa dingin dan ngilu adalah karena tidak lancarnya peredaran darah. Salah satu penyebabnya adalah adanya penyakit jantung yang mana kondisi jantung tidak dapat memompa darah secara efektif. Inilah yang menyebabkan aliran darah ke berbagai bagian tubuh menjadi terkendala, termasuk pada tangan dan juga kaki.

Tak hanya itu, penyebab peredaran tidak lancar juga karena beberapa hal, diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Adanya gangguan pada pembuluh darah, contohnya aterosklerosis.
  • Kebiasaan merokok.
  • Sindrom Raynaud.
  • Adanya gangguan pembekuan darah.
  • Gangguan cemas.
  • Fibromialgias.

Karena dapat disebabkan karena berbagai macam hal, keluhan untuk badan yang terasa dingin ini harus segera Sedulur konsultasikan ke dokter agar Sedulur mendapat pemeriksaan yang lebih lanjut untuk mengetahui penyebab pasti dari keluhan tersebut.

9. Efek samping obat

Freepik

Beberapa obat memang memiliki efek samping diantaranya adalah badan terasa dingin bahkan sampai menggigil. Untuk itu, Sedulur harus membaca potensi efek samping dalam kemasan sebelum mengonsumsi obat. Sedulur juga dapat berkonsultasi dengan dokter agar diberikan obat yang leboh rendah dari dosis untuk menghindari efek samping dari obat tersebut. 

10. Adanya reaksi emosional

badan terasa dingin
Freepik

Penyebab badan terasa dingin tapi berkeringat diantaranya adalah adanya reaksi emosional seperti ketakutan, kecemasan atau perasaan dan pengalaman yang menyentuh. Reaksi ini terjadi saat sistem saraf memicu pelepasan hormon dopamine serta neurotransmitter. Maka dari itu, Sedulur harus bisa mengontrol reaksi emosional pada tubuh agar badan tidak merasa kedinginan dan berkeringat secara tiba-tiba. 

BACA JUGA : Penyebab Munculnya Jerawat di Bibir Serta Cara Mengatasinya

Cara mengatasi badan terasa dingin

badan terasa dingin
Freepik

Sedulur perlu mengetahui bahwa cara mengatasi badan terasa dingin harus sesuai dengan penyebab yang mendasarinya. Misalnya, jika adanya gangguan tirtonoid, maka Sedulur perlu menjalani pengobatan lanjutan untuk bisa menangani masalah pada tiroid.

Akan tetapi Sedulur tidak perlu khawatir, Sedulur juga dapat meringankan keluhan badan yang terasa dingin bahkan menggigil dengan melakukan hal di bawah ini.

  • Mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung zat besi, vitamin B12, dan juga folat.
  • Menghindari ruangan yang menggunakan AC.
  • Hentikan kebiasaan merokok dan kurangi konsumsi kafein serta minuman beralkohol.
  • Gunakan pakaian yang tebal dan juga hangat.
  • Penuhi asupan cairan tubuh dengan minum air yang cukup (8 gelas perhari).
  • Minum teh jahe.
  • Istirahat yang cukup. 
  • Mengkonsumsi obat pereda demam.
  • Periksakan ke dokter jika Sedulur mengalami badan terasa dingin secara terus-menerus.

Demikianlah penjelasan mengenai penyebab badan terasa dingin tapi suhu badan normal dan cara mengatasinya. Jika badan terasa dingin secara terus menerus, segeralah konsultasi kepada dokter untuk mendapatkan perawatan intensif. 

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.