sakit perut sebelah kanan

Sering merasa sakit perut sebelah kanan secara tiba-tiba? Bisa jadi Sedulur tengah mengalami beberapa gejala penyakit. Jika sakit yang dirasakan segera hilang tanpa penanganan, mungkin itu adalah gejala sakit ringan.

Namun, bagaimana jika sakit yang dirasakan terasa secara berkala? Tentu saja jika kondisi sakit perut sebelah kanan dirasakan secara berkala bisa merujuk pada kesalahan di bagian dalam tubuh.

Berikut ini dibahas tentang apa saja yang menjadi penyebab dari nyeri perut sebelah kanan atas. Simak penjelasan di bawah ini!

BACA JUGA: 12 Penyebab Sakit Perut Sebelah Kiri Bawah, Wajib Diketahui! 

Sakit perut sebelah kanan atas

nyeri perut sebelah kanan atas
Moms Money

Jika Sedulur sering merasakan di bagian kanan bawah, terutama sakit perut sebelah kanan bawah sampai ke pinggang, hal ini bukan merupakan sakit biasa. Terdapat beberapa penyakit yang mungkin sedang diderita namun tidak disadari.

Jika hal tersebut yang Sedulur rasakan, tentu kamu harus memeriksanya ke dokter. Namun, biasanya terdapat beberapa penyebab sakit perut sebelah kanan terasa mengganjal dan nyeri. Berikut ini beberapa daftarnya:

1. Apendistis

Apendistis
GenPI

Penyebab pertama yaitu apendistis atau radang usus buntu. Ini merupakan penyebab yang paling umum, obat sakit perut sebelah kanan yang bisa dikonsumsi harus atas saran dan konsultasi dari dokter ahli. Usus buntu merupakan organ perpanjangan dari usus besar. Letaknya dekat dengan pertemuan antara usus halus dan usus besar.

Radang usus buntu terjadi saat terdapat sumbatan pada usus buntu akibat infeksi. Akibatnya, usus buntu membengkak dan menimbulkan rasa nyeri pada bagian perut sebelah kanan. Nyeri dapat bertambah parah bila kondisi ini tidak diobati. Nyeri biasanya mulai terasa di sekitar pusar (umbilikus) dan menjalar menuju perut sebelah kanan bawah.

2. Kolik bilier

sakit perut sebelah kanan bawah sampai ke pinggang
Fimela

Penyebab sakit perut sebelah kanan bawah pada wanita dan pria adalah kolik bilier atau kondisi yang menggambarkan nyeri perut sebelah kanan atas yang muncul tiba-tiba akibat masalah pada sistem empedu. Kondisi ini disebabkan karena sumbatan pada saluran empedu oleh batu empedu.

Biasanya, nyeri berlangsung beberapa menit sampai satu jam usai Sedulur mengonsumsi makanan, terutama makanan berlemak. Selain memicu gejala, makanan berlemak juga bisa mempercepat pembentukan batu empedu. Nyeri yang dirasakan dapat muncul mendadak dan berlangsung lama, lalu meningkat intensitasnya seperti gelombang.

3. Batu ginjal

obat sakit perut sebelah kanan
Frisco

Penyebab selanjutnya yaitu batu ginjal. Ini yang terjadi obat sakit perut sebelah kanan bawah sampai ke pinggang yang dirasakan adalah dengan operasi untuk mengangkat batu ginjal yang menjadi penyebab sakit.

Nyeri biasanya muncul mendadak dan terasa pada perut atau pinggang bagian kanan. Rasa nyeri sering kali menjalar hingga ke pangkal paha. Selain itu, Sedulur juga bisa mengalami kram, mual, dan muntah. Rasa nyeri akibat batu ginjal umumnya muncul dalam intensitas yang sangat parah.

Ini membuat sebagian besar penderita batu ginjal berusaha untuk mencari posisi yang nyaman. Rasa nyeri juga bisa bervariasi, tergantung dari besarnya batu pada ginjal. Batu ginjal yang berukuran kecil mungkin tidak menimbulkan nyeri hebat dan dapat keluar dari tubuh tanpa penanganan khusus.

4. Sembelit

sakit perut sebelah kanan bawah pada wanita
Deposit Photos

Penyebab lain yaitu bisa saja Sedulur tengah mengalami sembelit. Sembelit adalah kondisi yang membuat seseorang kesulitan buang air besar. Perlu diingat bahwa sembelit bukan hanya dicirikan dengan feses yang keras atau sulit keluar, tapi juga ketika seseorang sangat jarang buang air besar.

Pada kondisi normal, orang dewasa buang air besar sebanyak 3 kali atau lebih dalam seminggu. Namun, penderita sembelit mungkin hanya bisa buang air besar satu kali dalam seminggu atau bahkan lebih jarang. Selain sembelit, terdapat penyebab lain rasa sakit yang dialami, yaitu sakit perut sebelah kanan bawah tanda hamil.

5. Irritable bowel syndrome (IBS)

Penyebab lainnya yaitu IBS atau irritable bowel syndrome. Irritable bowel syndrome adalah gangguan pencernaan kronis yang mempengaruhi usus besar. Penyebabnya tidak pasti, tapi faktor yang dapat meningkatkan risikonya yakni perubahan jumlah bakteri usus, infeksi parah, dan gangguan saraf pencernaan.

Gejala utama sindrom iritasi usus besar adalah nyeri pada perut yang terkadang terasa di sebelah kanan. Penderita IBS umumnya juga mengalami kram perut, perut kembung, sembelit, bahkan diare akibat perubahan pergerakan usus secara drastis.

6. Penyebab akibat penyakit lain

Penyebab akibat penyakit lain
Glitzmedia

Selain penyebab sakit perut sebelah kanan dari daftar penyakit yang disebabkan di atas, terdapat beberapa penyakit lain yang mungkin diderita, yaitu:

  • Limfadenitis mesenterika (peradangan kelenjar getah bening pada selaput yang melekat pada usus dan dinding perut)
  • Kanker usus besar
  • Infeksi ginjal
  • Masalah pada rahim
  • Kista ovarium
  • Kehamilan ektopik
  • Hepatitis
  • Penyakit lain yang berhubungan dengan hati.

BACA JUGA: 10 Obat Sakit Gigi Anak yang Aman dan Paling Ampuh

Cara mengatasinya

Cara mengatasi
Ruang Mom

Jika kondisi yang Sedulur rasakan parah, tentu cara mengatasinya adalah dengan bersegera untuk periksa ke dokter dan berkonsultasi atas rasa sakit yang dirasakan. Gejala seperti sakit perut, mual hingga muntah tidak bisa dibiarkan. Jika Sedulur berkonsultasi kepada dokter, Sedulur bisa mengetahui penyakit yang dirasakan.

Untuk mendiagnosis penyebabnya, dokter dapat melakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang berupa tes urine, tes darah, hingga pemeriksaan radiologi, seperti USG, foto Rontgen, dan CT scan. Setelah dokter memastikan diagnosis penyebab sakit perut sebelah kanan, dokter akan menentukan jenis penanganan yang tepat.

Misalnya, bila disebabkan oleh infeksi bakteri, dokter akan memberikan antibiotik. Langkah operasi juga dapat dilakukan bila sakit perut sebelah kanan disebabkan oleh radang usus buntu dan kehamilan ektopik. Jika mual dan muntah yang menyertai sakit perut telah membuat Sedulur sulit makan dan minum, dokter juga akan memberikan terapi cairan melalui infus.

Berkonsultasi kepada dokter merupakan pilihan yang tepat, karena dokter dapat memberikan penanganan yang baik dengan kondisi yang dirasakan saat itu. Terlebih, dokter merupakan seorang ahli yang dapat menangani banyak hal. Tentu ini akan berdampak sangat baik bagi kesehatan Sedulur untuk segera terlepas dari rasa sakit perut sebelah kanan yang mengganggu.

Itulah pembahasan terkait penyebab sakit perut sebelah kanan dan bagaimana cara mengatasinya. Semoga penjelasan di atas, bisa menjawab rasa penasaran Sedulur yang seringkali mengalami sakit secara tiba-tiba. Selalu jaga kesehatan dengan berolahraga dan mengonsumsi makanan yang kaya akan serat dan nutrisi ya, Sedulur!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.