gatal pada kulit

Beberapa orang dengan kulit yang sensitif terkadang memiliki sejumlah masalah seperti gatal pada kulit yang sangat mengganggu. Masalah kulit gatal memang termasuk kondisi yang wajar terjadi dan cukup normal. Hal ini karena ada beberapa faktor pemicu gatal, misalnya alergi pada makanan, tidak terbiasa dengan suhu atau cuaca sekitar, hingga karena penggunaan kosmetik yang berlebihan.

Namun, meskipun gatal menjadi masalah kesehatan yang ‘biasa’ bukan berarti Sedulur bisa menyepelekannya. Hal ini lantaran gatal juga bisa menjadi pertanda pada penyakit yang berbahaya seperti kanker atau masalah kulit kronis.

Jadi sebaiknya yuk kita kenali apa saja penyebab gatal pada kulit dan cara mengatasinya. Jangan sampai salah penanganan dan malah jadi semakin parah.

 BACA JUGA : 10 Ciri Ciri Sakit Ginjal Tahap Awal, Jangan Sampai Diabaikan

-->

1. Alergi

gatal pada kulit
Pixabay

Salah satu masalah pada kulit sering disebabkan karena alergi. Banyak sekali penyebab alergi, mulai dari makanan, suhu, penggunaan deterjen atau sabun cuci, atau karena penggunaan produk kosmetik yang tidak cocok pada kulit.

Cara mengatasi alergi yang dapat dilakukan yaitu dengan menggunakan lotion atau krim hidrokortison yang dipercaya dapat mengurangi rasa gatal. Sedulur juga melakukan alternatif lain yaitu dengan mandi menggunakan air dingin dan mengenakan pakaian longgar serta lembut di kulit. Namun, jika dirasa mengalami alergi yang semakin parah, segera konsultasikan ke dokter ya Sedulur!

2. Psoriasis

gatal pada kulit
iStock

Psoriasis merupakan penyakit kronis yang membuat sel kulit berproduksi terlalu cepat hingga tak terkendali. Hal ini mengakibatkan sel kulit menjadi terlalu banyak sehingga menumpuk di permukaan kulit.

Psoriasis biasanya menyerang area leher, kaki dan tangan. Pemicu masalah kulit ini antara lain stress, terkena sinar matahari yang terlalu lama dan efek jangka panjang dari merokok.

Untuk menghindari psoriasis, Sedulur harus menghindari pemicunya ya. Namun, jika sedang mengalami psoriasis, Sedulur dapat mengatasinya dengan mengoleskan pelembab pada kulit untuk mengurangi rasa gatal dan juga perih. Jangan lupa untuk menjaga pola makan dengan mengonsumsi buah dan sayur agar terhidari dari psoriasis.

3. Panu

gatal pada kulit
Kompas

Panu merupakan salah satu penyakit kulit yang diderita banyak orang. Panu disebabkan karena adanya infeksi jamur pada kulit.  Sedulur bisa mengalami panu diakibatkan karena lemahnya sistem pada kekebalan tubuh, perubahan hormon serta kekurangan nutrisi. Selain itu, keringat berlebihan, kulit berminyak, dan anggota keluarga yang memiliki panu juga meningkatkan risiko seseorang mengalami panu.

Panu menyebabkan bercak putih dan gatal pada kulit. Gejala-gejala lain yaitu munculnya bercak berwarna  merah muda, merah, kecoklatan, atau coklat, kulit menjadi bersisik, kering dan gatal.Sedangkan anggota tubuh yang paling sering terjangkit penyakit panu yaitu area punggung, dada, leher, atau lengan atau atas.

Penyakit panu dapat diatasi dengan beberapa cara, diantaranya dengan terapi anti jamur, baik dalam bentuk lotion, krim atau sampo. Khusus untuk panu yang masih tergolong ringanjuga bisa menggunakan obat untuk membunuh infeksi jamur yang dijual di pasaran.

BACA JUGA : 8 Ciri-ciri Demam Berdarah yang Wajib Diwaspadai

4. Eksim

gatal pada kulit
merdeka.com

Eksim atau dermatitis atopik ditandai dengan kulit yang kemerahan, gatal, kering, dan bersisik. Eksim sering terjadi pada area leher, lipatan siku, atau bagian belakang lutut. Jika digaruk, kulit yang bersisik ini bisa mengeluarkan darah dan cairan.

Eksim bisa disebabkan oleh berbagai macam faktor diantaranya yaitu karena perubahan cuaca, makanan, bulu hewan, dan bisa juga dari bahan pakaian yang dikenakan. Cara mengatasi eksim ini, Sedulur dapat melakukannya secara mandiri dan penanganan dari dokter. Yaitu dengan menjaga kesehatan kulit seperti dengan memperhatikan kandungan kosmetik yang digunakan, menghindari bahan pakaian yang membuat gatal di kulit, dan mengendalikan stress.

5. Cacar air

gatal pada kulit
iStock

Cacar air merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus varicella zoster yang ditandai dengan adanya ruam kemerahan berisi cairan yang sangat gatal di seluruh permukaan tubuh. Cacar air biasanya menyerang anak-anak usia di bawah 12 tahun karena sistem imun yang lemah dan sistem imunnya belum terbentuk dengan baik.

Selain ruam kemerahan dan juga gatal, gejala lainnya yang muncul yaitu demam, pusing, lemas dan nyeri tenggorokan. Cacar air juga merupakan penyakit menular dengan transmisinya melalui percikan ludah, dan kontak langsung dengan cairan yang berasal dari ruam.

Pengobatan yang bisa dilakukan di rumah untuk mengatasi cacar air yaitu dengan memperbanyak minum air putih, mengenakan pakaian yang halus, lembut dan longgar, konsumsi makanan yang bertekstur lembut di lidah, serta tidak menggaruk ruam atau luka cacar air.

6. Herpes simpleks

gatal pada kulit
iStock

Herpes simpleks atau herpes genital adalah penyakit yang menular dan disebabkan oleh virus herpes simpleks (HSV). Penyakit ini merupakan penyakit menular seksual yang terjadi pada area kelamin baik pria maupun wanita.

Herpes simpleks seringkali tidak menimbulkan gejala. Namun, beberapa gejala yang timbul antara lain luka melepuh di area kelamin dan terasa sangat sakit dan gatal. Gejala ini juga mungkin terjadi secara berulang dalam setahun.Akan tetapi, jika sistem imun seseorang lebih kuat terhadap virus HSV yang menyebabkan herpes ini, maka risiko gejala yang muncul kembali pun dapat berkurang.

Untuk mengobati herpes simpleks, umumnya diberikan obat anti virus guna menghindari penularan kepada orang lain dan menurunkan panjangnya durasi risiko yang muncul.

BACA JUGA : 10 Gejala Tipes yang Penting untuk Diketahui & Waspadai

7. Kulit kering

alodokter

Sedulur tentu pernah mengalami masalah kulit yang satu ini, yaitu kulit kering. Kulit kering umumnya terjadi ketika lapisan kulit paling luar atau epidermis kulit kekurangan cairan dan minyak alami. Kondisi kulit ini bisa muncul pada bagian tubuh manapun,akan tetapi lebih sering terjadi di bagian lengan, tangan, dan kaki.

Masalah kulit kering seringkali membuat tidak nyaman, seperti kulit menjadi terasa gatal, dan ketika terus menerus digaruk akan muncul ruam kemerahan dan luka pada kulit. Untuk mengatasi hal ini, cobalah dengan menggunakan pelembab secara rutin seperti setelah mandi, mencuci muka dan mencuci tangan, menggunakan kompres air dingin, dan memilih produk sabun mandi dan kosmetik yang tepat.

8. Biduran

gatal pada kulit
Alodokter

Selain kulit kering, masalah gatal pada kulit yang sering diderita adalah biduran. Biduran atau urtikaria adalah reaksi alergi pada kulit yang ditandai adanya ruam kemerahan seperti bentol dan terasa gatal pada kulit.  

Biduran dapat terjadi di sebagian atau seluruh bagian tubuh. Biasanya, biduran dapat hilang dengan sendirinya tanpa perlu penanganan khusus. Namun, pada beberapa kasus diantaranya bisa berlangsung selama beberapa hari bahkan sampai berminggu-minggu.

Penyebab tiba-tiba gatal seluruh badan atau biduran ini antaranya seperti, alergi terhadap makanan tertentu, serbuk sari, racun dari serangga, udara di luar ruangan, keringat berlebih dan stress. Bahkan biduran juga bisa menjadi salah satu gejala dari penyakit serius seperti penyakit tiroid atau kanker.

Jika mengalami biduran yang tidak kunjung hilang dengan sendirinya, segera konsultasikan ke dokter untuk menghindari biduran yang lebih parah lagi. Selain itu, cobalah kenakan pakaian yang longgar, lembut dan tidak terlalu tebal, hindari sabun yang bisa mengiritasi kulit, hindari juga menggaruk kulit yang terkena biduran agar kulit tidak luka dan gatal semakin menyebar.

9.  Penyakit sistemik (lupus, celiac disease, diabetes, kanker leukimia dan limfoma)

Pixabay

Bukan hanya penyakit kulit yang bisa membuat kulit terasa gatal. Beberapa penyakit sistemik pun bisa menyebabkan kulit gatal bahkan di seluruh bagian tubuh. Penyakit sistemik seperti lupus, anemia defisiensi besi, penyakit celiac, diabetes, gagal ginjal hingga kanker leukimia dan limfoma pun bisa membuat kulit menjadi terasa gatal.

Jika hal ini terus menerus berlangsung dengan disertai gejala spesifik lainnya, maka harus segera memeriksakan diri ke dokter. Hal ini juga bertujuan untuk mengetahui penyebab pasti dari penyakit apa yang diderita dan mencegah penyakit tersebut bertambah lebih parah.

BACA JUGA : Faktor Penyebab Diare Beserta Gejala & Cara Mengobatinya

10. Gangguan saraf

Klikdokter

Gangguan saraf umumnya identik dengan adanya gangguan pada sel-sel yang berada di otak. Akan tetapi, bukan hanya itu, terdapat juga gangguan saraf dengan salah satu gejalanya membuat gatal-gatal pada kulit misalnya seperti, neurodermatitis, herpes zoster, multiple sclerosis, dan juga neuropati.

Pada kasus herpes zoster misalnya, akan muncul bintil-bintil kemerahan di kulit dan terasa nyeri. Penyakit ini disebabkan oleh infeksi virus Varicella Zoster, yang juga menjadi penyebab cacar air. Selain bintil-bintil kemerahan, gejala herpes zoster lainnya yaitu demam, sakit kepala, lemas, dan silau terhadap cahaya.

Upaya yang bisa dilakukan secara mandiri di rumah ketika mengalami herpes zoster diantaranya dengan menggunakan pakaian yang lembut dan longgar, seperti pakaian yang berbahan katun, mandi dengan air dingin atau dengan menempelkan kompres dingin pada kulit yang bintil. Cara ini bisa dilakukan untuk meredakan rasa nyeri dan gatal pada kulit.

11. Hepatitis C

Pixabay

Selain penyakit sistemik dan gangguan pada saraf, penyakit hati seperti hepatitis C juga menjadi salah satu faktor yang menyebakan penyakit kulit. Gejala yang timbul biasanya yait gatal-gatal pada kulit. Hepatitis C adalah penyakit yang berbahaya yang disebabkan oleh adanya infeksi virus hepatitis C (HCV). infeksi virus hepatitis C membuat peradangan pada organ hati dan berdasarkan lamanya virus menginfeksi, hepatitis C dibedakan menjadi hepatitis C akut dan Hepatitis C kronis.

Hepatitis C akut paling lama terjadi selama kurang lebih 6 bulan dan si penderita pun bisa melawan infeksi virus ini dan sembuh seperti sedia kala. Akan tetapi, sebagian penderita hepatitis C ini juga berisiko menjadi hepatitis C kronis yang dapat menyebabkan penyakit yang lebih fatal dan serius seperti adanya kerusakan hati, sirosis, kanker hati bahkan kematian.

Gejala-gejala hepatitis C yang perlu Sedulur perhatikan diantaranya yaitu demam, kelelahan, nyeri sendi, nyeri perut, penyakit kuning, mual dan muntah, selera makan menurun, urine berwarna gelap dan feses berwarna pucat. Jika Sedulur mengalami beberapa gejala yang sudah disebutkan di atas, segera konsultasikan dengan dokter dan rumah sakit terdekat.

12. Bed bug

gatal pada kulit
Pixabay

Apakah Sedulur pernah merasakan badan gatal-gatal waktu malam secara tiba-tiba? Mungkin itu dikarenakan digigit oleh bed bug. Bed bug atau lebih dikenal dengan kutu kasur adalah serangga berbentuk pipih dan kecoklatan yang hidup dengan cara menghisap darah. Hewan ini sering bersembunyi di sekitar tempat tidur, dan keluar di malam hari untuk menggigit dan menghisap darah ketika seseorang sedang tidur. Jika mengalami gatal pada kulit bintik merah, bisa jadi Sedulur terkena kutu kasur.

Selain itu, gejala yang muncul akibat kutu kasur yaitu, adanya bilur kemerahan di kulit yang terasa gatal atau sensasi seperti terbakar. Ketika merasakan gejala seperti ini, segera bersihkan bintik gigitan dengan air hangat dan sabun, kompres bagian yang terkena gigitan dengan handuk yang telah dicelupkan air es atau air dingin, atau kamu juga bisa mengoleskan krim anti gatal calamine, hidrokortison, atau antihistamin. Apabila gejala yang muncul tidak kunjung membaik, segera periksakan diri ke dokter. 

Cara mengatasi gatal pada kulit

Pixabay

Jika terjadi gatal pada kulit , berikut cara yang dapat dilakukan untuk mengatasinya.

  • Mandi dengan air dingin.
  • Jangan menggaruk area yang gatal. Hal ini karena menggaruk tidak akan meredakan gatal pada kulit.
  • Kenali pemicu gatal pada kulit.
  • Menghindari kebiasaan mandi terlalu lama.
  •  Menghindari mengkonsumsi beberapa makanan seperti kerang kedelai telur, udang dan yang lainnya.
  • Gunakan obat gatal-gatal pada kulit.

Demikian penjelasan mengenai jenis gatal pada kulit dan gambarnya. Jika terjadi gatal yang terus menerus, segeralah konsultasikan dengan dokter untuk menghindari penyakit yang semakin parah. 

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.