Hiasan aquarium terbaik

Aquarium merupakan hiasan yang kerap mempercantik area rumah kita dan bisa diisi dengan berbagai macam ikan. Sebab, keberadaan aquarium mampu membuat suasana di dalam rumah tampak indah dan sejuk. Di mata banyak orang aquarium tak hanya sebatas hiasan pelengkap saja, namun bisa menjadi hobi yang asik. Hobi ini muncul dengan cara membuat hiasan aquarium sehingga bisa lebih cantik dan menarik.

Membahas soal aquarium ada jenis aquarium yang sedang menjadi tren belakangan ini, yakni aquascape. Aquascape adalah aquarium dengan isian tanaman air, kayu dan pasir lalu diisi dengan ikan-ikan hias sehingga aquarium tampak lebih menarik. Buat Sedulur yang ingin membuat hiasan aquarium agar lebih keren, yuk simak ulasan artikel di bawah ini sampai akhir.

BACA JUGA: Cara Bisnis Aquaspace Modal Tipis Omzet Berlapis, Cocok Untuk Pemula

1. Konsep fishbowl

hiasan aquarium
Kompas

Jika kamu adalah orang yang tak terlalu suka dengan aquarium besar mungkin bisa mencoba menggunakan aquarium berbentuk bulat atau bowl.  Konsep fish bowl bisa dipilih sebagai jenis aquarium yang bagus. Sebab, fishbowl tak banyak memakan tempat dan bisa kamu letakkan di mana saja. Seperti di ruang tamu, ruang belajar hingga ruang kerja kamu. Tak hanya itu saja, jika kamu memilih konsep fish bowl maka kamu hanya perlu membuat hiasan aquarium sederhana.

Kamu hanya perlu menata aquarium fishbowl dengan ornamen seperti pasir, kayu dan tanaman hias tanpa perlu menggunakan filter air. Di kalangan pecinta aquascape, konsep fishbowl tanpa menggunakan filter penyaring air kerap dinamakan metode “diana waldstat” atau membiarkan tanaman hidup subur dan tanpa perlu injeksi Co 2. Model semacam ini sangat simple dan tak banyak memakan tempat serta termasuk dalam hiasan aquarium mini

2. Tema magis fairstyle

hiasan aquarium
Rupa rupa

Selain konsep fishbowl ada pula hiasan aquarium buatan sendiri dengan tema fairstyle. Membuat dekorasi aquarium dengan tema fairstyle dapat dilakukan dengan menyusun topografi alam seperti pegununan dan hutan. Memang tema semacam ini membutuhkan kreatifitas dan ide yang matang. Sebab aquarium sebisa mungkin dihias hampir menyerupai keadaan aslinya.

Tema seperti ini sudah banyak diadopsi oleh mereka pecinta aquarium aquascape dan untuk kamu yang memang hobi menghias aquarium, mungkin tak ada salahnya mencoba tema ini. Aquarium dengan hiasan aquarium dari kayu, tanaman air dan pasir malang.

3. Tema luar angkasa

hiasan aquarium
Rupa Rupa

Selanjutnya jika Sedulur mencintai dunia astronomi dan ingin merepresentasikan dunia luar angkasa ke dalam bentuk sesungguhnya, mungkin dapat diterapkan pula pada aquarium kamu. Mengambil tema astronomi untuk hiasan aquarium bisa menjadi sesuatu yang baru, unik dan pastinya menarik. Namun dalam proses penataanya kamu perlu melakukan membuat pertimbangan yang matang.

Tema astronomi kamu bisa memilih hiasan aquarium dari batu pada lapisan dasar aquarium. Sehingga seakan-akan sang astronot sedag menginjakan kaki di suatu planet. Tak hanya itu berikan sedikit pernak-pernik seperti planet dan seorang astronot sehingga suasananya akan lebih hidup. Meski demikian, tema luar angkasa cukup jarang dijadikan tema atau dekorasi aquarium. Walaupun demikian, tak ada salahnya kamu mencoba tema yang satu ini.

4. Quidditch world cup

hiasan aquarium
Rupa Rupa

Pecinta film dunia sihir seperti Harry Potter rasanya perlu menyalurkan imajinasinya ke dalam bentuk aquarium. Ya mendekorasi aquarium minimalis layaknya lokasi quidditch world cup dapat kamu pilih sebagai jenis hiasan aquarium sederhana. Sebab, dalam membuat tema ini, kamu perlu menyiapkan beberapa ornamen penting seperti menara batu dan tanaman sintetis.

Soal menara quidditch world cup mini kamu bisa membeli ornamen menara ini di online shop ataupun di toko-toko aquarium. Selain meningkatkan kepuasan, dekorasi seperti ini bisa memberikan kesan unik dan juga memiliki eksistensinya tersendiri. Sehingga imajinasimu soal film Harry Potter bisa kamu wujudkan dalam bentuk hiasan aquarium sederhana ini.

5. Aquarium dinding

hiasan aquarium
Aquarium Air Laut dan Aquascape

Aquarium tak hanya dihias dan diletakkan di area ruang tamu dengan bentuk kotak. Kamu bisa membuat hiasan aquarium menyatu dengan dinding bangunan rumah. Memang dalam mendesain jenis aquarium yang bagus ini, membutuhkan teknik dan persiapan khusus. Konsep seperti ini tak lepas dari kreatifitas para desainer interior rumah yang unik. Para desainer cenderung mencoba memanfaatkan sisi rumah yang ada dan terlihat lowong untuk dijadikan tempat menghias aquarium.

Hanya saja dalam membuat aquarium seperti ini membutuhkan biaya yang tak sedikit. Namun konsep seperti ini tidak akan mengecewakan, sebab bisa memberikan sensasi bawah laut langsung di dalam rumah.

BACA JUGA: Apa Itu Aquascape dan Bedanya Dengan Akuarium Biasa

6. Dekorasi bunga

hiasan aquarium
Dekoruma

Hiasan aquarium dari batu berikutnya adalah mengambil tema dekorasi bunga. Sepintas tema ini banyak menggunakan batu-batuan atau karang-karang laut. Lalu dikombinasikan dengan beberapa tanaman hias air ataupun tanaman sintetis. Tak hanya itu saja, kamu juga perlu menambahkan hiasan bunga plastik dalam aquarium ini, sehingga menciptakan suasana  yang indah dan cantik.

Cara membuat hiasan aquarium dari batu pada tema ini memang tidak boleh sembarangan. Hindari meletakkan banyak bunga plastik pada jenis aquarium ini. Sebab, yang ada malah suasana di dalam aquarium akan tampak berantakan dan jelek untuk dipandang.

7. Tema bonsai

hiasan aquarium
Rumah123

Berikutnya ada hiasan aquarium dari kayu bernama bonsai. Bermain tema bonsai pada aquarium kamu memang membutuhkan teknik khusus. Kamu harus membuat replika tanaman bonsai menggunakan kayu akar rasamala dan untuk daunnya bisa menggunakan moss semacam ricardia moss atau java moss. Selain membutuhkan kayu dan moss, kamu juga perlu menyiapkan lem korea guna merekatkan kayu dan moss yang ada.

Apabila semuanya sudah selesai baru dapat diletakkan ke dalam aquarium kamu dan hiasi dengan batu, pasir malang dan ornamen-ornamen lain. Tema bonsai ini selain menghemat tempat di dalam rumah, kamu pun bisa lebih mudah merawat tanaman bonsai itu sendiri. Hanya saja saat memilih tema ini, kamu harus rutin dalam mencukur moss pada bonsai dan menghilangkan algae yang ada pada bonsai ini.

8. Tema bawah laut

hiasan aquarium
Dekoruma

Tema bawah laut menjadi hiasan aquarium berikutnya yang mana tema ini banyak menggunakn koral atau batu-batuan laut. Sehingga kerap dinamakan sebagai hiasan aquarium dari batu. Tema laut termasuk paling banyak digandrungi orang, meski untuk hiasan-hiasannya saja memang membutuhkan biaya yang tak sedikit. Tak hanya itu saja, membuat tema laut pun berbeda dengan aquarium pada umumnya yang mana malah menggunakan air tawar. Sedangkan dalam membuat tema laut ini benar-benar harus memakai air lautan.

Sebagai jenis aquarium yang bagus, kamu bisa menambahkan elemen-elemen hiasan ornamen bawah laut. Seperti menambahkan anemon, karang dan lain-lain supaya menambah kesan lebih menyenangkan.

9. Snow white

hiasan aquarium
Rupa Rupa

Berikutnya ada lagi hiasan aquarium sederhana dengan tema Snow White yang mana aquarium jenis ini banyak menggunakan hiasan batu dan pasir. Tampilan aquarium serba putih dapat menciptakan suasana layaknya sedang berada di area hamparan salju. Jika kamu mengambil tema ini, maka cukup menambahkan hiasan bunga karang putih dan bunga hias putih dalam menyempurnakan dekorasi aquarium minimalismu.

10. Tema padang pasir

hiasan aquarium
Pinterest

Tema ini tak terlalu banyak menggunakan bahan-bahan dan kamu hanya perlu membutuhkan kayu dan batu. Sehingga tema ini masuk dalam kategori hiasan aquarium dari kayu. Saat kamu men setting aquarium model seperti ini, kamu harus cermat dalam memilih pasir dasaran yang akan dipakai. Biasanya dalam membuat model padang gurun, bisa memakai pasir malang berwarna putih dan bisa didapatkkan di toko-toko ikan hias Sedulur.  

Namun kamupun bisa menggunakan pasir cokelat agar aquarium kamu bisa terlihat bersih dan bisa menyamarkan kotoran pada ikan hias kamu. Sebab, kotoran ikan sangat mudah terlihat dan penggunaan pasir cokelat bisa menutupi segalanya.

BACA JUGA: Cara Bisnis Aquaspace Modal Tipis Omzet Berlapis, Cocok Untuk Pemula

11. Konsep 3 D

Tips dan Trik Kreatif

Mungkin Sedulur masih asing mendengar istilah 3D pada aquarium, namun ternyata konsep ini benar-benar bisa diterapkan pada aquarium milik Sedulur lho. Konsep 3D pun dianggap sebagai jenis aquarium yang bagus meskipun cara membuatnya begitu rumit. Sebab, dibutuhkan ketelitian dalam mendesain konsep seperti ini supaya benar-benar bisa sesuai dengan apa yang diinginkan. Tak hanya sesuai ekspektasi, dalam membuat konsep seperti ini benar-benar presisi dan jangan sampai terlihat berantakan Sedulur.

Meski nampaknya terlihat sulit, namun jika kamu ingin mencobanya membuatnya bisa menjadi salah satu aquarium dengan artistik keren. Sebab, tak banyak aquarium yang menerapkan model 3d dan biasanya malah memilih konsep-konsep yang sudah ada karena dianggap tak terlalu rumit dan mudah dalam proses pembuatannya.

12. Menara aquarium

Rabab

Selanjutnya contoh hiasan aquarium buatan sendiri adalah membuat tema menara aquarium. Menara aquarium adalah sebuah teknik dalam aquascape yang penyusunannya dilakukan dengan cara memasukkan aquarium lebih tinggi secara terbalik ke dalam aquarium besar dan membentuk sebuah menara. Seiring perkembang waktu dekorasi aquarium semakin hari semakin berkembang dan menara aquarium ini bisa kamu jadikan sebagai tema hiasan aquarium sederhana.

Cara kerja aquarium menara ini sangat unik dimana air dari dalam aquarium bawah akan tertarik oleh aquarium yang lebih tinggi. Naiknya air dari aquarium rendah ke yang lebih terjadi karena adanya tekanan. Sehingga karena keunikan ini membuat menara aquarium akan terlihat lebih estetik.

13. Kamar tidur ikan

Tribunnews

Sempat tren beberapa waktu lalu ada hiasan aquarium mini berbentuk kamar tidur. Di mana aquarium ini diterapkan pada ikan berjenis cupang. Dalam membuat aquarium model seperti ini, memang membutuhkan teknik khusus karena dalam pembuatannya harus detail. Hiasan aquarium membentuk kamar tidur terlihat lebih sederhana dan tak banyak memakan tempat. Selain tak banyak memakan tempat, tema seperti ini juga sangat menghemat biaya dalam pembuatannya. Tak hanya masalah biaya yang hemat, model seperti ini bisa menonjolkan kesan yang estetik dan indah untuk dipandang mata.

Kamu bisa meletakkan aquarium kamar tidur ikan ini di area ruang tamu, kamar tidur hingga ruangan kerja. Agar suasananya tampak lebih indah, segar dan lebih hidup Sedulur.

14. Bebatuan

Mustika Land

Berikutnya ada tema natural yang mana pada tema ini banyak memakai batu-batuan dalam proses pembuatannya. Sehingga biasa dinamakan sebagai hiasan aquarium dari batu dan memang bahan utama pembuatan dekorasi aquarium ini lebih banyak menggunakan batu-batuan alam. Kumpulan batu dalam berbagai bentuk pada aquarium bisa menjadi hiasan tanpa harus menambahkan berbagai dekorasi lainnya. Seperti tanaman air, kayu, pasir malang dan masih banyak lagi Sedulur.

Jika kamu pernah melihat seni rock balancing alias seni menyeimbangkan batu-batuan kali, maka bisa kamu terapkan di sini. Untuk batu yang dipakai dalam membuat aquarium model seperti ini, kamu bisa memanfaatkan segala hal yang ada di sekitar kamu. Bisa menggunakan batu-batuan kali langsung ataupun bisa membeli di toko-toko aquarium terdekat kamu.

Adapun cara membuat hiasan aquarium dari batu pada tema natural ini, kamu hanya perlu menata  beberapa batu di dalam aquarium sebisa mungkin mirip seperti ekosistem di alam. Lalu jangan lupa untuk tambahkan beberapa kerikil kecil agar suasananya tampak lebih natural dan segar.

15.Castle sea

Pinterest

Tema kastil laut sepintas mirip quidditch world cup layaknya film Harry Potter. Ya, tema semacam ini menggunakan ornamen-ornamen seperti menara kastil laut yang mana kamu bisa mendapatkan ornamen ini pada toko-toko tanaman hiasa terdekat Sedulur. Agar terlihat lebih menarik dan dengan kesan mistis, kamu bisa menenggelamkannya terlebih dahulu ke dalam air untuk beberapa waktu sampai lumut-lumut mulai tumbuh.

16. Aquarium toples bekas

Jendela360

Memiliki toples yang tak terpakai di rumah mu, mungkin bisa kamu manfaatkan untuk dijadikan hiasan aquarium dari barang bekas. Ya, penggunaan barang-barang bekas seperti toples malah bisa mengurangi pencemaran lingkungan dan bisa kamu buat menjadi aquarium dengan estetik tinggi. Sedulur bisa hiasi toples membentuk ekosistem sesungguhnya dengan menambahkan tanaman-tanaman air di dalamnya. Lalu Sedulur bisa kombinasikan pula dengan kerikil-kerikil kecil supaya terkesan lebih natural.

Itulah deretan dekorasi aquarium yang bisa kamu terapkan dan bisa kamu buat di rumah. Sangat mudah dan sederhana bukan, semoga ulasan di atas bisa menambah wawasan dan pengetahuan Sedulur tentang aquarium salah satu desain interior dalam ruangan rumah.

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

 Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.