Gedung Tertinggi di Dunia, Wajib Berkunjung Kesini!

Setiap negara pasti memiliki satu gedung tertinggi dan terbesar yang pernah dibuat. Gedung tertinggi ini kerap dijadikan sebagai ikon suatu negara untuk bisa menarik perhatian bagi para wisatawan atau tamu kenegaraan bangsa lain. Gedung tertinggi di dunia sekarang ini berhasil dibangun oleh negara Uni Emirate Arab (UAE).

Negara teluk ini memiliki gedung pencakar langit yang diberi nama Burj Khalifa. Konon, Burj Khalifa mempunyai ketinggian 828 meter atau jauh lebih tinggi dari Menara Eifel di Paris, Prancis yang hanya mempunyai ketinggian mencapai 324 meter.

Namun selain kedua bangunan tersebut, masih banyak lagi bangunan pencakar langit yang menarik untuk Sedulur simak dan ketahui. Apalagi salah satunya ada di negara kita Indonesia. Penasaran dengan daftar gedung tertinggi di dunia? Yuk simak artikel berikut ini.

BACA JUGA: 20 Masjid Terindah di Dunia Bikin Hati Tenang, Wajib Dikunjungi

-->

1. Burj khalifa

gedung tertinggi di dunia
Detik

Gedung tertinggi di dunia adalah Burj Khalifa yang dimiliki oleh Dubai, Uni Emirate Arab (UAE). Burj Khalifa diketahui punya ketinggian mencapai 828 meter dan dibangun sejak September 2004 serta menghabiskan biaya sebesar USD 1,5 miliar atau setara Rp 21,3 triliun. Diketahui dalam proses pembangunan Burj Khalifa di bagi menjadi beberapa tahapan. Yaitu tahapan bagian luar gedung dibangun pada Oktober 2009, sedangnya bagian dalamnya September 2004.

Pemerintah Dubai, Uni Emirate Arab pun meresmikan gedung Burj Khalifa pada Januari 2010 dan dinobatkan sebagai gedung paling tinggi di dunia dengan total 163 lantai. Gedung ini sampai saat ini menjadi kebanggaan warna UAE dan selalu dikunjungi turis domestik dan luar negeri setiap tahunnya.

2. Shanghai tower

gedung tertinggi di dunia
Aneka Tempat Wisata

Selain Burj Khalifa ada lagi gedung pencakar langit asal negeri tirai bambu, Tiongkok, yaitu Shanghai Tower. Gedung tertinggi di dunia berapa meter kah ini? Ya, diketahui Shanghai Tower punya ketinggian mencapai 632 meter dan mulai dibangun sejak tanggal 29 November 2008. Saat ini, Shanghai Tower dinobatkan sebagai gedung paling tinggi kedua di dunia setelah Burj Khalifa di Uni Emirate Arab.

Tak hanya menjadi gedung tertinggi kedua di dunia, Shanghai Tower juga mempunyai kelebihan yaitu dengan lift tercepat di dunia setelah Burj Khalifa. Sebagai salah satu dari 7 gedung tertinggi di dunia, Shanghai Tower mempunyai total 128 lantai dan mampu menampung setidaknya 16.000 orang. Sampai saat ini Shanghai Tower tetap menjadi kebanggaan warga Tiongkok dan selalu menjadi daya tarik wisatawan baik domestik ataupun mancanegara.

3. Makkah royal clock tower

gedung tertinggi di dunia
Wesal Travel

Berikutnya ada lagi salah satu dari 7 gedung tertinggi di dunia yaitu Makkah Royal Clock Tower. Bangunan ini terletak di Mekah, Arab Suadi dan konon mempunyai ketinggian mencapai 601 meter. Sebagai bangunan paling ikonik di Mekah, Arab Saudi, bangunan ini biasa dipakai untuk tempat penginapan seperti hotel, perumahan ataupun ritel. Adapun waktu pembangunan Makkah Royal Clock Tower ini yaitu mulai dibangun tahun 2012.

Makkah Royal Clock Tower dibangun hampir 150 tahun setelah gedung Big Ben di Inggris dan mulai diresmikan pada Agustus 2012. Sehingga disebut-sebut mempuyai kemiripan dengan gedung jam raksasa di Inggris yaitu Jam Big Ben.

4. Ping an finance centre

gedung tertinggi di dunia
ArchDaily

Negeri tirai bambu memang tak ada habisnya dalam membuat gedung-gedung pencakar langit. Selain Shanghai Tower, Tiongkok masih punya lagi gedung tertinggi di dunia yang bernama Ping An Finance Centre. Gedung ini lokasinya berada di Provinsi Shenzhen, Tiongkok dan mempunyai ketinggian mencapai 599,1 meter. Lalu sebagai gedung tertinggi di dunia berapa lantai kah gedung Ping An Finance Centre? Ya, Ping An Finance Centre mempunyai total 115 lantai dan biasa digunakan untuk area perkantoran.

5. Lotte world tower

gedung tertinggi di dunia
Food Bussines Lotte

Bergeser ke Korea Selatan terdapat gedung tertinggi di dunia bernama Lotte World Tower yang memiliki ketinggian mencapai 554,5 meter. Gedung Lotte Word Tower mulai dibangun tahun 2011 dan resmi dibuka mulai 3 April 2017. Saat ini, Gedung Lotte World Tower pun dinobatkan sebagai salah satu dari 7 gedung tertinggi di dunia dan gedung berjumlah 123 lantai ini pun biasa dipakai untuk kantor, hotel, perumahan dan ritel. Bangunan karya Kohn Pedersen Fox Associates ini diketahui mempunyai keunikan karena pada area langit baja berbentuk melengkung dan menjulang.

6. Gedung WTC di Amerika Serikat

gedung tertinggi di dunia
BBC

Meski tak lagi berdiri kokoh dan disaksikan banyak orang, namun negara Paman Sam, Amerika Serikat pernah punya menara kembar bernama One World Trade Centrer (WTC). Disebut-sebut menara WTC merupakan salah satu gedung tertinggi di dunia, meski akhirnya hancur karena serangan teroris pada 11 September 2001. Gedung kembar WTC terletak di Kota New York, Amerika Serikat dan bangunan ini mempunyai 94 lantai serta tinggi 541,3 meter. Gedung WTC biasanya kerap dipakai untuk keperluan kantor ataupun observasi ketika masih berdiri tegak.

BACA JUGA: 15 Warna Keramik yang Cerah untuk Mempercantik Rumah

7. Guangzhou CTF finance centre

gedung tertinggi di dunia
WSP

Selanjutnya bergerser kembali ke negeri Tirai Bambu, Tiongkok, yang mana mereka punya gedung tertinggi di dunia bernama Guangzhou CTF Finance Centre. Bangunan setinggi 530 meter ini dilengkapi dengan 111 lantai dan masih berdiri kokoh hingga saat ini. Fungsi bangunan ini banyak dipakai untuk kantor, hotel, dan perumahan serta menjadi gedung paling tinggi di Guangzhou dan dinobatkan sebagai gedung pencakar langit ketiga di Tiongkok.

8. Vancouver house

gedung tertinggi di dunia
Kompas TV

Selanjutnya ada gedung tertinggi di dunia 2021 bernama Vancouver House. Tidak hanya dinobatkan sebagai gedung tertinggi, ternyata Vancouver House di Kanada, juga dinobatkan menjadi yang paling baik pada tahun 2021. Vancouver House atau rumah Vancouver layak dijadikan gedung tinggi terbaik karena termasuk dalam lima ambang ketinggian: di bawah 100 meter, 100-199 meter, 200-299 meter, 300-399 meter dan 400 meter ke atas.

Selanjutnya Vancouver diakui sebagai bangunan keren karena mempunyai konsep massa terbalik inventifnya, yang mana berfungsi sebagai pintu gerbang menuju Vancouver. Tidak hanya itu, rumah ini mempunyai desain interior, konstruksi dan inovasi terbaik. Sehingga rumah Vancouver dinobatkan sebagai gedung tinggi terbaik tahun 2021 menurut The Council of Tall Buildings and Urban Habitat (CTBUH).

9. Tianjin CTF finance centre

gedung tertinggi di dunia
Archello

Selain Shanghai Tower ternyata Tiongkok memiliki gedung bernama Tianjin CTF Finance Centre. Gedung Tianjin CTF Finance Centre di Tiongkok mempunyai ketinggian mencapai 530 meter. Adapun proses pembangunan gedung CTF ini mulai dibangun pada tahun 2013 dan selesai pengerjaannya di tahun 2019. Gedung CTF Finance Centre banyak difungsikan sebagai bangunan hotel dan apartemen oleh pemerintah di Tiongkok.

10. CITIC Tower

ArchDaily

Berikutnya ada lagi salah satu gedung tertinggi di dunia bernama CITIC Tower yang berada di Beijing, China. CITIC Tower mulai dibangun pada tahun 2018 dan mempunyai ketinggian mencapai 527 meter serta 109 lantai. Digadang-gadang CITIC Tower atau biasa dinamakan Zun Tiongkok di Beijing, China, tingginya melebihi World Trade Centre Tiongkok Tower III setinggi 190 meter.

Menara Zun Tiongkok merupakan gedung serba guna yang terdiri dari ruang kantor 60 lantai, apartemen mewah 20 lantau dan hotel 20 lantai dengan 300 meter. Tidak hanya itu, CITIC Tower juga dilengkapi dengan taman atap pada ketinggian 524 meter.

11. Taipei 101 Taiwan

Design Building Network

Berikutnya ada lagi gedung tertinggi di dunia yang berada di Taiwan dan dinamakan dengan Taipei World Financial Centre. Gedung pencakar langit di Taiwan ini punya ketinggian mencapai 508 meter dan masuk dalam 10 besar gedung tertinggi di dunia Sedulur. Taipei 101 di Taiwan dibangun tahun 2004 dan sempat menjadi gedung tertinggi hingga pembangunan Burj Khalifa di Uni Emirate Arab.

BACA JUGA: 10 Warna Cat Rumah yang Sejuk dan Hidupkan Suasana

12. International commerce center

ArchDaily

Beralih ke negara Hongkong terdapat gedung tertinggi di dunia yaitu International commerce center yang mana gedung ini dibangun pada tahun 2010 dan mempunyai ketinggian mencapai 484 meter. Sebelumnya para desainer awalnya ingin gedung International comerce center agar lebih tinggi dari gedung lain di dunia, namun keinginan tersebut sulit direalisasikan. Sebab, nantinya bisa menghalangi pemandangan pegunungan yang ada di dekatnya.

13. Jeddah tower

KONE Indonesia

Berikutnya ada gedung tertinggi di dunia Jeddah tower. Jeddah Tower atau menara jeddah terletak di Jeddah Arab Saudi dan konon katanya memiliki ketinggian bangunan mencapai satu kilometer. Pembangunan menara Jeddah ini ditaksir menelan biaya sebesar USD 2 milliar dan proses pembangunannya pun sudah dimulai pada 1 April 2013. Nantinya dijadwalkan proses penyelesaianya akan berlangsung selama lima tahun atau 63 bulan.

Sampai saat ini Jeddah Tower merupakan gedung tertinggi di dunia yang sedang dibangun. Jika nantinya selesai dikerjakan, maka label sebagai gedung pencakar langit bisa disematkan pada Jeddah Tower. Sebab, sampai saat ini gedung tertinggi di dunia masih dipegang oleh Burj Khalifa di Uni Emirate Arab yang mempunyai ketinggian 828 meter.

14. Vincom landmark 81

Viet Visit Travel

Berikutnya ada lagi gedung tertinggi di dunia yang berada di kawasan Asia Tenggara tepatnya di negara Vietnam. Di negeri Paman Ho ini, terdapat bangunan pencakar langit bernama Vincom Landmark 81. Angka 81 menunjukkkan total lantainya yang berjumlah 81 dan memiliki ketinggian 461 meter.

15. Autograph tower

Griya Satria

Berikutnya beralih ke tanah air di mana ada gedung tertinggi di Indonesia bernama Autograph Tower. Gedung ini berlokasi di Kompleks Thamrin Nine dan mempunyai ketinggian mencapai 382,9 meter. Autograph Tower dibangun oleh PT Putra Gaya Wahana dan memiliki fasilitas lengkap seperti fasilitas olahraga, perkantoran, hiburan sampai dengan perhotelan.

Itulah deretan gedung pencakar langit yang ada di dunia termasuk salah satunya di Indonesia. Keberadaan gedung tinggi bisa menjadi ikon suatu negara dan bisa pula dijadikan simbol terciptanya perekonomian suatu negara. Tak hanya itu, gedung tinggi diartikan sebagai penanda kemajuan di bidang infrastruktur.

 

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

 

Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.