cara menghilangkan flek hitam secara alami

Flek hitam menjadi masalah kulit yang sering dikeluhkan oleh wanita. Keberadaan flek hitam pada wajah juga membuat rasa percaya diri menjadi berkurang. Oleh karena itulah, banyak wanita yang mencari cara menghilangkan flek hitam secara alami dalam waktu singkat.

Bahan alami banyak digunakan sebagai obat karena memiliki kandungan senyawa aktif yang mampu membantu proses penyembuhan luka. Cara penggunaannya juga mudah. Mulai dari dioles, dijadikan masker wajah, hingga diminum ekstraknya.

Jika biasanya hanya ada 5 cara menghilangkan flek hitam, bisa dilakukan di rumah. Berikut adalah 10 cara menghilangkan flek hitam secara alami yang bisa Sedulur lakukan.

BACA JUGA: 10 Fungsi Tawas untuk Kecantikan dan Kesehatan

-->

1. Gunakan masker kunyit

cara menghilangkan flek hitam secara alami
iStock

Cara pertama yang bisa Sedulur lakukan adalah menggunakan kunyit sebagai masker. Kunyit merupakan rempah-rempah yang memiliki kandungan senyawa curcumin yang dapat membantu proses penyembuhan luka dan berkhasiat sebagai zat anti peradangan.

Cara menggunakan kunyit sebagai masker dapat dilakukan dengan mudah. Pertama, campurkan satu sendok makan bubuk kunyit dengan sedikit air atau perasan air lemon. Kedua, campurkan hingga menyatu sempurna. Ketiga, oleskan pada wajah secara merata.

Biarkan masker selama 15 menit. Setelah itu, bilas wajah menggunakan air hangat hingga bersih. Untuk hasil yang lebih maksimal, gunakan pelembab setelah menggunakan masker kunyit dan lakukan langkah-langkah tersebut dua kali dalam sehari. 

2. Minum ekstrak biji anggur

cara menghilangkan flek hitam secara alami
iStock

Ekstrak biji anggur dipercaya bisa membantu meringankan flek hitam pada wajah. Meskipun belum ada penelitian tentang penggunaan ekstrak biji anggur untuk tujuan ini secara khusus, namun ada sebuah studi yang menunjukkan bahwa ekstrak anggur yang dikonsumsi secara oral selama 6 bulan dapat bermanfaat bagi penderita kulit melasma. 

3. Gunakan masker madu

cara menghilangkan flek hitam secara alami
iStock

Madu tidak hanya dapat dikonsumsi secara oral, tapi juga bisa dijadikan sebagai obat flek hitam. Kandungan zat antibiotik pada madu dapat membantu penyembuhan luka sehingga banyak digunakan sebagai masker wajah.

Cara menghilangkan flek hitam di wajah dengan madu juga sangat mudah. Cukup oleskan madu pada area wajah yang terdapat flek hitam pada malam hari. Biarkan madu meresap semalaman dan bilas dengan air hangat di pagi harinya. Ulangi langkah yang sama setiap hari untuk mendapatkan hasil maksimal. 

BACA JUGA: 12 Manfaat Buah Mangga untuk Kesehatan Tubuh & Kecantikan

4. Gunakan teh hijau dan teh hitam

cara menghilangkan flek hitam secara alami
iStock

Air seduhan teh hijau juga dapat dijadikan cara menghilangkan flek hitam secara alami pada wajah. Efek depigmenting pada kulit yang dimiliki ekstrak teh hijau dapat memudarkan flek hitam dari waktu ke waktu. 

Selain teh hijau, teh hitam juga dipercaya dalam mengatasi masalah flek hitam pada wajah. Mengoleskan air teh hitam pada bagian kulit yang terdapat flek hitam dapat mengatasi noda hitam dan memberikan efek mencerahkan.

Cara menggunakan kedua bahan tersebut dapat dilakukan dengan merendam kantong teh hijau atau teh hitam ke dalam air mendidih selama beberapa menit dan mengeluarkannya. Biarkan kantong hingga dingin dan gosokkan dengan lembut pada area kulit dengan flek hitam..

5. Gunakan susu atau yogurt

cara menghilangkan flek hitam secara alami
iStock

Meskipun tidak bisa digunakan sebagai cara menghilangkan flek hitam dalam 1 hari ataupun cara menghilangkan flek hitam dalam 1 jam, namun susu atau yogurt dapat membantu menghilangkan flek hitam pada kulit jika dilakukan secara rutin.

Kandungan asam laktat dalam susu atau yogurt memiliki khasiat untuk merubah warna dan menghilangkan flek hitam di kulit. Caranya adalah dengan merendam kapas dalam susu atau yogurt dan mengoleskannya pada kulit dua kali sehari. 

6. Gunakan air perasan jeruk nipis atau lemon

cara menghilangkan flek hitam secara alami
iStock

  

Dua buah yang kaya akan vitamin C, seperti jeruk nipis dan lemon juga bisa digunakan sebagai cara menghilangkan flek hitam di wajah dengan cepat. Khasiat dari vitamin C tersebut juga dipercaya dapat mencerahkan kulit, merawat kerusakan kulit akibat sinar matahari, dan mencegah penuaan dini. 

Caranya, peras jeruk nipis atau lemon dan ambil airnya dengan kapas. Oleskan perlahan pada wajah yang memiliki flek hitam dan bilas ketika sudah mengering. Lakukan secara rutin dalam 2 minggu untuk hasil yang lebih maksimal. 

BACA JUGA: 10 Manfaat Wortel Bagi Kesehatan Tubuh & Kecantikan

7. Oleskan lidah buaya 

cara menghilangkan flek hitam secara alami
iStock

Ingin menghilangkan flek hitam di pipi? Coba oleskan bagian dalam lidah buaya. Tanaman yang memiliki banyak manfaat untuk kulit ini mengandung antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas sehingga banyak digunakan sebagai bahan baku skincare. 

Cara memakainya juga mudah. Cukup oleskan daging lidah buaya pada wajah yang ada flek hitam dan pijat secara perlahan. Tunggu selama 15 sampai 20 menit dan bilas hingga bersih. Lakukan selama 1-2 kali sehari dalam beberapa minggu untuk hasil maksimal. 

8. Pakai masker kentang 

cara menghilangkan flek hitam secara alami
iStock

Kentang tidak hanya menjadi makanan pengganti nasi karena kandungan karbohidratnya yang tinggi. Kentang juga dapat digunakan untuk menghilangkan flek hitam, karena kemampuannya untuk mengangkat sel kulit mati, mencerahkan kulit, dan melembabkannya. 

Caranya juga mudah. Kupas bersih kentang dan parut hingga habis. Diamkan air perasan kentang hingga terdapat endapan dan gunakan sebagai masker wajah. Biarkan selama 15 menit atau hingga kering dan bilas dengan air hangat hingga bersih. 

9. Gunakan oatmeal 

cara menghilangkan flek hitam secara alami
iStock

Bahan alami lain yang bisa digunakan sebagai cara menghilangkan flek hitam adalah oatmeal. Menu sarapan sehat yang banyak dikonsumsi pelaku diet ini biasa dikonsumsi dengan seduhan air hangat hingga menjadi bubur.

Selain menjadi sarapan lezat, oatmeal juga bisa diolah menjadi masker yang berguna untuk memudarkan flek hitam. Caranya juga mudah, cukup tumbuk halus oatmeal dan campurkan dengan air perasan lemon hingga menjadi pasta.

Setelah itu, oleskan pada kulit wajah yang memiliki flek hitam. Tunggu beberapa saat hingga kering dan bilas dengan air hangat. Masker ini bisa melembutkan kulit jika digunakan secara rutin.

BACA JUGA: 10 Manfaat Pisang Klutuk untuk Kesehatan dan Kecantikan

10. Pakai bubur pepaya 

cara menghilangkan flek hitam secara alami
iStock

Pepaya merupakan buah-buahan yang digemari banyak orang. Tidak hanya berfungsi untuk membantu melancarkan pencernaan, pepaya juga bisa mencerahkan kulit dan memudarkan flek hitam jika digunakan menjadi masker. 

Masker bubur pepaya akan membantu mengangkat sel kulit mati dan membuatnya mengelupas. Cara membuatnya juga mudah, cukup dengan mengambil daging pepaya yang sudah matang dan haluskan tanpa campuran air.

Oleskan masker bubur pepaya di bagian wajah yang memiliki flek hitam atau secara keseluruhan. Biarkan selama 20 menit dan bilas dengan air hangat. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil maksimal. 

Nah, itulah informasi mengenai 10 cara menghilangkan flek hitam secara alami yang bisa Sedulur coba di rumah. Tertarik mencoba salah satunya? Ikuti tips di atas ya. Semoga bermanfaat!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.