manfaat wortel

Wortel merupakan sayuran yang dimanfaatkan dari bagian umbi tanaman Daucus carota. Selain bisa dimakan mentah, wortel juga dapat direbus maupun dijadikan bahan campuran untuk membuat lauk pauk. Tidak hanya berguna untuk mengenyangkan perut, manfaat wortel juga sangat banyak, baik dalam segi kesehatan maupun kecantikan.

Kandungan wortel sangatlah bervariasi. Selain kaya akan mineral, wortel juga mengandung banyak senyawa fitokimia yang bermanfaat bagi tubuh, seperti beta-karoten, antosianin, polifenol, lutein, likopen, dan zeaxanthin. Tidak hanya itu, wortel juga mengandung vitamin B kompleks, vitamin C, vitamin E dan kolin.

Meskipun kaya manfaat, konsumsi wortel yang berlebih juga dapat menyebabkan masalah pada tubuh. Bahaya wortel jika dikonsumsi berlebih dapat menyebabkan kulit berwarna kuning karena kandungan beta karoten yang menumpuk.

Bagaimana manfaat wortel bagi kesehatan tubuh dan kecantikan? Simak artikel berikut dengan baik, ya!

-->

BACA JUGA: Mengenal Pakcoy, Sayuran yang Kaya Manfaat Untuk Kesehatan

1. Menjaga kesehatan jantung

manfaat wortel mentah
iStock

Wortel merupakan umbi yang mengandung banyak kalium, fosfor, vitamin A, dan beta karoten. Zat-zat tersebut merupakan zat yang sangat bermanfaat dalam menjaga kesehatan tubuh. Manfaat wortel dalam menjaga kesehatan jantung diperoleh dari kandungan kalium, antioksidan, serta serat.

Kalium pada wortel baik untuk menjaga tekanan darah normal, sementara serat dan antioksidannya berguna untuk mengontrol kadar kolesterol jahat (LDL) yang dapat menyumbat pembuluh darah jantung.

2. Menyembuhkan luka

manfaat wortel matang
iStock

Manfaat wortel yang kedua yakni mampu membantu menyembuhkan luka. Hal ini karena wortel memiliki kandungan beta karoten yang tinggi sehingga mampu mengubah retinol sebagai salah satu bentuk vitamin A yang paling murni.

Vitamin A yang terkandung dalam wortel ini dipercaya mampu mengurangi kemerahan dan menyembuhkan peradangan pada kulit. Manfaat wortel mentah ini dapat dilakukan dengan menghaluskan wortel dan menjadikannya sebagai masker pada kulit yang meradang. 

BACA JUGA: 6 Manfaat Tembaga yang Sering Dijumpai dalam Kehidupan

3. Menjaga kadar gula dan kolesterol

manfaat wortel dan madu
iStock

Manfaat wortel matang bagi kesehatan dapat diperoleh jika seseorang rutin mengkonsumsi wortel rebus. Konsumsi wortel secara tepat dapat membantu menurunkan risiko kolesterol tinggi karena wortel merupakan sayuran yang kaya akan serat dan rendah lemak serta rendah kalori. Kandungan serat yang tinggi tersebut bersifat menghambat lemak dan menurunkan kolesterol dalam darah.

Wortel juga berguna untuk menjaga kadar gula darah tetap stabil, baik bagi pasien diabetes maupun orang yang sehat. Dengan gula darah yang terkontrol, pasien diabetes akan memiliki risiko lebih rendah untuk mengalami komplikasi. 

Sementara pada orang yang sehat, wortel akan mencegah melonjaknya kadar gula darah terlalu tinggi serta terjadinya resistensi insulin sehingga bisa mencegah seseorang terkena penyakit diabetes. Hal ini karena wortel mengandung serat dan antioksidan yang tinggi, tapi memiliki nilai indeks glikemik yang rendah.

4. Menjaga kesehatan mata

manfaat wortel mentah untuk mata
iStock

Manfaat wortel mentah untuk mata adalah menjaga kesehatan mata. Hal ini merupakan salah satu manfaat lain yang paling dikenal oleh hampir semua orang. Manfaat ini dapat diperoleh karena wortel mengandung banyak vitamin A, lutein, dan zeaxanthin.

Tidak hanya itu, wortel juga mengandung antioksidan yang tinggi sehingga baik bagi kesehatan mata. Konsumsi wortel yang rutin akan membuat Sedulur berisiko lebih rendah terkena berbagai penyakit mata, seperti katarka, degenerasi makula, serta rabun senja.

BACA JUGA: 20 Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan & Cara Mengolahnya

5. Menjaga kesehatan mulut

kandungan wortel
iStock

Wortel juga memiliki manfaat dalam menjaga kesehatan mulut selain menjaga kesehatan mata. Konsumsi wortel secara rutin setelah makan dapat mengurangi risiko terjadinya gigi berlubang. Hal ini karena wortel akan membantu meningkatkan produksi air liur yang dapat membersihkan gigi secara alami. Dengan demikian, mulut akan bersih dan kesehatan mulut akan terjaga.

6. Mengatasi kulit berminyak

manfaat wortel untuk kulit
iStock

Selanjutnya adalah manfaat wortel untuk wajah. Dalam hal ini, wortel bermanfaat untuk mengatasi kulit berminyak. Wortel akan membuat kulit menjadi lebih bersih secara alami serta mengontrol kadar minyak pada pori-pori kulit sehingga dapat mengurangi timbulnya jerawat.

7. Mengencangkan kulit

bahaya wortel
iStock

Selain untuk mengatasi kulit berminyak, manfaat wortel untuk kulit adalah mengencangkan kulit. Wortel merupakan sayuran yang mengandung vitamin C yang dapat meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh. Peningkatan produksi kolagen dalam tubuh tersebut akan membuat kulit terasa lebih kencang dan kenyal. 

Cara mendapatkan manfaat ini cukup mudah untuk dilakukan. Sedulur dapat secara rutin meminum jus wortel, maupun memakai masker wajah yang terbuat dari wortel. Dengan demikian, kulit akan terasa lebih kencang dan kenyal.

BACA JUGA: 10 Manfaat Air Lemon untuk Kesehatan Tubuh & Pencernaan

8. Mencegah penuaan dini

antiaging
iStock

Kandungan antioksidan dan beta karoten yang tinggi pada wortel dapat membantu memperlambat penuaan pada sel-sel kulit. Hal ini akan membuat kulit tidak mudah keriput sehingga akan mencegah penuaan dini. 

Membantu mencegah penuaan dini merupakan salah satu manfaat wortel dan madu apabila dilakukan secara rutin. Sedulur dapat mengkonsumsi jus wortel dicampur madu maupun menggunakan masker wajah yang telah ditambah dengan madu. 

9. Mengatasi kulit kering

kulit kering
iStock

Jika masker wortel dan madu bermanfaat untuk mencegah penuaan dini, maka masker wortel dan mentimun juga dipercaya dapat membantu mengatasi masalah kulit kering. Cara melakukannya juga sangat mudah. Sedulur cukup mempersiapkan wortel, mentimun, dan sour cream, dan mencampurkan 2 sendok wortel dan 1 sendok mentimun yang sudah dihaluskan dengan 1 sendok sour cream.

Setelah bahan tercampur dengan merata, masker wortel dan mentimun siap diaplikasikan pada seluruh wajah dan diamkan selama kurang lebih 15 menit. Setelahnya, Sedulur dapat mencuci wajah menggunakan air hangat untuk hasil yang tampak maksimal. Campuran tersebut dipervata sangatambuh untuk membuat kulit menjadi lembab dan juga halus.

BACA JUGA: 10 Manfaat Vitamin A Tak Hanya untuk Mata tetapi Juga Tubuh

10. Menstimulasi produksi kolagen

kolagen
iStock

Dalam hal kecantikan, wortel juga bermanfaat dalam menstimulasi produksi kolagen. Hal ini karena semakin bertambahnya usia, produksi kolagen dalam tubuh akan semakin berkurang. Padahal, kolagen merupakan zat yang dapat membuat kulit menjadi elastis, sehat, dan kencang.

Oleh karena itu, konsumsi wortel sangat dibutuhkan oleh tubuh. Wortel dapat membantu menambah produksi kolagen karena mengandung vitamin C yang sangat tinggi yang juga berguna untuk menjaga elastisitas kulit. 

Sekian informasi mengenai manfaat wortel bagi kesehatan dan kecantikan tubuh. Meskipun bagi sebagian orang menganggap wortel memiliki rasa yang cukup aneh, namun khasiatnya untuk kesehatan dan kecantikan tidak perlu diragukan lagi. Sedulur dapat mulai mengkonsumsi wortel secara teratur untuk dapat merasakan hasil yang maksimal. Selamat mencoba dan salam sehat, Sedulur!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.