tawas

Tawas merupakan bahan kimia yang berbentuk kristal berwarna putih. Garam rangkap sulfat dan aluminium sulfat ini memiliki dua bentuk di pasaran, yakni bentuk kristal sebagai produk perawatan tubuh dan bentuk bubuk halus sebagai bumbu dapur atau pengawet makanan. 

Tawas terbuat dari apa? Secara umum terbuat dari bahan kalium atau potasium. Namun, ada beberapa jenis yang terbuat dari campuran bahan lainnya. Meskipun bermanfaat, penggunaan yang berlebihan sangat tidak disarankan. Hal ini karena bahaya tawas bisa menyebabkan iritasi pada kulit dan selaput lendir hingga merusak paru-paru.

Nah, apa saja manfaat tawas dan fungsinya untuk kecantikan dan kesehatan? Berikut adalah lima fungsi yang bisa membantu Sedulur merawat kecantikan tubuh.

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Pelembab Wajah untuk Remaja Terbaik

-->

1. Mengatasi bau badan

tawas
iStock

Fungsi yang pertama dan utama  yang sudah dikenal oleh masyarakat di dunia, khususnya di Asia Tenggara adalah mengatasi bau badan. Sudah menjadi rahasia umum bahwa tawas banyak digunakan sebagai deodoran alami karena memiliki sifat anti bakteri.

Bahan ini sudah dikenal di wilayah Asia Tenggara sejak ratusan tahun lalu dan mulai populer di wilayah Barat sekitar 30 tahun terakhir. Kepopuleran garam rangkap sulfat dan aluminium sulfat sebagai deodoran ini karena bahan pembuatan yang berasal dari garam mineral alami yang dikenal dengan potassium alum.

Selain digunakan sebagai deodoran alami, tawas juga bisa memutihkan ketiak dan memiliki klaim menurunkan risiko kanker payudara. Dalam hal memutihkan ketiak, garam rangkap sulfat dan aluminium sulfat ini dikenal sebagai flocculator dengan menggumpalkan kotoran-kotoran yang terdapat pada ketiak sehingga membuat kulit ketiak terlihat lebih bersih dan putih. 

Cara menggunakannya juga sangat mudah. Jika ingin memutihkan ketiak, cukup celupkan satu butir kristal ke dalam mangkuk berisi air hangat selama lima detik. Sementara untuk mengatasi bau badan, campurkan bubuk tawas dengan sedikit bubuk kayu damar, lalu taburkan pada ketiak atau ke seluruh tubuh dengan intensitas setiap dua hari sekali.

2. Membantu menghilangkan bulu

tawas
iStock

Fungsi selanjutnya adalah membantu menghilangkan bulu pada tubuh. Secara tradisional, wanita zaman dahulu banyak menggunakan tawas untuk menghilangkan bulu wajah yang tidak diinginkan. Misalnya pada bulu di bagian atas bibir yang nampak seperti kumis pada laki-laki. 

Cara menggunakannya juga sangat mudah. Cukup dengan mencampurkan ½ sendok teh bubuk tawas dengan 1 sendok teh air mawar, atau menyesuaikan kebutuhan dengan perbandingan bubuk dan air mawar masing-masing 1:2.

Setelah siap, lakukan proses cukur bulu atau waxing pada area yang diinginkan. Jika sudah, oleskan campuran tadi ke bagian tubuh bekas cukuran selama 20 menit. Selanjutnya, bersihkan secara menyeluruh sambil ditepuk-tepuk hingga area menjadi kering.  

Setelah itu, gunakan pelembab pada area yang sudah dicukur menggunakan minyak kelapa atau minyak zaitun. Satu hal yang perlu diperhatikan ketika menggunakan tawas adalah menghindari area mata yang sensitif. 

BACA JUGA: Pilihan Outfit ke Pantai yang Fashionable dan Tips Memilihnya

3. Membantu mengobati jerawat

tawas
iStock

Manfaat selanjutnya, tawas berfungsi untuk membantu mengobati jerawat. Selain memakai produk dengan kandungan senyawa seperti asam salisilat untuk membantu mengurangi jerawat dengan pembersihan dan pengencangan kulit, Sedulur juga bisa menggunakan garam rangkap sulfat dan aluminium sulfat ini.

Diketahui, bahan ini bisa mengurangi lesi jerawat dengan cara membantu membersihkan bakteri dan mengencangkan pori-pori kulit wajah. Selain itu, tawas juga bisa digunakan untuk mengatasi atau memperlambat penuaan dini.

Caranya menggunakannya adalah dengan mencampurkan bubuk garam rangkap sulfat dan aluminium sulfat ini  dengan sedikit air. Setelah di aduk merata, oleskan pada wajah dan gunakan sebagai masker wajah. Tunggu selama 15 menit lalu bilas hingga bersih. 

4. Sebagai obat cukur

tawas
iStock

Selain membantu menghilangkan bulu, selama berabad-abad tawas juga digunakan sebagai obat cukur. Hal ini karena adanya sifat antiseptik yang memberikan perlindungan terhadap mikroorganisme penyebab penyakit, serta sifat astringent mampu membantu dalam mengurangi peradangan dan pendarahan.

Penggunaan bahan ini dipercaya dapat melindungi kulit dari pendarahan atau warna kemerahan karena proses pencukuran. Cara menggunakannya juga mudah, cukup gosokkan kristal pada wajah yang masih basah setelah cukur selama beberapa detik, lalu bilas dengan air bersih.

5. Mengobati tumit pecah-pecah

tawas
Mari Membaca

Fungsi untuk kecantikan selanjutnya adalah membantu mengobati tumit yang pecah-pecah. Perawatan menggunakan tawas ini harus dilakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang optimal.  

Sedulur bisa mencairkan bahan ini hingga berbusa. Setelah menunggu hingga semua air menguap, matikan api dan biarkan hingga ampas menjadi dingin. Selanjutnya tumbuk hingga halus dan campurkan dengan sedikit minyak kelapa lalu oleskan pada tumit yang pecah-pecah.

BACA JUGA: 10 Potongan Rambut Mandarin, Dijamin Disukai Para Wanita

Selain berfungsi dalam hal kecantikan, tawas juga memiliki fungsi dalam hal kesehatan. Berikut adalah beberapa fungsinya.

6. Meredakan pendarahan

tawas
iStock

Fungsi dalam hal kesehatan adalah meredakan atau mengobati luka berdarah. Hal ini sesuai dengan hasil uji pada hewan yang menunjukkan bahwa tawas dapat menjadi agen hemostatik yang efektif dalam mengontrol perdarahan pada jaringan parenkim hati hewan coba.

Dalam hal ini, Sedulur cukup menaburkan bubuk tawas halus pada bagian tubuh yang terluka. Namun jika dalam beberapa waktu darah tetap mengalir, Sedulur harus segera datang ke fasilitas kesehatan terdekat untuk mendapatkan bantuan medis profesional.

7. Mengobati kutu air

tawas
iStock

Fungsi selanjutnya berhubungan dengan kesehatan kaki, yakni mengobati kutu air. Cara menggunakan tawas dalam hal ini dapat dilakukan dengan memasukkan 2-3 sdm bubuk tawas ke dalam air hangat lalu merendam kaki di dalam air selama 20 menit.

Setelah itu, keringkan kaki dengan menggosokkan kain yang lembut dan bersih. Lakukan semua tahapan tersebut secara rutin hingga penyakit kutu air sembuh dan kaki kembali sehat. 

BACA JUGA: Demi Hasil Maksimal, Urutan Skincare Ini Harus Diikuti dengan Benar

8. Mengobati bintitan

tawas
iStock

Beralih dari kesehatan kaki, tawas ternyata juga bisa mengobati bintitan atau abses mata. Dalam hal ini, Sedulur dapat menggosokkan tawas pada batu cendana dengan sedikit air hingga menjadi seperti pasta. 

Selanjutnya, oleskan pasta pada bagian mata yang mengalami bintitan. Tunggu beberapa hari hingga bintitan pecah dengan sendirinya. Meskipun awalnya terasa sakit, namun pengobatan dengan tawas ini dipercaya dapat mempercepat penyembuhan bintitan. 

9. Meredakan kram pada otot

tawas
iStock

Fungsi atau manfaat dalam hal kesehatan selanjutnya adalah meredakan kram pada otot. Manfaat ini dapat dirasakan dengan mengombinasikan tawas dengan kunyit, dimana tawas akan berperan sebagai pengencer darah dan kunyit berperan sebagai antiseptik.

10. Efektif sebagai obat kumur

tawas
iStock

Fungsi dalam kesehatan yang terakhir adalah digunakan sebagai obat kumur. Dalam Jundishapur Scientific Medical Journal, penggunaan tawas putih diklaim dapat menjadi obat untuk mengobati infeksi jamur Candida albicans dan Candida tropicalis pada perawatan gigi.

Cara menggunakan tawas dalam hal ini dilakukan dengan merebus air dan sedikit garam. Setelah garam larut, matikan api kompor dan larutkan sedikit bubuk tawas ke dalamnya. Setelah disaring, obat kumur dapat digunakan untuk berkumur 2 sampai 3 kali sehari.

Nah, itulah 10 fungsi tawas untuk kecantikan dan kesehatan. Semoga informasi ini dapat bermanfaat dan menjadi solusi bagi Sedulur yang memiliki beberapa permasalahan di atas. Selamat mencoba! 

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.