Bagi Sedulur yang menderita sakit ambeien, Sedulur wajib mengetahui beberapa cara menghilangkan benjolan ambeien di bawah ini. Ketika benjolan ambeien muncul, hal tersebut dapat menimbulkan rasa sakit dan bisa menganggu aktivitas yang Sedulur jalankan sehari-hari.

Berikut ini akan dijelaskan beberapa cara menghilangkan benjolan ambeien agar tidak menganggu aktivitas Sedulur. Namun sebelum masuk ke pembahasannya, Sedulur bisa mencermati terlebih dahulu tips agar terhindar dari penyakit wasir di bawah ini:

  • Perbanyak makanan berserat
  • Minum air putih secara rutin dan dalam jumlah yang dianjurkan dalam satu harinya.
  • Rajin dan wajib berolahraga.
  • Kurangi kebiasaan duduk terlalu lama.
  • Jangan terlalu mengejan saat buang air besar.
  • Batasi bahkan kurangi konsumsi makanan pedas
  • Lakukan diet sehat dan secara seimbang.

Berikut ini beberapa gejala yang akan Sedulur rasakan ketika Sedulur mengalami ambeien, jika pada akhirnya kemudian Sedulur gagal menerapkan tips mencegah terhidar wasir di atas.:

  • Warna feses berubah disertai dengan perubahan kebiasaan dengan buang air besar.
  • Rasa nyeri di anus disertai perut mual dan muntah.
  • Mengalami penurunan berat badan tanpa penyebab yang jelas.
  • Terjadi demam, pusing, dan sakit kepala.
  • Gatal dan nyeri pada area anus
  • Akan mengalami sembelit dalam beberapa waktu
  • Sensasi terbakar di sekitar anus yang menganggu
  • Rasa mengganjal terutama saat duduk
  • Akan mengalami diare
  • perdarahan pada anus, dan
  • Saat proses buang air besar akan mengeluarkan darah.

Setelah mengetahui tips, gejala dan ciri-ciri wajis di atas. Agar terhindar dari sakit wasir, berikut ini beberapa cara medis dan cara menghilangkan benjolan ambeien luar secara alami yang bisa Sedulur lakukan. Yuk, mari langsung kita simak ulasannya di bawah ini:

-->

BACA JUGA: Apa Itu Penyakit Ain, Pengertian, Penyebab & Cara Mengatasinya

1. Rubber band litigation

freepik
freepik

Cara menghilangkan benjolan ambeien yang pertama yang bisa Sedulur lakukan adalah menggunakan cara medis yang dikenal dengan istilah rubber band litigation. Cara medis satu ini merupakan prosedur yang dilakukan dengan cara mengikat ujung benjolan yang menempel ke kulit dengan tujuan untu mematikan jaringan wasir.

Karena, dengan mematikan jaringan wasir dengan cara diikat akan mampu membuat wajir copot dengan sendirinya. Prosedur medis ini juga merupakan prosedur yang paling banyak digunakan, karena tidak begitu sakit untuk dilakukan. Namun, melakukan prosedur ini membutuhkan waktu yang lumayan lama, karena menunggu wasir copot dengan sendirinya.

2. Skleroterapi

hellosehat

Rekomendasi prosedur medis sebagai cara menghilangkan rasa sakit pada benjolan ambeien selanjutnya adalah dengan melakukan skleroterapi. Prosedur ini adalah proses menyuntikkan cairan ke wasir hingga benjolan wajis mengecil. Seperti yang dapat kita pahami dari prosedur yang dilakukan, cara ini lebih kepada meredakan rasa sakit.

Namun, rasa sakit yang dirasakan akan hilang secara efektif karena prosedur yang dilakukan ditangani secara medis dengan perhitungan yang telah diukur terlebih dahulu. Tapi, wasir kemungkinan akan kembali kambuh, jika gaya hidup yang kita lakukan tidak diubah.

BACA JUGA: Penyakit Herpes: Penyebab, Gejala dan Cara Mengobatinya

3. Elektroterapi

cara menghilangkan benjolan ambeien
liputan6

Cara menghilangkan benjolan ambeien dengan langkah medis selanjutnya adalah dengan cara elektroterapi. Cara ini yaitu dengan mengalirkan arus listrik tegangan rendah ke benjolan ambeien hingga benjolan mengecil. Ketika benjolan mengecil, otomatis rasa sakit yang dialami pun akan berkurang. Namun cara ini mudah merupakan langkah operasi untuk mencabut benjolan wasir. Hanya cara untuk meredakan wasir dan benjolan wasir.

4. Koagulasi inframerah

detik

Rekomendasi cara menghilangkan benjolan ambeien secara medis yang bisa Sedulur lakukan adalah dengan melakukan koagulasi inframerah. Cara ini cukup efektif untuk mengatasi masalah wasir secara permanen. Terutama jika Sedulur yang telah lelah dengan sakit yang ditimbulkan saat wasir.

Sinar laser inframerah yang digunakan dalam proses ini dapat memotong aliran darah ke benjolan wajir untuk mengecilkan ukuran ambeien. Dengan begitu, rasa sakit akibat ambeien akan berkurang, dan juga bahkan wasir yang Sedulur rasakan akan hilang secara perlahan.

BACA JUGA: 12 Manfaat Bawang Dayak bisa Jadi Obat Berbagai Penyakit

5. Operasi wasir

cara menghilangkan benjolan ambeien
kompas

Cara menghilangkan benjolan ambeien secara medis adalah dengan menjalankan operasi wasir. Dengan menjalankan operasi wasir juga ambeien yang Sedulur alami akan sepenuhnya hilang. Berikut ini beberapa rekomendasi operasi yang bisa Sedulur lakukan, yaitu:

  • Hemoroidektomi atau memotong benjolan wasir.
  • Hemoroidopeksi atau memasukkan benjolan ke lubang anus kemudian menjepitnya dengan alat khusus.
  • Haemorrhoidal artery ligation atau menggunakan jahitan untuk memotong aliran darah ke benjolan wasir sampai ambeien mengecil.

Selain beberapa cara medis yang bisa Sedulur jalani untuk menghilangkan wasir. Berikut ini beberapa cara alami yang bisa dengan mudah Sedulur lakukan. Yuk, langsung saja kita simak daftar caranya di bawah ini.

6. Rendam menggunakan air hangat

honestdocs

Jika Sedulur bertanya apakah benjolan wasir bisa mengecil? Jawabannya tentu saja bisa, dan cara yang dilakukan bukan hanya cara medis saja. Namun terdapat beberapa cara alami yang bisa Sedulur lakukan.  Cara menghilangkan benjolan ambeien yang pertama adalah dengan menggunakan air hangat.

Sedulur bisa merendam bagian wasir Sedulur dengan menggunakan air hangat. Hal ini sangat efektif untuk mengurangi pembengkakan dan iritasi pada benjolan ambeien. Sedulur juga bisa menambahkan beberapa bahan lain, seperti cuka apel, garam atau kunyit. Mengempeskan benjolan wasir luar dengan kunyit juga merupakan cara alami yang sering dipilih oleh penderita ambeien.

BACA JUGA: 9 Penyakit Kulit yang Sering Menyerang & Cara Mengobatinnya

7. Minyak kelapa dan lidah buaya

cara menghilangkan benjolan ambeien
hellosehat

Rekomendasi cara menghilangkan benjolan ambeien stadium 4 dengan cara alami adalah menggunakan minyak kelapa dan lidah buaya.  Minyak kelapa dan lidah buaya dapat mengurangi rasa gatal dan juga mengurangi pembengkakan pada bagian benjolan. Selain itu, minyak kelapa dan lidah buaya juga merupakan bahan alami yang bisa menjadi pelumas bagi daerah anus.

Hal tersebut dapat membuat wajir Sedulur membuat perasaaan lebih adem. Dengan menggunakan pelumas wasir akan lebih licin dan gesekan yang menimbulkan sakit akan lebih jarang terjadi.

8. Es batu

popbela

Berikut ini adalah cara menghilangkan benjolan ambeien dengan es batu, menggunakan es batu merupakan salah satu cara untuk mengkompress benjolan dan pembengkakan wasir. Es batu juga dapat mengurangi bengkak dan gatal di area anus. Sedulur juga dapat membungkus terlebih daulu es batu dengan menggunakan handuk lalu menempelkannya pada bagian benjolan wajir. Hal ini bisa mengurangi iritasi kulit.

BACA JUGA: 15 Manfaat Daun Binahong yang Dapat Atasi Berbagai Penyakit

9. Konsumsi obat wasir

cara menghilangkan benjolan ambeien
idxchanel

Salah satu cara menghilangkan benjolan ambeien secara permanen adalah dengan mengkonsumsi obat wasir. Namun, tentu saja penggunaan obat ambeien harus disertai dengan pengawasan dokter. Serta penggunaannya harus sesuai dengan arahan yang diberikan oleh dokter.

Sedulur juga bisa memilih untuk menggunakan obat wasir yang mengandung hidrokortison, witch hazel dan kandungan senyawa yang membuat area sekitar dubur mati rasa. Tujuannya untuk menghilangkan rasa sakit ketika benjolan ambeien muncul.

Selain menggunakan obat dalam yang dikonsumsi langsung. Sedulur juga bisa menggunakan obat salep untuk mengecilkan benjolan wasir. Sedulur tinggal membeli salep yang tersedia di apotek yang cocok dan sesuai dengan Sedulur. Gunakan salep secara rutin dan teratur.

10. Ubah gaya hidup

hellosehat

Jika semua cara menghilangkan benjolan ambeien di atas telah Sedulur coba, dan benjolan ambeien tidak kunjung hilang, maka satu-satunya cara yang bisa Sedulur lakukan adalah mengubah gaya hidup. Benjolan ambeien juga bisa sebagai pertanda bahwa gaya hidup Sedulur tidak sehat.

Sedulur bisa mengubah gaya hidup Sedulur dari yang sebelumnya sangat tidak sehat beralih dengan menjalankan gaya hidup sehat. Terutama dalam mengkonsumsi makanan, Sedulur bisa memilih untuk mengkonsumsi makanan yang lebih banyak seratnya dan perbanyak minum air putih. Hal ini bertujuan agar feses menjadi lebih lunak dan tidak menekan ambeien agar tidak menimbulkan benjolan.

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Sedulur lakukan untuk mencegah sakit wasir yang Sedulur alami. Sedulur bisa melakukan beberapa hal ini sebagai tips untuk kembali mengalami wasir. Beberacara cara tersebut adalah:

BACA JUGA: 8 Cara Mengecilkan Perut Buncit Secara Mudah Tanpa Diet

Rajin minum air putih

Minum air putih teratur dan rutin memang terlihat seperti sepele. Namun jangan salah, air putih mengandung segudang manfaat yang dapat dirasakan oleh tubuh. Salah satunya agar mencegah ambeien pecah. Karena air putih daat membantu kerja serat dalam melunakkan feses yang menjadi penyebab pecahnya wasir.

Konsumsi makanan berserat

Dari penjelasan di atas, banyak disinggung bagaimana mengkonsumsi makanan berserat begitu penting bagi para penderita wasir.  Karena dengan cukupnya makanan berserat akan membuat feses melunak dan dapat membuat wasir tidak pecah dan tidak mudah kambuh. Sambil mengkonsumsi makanan berserat, Sedulur juga bisa mengurangi asupan makanan berlemak dan makanan pedas.

Rutin berolahraga

Sedulur juga bisa mulai rutin berolahraga. Karena dengan berolahraga, waktu Sedulur untuk duduk akan semakin sedikit. Duduk dalam waktu yang lama juga dapat membuat wasir kambuh dan bahkan membuat wasir menjadi pecah. Hal ini merupakan salah satu tips ampuh yang bisa Sedulur lakukan.

Sekian daftar cara menghilangkan benjolan ambeien di atas, semoga beberapa cara di atas ada yang cocok dan ampuh untuk mengatasi wasir Sedulur yang menganggu. Jangan lupa untuk menerapkan gaya hidup yang sehat, agar wajir tidak timbul lagi dan bisa sepenuhnya sehat. Terutama perbanyak konsumsi sayur dan buah-buahan, serta kurangi makanan pedas yang penuh dengan lemak. Dijamin wajir pun akan sembuh total.