Memiliki perut buncit merupakan sebuah persoalan, salah satu solusi tanpa diet adalah dengan melakukan cara mengecilkan perut dengan olahraga yang mudah dan ringan.

Permasalahan perut buncit bisa dihadapi oleh siapa saja. Pola hidup yang tidak sehat bisa memicu perut buncit serta mengundang penyakit. Perut buncit bisa meningkatkan risiko tekanan darah tinggi, diabetes, penyakit jantung, hingga fatty liver.

Jika sudah terlanjur memiliki perut buncit, segeralah mulai pola hidup sehat sedini mungkin. Pola hidup sehat bisa dimulai dengan senantiasa menjaga pola makan serta jenis makanannya. Selain itu, cara mengecilkan perut buncit secara alami adalah dengan selalu melakukan olahraga secara teratur. Yuk, cari tahu apa saja olahraga mengecilkan perut yang bisa Sedulur lakukan di rumah!

Baca Juga: Sedulur Super, Begini Tips Olahraga Saat Puasa + Contohnya

-->

Daftar Cara Mengecilkan Perut yang Mudah Tanpa Harus Diet

1. Sit Up Rutin

1. Sit Up Rutin
okezone.com

Olahraga sit up secara rutin merupakan olahraga yang sering digunakan sebagai cara mengecilkan perut. Sit up adalah salah satu olahraga mengecilkan perut yang paling sering dilakukan karena gerakannya yang cukup mudah. Kombinasi gerakan sit up mampu mengencangkan otot perut, terutama pada perut bagian atas.

Untuk latihan mengecilkan perut dengan sit up, mulailah dengan posisi terlentang. Letakan tangan di depan dada dengan posisi disilang atau letakan tangan di belakang kepala saja. Tekuk lutut, kemudian angkat badan mendekati lutut. Selanjutnya kembali ke posisi semula, lalu ulang gerakan ini sebanyak 30 kali dalam satu sesi. Lakukan minimal 1 kali sehari.

2. Lakukan Side Plank

2. Lakukan Side Plank
kawaiibeautyjapan.com

Sedulur juga bisa melakukan cara mengecilkan perut dengan side plank. Side plank adalah salah satu gerakan mengecilkan perut, lebih tepatnya untuk melatih otot perut bagian samping. Tak hanya itu, gerakan ini juga merupakan cara mengecilkan pinggul yang bisa Sedulur lakukan di rumah.

Langkah untuk melakukan olahraga mengecilkan perut, side plank, adalah dengan berbaring pada sisi tubuh sedangkan posisi tangan kiri menopang beban tubuh. Letakkan tangan kanan di pinggang, kemudian angkat pinggul ke atas. Tahan posisi tersebut selama 30-45 detik. Ulang gerakan 10-15 kali dalam satu sesi.

3. Olahraga Kardio

3. Olahraga Kardio
beritatime.com

Cara mengecilkan perut tanpa harus diet dengan cara yang mudah adalah melakukan olahraga kardio, namun harus dilakukan secara teratur agar memberikan hasil yang maksimal. Olahraga kardio atau latihan aerobik bisa membakar kalori dalam jumlah banyak. Hal tersebut dapat membuat lemak yang menimbun di perut sehingga menyebabkan buncir hilang secara mudah dan cepat. Sedulur pun akan mendapatkan bentuk tubuh yang ideal.

4. Olahraga dalam Posisi Berdiri

4. Olahraga dalam Posisi Berdiri
blogunik.com

Melakukan berbagai jenis olahraga akan memberikan dampak baik bagi tubuh Sedulur, jika ingin cepat menghilangkan perut buncit tanpa diet, Sedulur bisa melakukan jenis olahraga apapun yang dilakukan sambil berdiri. Karena, dengan posisi berdiri, otot tubuh akan aktif untuk menjaga keseimbangan dan menahan berat badan.

Banyak energi yang dikeluarkan dan kalori tubuh pun akan berkurang banyak. Hasilnya, banyak lemak yang menimbun di dalam perut menjadi berkurang. Dan Sedulur berhasil melakukan cara mengecilkan perut tanpa harus diet.

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Tentang Hari Olahraga Nasional (Haornas) yang Harus Kamu Tahu

5. Olahraga Leg Raises

5. Olahraga Leg Raises
today.line.me

Leg raise merupakan olahraga mengecilkan perut dan paha dalam 1 minggu. Jika Sedulur merupakan jenis orang yang senang berbaring, olahraga perut  yang satu ini bisa menjadi pilihan yang tepat.

Untuk melakukannya, Sedulur hanya perlu terlentang, kemudian angkat kedua kaki secara bersamaan. Selanjutnya, turunkan kedua kaki secara perlahan namun jangan sampai menyentuh matras. Jika Sedulur masih merasa kesulitan melakukan gerakan ini, Sedulur bisa menaruh kedua telapak tangan di belakang pantat agar membantu menaikan kaki ke atas.

6. Mountain Climber Twist

6. Mountain Climber Twist
fitzdrav.ru

Cara mengecilkan perut selanjutnya dengan olahraga sederhana yang disebut sebagai mountain climber twist. Gerakan ini juga merupakan salah satu cara mengecilkan pinggang dan perut. Mountain climber twist cenderung membuat tubuh lebih mudah untuk berkeringat karena gerakannya yang lebih dinamis.

Cara melakukan olahraga mengecilkan perut ini diawali dengan memposisikan tangan lurus menahan berat badan dan kaki lurus ke belakang. Kemudian tekuk kaki kiri, lalu putar ke kanan. Begitu juga sebaliknya. Lakukan dengan perlahan agar tidak terjadi kesalahan. Pastikan posisi punggung dan pantat lurus sejajar, sebagaimana postur plank yang benar.

7. Cross Crunch

7. Cross Crunch
pinterest.es

Cross crunch merupakan olahraga mengecilkan perut sebelum tidur yang bisa Sedulur lakukan secara rutin. Cross crunch adalah gerakan membakar lemak perut yang cukup ampuh, apalagi jika dilakukan dengan rutin dan teratur. Salah satu senam mengecilkan perut bawah ini juga sering dilakukan agar membuat otot paha dan punggung menjadi semakin kuat.

Cara melakukannya dimulai dengan terlentang dengan tangan dan kaki diposisikan terbuka lebar, sehingga tubuh membentuk huruf X. Pertahankan posisi lengan dan kaki agar lurus. Kemudian, angkat tangan kanan ke arah kaki kiri diikuti dengan kepala, leher, dan bahu. Lakukan bergiliran antara bagian kanan dan kiri. Ulang gerakan sebanyak 10 kali dalam 1 set.

8. Bicycle Crunch

8. Bicycle Crunch
coachmag.co.uk

Terakhir olahraga untuk mengecilkan perut buncit adalah bicycle crunch. Seperti namanya, bicycle crunch ini menyerupai olahraga yang menyerupai gerakan mengayuh sepeda. Bedanya, gerakan dilakukan dengan posisi terlentang. Untuk lebih jelasnya, simak cara melakukannya berikut ini.

Posisikan diri dalam keadaan terlentang, letakan kedua tangan di belakang kepala. Tekuk kaki kiri, sedangkan pastikan kaki kanan agar tetap lurus dan mengangkat dari permukaan matras. Bawa siku kanan sehingga bertemu dengan kaki kiri, begitu pula sebaliknya. Lakukan berulang kali secara rutin untuk hasil yang maksimal.

Semoga daftar cara mengecilkan perut di atas sangat cocok dilakukan oleh Sedulur,  dan juga bisa bermanfaat dilakukan sebagai pilihan olahraga mengecilkan perut buncit. Perlu diingat, cara mengecilkan perut dengan olahraga harus dilakukan dengan rutin dan teratur agar hasilnya memuaskan.

Sedulur juga bisa sambil mengkonsumsi makanan bergizi saat berolahraga, Sedulur bisa membeli makanan bergizi di Aplikasi Super. Sedulur bisa klik di sini untuk download Aplikasi Super agar bisa membeli berbagai daftar makanan bergizi mendukung program mengecilkan perut buncit. Selamat mencoba dan selamat berolahraga!