Apakah Sedulur tahu cara memperbaiki teflon rusak karena air hingga terkelupas lapisannya? Ya, lapisan teflon yang terkelupas memang menjadi masalah serius bagi ibu rumah tangga pemilik wajan anti-lengket tersebut. Karena tak hanya membuat memasak menjadi tidak maksimal, makanan juga jadi mudah gosong.

Di era sekarang, teflon sudah menjadi piranti masak-memasak yang harus ada di dapur. Selain karena lapisan wajan yang dijamin tidak akan tertempel bahan masakan, tetapi juga karena efisiensi dari wajan tersebut.

Walaupun memang dijamin anti-lengket, tetapi lapisan pada wajan tersebut tetap saja dapat terkelupas seiring meningkatnya frekuensi penggunaan dan juga bertambahnya waktu. Kalau sudah terkelupas dan rusak, haruskah Sedulur membeli teflon baru lagi? Tentu saja tidak! Ada beberapa cara yang bisa Sedulur coba untuk mengakali kendala tersebut. Apa saja cara memperbaiki teflon rusak karena air? Simak berikut ini.

BACA JUGA: 40 Ucapan Selamat Hari Guru yang Penuh Makna & Harapan

-->

Cara memperbaiki teflon rusak karena air sampai terkelupas

Cara mencuci teflon
House Digest

Walaupun terkesan sepele, lapisan teflon yang rusak dan mengelupas memang tak jarang membuat kita kesal. Selain karena wujud dari wajan anti-lengket tersebut sudah tidak cantik lagi, tetapi juga karena masakan yang akan menempel pada wajan dan sisa-sisa lapisan yang kerap mengotori makanan.

Salah satu solusi tercepatnya adalah membeli teflon yang baru lagi. Akan tetapi, apabila Sedulur tidak ingin repot-repot mengeluarkan kocek lebih dalam untuk mengganti teflon, Sedulur bisa memperbaikinya seperti baru lagi, kok!

Kira-kira bagaimana caranya? Yuk, simak beberapa langkah yang sudah dijelaskan di bawah.

BACA JUGA: 10 Puisi Hari Ayah yang Penuh Makna dan Menyentuh Hati

1. Panaskan oven dalam suhu yang tinggi

Depositphotos

Cara memperbaiki teflon rusak karena air yang pertama adalah dengan memanaskan oven pada suhu tinggi. Ya, oven memiliki peranan yang penting dalam keseluruhan proses memperbaiki teflon ini. Oven akan membantu teflon merekatkan lapisan barunya yang nanti akan Sedulur ganti.

Suhu oven yang tepat untuk membantu memperbaiki teflon yang rusak adalah 180 derajat Celcius. Lebih lanjut lagi, usahakan nanti pada saat teflon sudah siap untuk dipanaskan, ia tidak digabung dengan masakan lain di dalamnya. Hal tersebut untuk menghindari paparan uap masakan ke teflon yang nantinya akan menghambat proses perekatan lapisan baru pada teflon. Jika tidak, maka proses memperbaiki lapisan teflon yang rusak ini dapat berisiko untuk gagal.

BACA JUGA: 8 Ide Bisnis Tanpa Modal yang Menjanjikan dan Cara Mulainya

2. Cuci dan keringkan teflon yang rusak lapisannya

Depositphotos

Apabila oven sudah dipanaskan dengan suhu 180 derajat Celcius, selanjutnya Sedulur dapat beralih untuk mempersiapkan teflon yang akan diperbaiki. Pertama-tama, Sedulur harus mencuci bersih teflon dan mengeringkannya.

Pencucian ini akan membantu untuk menghilangkan lapisan-lapisan teflon yang telah mengelupas. Sedulur dapat mencuci teflon dengan menggunakan sikat dan sabun cuci piring. Gosok permukaan teflon dengan lembut, tidak perlu terlalu keras. Perhatikan lapisan-lapisan teflon yang terkelupas sambil sedikit-sedikit disiram dengan air.

Jika Sedulur sudah mencuci teflon, saatnya membilasnya dengan air. Setelah itu Sedulur dapat mengeringkan teflon dengan kain bersih. Pastikan setelah proses ini lapisan teflon yang rusak benar-benar tersingkirkan semua, ya Sedulur.

BACA JUGA: 8 Contoh Teks MC Berbagai Acara yang Mudah Dipelajari

3. Oleskan teflon yang tergores dengan bahan-bahan berlemak

cara memperbaiki teflon rusak karena air
Depositphotos

Langkah yang ketiga ini menjadi proses yang terpenting dalam cara memperbaiki teflon rusak karena air. Bahan-bahan dapur yang mengandung lemak dapat dijadikan solusi untuk mengatasi lapisan teflon yang mengelupas. 

Beberapa bahan dapur tersebut di antaranya adalah mentega padat dan vegetable shortening. Apabila Sedulur memiliki minyak zaitun, ia juga dapat dipakai untuk menyelesaikan masalah pada teflon ini.

Mentega, vegetable shortening, atau minyak zaitun dapat dioleskan ke seluruh permukaan teflon dengan kuas bersih. Setelah rata, Sedulur dapat merapikan sisa-sisa olesannya dengan menggunakan tisu kering. Fungsi dari melapisi teflon dengan bahan-bahan berlemak ini adalah untuk mengembalikan kekuatan lapisan teflon walaupun lapisan aslinya sudah terkelupas.

BACA JUGA: Arti Mimpi Menangkap Burung, Pertanda Baik atau Buruk?

4. Masukkan teflon ke dalam oven yang panas

cara memperbaiki teflon rusak karena air
Depositphotos

Setelah Sedulur melapisi teflon dengan mentega, vegetable shortening, atau minyak zaitun, Sedulur dapat memasukkan ke oven yang sudah dipanaskan tadi. Sebelumnya, Sedulur disarankan untuk memanaskan oven dalam suhu yang tinggi. 

Oven memiliki peranan yang penting dalam keseluruhan proses memperbaiki teflon ini. Oven akan membantu teflon merekatkan lapisan barunya yang nanti akan Sedulur ganti. Suhu oven yang tepat untuk membantu memperbaiki teflon yang rusak adalah 180 derajat Celcius.

Setelah oven dipastikan panas, Sedulur dapat memasukkan teflon yang telah diolesi mentega, vegetable shortening, atau minyak zaitun ke dalamnya. Panaskan teflon tersebut di dalam oven setidaknya selama 30 menit. Setelah 30 menit berlalu, Sedulur dapat mengeluarkan teflon dan mendinginkannya terlebih dahulu. Setelah itu periksa apakah lapisan teflon yang rusak telah digantikan dengan lapisan lemak baru.

5. Ulangi langkah-langkah di atas sampai dua atau tiga kali

cara memperbaiki teflon rusak karena air
Depositphotos

Apabila Sedulur merasa lapisan lemak tersebut belum dapat menggantikan lapisan teflon yang rusak, mungkin Sedulur dapat mencoba untuk mengulangi langkah-langkah di atas sampai dua atau tiga kali. Terutama mulai dari langkah kedua hingga langkah keempat.

Ketika Sedulur sudah mengeluarkan teflon dari oven dan mendinginkannya, Sedulur dapat kembali mencuci teflon tersebut. Setelah itu, oleskan lagi mentega, vegetable shortening, atau minyak zaitun. Kemudian, masukkan teflon ke dalam oven dan panaskan selama 30 menit pada suhu 180 derajat Celcius. Pastikan lapisan baru dari teflon merekat dengan sempurna, ya Sedulur!

Minyak susah hilang dari teflon? Ikuti cara memperbaikinya berikut ini!

cara memperbaiki teflon rusak karena air
Depositphotos

Teflon memang dijuluki sebagai wajan anti-lengket. Tetapi, julukan tersebut terkadang tidak melekat lama pada perabotan masak tersebut. Ada beberapa produk teflon yang ternyata tetap meninggalkan bekas minyak setelah digunakan untuk memasak.

Hal ini tentunya akan sedikit membuat kita kesal, ya Sedulur. Terlebih lagi karena klaim anti-lengket yang ternyata tidak terbukti, juga karena lapisan minyak tersebut akan mengotori masakan. Kalau begitu, apakah ada cara untuk menghilangkan lapisan minyak pada teflon setelah memasak?

Tentu saja ada, dong Sedulur! Simak baik-baik beberapa solusi alternatif di bawah ini, ya!

1. Gunakan baking soda

Baking soda dapat bermanfaat untuk untuk menghilangkan lapisan minyak pada teflon setelah memasak. Permukaan teflon dapat menjadi mengkilap dan tampak sangat bersih. Langkah-langkahnya sangat mudah, loh Sedulur!

  • Ambil wadah, tuangkan baking soda sebanyak 3 sendok makan (sdm) dan air secukupnya.
  • Aduk larutan baking soda sampai merata.
  • Tuangkan larutan baking soda ke atas lapisan teflon yang lengket karena minyak.
  • Diamkan hingga 30 menit, gosok lembut dengan sikat.
  • Gosok secara memutar agar minyak bisa lebih cepat hilang.
  • Cuci bersih dan bilas teflon dengan sabun cuci piring dan air.

2. Gunakan minyak sayur

Minyak sayur dapat bermanfaat untuk untuk menghilangkan lapisan minyak pada teflon setelah memasak. Langkah-langkahnya sangat mudah sekali! Sedulur hanya perlu menuangkan minyak sayur tersebut di atas teflon, lalu digosok-gosok dengan sikat sampai merata.

Walaupun memang untuk mendapatkan hasil yang maksimal cukup membutuhkan waktu yang lama, akan tetapi teflon akan menjadi sangat bersih setelah dibersihkan dengan minyak sayur ini.

3. Gunakan sabun cair

Sabun cair dapat bermanfaat untuk untuk menghilangkan lapisan minyak pada teflon setelah memasak. Caranya cukup mudah, loh! Tuang sabun cair pada permukaan dan diamkan selama 15-20 menit. Setelah dibiarkan kemudian gosok secara perlahan menggunakan sikat secara lembut. Terutama pada bagian yang terkena noda sebaiknya gosok dengan gerakan memutar. Setelah menggosok teflon sampai bersih, bilaslah teflon dengan air mengalir. Jangan lupa untuk mengeringkannya juga, ya Sedulur!

4. Gunakan air panas

Air panas dapat bermanfaat untuk untuk menghilangkan lapisan minyak pada teflon setelah memasak. Siram teflon dengan air panas mendidih untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

Bahaya mengkonsumsi lapisan teflon yang terkelupas

Lapisan teflon rusak
Tasting Table

Mungkin fenomena lapisan teflon yang terkelupas ini seperti hal yang sepele, ya. Wajar, setiap perabotan rumah tangga pasti memiliki masa keawetan yang berbeda-beda. Akan tetapi, tahukah Sedulur bahwa lapisan pada teflon tersebut bisa menyebabkan kanker apabila tidak sengaja dikonsumsi secara berlebihan?

Mengutip dari salah satu sumber yang kredibel, lapisan teflon yang terus-menerus tidak sengaja dikonsumsi oleh tubuh dapat meningkatkan risiko penyakit kanker. Ya, lapisan wajan anti-lengket tersebut rata-rata berbahan dasar alumunium. Apabila tubuh terlalu banyak terekspos zat asing tersebut, efek tidak langsungnya akan berdampak pada kandungan darah, sistem muskuloskeletal, ginjal, hati, sistem pernapasan, dan juga sistem saraf.

Selain itu, penelitian lebih lanjut membuktikan bahwa lapisan teflon yang masuk ke dalam tubuh akan berdampak kepada fungsi kognitif manusia. Dalam hal ini, yang dimaksud dengan fungsi kognitif adalah fungsi kompleks pada otak manusia yang melibatkan aspek memori, baik jangka pendek atau jangka panjang, perhatian, perencanaan, nalar, serta strategi dalam berpikir milik seseorang.

Maka dari itu, jika Sedulur mendapati lapisan teflon mulai mengelupas, segera lakukan cara memperbaiki teflon rusak karena air di atas agar terhindar dari masalah kesehatan di kemudian hari, ya!

Nah Sedulur, telah kita simak bersama ulasan mengenai cara memperbaiki teflon rusak karena air sampai lapisannya terkelupas dan juga langkah-langkah mengatasi lapisan minyak yang membandel di teflon. Teflon merupakan peralatan memasak yang lazim dimiliki oleh banyak ibu rumah tangga. Maka dari itu, keawetannya harus terjaga agar dapat memberikan masakan dengan kualitas prima dan juga rasa yang lezat.

Jika sudah terlanjur rusak, Sedulur dapat mencuci teflon hingga kering, lalu memasukkannya ke dalam oven dengan suhu tinggi. Jangan lupa, sebelum memasukkan teflon ke oven, ia haruslah terlebih dahulu diolesi bahan-bahan yang berlemak, seperti mentega, minyak, dan lain-lain. Dengan begitu, teflon akan menjadi bersih dan bebas dari lapisan yang terkelupas tersebut.

Semoga informasi di atas mengenai cara memperbaiki teflon rusak karena air sampai lapisannya terkelupas dan juga langkah-langkah mengatasi lapisan minyak yang membandel di teflon dapat bermanfaat, ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.