Contoh teks MC

Dalam menggelar suatu acara, peran MC atau Master of Ceremony tentu saja sangat penting. Selain membacakan teks MC berisi susunan acara dari awal hingga akhir, seorang MC juga harus bisa mengondisikan para tamu agar tetap nyaman dan tertarik mengikuti seluruh rangkaian acara.

Sebenarnya, dibutuhkan latihan yang tekun untuk bisa menjadi seorang MC profesional. Namun, dalam beberapa kondisi, seorang MC bisa saja ditunjuk secara mendadak karena kurangnya sumber daya panitia. Nah, jika Sedulur adalah salah satu orang yang mendadak terpilih menjadi seorang MC, tenang saja. Berikut adalah contoh teks yang bisa Sedulur gunakan sebagai referensi.

BACA JUGA: Kumpulan Contoh Teks Cerita Sejarah Singkat dan Strukturnya

Tips menjadi MC yang menarik

teks mc
iStock

Meskipun ditunjuk secara mendadak, Sedulur tetap harus mempersiapkan diri dengan baik agar menjadi seorang MC yang menarik. Lalu, apa saja yang harus dipersiapkan? Berikut adalah tipsnya.  

1. Belajar cara komunikasi dengan baik

Sebelum hari H acara dimulai, gunakan waktu luang Sedulur untuk belajar bagaimana cara berkomunikasi dengan baik. Sedulur bisa mencoba dengan berlatih membaca teks MC di depan kaca, serta melakukan riset mengenai kata-kata efektif untuk kepentingan improvisasi jika dibutuhkan.  

2. Penampilan yang menarik

Setelah lancar dalam berkomunikasi, berikutnya adalah bagaimana cara memberikan penampilan yang menarik saat acara berlangsung. Nah, selain menggunakan setelan yang rapi dari atas hingga bawah, Sedulur juga bisa menggunakan aksesoris lain, seperti jam tangan atau pita di kepala.  

3. Sense of humor

Satu lagi yang perlu Sedulur perhatikan adalah sense of humor. Hal ini penting untuk membuat suasana acara tetap menyenangkan dan tidak membosankan. Cobalah untuk mendapatkan perhatian audiens dengan jokes lucu yang wajar dan tampilkan wajah yang ceria dan ramah selama memandu jalannya acara. 

Nah, setelah mengetahui tips menjadi seorang MC yang menarik, berikut adalah contoh-contoh teks MC yang bisa Sedulur jadikan sebagai referensi. Simak dengan baik, ya!

BACA JUGA: 10 Contoh Teks Editorial Beserta Pengertian & Strukturnya

1. Contoh teks MC untuk rapat kerja

teks mc
iStock

Selamat pagi dan salam sejahtera untuk kita semua.

Kepada yang terhormat (isi nama) selaku pimpinan kerja (isi nama perusahaan) 

Kepada yang terhormat (isi nama) selaku kepala staf divisi (isi nama divisi) 

Serta bapak/ibu rekan kerja divisi (isi nama divisi) yang kami banggakan.

Puji Syukur senantiasa kita ucapkan kehadirat Allah SWT, yang mana pada hari ini kita masih diberikan limpahkan karunianya, berupa kesehatan, kecukupan harta, kesenggangan waktu, sehingga kita dapat melakukan rapat kerja ke (isi urutan) tahun (isi tahun).

Sebelum memasuki acara inti, perkenankan saya untuk membacakan susunan acara rapat hari ini.

  1. Pembukaan
  2. Sambutan
  3. Laporan Program Kerja Tahun (isi tahun) 
  4. Coffee Break / Snack
  5. Pembahasan Program Kerja Tahun (isi tahun) 
  6. Doa
  7. Penutup

Hadirin sekalian, acara yang pertama adalah pembukaan. Marilah kita buka acara pada pagi hari ini dengan bacaan surat Al-fatihah. Semoga, acara ini dapat berjalan dengan lancar serta mendapat ridha Allah SWT. Al-fatihah.

(Pembacaan Al-fatihah)

Terima kasih.

Acara kedua yaitu sambutan. Sambutan akan disampaikan oleh (isi nama) selaku (isi nama jabatan) 

(Sambutan)

Terima kasih kami sampaikan.

Acara ketiga yaitu penyampaian laporan pertanggung jawaban oleh (isi nama) 

(Laporan program kerja)

Kami sampaikan terima kasih.

Hadirin yang terhormat, acara keempat yaitu coffee break. Kami silakan kepada Bapak/Ibu untuk menikmati hidangan yang telah tersedia. Coffee break dijadwalkan selama 15 menit. Selamat menikmati.

(Coffee break)

Mohon perhatiannya. Selanjutnya memasuki acara keempat, yaitu pembahasan program kerja tahun (isi tahun). Pembahasan akan dipimpin oleh (isi nama), disilakan.

(Pembahasan program kerja)

Alhamdulillah, semua rangkaian acara pada rapat kerja hari ini telah terlaksana dengan baik dan kita telah menyepakati beberapa hal untuk dijadikan program kerja periode (isi tahun). 

Adapun kesimpulan yang dapat kita ambil dalam rapat ini di antaranya,

(Kesimpulan)

Semoga keputusan/kebijakan yang telah kita sepakati dengan cara musyawarah mufakat ini dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Acara selanjutnya yaitu doa. Marilah kita berdoa agar semua keputusan yang telah kita sepakati dapat memberi manfaat bagi kita semua. Doa akan dipimpin oleh (isi nama).

(Doa)

Demikian acara rapat kerja hari ini. Kurang lebihnya Kami sampaikan terima kasih

2. Teks MC untuk Wisuda

teks mc
iStock

Yth. Rektor Universitas (isi nama kampus)

Yth. Wakil Rektor Universitas (isi nama kampus)

Yth. Bapak dan Ibu dosen Program Universitas (isi nama kampus)

serta kepada wisudawan/wisudawati periode II (isi tanggal, bulan, tahun) yang berbahagia.

Puji syukur mari kita panjatkan kepada Allah SWT yang telah memberikan limpahan rahmat kesehatan, keselamatan, dan karunia kepada kita. Sehingga kita dapat hadir di acara ini dengan selamat/sehat wal’afiat. Amin.

Sholawat serta salam marilah senantiasa kita sanjungkan kepada junjungan kita Nabi Besar Nabi Muhammad SAW yang selalu kita tunggu syafaatnya hingga hari akhir nanti.

Selanjutnya saya (isi nama) dan saya (isi nama) selaku pembawa acara akan membacakan susunan acara pada pagi hari ini.

  1. Pembukaan
  2. Pembacaan Ayat Suci Al-Quran dan sari tilawah
  3. Menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya
  4. Sambutan-sambutan
  5. Pembekalan Wisudawan/wisudawati 
  6. Penyerahan penghargaan Mahasiswa terbaik dan prakata
  7. Pemberian kenang-kenangan
  8. Hiburan
  9. Istirahat
  10. Penutup

Memasuki acara yang pertama yaitu pembukaan, marilah kita buka acara ini dengan bacaan basmalah bersama-sama. Acara kedua yaitu pembacaan ayat suci Alquran dan sari tilawah yang akan dibacakan oleh Saudara (isi nama) dan Saudari (isi nama). Kepada Saudara dan Saudari kami persilahkan.

Terimakasih kepada saudara (isi nama) dan saudari (isi nama). Semoga dengan pembacaan ayat suci Alquran dan saritilawah tadi, dapat memberikan manfaat yang besar bagi kita semua, Amin.

Dilanjutkan dengan acara yang ketiga yaitu menyanyikan lagu Indonesia Raya, yang dipimpin oleh saudara/ri (isi nama) Kepada saudari (isi nama), kami persilahkan untuk memimpin menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Hadirin dimohon untuk berdiri.

Hadirin diperkenankan untuk duduk kembali.

Acara yang keempat adalah sambutan-sambutan.

Sambutan pertama akan disampaikan oleh Ketua Rektor Universitas (isi nama universitas) Kepada Bapak (isi nama) kami silakan.

Demikian sambutan dari Ketua Rektor Universitas (isi nama universitas), kami ucapkan terima kasih atas sambutannya.

Sambutan kedua dari Wakil Rektor Universitas (isi nama universitas). Demikian sambutan dari Bapak (isi nama) kami ucapkan terima kasih atas sambutannya.

Acara selanjutnya pembekalan kepada wisudawan/wisudawati (isi nama universitas).

Acara selanjutnya penyerahan penghargaan mahasiswa terbaik dan prakata. Penyerahan Mahasiswa Terbaik Diberikan kepada (isi nama) dan kepada saudari (isi nama) kami silakan untuk maju dan menyampaikan prakata.

Acara selanjutnya penyerahan kenang-kenangan dan pemberian kenang-kenangan dari wisudawan/ti.

Acara selanjutnya adalah hiburan, kepada (isi nama) kami persilahkan untuk mempersiapkan diri. 

Acara yang ke sembilan, istirahat. 

Acara yang terakhir yaitu penutup.

Atas nama pembawa acara, saya (isi nama) dan saya (isi nama)mengucapkan terima kasih, mohon maaf sebesar-besarnya jika sekiranya ada salah kata yang kurang berkenan di hati para hadirin.

3. Contoh teks MC untuk pelantikan BEM

teks mc
iStock

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Salam sejahtera bagi kita semua,

Yang terhormat Pembantu Rektor I Universitas (isi nama universitas), Bapak/Ibu (isi nama dan jabatan).

Yang terhormat Dekan Fakultas Teknik Universitas Universitas (isi nama universitas), Bapak/Ibu (isi nama dan jabatan).

Yang terhormat, ketua lembaga Yudikatif, Eksekutif, dan Legislatif mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Universitas (isi nama universitas).

Serta segenap hadirin yang berbahagia.

Marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas segala karunia-Nya sehingga kita boleh berkumpul di tempat ini dalam rangka pelantikan pengurus Lembaga Eksekutif dan Legislatif Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Universitas (isi nama universitas).

Sholawat dan salam marilah kita haturkan kepada junjungan kita Nabi Agung Muhammad SAW. karena telah menyelamatkan kita dari kegelapan. Amin ya Robbal Alamin.

Hadirin yang saya hormati, pertama-tama perkenalkan saya (isi nama) dan rekan saya (isi nama), kami berdua sebagai pembawa acara yang akan memandu jalannya acara pada pagi hari ini.

Susunan acara pada kegiatan pelantikan pengurus Lembaga Eksekutif dan Legislatif Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Universitas (isi nama universitas) yang akan dilaksanakan pada pagi hari ini, sebagai berikut.

  1. Pembukaan.
  2. Doa.
  3. Menyanyikan lagu Indonesia Raya.
  4. Sambutan-sambutan
  5. Pelantikan pengurus Lembaga Eksekutif dan Legislatif Mahasiswa Universitas (isi nama universitas) oleh Rektor atau yang mewakili.

Hadirin yang kami hormati, akhirnya sampailah kita di penghujung acara. Kami ucapkan terima kasih atas kehadiran dan partisipasi saudara-saudari sekalian. 

Mewakili seluruh panitia penyelenggara, kami memohon maaf bila ada hal-hal dari kami yang kurang berkenan. Terima kasih. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

BACA JUGA: 8 Contoh Teks Laporan Percobaan Beserta Ciri dan Strukturnya

4. Teks MC untuk seminar online

teks mc
iStock

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Selamat siang, salam sejahtera untuk kita semua.

Shalom, om swastiastu, namo buddhaya, salam kebajikan.

Yth. Bapak/Ibu (isi nama dan jabatan) selaku Direktur Pascasarjana Universitas (isi nama universitas),

Yth. Bapak/Ibu (isi nama dan jabatan) selaku kaprodi MPSDAP/AL Pascasarjana Universitas (isi nama universitas)

Yth. Bapak/Ibu (isi nama dan jabatan) selaku narasumber,

Serta Yth. Bapak Ibu peserta seminar online pada pagi hari ini yang berbahagia.

Alhamdulillah, puji syukur kita panjatkan, karena berkat rahmat-Nya, kita masih bisa berkumpul untuk bersama-sama menimba ilmu dari para narasumber yang luar biasa, meski harus dilaksanakan secara online. Semoga kita tetap sehat selalu.

Seminar online kali ini mengusung tema Sustainable Development Talk, Increasing Sustainability Literacy Toward Sustainable Future.

Sebelum memulai acara, perkenankan saya (isi nama) selaku MC pada pagi hari ini untuk membacakan susunan acara:

  1. Pembukaan
  2. Menyanyikan Lagu Indonesia Raya dan Mars Universitas (isi nama universitas)
  3. Sambutan
  4. Pembacaan doa
  5. Pemaparan materi oleh panelis sekaligus diskusi dan tanya jawab
  6. Penutup

Memasuki agenda selanjutnya, yaitu menyanyikan lagu Indonesia Raya dan mars Universitas (isi nama universitas). Para hadirin dimohon duduk tegap dan mendengarkan dengan khidmat.

(Pemutaran video)

Terima kasih

Selanjutnya, sambutan. Sambutan akan disampaikan oleh Bapak (isi nama) selaku direktur pascasarjana. Dipersilakan.

(Sambutan)

Kami sampaikan terima kasih.

Selanjutnya, pembacaan doa. Kepada saudara (isi nama), disilakan.

(Pembacaan doa)

Terima kasih.

Selanjutnya memasuki acara inti, yaitu pemaparan materi oleh panelis sekaligus diskusi dan tanya jawab yang dipandu secara langsung oleh Ibu (isi nama) selaku moderator. Kepada Ibu  (isi nama), disilakan.

(Acara inti)

Terima kasih. Pemaparan dan diskusi yang luar biasa sehingga kita bisa mendapatkan banyak bekal untuk diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Sebelum mengakhiri acara pada siang hari ini, izinkan kami mendokumentasikan kegiatan. Dimohon kepada Bapak Ibu untuk menyalakan kamera Zoom. Pada hitungan ketiga, admin akan memfoto layar yang ada pada saat ini. Satu… dua… tiga.

Terima kasih.

Terima kasih banyak kepada narasumber, moderator serta para peserta yang telah menyimak acara dari awal sampai akhir.

Saya mewakili panitia yang bertugas, menyampaikan mohon maaf atas salah kata dan perbuatan.

Akhir kata, terima kasih dan wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

5. Contoh teks MC untuk peringatan Maulid Nabi

teks mc
PonPes Salafy Ar-Raaid

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Bismillaahirrahmaanirrahiim, Alhamdulillahi Robbilalamin, wabihi nastain, wa ala umuriddunya wad din. Wa shollallahu ala sayyidinaa muhammadin, waala alihi wa sahbihi ajmain.

Yang terhormat Bapak (isi nama), selaku Kepala Sekolah (isi nama sekolah).

Yang terhormat Ibu Bapak Guru (isi nama sekolah).

Serta teman-teman yang saya cintai.

Syukur alhamdullilah kita panjatkan ke hadirat Allah SWT atas segala limpahan rahmat-Nya sehingga pada pagi ini kita dapat berkumpul di SMA (isi nama sekolah), sekolah yang kita cintai untuk memulai acara peringatan Maulid Nabi.

Shalawat dan syukur kita panjatkan kepada junjungan kita Nabi Agung Muhammad SAW yang telah membawa kita umatnya keluar dari kegelapan dan berjalan menuju kepada terang yang kita harapkan. Aamin.

Adapun susunan acara Peringatan Maulid Nabi pada pagi hari ini, yaitu:

  1. Pembukaan
  2. Pembacaan ayat suci Alquran
  3. Sambutan-sambutan
  4. Pembacaan Rawi/Sholawat Nabi
  5. Mauidhoh hasanah serta doa
  6. Penutup

Mengawali acara pada pagi hari ini marilah kita ucapkan Basmalah bersama-sama, Bismillahirrohmanirrohim.

Selanjutnya, pembacaan Ayat Suci Alquran yang akan dibacakan oleh (isi nama), disilakan.

(Pembacaan ayat suci Alquran)

Terima kasih kami sampaikan.

Selanjutnya, sambutan. Sambutan pertama akan disampaikan oleh (isi nama) selaku Kepala Sekolah SMAN (isi nama sekolah). Kepada (isi nama) disilakan.

(Sambutan 1)

Kami sampaikan terima kasih.

Sambutan kedua akan disampaikan oleh (isi nama) selaku Ketua Panitia Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1442 H. Kepada (isi nama) disilakan.

(Sambutan 2)

Kami sampaikan terima kasih.

Acara selanjutnya, pembacaan rawi atau sholawat nabi yang akan dipimpin oleh (isi nama) dari ekstrakurikuler Remas (Remaja Masjid) Al-Azhar, disilakan.

(Pembacaan rawi)

Kami sampaikan terima kasih.

Selanjutnya, memasuki acara inti, yaitu Mauidhoh Hasanah atau nasehat-nasehat yang baik, yang akan dipimpin oleh (isi nama), sekaligus memimpin doa. Kepada (isi nama) disilakan.

(Acara inti)

Alhamdulillah telah sampailah kita di penghujung acara. Terima kasih kepada (isi nama) yang telah memberikan mauidhoh hasanah dan nasihat-nasihat yang baik kepada kita semua.

Kami juga menyampaikan terima kasih sebesar-besarnya atas kehadiran Bapak Ibu Guru serta teman-teman yang telah hadir pada peringatan Maulid Nabi Muhammad hari ini.

Saya selaku MC dan panitia yang bertugas, memohon maaf atas salah-salah kata dan perbuatan yang tidak disadari.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

6. Teks MC untuk ulang tahun

teks mc
iStock

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Hello semuanya!

Selamat datang di acara sweet seventeen teman kita (isi nama). Terima kasih buat kehadiran teman-teman semua ya. Oiya buat teman-teman semua bisa langsung saja menikmati snack dan minuman yang telah disediakan ya, mungkin di perjalanan jauh capek panas kan, itu ada es bisa langsung diminum, tenang gratis kok hehe..

Oiya kita belum kenalan nih, kenalan yuk siapa tahu sayang dan bisa jadi pacar eaa..

Oke nama saya (isi nama) dan partner saya yang cantik ini siapa kak kenalan dong..

Ya nama saya (isi nama), nah kita berdua akan memandu acara sweet seventeen-nya kak (isi nama).

Selanjutnya akan kami bacakan susunan acaranya terlebih dahulu ya.

  1. Pembukaan dan doa
  2. Sepatah dua patah kata dari Ayahanda (isi nama), Bapak (isi nama)
  3. Sapaan dari (isi nama)
  4. Games
  5. Potong kue dan tiup lilin
  6. Games
  7. Hiburan dan makan siang
  8. Games dan doorprize
  9. Foto bersama
  10. Penutup

Oke langsung saja ke acara yang pertama yaitu doa yang akan dipimpin oleh Bapak (isi nama).

Kepada Bapak (isi nama), kami silakan.

(Acara selanjutnya mengikuti susunan acara yang telah disepakati sampai akhir).

BACA JUGA: Contoh Teks yang dibacakan Moderator Presentasi, Wajib Tahu!

7. Contoh teks MC untuk acara pernikahan

teks mc
iStock

Assalamu’alaikum  warahmatullahi wabarakatuh.

Salam sejahtera bagi kita semua, selamat datang di acara resepsi pernikahan pasangan yang berbahagia (isi nama) dan (isi nama).

Kepada yang terhormat Bapak (isi nama).

Kepada yang terhormat Bapak/Ibu hadirin dan hadirat para undangan yang kami hormati. 

Khususnya kedua mempelai yang kini hatinya sedang berbunga-bunga karena berbahagia Mas (isi nama) dan Mbak (isi nama).

Pertama-tama, marilah kita bersyukur kepada Allah SWT atas rahmat dan hidayah-Nya kepada kita semua. Sehingga pada saat ini, kita dalam keadaan sehat walafiat dan bisa menghadiri undangan Bapak (isi nama) dalam acara resepsi pernikahan putranya bernama (isi nama) dengan pasangan yang dicintainya bernama (isi nama).

Seperti telah kita saksikan bersama bahwa kedua mempelai sedang bersanding di hadapan kita bagikan raja dan ratu. Semoga kiranya akad nikah yang kedua mempelai ikrarkan tadi mendapatkan berkah dari Allah SWT dan para nabi sehingga sepasang suami istri ini nantinya dapat membina dan menciptakan rumah tangga yang sakinah, mawaddah, wa rahmah, dan senantiasa bersama-sama dalam suka maupun duka hingga maut saja yang memisahkan.

Perlu kami sampaikan susunan acara pada resepsi pernikahan ini yaitu:

  1. Pembukaan
  2. Penyerahan dari keluarga mempelai putra
  3. Penerimaan dari keluarga mempelai putri
  4. Makan dan ramah-tamah
  5. Foto bersama keluarga dan kerabat dekat

Hadirin sekalian, tibalah kita di penghujung acara yakni penutupan, mari kita tutup acara ini dengan bacaan hamdalah. Alhamdulillahirabbilalamin.

Saya selaku pembawa acara mengucapkan terima kasih atas perhatiannya. Mohon maaf apabila terdapat hal atau kata-kata yang kurang berkenan di hati hadirin sekalian. 

Terima kasih, wabillahi taufiq wal hidayah, wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

8. Teks MC untuk pengajian

teks mc
Kabupaten Bangka Tengah

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Alhamdulillahi Robbil ‘alamin, wabihi nasta’in, wa ala umuriddunya wad din. Washollallahu ala sayyidina muhammadin, wa ala alihi wa sahbihi ajma’in.

Puji syukur senantiasa kita ucapkan ke hadirat Allah SWT yang telah memberikan limpahan karunia-Nya, sehingga kita dapat berkumpul bersama-sama di Musala (isi nama musala) pada malam hari ini.

Tak lupa, sholawat serta salam, kita haturkan kepada junjungan Nabi Besar Muhammad SAW.

Yang kami hormati, Ustadz (isi nama) yang telah berkenan hadir pada malam hari ini.

Yang kami hormati, Ibu (isi nama) selaku Ketua RT.

Yang kami hormati, Ibu (isi nama) selaku ketua pengajian Al-Waqiah yang telah menyelenggarakan acara ini secara rutin.

Serta ibu-ibu pengajian Al-Waqiah yang kami banggakan.

Perkenankan saya (isi nama) akan membacakan susunan acara pengajian malam hari ini:

  1. Pembukaan
  2. Pembacaan ayat suci Alquran oleh (isi nama)
  3. Sambutan oleh Ibu (isi nama) selaku Ketua RT 
  4. Sambutan oleh Ibu (isi nama) selaku ketua pengajian Al-Waqiah
  5. Ceramah oleh Ustadz (isi nama) yang langsung ditutup oleh doa
  6. Penutup

Untuk membuka acara ini, marilah kita bersama-sama memulai dengan bacaan Basmalah, Bismillahirrohmanirrohim.

Selanjutnya, pembacaan Ayat Suci Alquran yang akan dibacakan oleh Ananda (isi nama). Kepada (isi nama) disilakan.

(Pembacaan ayat suci Alquran)

Terima kasih kami sampaikan.

Selanjutnya, sambutan oleh Ibu (isi nama) selaku Ketua RT, disilakan.

(Sambutan 1)

Kami sampaikan terima kasih.

Selanjutnya, sambutan oleh Ibu (isi nama) selaku ketua pengajian Al-Waqiah yang telah memimpin terselenggarakannya acara ini. Kepada Ibu(isi nama) disilakan.

(Sambutan 2)

Kami sampaikan terima kasih.

Selanjutnya, memasuki acara inti, yaitu ceramah oleh Ustadz (isi nama) yang langsung ditutup oleh doa. Kepada (isi nama) disilakan.

(Acara inti)

Alhamdulillah telah sampailah kita di penghujung acara. Terima kasih kepada Pak Ustadz yang telah memberikan ceramah dan pesan-pesan kepada Ibu-Ibu semua.

Juga kami sampaikan terima kasih sebesar-besarnya atas kehadiran Ibu-Ibu pada acara pengajian malam hari ini.

Saya selaku MC dan panitia yang bertugas, mohon maaf apabila masih banyak kekurangan dalam menyelenggarakan acara ini.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Nah, itulah contoh teks MC dalam berbagai acara yang bisa Sedulur gunakan sebagai referensi. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Sedulur sekalian. Tetap semangat dan selamat berlatih!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.