arti mimpi menangkap burung

Mimpi adalah bunga tidur, namun tidak sedikit masyarakat Indonesia yang percaya bahwa mimpi merupakan sebuah pertanda untuk kehidupan. Termasuk arti mimpi menangkap burung. Banyak yang percaya bahwa menangkap burung dalam mimpi berarti sebuah pertanda.

Namun, apakah itu pertanda baik atau buruk? Nah, dalam kesempatan kali ini, kita akan membahas bersama seperti apa arti mimpi menangkap burung. Tanpa berlama-lama, yuk mari langsung saja kita simak penjelasannya di bawah ini!

BACA JUGA: 12 Arti Mimpi Banjir, Pertanda Baik atau Buruk?  

1. Arti mimpi menangkap burung elang

arti mimpi menangkap burung
iStock

Pertama, jika Sedulur bermimpi menangkap burung elang, maka artinya mimpi tersebut merupakan pertanda baik. Berdasarkan primbon Jawa, arti mimpi menangkap burung elang yaitu akan memperoleh sebuah penghormatan dan kedudukan tinggi.

Penghormatan yang dimaksud yaitu seperti naik jabatan dalam pekerjaan atau mendapatkan pekerjaan baru yang lebih tinggi derajatnya dan juga memberikan penghasilan yang lebih tinggi lagi.

Menurut Primbon Jawa, mimpi menangkap burung dikaitkan dengan rezeki dan keberuntungan. Mimpi ini seringkali dikaitkan dengan sebuah pertanda baik bagi mereka yang memimpikannya. Memang arti mimpi ini tergantung pada kondisi dan apa yang dialami selama bermimpi.

2. Mimpi menangkap burung perkutut

iStock

Jika mimpi yang kamu alami menangkap burung perkutut, hal tersebut juga masih merupakan pertanda baik. Masih berdasarkan primbon Jawa, bagi Sedulur yang sudah menikah mengalami mimpi menangkap burung perkutut pertanda akan mendapatkan seorang anak laki-laki.

Anak laki-laki yang gagah berani. Namun bagi Sedulur yang sudah menikah dan memiliki anak, mimpi menangkap burung perkutut pertanda bahwa anak yang Sedulur miliki akan menjadi seorang anak yang pintar dan juga pemberani.

3. Mimpi menangkap burung kenari

arti mimpi menangkap burung
iStock

Jika Sedulur pernah mengalami mimpi menangkap burung kenari, mimpi yang Sedulur alami tersebut merupakan pertanda baik bagi Sedulur. Masih menurut primbon Jawa, mimpi ini memiliki arti bahwa Sedulur akan memperoleh kebahagiaan dalam menjalani kehidupan.

Tentu saja kebahagian hak setiap manusia, namun kebahagiaan di sini dalam konteks beberapa hal. Seperti, jika Sedulur belum memiliki pekerjaan, mimpi ini pertanda bahwa Sedulur akan mendapatkan pekerjaan sesuai yang dinginkan dan diimpikan selama ini.

4. Arti mimpi menangkap burung merak

iStock

Selanjutnya jika Sedulur menangkap burung merak dalam mimpi, maka ada pertanda baik dalam kehidupan Sedulur yang akan terjadi. Jika Sedulur mengalami mimpi menangkap burung merak, menurut primbon Jawa, mimpi ini memiliki arti bahwa Sedulur akan memperoleh rezeki yang berlimpah.

Selain itu, Sedulur juga akan bertemu dengan jodoh dan akan segera menikah. Tentu hal ini jika Sedulur masih lajang, namun jika bagi Sedulur yang telah menikah, Sedulur akan bertemu jodoh Sedulur dalam bentuk rezeki yang bisa menjadi sumber kehidupan Sedulur.

5. Mimpi menangkap anak burung

arti mimpi menangkap burung
iStock

Jika sebelumnya pertanda baik terkait mimpi menangkap burung, arti mimpi menangkap anak burung merupakan pertanda buruk bagi Sedulur yang memimpikannya. Masih berdasarkan pribom jawa, menangkap anak burung dalam mimpi berarti Sedulur akan mendapatkan keberuntungan.

Lantas dari mana sisi buruknya jika pertanda akan mendapatkan keberuntungan? Keberuntungan yang datang adalah keberuntungan yang cepat berlalu dan Sedulur pada dasarnya tidak siap menerimannya. Pada akhirnya, keberuntungan tersebut sia-sia dan tidak dapat dimanfaatkan.

6. Mimpi menangkap burung dengan tangan sendiri

iStock

Waspada dan hati-hati, terutama jika Sedulur bermimpi menangkap burung dengan tangan sendiri. Hal ini berkaitan dengan kondisi kesehatan keluarga atau orang-orang di sekitar. Konon, mimpi ini bermakna sebuah penyakit dapat menimpa seseorang dalam keluarga terdekat atau lingkungan.

Tentu berhati-hati, terutama dalam menjaga kesehatan, wajib dilakukan bukan hanya karena Sedulur menangkap burung dengan tangan sendiri. Sudah lumrah untuk menjaga kesehatan dalam setiap kondisi, agar Sedulur tetap bugar dan bisa melakukan aktivitas.

7. Mimpi gagal menangkap burung

arti mimpi menangkap burung
iStock

Selanjutnya arti mimpi gagal menangkap burung. Dalam primbon Jawa, burung merupakan lambang tentang keberkahan, rezeki dan kebahagiaan. Maka dari itu, ketika Sedulur dalam mimpi gagal menangkap burung, maka Sedulur akan mengalami pertanda buruk.

Arti mimpi ini berkaitan dengan kegagalan Sedulur akan mendapatkan harta dan impian yang menjadi cita-cita dan keinginan. Sedulur gagal mendapatkannya sehingga peluang akan hilang. Jika pun Sedulur mendapatkannya, Sedulur akan segera kehilangan hal tersebut.

8. Arti melihat burung dalam mimpi

iStock

Jika sebelumnya dalam tafsir menurut primbon Jawa, maka kali ini berdasarkan tafsir Islam. Jika dalam mimpi Sedulur melihat burung, maka Sedulur akan mendapatkan kemudahan dalam menjalani hidup. Kemudahan yang diberikan oleh Allah SWT kepada umatNya.

Saat Sedulur mendapati mimpi ini, yang perlu Sedulur lakukan adalah bersyukur dan memohon kepada Allah SWT untuk selalu diberikan kemudahan dalam menjadi hidup di dunia ini. Bukan berarti tanpa bermimpi hal ini Sedulur tidak harus bersyukur. Bahkan bersyukur dalam Islam perlu dilakukan setiap hari. Sebuah pertanda bahwa Sedulur akan mendapatkan rezeki yang lebih baik lagi.

9. Arti mimpi menangkap burung merpati

arti mimpi menangkap burung
iStock

Jenis burung yang ada dalam mimpi ternyata juga memiliki makna khusus, misalnya bermimpi menangkap burung merpati menandakan suatu hal positif. Bagi Seduluryang mengalaminya saat sudah menikah, hubungan rumah tanggamu akan berjalan harmonis.

Namun, jangan lupa untuk selalu memohon kepada Allah SWT agar selalu diberikan keharmonisan dalam rumah tangga. Hal ini juga tertuang dalam Al-Qur’an surah Al-Furqaan ayat 74, yang menjelaskan tentang doa permohonan atas kebahagiaan hati bagi setiap pasangan dalam berumah tangga.

10. Mimpi menangkap burung hantu

iStock

Burung hantu memang melambangkan hal-hal yang buruk. Jika Sedulur mengalami mimpi melihat burung hantu, itu menjadi pertanda bahwa Sedulur akan mendapatkan suatu tindakan yang zalim dari orang lain.

Namun, sebagai umat muslim tetaplah berpikiran positif dan memohonlah kepada Allah SWT agar selalu dijaga dari segala macam bentuk kezaliman. Doa ini juga tertuang dalam Al-Qur’an surah Al-A’raf ayat 47, yang mengandung makna sebuah doa agar dijauhkan dari orang-orang yang zalim.

11. Mimpi menangkap burung gagak

arti mimpi menangkap burung
iStock

Burung gagak kerap dikaitkan dengan hal-hal yang mistis dan menakutkan. Jika burung tersebut muncul dalam mimpimu dan berhasil Sedulur tangkap, itu merupakan pertanda buruk. Mimpi ini diyakini memiliki arti akan mendapatkan suatu kejenuhan dalam suatu pekerjaan.

Agar terhindar dari hal tersebut, Sedulur harus selalu memohon perlindungan dan membaca surat  Al-Qashash ayat 22. Surat ini menjelaskan bahwa sebuah doa permohonan untuk diberikan jalan yang benar dari Allah SWT.

BACA JUGA: 16 Mimpi Dikasih Uang yang Belum Tentu Pertanda Baik!

12. Arti mimpi mendapatkan burung

iStock

Jika bermimpi mendapatkan burung, hal ini membawa pertanda baik untuk masa depan. Mimpi ini dapat diartikan sebagai pertanda baik menurut Islam. Konon, mimpi mendapatkan burung dapat menandakan bahwa cita-cita Sedulur akan segera tercapai berkat kehendak Allah SWT.

Nah itulah tadi penjelasan lengkap terkait arti menangkap burung. Kembali lagi kepada kayakinan dan kepercayaan Sedulur terkait mimpi, karena pada hakikatnya mimpi adalah bunga tidur. Kehidupan Sedulur pun akan selalu diisi oleh hal-hal baik dan juga hal buruk sebagai ujian hidup.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.