Kita bisa melakukan hal kreatif, contohnya dengan melakukan cara membuat bingkai foto dari kardus. Terutama bagi Sedulur yang memiliki banyak kardus di rumah. Hal tersebut bisa diolah menjadi berbagai hal menarik, dan yang paling memungkinkan adalah membuat bingkai foto.

Berikut ini adalah langkah yang bisa Sedulur lakukan dalam membuat cara membuat bingkai foto dari kardus. Sedulur bisa menyimak langkah di bawah ini dengan seksama. Namun jangan lupa, Sedulur wajib menyiapkan bahan-bahan di bawah ini:

  • Kardus bekas yang tebal
  • Gunting
  • Pisau atau cutter
  • Pensil
  • Penggaris
  • Lem
  • Kertas warna-warni
  • Hiasan atau dekorasi
  • Kertas putih atau hitam

Setelah bahan-bahan di atas Sedulur siapkan, Sedulur bisa masuk ke langkah membuatnya. Yuk simak langkahnya secara bertahap di bawah ini:

BACA JUGA: 10 +Kerajinan Tangan yang Bisa Jadi Ide Bisnis Kamu!

-->

1. Potong kardus menjadi bingkai

1. cara membuat bingkai foto dari kardus
grid.id

Langkah pertama dalam cara membuat bingkai foto dari kardus dan sedotan adalah memotong kardus menjadi bingkai. Memotong kardus menjadi bingkai bertujuan agar mudah saat diolah menjadi figura. Sedulur bisa menyimak langkahnya di bawah ini:

  • Gambar terlebih dahulu bingkat foto di atas kardus, seperti persegi panjang atau oval.
  • Lalu potong kardus sesuai dengan bentuk yang digambar.
  • Jangan lupa membuat potongan kardus dua lembar

2. Potong bagian tengah bingkai

2. Potong bagian tengah bingkai
rumah

Setelah langkah pertama selesai, cara membuat bingkai foto dari kardus bekas selanjutnya adalah membuat bingkai dari kardus dengan melubangi bagian tengah sebagai bagian untuk menampilkan foto. Sedulur bisa mengikuti langkahnya di bawah ini:

  • Buat garis batasan, agar bagian lubang bisa rapi terpotong.
  • Buat batasan di bagian depan dan bagian belakang, jangan lupa pastikan garis bagian depan dan belakang presisi.
  • Setelah ada garis batasan, Sedulur tinggal memotong dengan mengikuti garis batasan yang telah dibuat.

BACA JUGA: 10 Macam Kerajinan Bahan Lunak dan Cara Membuatnya

3. Buat hiasan bingkai foto

3. cara membuat bingkai foto dari kardus
ngertiaja

Setelah terpisah dan dipotong-potong. Maka langkah selanjutnya Sedulur bisa membuat hiasan untuk bingkai foto Sedulur. Sedulur bisa menempelkan manik-manik, atau menempelkan kain motif renda di bagian sisi bingkai. Penggunaan kertas bewarna juga bisa Sedulur pertimbangkan untuk menghias bingkai.

Selain itu, Sedulur bisa berkreasi dengan membuat hiasan dari kertas koran atau majalah bekas. Cara membuat bingkai foto dari kardus dan koran, akan membuat hiasan Sedulur berbeda.

4. Tempelkan bagian depan dan bagian belakang

4. Tempelkan bagian depan dan bagian belakang
umma.id

Langkah selalnjutnya dalam cara membuat bingkai foto dari kardus dan kertas kado, dengan merekatkan bagian depan dan bagian belakang figura. Sedulur bisa memberikan lem pada bagian depan dan bagian belakang. Lalu menempelkannya. Jika perlu, Sedulur bisa menekan figura dengan menggunakan buku tebal atau sesuatu yang berat, hal ini bertujuan untuk figura menempel dengan sempurna.

BACA JUGA: 12 Kerajinan dari Barang Bekas yang Bisa Jadi Ide Bisnis Kamu!

5. Buat penyangga bingkai foto

5. cara membuat bingkai foto dari kardus
orami

Sebnarnya langkah dalam cara membuat bingkai foto dari kardus telah selesai, namun tidak lengkap sebuah bingkai foto jika tidak ada penyangganya. Penyangga ini juga berfungsi untuk membuat figura agar dapat berdiri tegap. Dengan begitu, kreasi membuat figura bisa digunakan sebagai hiasanya rumah yang di simpan di meja belajar, ruang tamu dan tempat lainnya.

Sedulur bisa mengikuti langkah di bawah ini untuk membuat penyangga dari bahan kardus juga:

  • Gunakanlah kardus yang cukup tebal untuk membuat penyangga bingkai foto.
  • Potonglah kardus tersebut menyerupai dasi.
  • Setelah itu rekatkan ujung potongan kardus tersebut pada bagian belakang bingkai foto.

6. Membuat gantungan bingkai dari kardus

6. Membuat gantungan bingkai dari kardus
bp-guide

Selain penyangga untuk menampilkan bingkau foto yang kita buat, kita bisa menggunakan gantungan. Gantungan merupakan alternatif pilihan dalam menampilkan foto. Selain disimpan dan ditahan dengan penyangga, beberapa bingkai foto juga ada yang digantung. Sedulur bisa mengikuti langkah di bawah ini untuk membuat gantungan tersebut:

  • Lubangi dua sudut bingkai foto.
  • Kemudian masukkanlah tali ke lubang tersebut.
  • Ikatlah dua ujung tali yang terpisah tersebut.
  • Gantunglah bingkai dari kardus tersebut di ruang tamu atau ruang keluarga.

Cara membuat bingkai foto dari kardus pun telah komplit dan selesai Sedulur lakukan. Kini Sedulur memiliki bingkai foto yang dibuat oleh tangan Sedulur sendiri. Cara ini juga sangat efektif untuk mengisi waktu luang Sedulur. Handcrafting atau kerajinan tangan merupakan cara ampuh untuk mengisi waktu luang dengan bermanfaat.

BACA JUGA: Potensi Usaha Handycraft Rumahan & Contohnya, Datengin Cuan!

Karena Sedulur bisa menghasilkan karya sendiri, untuk kebutuhan yang dipajang sebagai hiasan di rumah. Sebagaimana dalam cara dan langkah yang telah dijelaskan di atas, bisa menjadi rekomendasi bagi Sedulur untuk dilakukan di rumah. Bagi Sedulur yang membutuhkan cara alternatif lainnya, berikut ini rekomendasi cara yang bisa Sedulur lakukan:

  1. Gambar persegi panjang di kardus menggunakan pulpen dan penggaris
  2. Potong kardus mengikuti garis yang sudah dibuat
  3. Ulangi langkah sebelumnya, hingga membuat 4 kotak
  4. Ambil satu kotak dan gambar persegi dengan ukuran yang lebih kecil
  5. Potong hingga membentuk bingkai
  6. Lapisi bingkai menggunakan kertas kado
  7. Ingat, pastikan tengahnya bolong
  8. Lapisi kardus persegi panjang dengan kertas polos (disarankan menggunakan warna yang sesuai dengan kertas kado pada bingkai)
  9. Ambil stik es krim, dan tempelkan di bagian bawah, kanan, dan kiri kardus persegi panjang
  10. Tempelkan kardus persegi panjang dan bingkai
  11. Buat trapesium sedang dari kardus
  12. Lapisi dengan selotip
  13. Rekatkan bagian bawah trapesium ke belakang bingkai

Dengan dua alternatif cara membuat figura untuk foto di atas, Sedulur bisa berkreasi dengan bebas. Bagi Sedulur yang ingin berkreasi membuat bingkai foto sendiri tanpa mengikuti rekomendasi langkah di atas, hal tersebut tidak masalah. Selama Sedulur menyiapkan bahan-bahan untuk membuatnya dan tentu saja memiliki kreatifitas yang tinggi.

Sekian cara membuat bingkai foto dari kardus yang telah dijelaskan di atas, semoga dapat merangsang kreatifitas Sedulur untuk berkreasi di rumah dalam rangka mengisi waktu luang. Cara mudah lainnya agar Sedulur bisa berkreasi untuk mengisi waktu luang di rumah adalah dengan memasak. Menyuguhkan makanan untuk keluarga tercinta.

Sedulur bisa berkreasi membuat berbagai makanan yang menyehatkan tanpa harus repot membeli makanan. Sedulur juga bisa lebih hemat dengan membeli bahan-bahannya di Aplikasi Super. Tersedia lengkap dengan harga murah dan kualitas terbaik. Sedulur bisa cek langsung dengan membuat Aplikasi Super. Klik di sini untuk download Aplikasi Super, dan gunakan aplikasinya untuk memudahkan kehidupan sehari-hari Sedulur.