Semakin pesatnya teknologi di masa kini, tentu saja peluang untuk menghasilkan bisnis menguntungkan akan semakin besar. Hal ini dikarenakan adanya internet yang mampu memasarkan produk dan juga menarik pembeli. Jika Sedulur sedang ingin berbisnis namun masih bingung bisnis apa yang ingin dijalani, Sedulur bisa mencoba peluang bisnis handycraft

Handycraft atau bisa disebut dengan kerajinan buatan tangan memiliki gaya dan keunikan sendiri dan menjadi pembeda antara barang buatan tangan dengan barang yang diolah dengan pabrik. Selain itu, barang handmade juga digemari oleh anak muda zaman sekarang dan pastinya modal yang dibutuhkan tidak terlalu banyak. Maka dari itu, kenalan dulu yuk, dengan bisnis menguntungkan yang satu ini!

BACA JUGA: 10 Macam Kerajinan Bahan Lunak dan Cara Membuatnya

1. Tentukan target pasar

handycraft
xendit

Sebelum memulai untuk memasarkannya, tentukan terlebih dahulu target pasar dari handicraft. Dengan adanya penentuan target pasar, maka Sedulur tidak akan bingung memasarkan produknya karena sudah dipikirkan bagaimana karakteristik dari target konsumen. Misalnya, target pasar dari handycraft adalah untuk remaja. Maka, ketika Sedulur hendak mengemasnya, pilih warna-warna cerah dan menggambarkan jiwa muda yang membara. Sebaliknya, jika target pasar Sedulur adalah lelaki, maka warna maskulin dan netral serta perpaduan yang modern bisa menjadi salah satu inspirasi desain dari kerajinan ataupun halaman media sosial yang dibuat oleh Sedulur. Jika target pasaran sudah tepat, maka untung yang diraup juga akan pesat. 

-->

2. Buat konsep branding

handycraft
pixabay

Setelah menentukan targetnya, maka langkah yang bisa dilakukan selanjutnya adalah membuat konsep branding. Konsep ini harus dimiliki ketika memulai sebuah usaha yang baru. Bagaimana produk yang akan Sedulur jual dan seperti apa handycraft logonya akan selalu diingat oleh konsumen jika logo yang dihasilkan catchy. Logo juga menjadi sebuah representasi mengenai barang apa yang hendak dijual. Sedulur juga harus bisa mengetahui barang apa yang hendak dijual dan apa yang membedakan barang yang dijual dengan yang sudah ada di pasaran. Hal ini bisa menjadi suatu fondasi untuk mengenalkan produk.

BACA JUGA: 12 Kerajinan dari Barang Bekas yang Bisa Jadi Ide Bisnis Kamu!

3. Memulai memasarkan handycraft

handycraft
pixabay

Hal yang harus diperhatikan berikutnya setelah membuat konsep branding adalah memasarkan produk. Manfaatkan semua platform sosial media dengan maksimal untuk memasarkan handicraft atau handycraft. Sedulur tidak perlu lagi memiliki toko offline karena dengan memaksimalkan internet saja sudah menguntungkan. Manfaatkan juga berbagai platform jual beli online agar semakin maksimal keuntungannya. Bisa jadi, orang di seluruh penjuru dunia akan bisa tercapai oleh Sedulur.

4. Contoh ide usaha handycraft

pixabay

Ada bermacam handycraft unik yang bisa Sedulur jadikan referensi untuk memulai usaha. Berikut adalah beberapa contoh ide usahanya:

Bunga dari sedotan bekas

Bunga yang dirangkai dari sedotan bekas adalah salah satu contoh handycraft dari barang bekas yang bisa Sedulur praktekkan. Sekilas, sedotan bekas itu seperti sampah yang tidak lagi terpakai. Namun siapa sangka, hal tersebut bisa dijadikan ide bisnis dan punya nilai jual yang tinggi ketika sudah dirangkai menjadi sebuah kerajinan tangan yang bernilai. Bunga dari sedotan bekas menjadi salah satu opsi untuk memanfaatkannya.

Bros

Handycraft dari kain flanel juga bisa lho dijadikan sebagai ide bisnis. Salah satu contoh kerajinannya adalah bros mawar cantik dan terbuat dari kain flanel yang dibentuk dan dipotong menyerupai kelopak serta daun bunga. Setelah disusun sedemikian rupa secara melingkar dan direkatkan pada lem tembak, akan menjadi bunga mawar yang cantik dan cocok dijadikan sebagai hiasan rumah. 

Wadah pensil dari bahan kertas koran

Selain menggunakan kain flanel, handycraft dari kertas juga bernilai jual tinggi, lho. Salah satu contohnya adalah berupa wadah pensil yang berasal dari bahan kertas koran. Selain gampang, wadah ini juga cocok untuk diletakkan di meja belajar anak. Selain itu, ide bisnis yang satu ini juga bahan bakunya mudah untuk didapatkan.

Nah, itu dia beberapa contoh ide usaha dalam bisnis handycraft dan bagaimana cara menentukan pemasarannya. Jika Sedulur berminat dan menjalaninya dengan tekun, tentunya Sedulur juga akan meraih untung yang mudah dengan bisnis ini. Semoga bermanfaat!