Ingin bisnis unik dan menarik? Sedulur bisa melihat ide kerajinan tangan di bawah ini, bagi yang menginginkan bisnis unik dan berbeda!

Membuat kerajinan tangan dari barang bekas merupakan salah satu bagian kegiatan untuk menjaga lingkungan agar tetap sehat. Dengan mendaur ulang berbagai bahan yang terbuat dari plastik dan berbahaya bagi lingkungan kemudian menjadikannya sebagai kerajinan tangan, kita telah berkontribusi bagi kebaikan lingkungan.

Hal yang paling penting adalah produk kerajinan tangan bisa dijadikan sebagai ide bisnis yang menarik. Terutama jika produk kerajinan tangan yang dibuat memiliki fungsi dan juga bentuk yang unik. Karena, kemungkinan untuk mendapatkan untuk dari menjual produk kerajinan tangan sangat tinggi, terutama jika Sedulur mampu membuat kerajinan tangan tradisional, bisa menambah daya jual bagi.

Berikut ini beberapa daftar produk kerajinan tangan yang bisa menjadi inspirasi bagi ide bisnis Sedulur. Simak dengan seksama daftarnya di bawah ini.

Baca Juga: 30+ Ide Bisnis Kreatif & Inovatif Paling Menguntungkan di 2021

Daftar Ide Kerajinan Tangan yang Bisa Menjadi Ide Bisnis!

1. Hiasan Burung dari Kaset CD

1. Hiasan Burung dari Kaset CD
fimela.com

Menggunakan tanaman sebagai hiasan rumah atau keramik merupakan hal yang biasa. Namun, bentuk burung yang sedang terbang yang dibuat dari bekas kaset CD dan digunakan sebagai hiasan rumah, baru merupakan sesuatu yang unik dan menarik. Keunikan tersebut merupakan daya tarik yang bisa mengantarkan keuntungan bagi Sedulur.

Ttahap awal membuat kerajinan tangan ini adalah dengan menggunting dan memotong-motong kaset CD bekas, selanjutnya dengan menempelkannya hingga berbentuk burung. Hasilnya, sebagaimana yang bisa Sedulur lihat dalam foto di atas, memiliki bentuk yang indah yang memiliki nilai seni yang tinggi.

2. Rak Dinding dan Rak Buku dari Gitar Bekas

2. Rak Dinding dan Rak Buku dari Gitar Bekas
yukepo.com

Sedulur memiliki gitar bekas yang tidak terpakai dan telah rusak? Jangan pernah sekalipun membuang gitar rusak Sedulur itu, karena gitar rusak bisa Sedulur jadikan produk kerajinan tangan yang unik dan estetik dengan dijadikan sebagai rak dinding atau rak buku.

Cara membuatnya juga sangat mudah, Sedulur tinggal menanggalkan bagian depan dan bagian belakang gitar, kemudian batang gitar Sedulur rapihkan, dan beri rak di bagian tengah sebagai penyekat. Tempelkan di dinding, dan simpan beberapa hiasan atau buku. Sedulur pun memiliki rak dinding unik yang terbuat dari gitar bekas, sebagaimana yang bisa Sedulur lihat pada gambar di atas.

3. Hiasan Dinding dari Koran Bekas

3. Hiasan Dinding dari Koran Bekas
infoceria.com

Koran-koran yang sudah lama jika tidak terpakai dan tidak dijadikan arsip, bisa Sedulur jadikan sebagai produk unik yang terbuat dari bahan bekas. Sedulur bisa membuat hiasan dinding yang terbuat dari koran. Sedulur tinggal melipat-lipat dan membuatnya berbentuk bulat, seperti lempengan atau piring hiasan dinding.

Tulisan berita yang terdapat di kertas koran tersebut akan menghasilkan bentuk yang menarik dan berbeda dari hiasan dinding yang lainnya. Namun, agar tahan lama, Sedulur mesti memastikan kondisi kertas koran masih dalam keadaan layak olah. Agar bisa menghasilkan hiasan dinding seperti yang terlihat pada gambar di atas.

4. Karpet dari Bekas Bungkus Kopi

4. Karpet dari Bekas Bungkus Kopi
dekoruma.com

Produk kerajinan tangan yang paling umum kita temui dan paling banyak orang yang menjualnya adalah karpet yang terbuat dari bekas bungkus kopi. Karpet yang dihasilkan dari bekas bungkus kopi memiliki ketahanan yang lama, bahkan lebih tahan lama dibanding karpet biasa.

Namun, membuat karpet dari bungkus kopi memerlukan kemampuan khusus. Pasalnya, bungkus kopi harus digunting pada bagian tertentu dan dilipat dengan lipatan khusus kemudian disusun agar bisa menghasilkan pola yang menarik. Banyak pola unik dan menarik. Pola-pola karpet tersebut yang menjadi daya tarik dan daya jual dari karpet bungkus kopi ini.

Baca Juga: 14 Rekomendasi Panci Keramik Terbaik, Aman Bagi Kesehatan

5. Tempat Perhiasan dari Botol Bekas

5. Tempat Perhiasan dari Botol Bekas
wowkeren.com

Tempat perhiasan biasanya terbuat dari bahan seperti besi atau kaca, fungsinya untuk memperlihatkan perhiasan itu sendiri. Botol bekas minuman soda juga bisa diolah dan dijadikan sebagai tempat perhiasan. Sebagaimana yang bisa Sedulur lihat pada gambar di atas. Sebuat tempat perhiasan yang menarik dan unik, meskipun terbuat dari botol bekas, bukan berarti tidak bisa menghasilkan sesuatu yang indah dan menakjubkan.

6. Lampu Hias dari Botol Bekas

6. Lampu Hias dari Botol Bekas
popbela.com

Botol bekas juga bisa Sedulur olah menjadi lampu hias, bukan hanya dijadikan sebagai tempat perhiasan saja. Lampu hias dari botol bekas tersebut bisa menghasilkan pantulan cahaya lampu yang unik. Bagi yang menginginkan pencahayaan ruangan yang berbeda, bisa coba menggunakan botol bekas sebagai lampu hias. Daya tarik menjual lampu hias dari botol bekas didapat dari pantulan cahaya yang dihasilkan dan bentuknya yang unik.

7. Lampu Tidur dari Kardus

7. Lampu Tidur dari Kardus
popbela.com

Rekomendasi produk kerajinan tangan selanjutnya adalah membuat lampu tidur dari kardus. Sebagian orang membutuhkan pencahayaan yang redup agar bisa tertidur pulas, dengan lampu tidur yang berbentuk geometrik seperti pada gambar di atas, bisa menghasilkan cahaya yang menarik, yang akan membuat kita cepat terlelap.

8. Tempat Pulpen dari Stik Es Krim

8. Tempat Pulpen dari Stik Es Krim
liputan6.com

Sedulur setidaknya pernah mengumpulkan stik bekas es krim yang Sedulur beli, setidaknya ketika Sedulur masih kecil, aktivitas mengumpulkan stik es krim merupakan kegiatan seru. Terlebih lagi, terdapat beberapa produk es krim yang meletakkan hadiah mereka di stik es krim.

Namun, satu hal yang wajib Sedulur ketahui, bahwa stik es krim bisa Sedulur susun dan dijadikan kerajinan tangan berbentuk tempat pulpen atau pensil. Setelah itu, Sedulur bisa mewarnainya dan melukisnya dengan bentuk atau motif yang menarik. Dijamin, produk kerajinan ini akan mengantarkan untung, terutama jika motifnya unik dan berbeda dari yang lainnya.

9. Dompet dari Bungkus Kopi

9. Dompet dari Bungkus Kopi
inkuiri.com

Selain bisa dijadikan sebagai karpet, bungkus kopi juga bisa dibuat menjadi kerajinan tangan berbentuk dompet. Membuatnya hampir sama dengan membuat karpet, perbedaannya terletak pada penyusunan dan proses menjahitnya menjadi berbentuk dompet. Selain itu, ketebalan dari bungkus kopi yang telah dilipat juga membuat dompet ini sangat aman dan bisa tahan lama.

Mengingat bahan pembuatannya yang terbuat dari plastik bekas kopi yang diciptakan agar tahan lama. Dompet dari bekas bungkus kopi juga bisa menjadi salah satu produk kerajinan tangan yang Sedulur jual.

10. Kursi Meja dari Ban Bekas

10. Kursi Meja dari Ban Bekas
bukalapak.com

Pasti Sedulur Super pernah berkunjung ke kafe atau warung kopi yang menyediakan kursi dan meja dari ban bekas, kan? Salah satu produk kerajinan tangan yang dibuat dari bahan bekas adalah kursi dan meja. Ban bekas mobil atau truk memiliki ukuran yang besar dengan ketebalan yang lebar, hal tersebut sangat cocok dijadikan sebagai meja dan kursi.

Selain itu, harga jual meja dan kursi dari ban bekas juga sangat terjangkau. Biasanya, warung kopi atau cafe yang kreatif akan memanfaatkan meja dan kursi dari ban bekas sebagai pelengkap warung kopi dan kafe mereka. Selain itu, bentuk dari meja dan kursi dari ban bekas juga sangat estetik dan bisa menunjang keindahan dekorasi.

11. Lampu Langit-Langit dari Botol Bekas

11. Lampu Langit-Langit dari Botol Bekas
wartawan.id

Ide kerajinan tangan dari barang bekas yang memiliki bentuk menarik adalah lampu-lampu langit yang terbuat dari botol bekas. Botol yang digunakan biasanya botol bekas minuman bersoda. Selain menghasilkan efek indah di malam hari, lampu langit-langit dari botol bekas juga sangat mudah dibuat.

Pertama, Sedulur kumpulkan botol bekas dengan warna dan motif yang sama. Potong bagian atas botol dan pisahkan. Kemudian susun berbentuk bulat, dengan ukuran sesuai selera Sedulur. Jika lampunya berukuran besar, maka ukuran lampu hiasnya pun besar, begitu juga lampu ukuran kecil, ukuran lampu hiasnya pun kecil. Produk ini sangat potensial untuk dipasarkan.

12. Tempat Pensil dari Karton

12. Tempat Pensil dari Karton
yukepo.com

Rekomendasi kerajinan tangan terakhir adalah membuat tempat pensil dari kertas karton. Sedulur juga bisa menambahkan motif lucu dan membuatnya membentuk animasi kartun. Gunakan kertas kartun dengan warna-warna unik dan menarik. Hal ini bisa menjadi kelebihan, karena permainan warna bisa menentukan daya tarik. Terutama jika Sedulur memasarkan produk ini dengan target anak sekolah dasar atau taman kanak-kanak. Karena bentuknya yang sangat imut dan lucu.

Sekian daftar ide produk kerajinan tangan yang telah diulas di atas, terutama produk yang menggunakan bahan bekas yang bisa didaur ulang. Memanfaatkan bahan bekas yang masih layak didaur ulang merupakan hal bijak bagi kelestarian lingkungan kita. Lebih baik hidup dengan lingkungan yang sehat, untuk kualitas hidup yang lebih baik juga.

Untuk mendukung kualitas hidup Sedulur agar lebih baik lagi, Aplikasi Super hadir untuk memastikan setiap kebutuhan sembako dan kebutuhan harian Sedulur terpenuhi. Banyak barang berkualitas dengan harga murah tersedia di Aplikasi Super. Sedulur bisa klik di sini untuk download Aplikasi Super dan cek langsung ketersediaan barang yang sangat lengkap di Aplikasi Super.