cara membersihkan guling dan bantal

Meskipun digunakan setiap hari, bantal dan guling menjadi alat rumah tangga yang seringkali terabaikan kebersihannya. Hal ini karena orang-orang cenderung hanya akan mencuci sarung pembungkusnya saja, tanpa mencuci bagian bantal dan guling yang sesungguhnya. Oleh karena itu, Sedulur perlu mengetahui bagaimana cara membersihkan guling dan bantal yang baik dan benar.

Kebersihan bantal dan guling akan berpengaruh pada kesehatan kulit penggunanya. Jika kebersihannya terjaga, kulit wajah akan tetap sehat dan terhindar dari berbagai masalah kulit. Sementara jika bantal dan guling yang digunakan tidak pernah dibersihkan, masalah kulit seperti jerawat dan iritasi akan sangat mungkin terjadi. 

Lalu, bagaimana cara mudah membersihkan guling dan bantal dengan cara mencucinya? Ikuti 14 langkah berikut ini!

BACA JUGA: 8 Cara Memakai Dasi Untuk Pelajar hingga Pekerja Kantoran

-->

Cara mencuci berdasarkan bahan

cara membersihkan guling dan bantal
iStock

Sebelum membahas cara mencuci guling dan bantal yang baik dan benar, ada baiknya jika Sedulur juga mengetahui bagaimana cara mencuci berdasarkan bahan pembuatnya. Perhatikan label produk untuk mengetahui jenis bahan dan bagaimana cara paling tepat untuk mencucinya.

  1. Polyfoam

Pada bahan polyfoam, Sedulur bisa membersihkan bantal atau guling ketika sudah terlihat kotor. Gunakan deterjen lembut untuk mencucinya setiap 2-3 bulan sekali dan keringkan dengan cara alami tanpa bantuan alat lain untuk menjaga ketahanan produk. Secara umum, bahan polyfoam ini akan bertahan hingga 2-3 tahun.

  1. Memory Foam

Pada bahan ini, bantal dan guling tidak boleh dicuci menggunakan mesin cuci atau mesin pengeringnya. Sebagai gantinya, Sedulur bisa mencuci bantal secara menyeluruh setiap 2 bulan sekali, tentunya dengan menggunakan deterjen lembut dan membiarkannya kering sendiri. Sama seperti sebelumnya, bantal dan guling dari bahan ini bisa tahan hingga 2-3 tahun.

  1. Latex

Latex menjadi salah satu bahan bantal dan guling yang banyak digunakan. Sama seperti dua bahan lainnya, bahan latex juga tidak boleh dicuci dengan mesin cuci. Sedulur bisa mencucinya menggunakan tangan dengan deterjen dan air hangat jika melihat ada noda setiap 2-3 bulan sekali. Saat mencuci, jangan merendam bantal dalam air atau memerasnya hingga kering. Sebagai gantinya, Sedulur bisa menjemur bantal dan guling pada permukaan rata. Untuk ketahanannya, bahan lateks bisa bertahan antara 2 sampai 4 tahun. 

  1. Down/Feather

Bahan terakhir yang biasa digunakan adalah down atau feather. Bahan dari bulu angsa ini bisa dicuci dengan mesin, namun ada beberapa yang harus melalui proses dry cleaned. Jika Sedulur mencucinya dengan mesin, gunakan siklus lembut, air hangat, dan detergen ringan. Setelah itu, keringkan secara alami atau letakkan di pengering dengan pengaturan suhu rendah selama 20 menit. Sedulur bisa mencucinya setiap 3-6 bulan sekali dan menggantinya setiap 1-3 tahun.

Nah, untuk bantal dan guling yang bisa dicuci, inilah beberapa langkah yang bisa Sedulur jadikan referensi.

1. Memeriksa isi bantal dan guling 

iStock

Sebelum memutuskan untuk mencuci bantal dan guling, Sedulur bisa memeriksa bagian isinya terlebih dahulu. Apakah dua benda tersebut masih dalam kondisi baik atau tidak atau masih nyaman digunakan atau tidak. Jika isi bantal sudah tidak bagus, Sedulur bisa mengisi ulang isinya atau memilih untuk mengganti dengan bantal dan guling baru daripada mencucinya. 

2. Memeriksa bahan isian bantal dan guling 

Selain memeriksa kualitas isi, Sedulur juga perlu mengetahui bahan isian bantal dan guling. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, ada berbagai macam bahan isian bantal dan guling, seperti bantal silikon, bantal busa, bantal dacron, dan bantal bulu angsa. Perbedaan bahan ini membuat cara perawatannya juga berbeda antara satu dengan yang lainnya. 

3. Memeriksa kondisi jahitan bantal dan guling 

Berikutnya adalah memeriksa kondisi jahitan pada bantal dan guling yang akan dicuci. Sedulur bisa mengamati secara detail bagian-bagian ujung maupun tengah, apakah ada lubang atau bagian yang robek atau tidak. Mengecek seluruh bagian dengan baik akan menghindari keluarnya isi bantal dan guling saat dicuci. 

BACA JUGA: Cara Mencuci Buah dan Sayur Segar dengan Benar!

4. Mengecek label cara perawatan 

cara membersihkan guling dan bantal
iStock

Cara membersihkan bantal dan guling berikutnya adalah mengecek label cara perawatan yang biasanya terpasang di bagian samping. Label ini harus dicermati dengan baik agar Sedulur bisa merawat produk dengan baik dan benar. Jika perawatan yang dilakukan sudah tepat, maka kualitas produk akan tetap terjaga dan masa simpannya menjadi lebih panjang.  

5. Memakai sabun yang sesuai

Setelah melakukan pengecekan atau pemeriksaan secara menyeluruh, kini saatnya Sedulur mencuci bantal dan guling tersebut. Gunakan deterjen cair daripada deterjen bubuk biasa untuk menghindari kemungkinan detergen menempel di serat kain. Bau detergen bubuk yang menempel dan tidak terbilas dengan baik akan sangat berbahaya dan bisa membuat Sedulur alergi.

6. Menyiapkan air hangat 

Untuk meratakan sabun ke seluruh bagian bantal dan guling, Sedulur bisa menggunakan bantuan air hangat. Dengan air hangat, bakteri dan jamur yang menempel pada bantal dan guling akan menghilang dengan mudah. Agar hasilnya maksimal, Sedulur bisa merendam bantal dan guling selama beberapa saat terlebih dahulu.

7. Mencuci dengan tangan 

Selanjutnya adalah mencuci bantal dan guling dengan tangan. Cara ini biasanya dilakukan untuk bantal dan guling yang memiliki bahan isian berupa busa. Pencucian manual dengan tangan akan membuat bantal semakin awet kualitasnya. 

Meskipun manual dengan tangan, cara mencucinya juga harus dilakukan secara perlahan. Namun jika ada bagian kotor yang membandel, Sedulur bisa menggunakan bagian sikat yang halus untuk membersihkannya.  

BACA JUGA: 7 Bahan Alami Pembasmi Serangga di Rumah Paling Ampuh!

8. Mencuci menggunakan mesin cuci 

cara membersihkan guling dan bantal
iStock

Sementara itu, jika bantal dan guling menggunakan bahan isian berupa dakron, silikon, atau bulu angsa, Sedulur juga bisa mencucinya dengan menggunakan mesin cuci. Akan tetapi, pastikan untuk tidak mencucinya terlalu lama. Hal ini karena bahan isian bantal dan guling tersebut juga bisa mengalami kerusakan jika terkena panas dan tekanan terlalu lama.

9. Membilasnya sampai bersih

Setelah mencucinya, jangan lupa untuk membilas bantal dan guling sampai bersih. Sedulur bisa menggunakan air hangat ataupun air dengan suhu normal untuk melakukan proses ini. Apapun jenis air yang Sedulur gunakan, selalu pastikan untuk membilasnya hingga tiada sedikitpun noda sabun yang tersisa.

10. Mengeringkan bantal dan guling 

Jika bantal dan guling sudah selesai dicuci dan dibilas, langkah berikutnya adalah mengeringkannya. Sedulur perlu mengeringkannya sampai sempurna agar tidak ada aroma apek setelah dicuci. Aroma apek tersebut bisa muncul karena ada jamur yang tumbuh pada bantal dan guling yang menyebabkan timbulnya bau tidak sedap.

11. Menekan bantal dan guling 

Jika Sedulur mencuci bantal dan guling secara manual dengan tangan, Sedulur bisa mempercepat proses pengeringan dengan cara menekan-nekannya. Hindari memeras bantal atau guling, karena itu akan mengubah bentuk bantal dan guling yang asli. 

BACA JUGA: 12 Inspirasi & Tips Bikin Model Atap Dapur Paling Praktis, Bebas Sumpek!

12. Memasukkan ke mesin pengering 

iStock

Jika dirasa membutuhkan bantuan mesin pengering saat mencuci bantal dan guling menggunakan mesin cuci, Sedulur bisa menggunakannya dengan bijak. Jangan sampai Sedulur menggunakan mesin pengering terlalu lama, sebab akan merusak serat pada bantal dan guling yang Sedulur miliki. 

13. Menjemur bantal dengan sinar matahari 

Cara mengeringkan bantal dan guling yang lain adalah menjemurnya di bawah sinar matahari secara tidak langsung. Pastikan bahwa lokasi yang dipilih bersih agar bantal dan guling yang sudah dicuci tidak kotor kembali.

14. Memastikan bantal dan guling sudah kering 

Langkah terakhir adalah memastikan jika bantal dan guling yang sudah dicuci benar-benar kering. Sedulur bisa menepuknya saat proses pengeringan, apakah semua bagian sudah kering sempurna, atau masih ada bagian yang lembap. Bagian yang lembap berpotensi memunculkan jamur sehingga perlu diantisipasi.

Itu dia cara membersihkan bantal dan guling yang mudah untuk dilakukan di rumah. Selain membuat bantal dan guling kembali bersih, mencuci kedua benda tersebut juga dapat menambah kenyamanan Sedulur saat beristirahat.

Selain mencuci bantal dan guling, Sedulur juga bisa mulai mencuci gorden, keset, taplak, dan benda-benda rumah tangga lain yang sering terlupakan. Sedulur bisa belanja detergen hingga pewangi melalui Aplikasi Super agar mendapatkan harga yang lebih murah.

Menariknya lagi, ada banyak diskon dan cashback menarik setiap transaksi. Sedulur juga bisa mendapatkan harga grosir dan gratis ongkir sehingga belanja semakin hemat dan untung. Yuk, download Aplikasi Super di Google PlayStore sekarang juga!