cara mencuci buah dan sayur segar

Mencuci buah dan sayur merupakan salah satu rutinitas yang penting dilakukan sebelum memasak. Selain memperhatikan kualitas bahan makanan yang akan diolah, Sedulur juga perlu mengetahui cara mencuci buah dan sayur segar agar benar-benar terbebas dari kotoran maupun sisa pestisida.

Ingin tahu bagaimana cara mencuci buah dan sayur segar yang benar? Berikut sudah dirangkum 10 tipsnya. Selain itu juga akan dipaparkan alasan mengapa Sedulur perlu mencuci buah dan sayur sebelum mengkonsumsinya. Yuk, langsung disimak informasi selengkapnya di bawah ini.

BACA JUGA: 1 Kodi Berapa Buah? Ini Cara Hitung dan Contohnya

Alasan pentingnya mencuci buah dan sayur

cara mencuci buah dan sayur segar
iStock

Sebelum menyimak cara tepat untuk mencuci buah dan sayur segar, Sedulur perlu mengetahui alasan mengapa langkah tersebut penting untuk dilakukan.

-->

Dihimpun dari berbagai sumber, alasan utama mengapa Sedulur perlu mencuci buah dan sayur sebelum mengkonsumsinya adalah untuk menghilangkan residu seperti sisa pestisida yang tidak diinginkan yang menempel pada permukaan. Menurut laman Centers for Disease Control (CDC) atau Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat, buah dan sayuran mentah kerap kali mengandung kuman atau bakteri yang dapat menyebabkan penyakit saat dikonsumsi. Misalnya adalah bakteri Salmonella, E.coli, dan Listeria.

Hal tersebut juga menjadi alasan bahwa cara paling aman untuk mengkonsumsi buah dan sayur adalah dengan memasaknya terlebih dahulu. Di sisi lain, Sedulur juga bisa mencucinya dengan air mengalir. Mencuci buah dan sayur juga perlu dilakukan meski Sedulur sudah mengupas kulitnya. Sebab, kotoran yang menempel pada kulit bisa berpindah ke bagian daging setelah dikupas.

BACA JUGA: 6 Buah-Buahan dari Surga yang Disebut Dalam Al Quran

Bolehkah mencuci buah dan sayur menggunakan sabun?

cara mencuci buah dan sayur segar
iStock

Sedulur mungkin tidak asing dengan iklan sabun pencuci piring yang menunjukkan produk tersebut digunakan untuk mencuci buah dan sayur. Hal tersebut rupanya menjadi perbincangan hangat khususnya berkaitan dengan keamanan sabun untuk mencuci buah dan sayuran. Apalagi jika mengingat adanya risiko tertinggalnya residu sabun pada buah dan sayur yang akan dikonsumsi.

Berkaitan dengan masalah tersebut, CDC juga memiliki rekomendasi tersendiri. Dijelaskan bahwa mencuci buah dan sayur menggunakan sabun sebenarnya bukanlah hal yang direkomendasikan. Dengan kata lain, Sedulur tidak perlu mencuci buah dan sayur dengan sabun dan cukup menggunakan air mengalir saja.

Meski begitu, belakangan ini sudah banyak bermunculan produk sabun yang diformulasikan secara khusus untuk mencuci buah dan sayur. Sehingga sabun tersebut tidak mengandung bahan kimia yang berbahaya saat dikonsumsi. Namun pastikan bahwa produk yang Sedulur gunakan sudah lolos uji laboratorium dan mendapat sertifikasi dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

BACA JUGA: Tips Sukses Bisnis Parcel Buah Untuk Peluang Usaha Rumahan

10 cara mencuci buah dan sayur segar

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, cara paling aman untuk mengkonsumsi bahan makanan adalah memasaknya terlebih dahulu. Kendati begitu ada beberapa bahan yang memang lebih umum atau bahkan lebih baik dikonsumsi tanpa dimasak. Misalnya buah-buahan dan beberapa jenis sayuran. Untuk itu, Sedulur perlu memastikan kebersihannya dengan cara mencucinya terlebih dahulu. Adapun berikut terdapat 10 cara mencuci buah dan sayur segar yang bisa Sedulur ikuti.

1. Pisahkan dengan bahan makanan lain

cara mencuci buah dan sayur segar
iStock

Hal pertama yang perlu dilakukan sebelum mencuci buah dan sayur adalah memisahkannya dengan bahan makanan lain. Hal ini dimaksudkan agar bahan-bahan makanan tersebut tidak saling mengkontaminasi. Apalagi jika terdapat bahan makanan yang sudah matang atau siap untuk langsung dimakan maupun bahan makanan mentah lain seperti daging. Langkah satu ini bisa dilakukan sejak Sedulur membeli bahan-bahan makanan tersebut. Caranya adalah dengan membungkusnya dengan wadah terpisah serta memisahkannya dalam tas ataupun plastik belanja berbeda.

2. Pisahkan buah dan sayur berdasarkan jenis dan ukurannya

cara mencuci buah dan sayur segar
iStock

Selain memisahkan dengan bahan makanan lain, Sedulur juga perlu memisahkan buah dan sayur berdasarkan jenis dan ukurannya. Seperti diketahui, terdapat jenis buah dan sayur yang perlu dikupas dan memiliki lapisan kulit cenderung lebih kotor, misalnya ubi dan kentang. Selain itu ada pula jenis buah dan sayur yang bisa dikonsumsi tanpa dikupas, misalnya strawberry dan sayuran berupa daun.

Di sisi yang lain, memisahkan buah dan sayur berdasar ukuran juga bisa memudahkan Sedulur saat mencucinya. Sebagai contoh, buah dan sayur dengan ukuran kecil bisa dicuci dengan cara dimasukkan ke wadah berlubang sehingga tidak akan jatuh saat diguyur air. Sementara buah dan sayur berukuran besar, seperti kentang bisa dicuci dengan cara digenggam sembari digosok permukaannya.

3. Pastikan tangan dalam keadaan bersih

cara mencuci buah dan sayur segar
iStock

Hal lain yang penting diperhatikan sebelum mencuci buah dan sayur adalah mencuci tangan. Meski terlihat sepele, mencuci tangan ternyata merupakan salah satu kunci untuk mendapatkan hasil cucian buah dan sayur yang baik. Sebab, kondisi tangan yang bersih tentu akan memberikan hasil berbeda daripada saat Sedulur mencuci buah dan sayur dengan tangan yang kotor.

Adapun Sedulur bisa mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir agar kuman dan bakteri yang menempel pada permukaan tangan menghilang atau mati. Selain mencuci tangan, jangan lupa untuk membersihkan pisau maupun peralatan lain yang akan digunakan untuk mengupas serta memotong buah dan sayur.

BACA JUGA: 20 Buah Tinggi Serat Terbaik Untuk Jaga Sistem Pencernaan

4. Gunakan air mengalir

iStock

Cara mencuci buah dan sayur segar yang selanjutnya adalah menggunakan air mengalir. Langkah ini dinilai lebih efektif untuk menghilangkan kotoran daripada mencuci dengan air yang ditampung dalam wadah. Sebab, kotoran dapat dengan mudah dihilangkan dan jatuh mengikuti aliran air.

Perlu diperhatikan juga untuk membersihkan dari bagian yang kotor terlebih dahulu. Hal ini terutama perlu menjadi perhatian apabila Sedulur mencuci buah dan sayur yang tumbuh di dalam tanah, seperti kentang, wortel, singkong, dan lobak. Dengan begitu, kotoran yang menempel pada bagian tersebut tidak akan berpindah ke bagian lain saat dicuci.

5. Gunakan sikat lembut jika perlu menggosok buah dan sayur

iStock

Dalam beberapa kondisi, Sedulur mungkin akan menjumpai kotoran pada kulit buah dan sayur yang sulit untuk dibersihkan hanya dengan mengusapnya di bawah air mengalir. Misalnya pada buah atau sayur yang memiliki kulit tebal atau tumbuh di dalam tanah sehingga terdapat kotoran yang sulit dihilangkan. Untuk mengatasi hal tersebut, Sedulur bisa menggosoknya menggunakan sikat lembut. Namun pastikan untuk menggosoknya secara perlahan agar kulit yang melindungi daging buah tidak rusak.

6. Gunakan sabun khusus untuk mencuci buah dan sayur

iStock

Telah disinggung sebelumnya, mencuci buah dan sayur menggunakan sabun sebenarnya bukanlah hal yang penting untuk dilakukan. Dengan kata lain, mencuci dengan air mengalir sebenarnya sudah cukup untuk membersihkan buah dan sayur dari kotoran atau residu bahan-bahan yang tidak diinginkan.

Kendati begitu, Sedulur bisa memanfaatkan sabun khusus yang memang diformulasikan untuk mencuci buah dan sayur jika menginginkannya. Jangan lupa untuk memastikan bahwa produk tersebut sudah lulus uji BPOM dan dinyatakan aman digunakan untuk mencuci bahan makanan (food grade).

7. Potong bagian yang rusak

iStock

Saat membeli buah dan sayuran, tidak jarang akan dijumpai adanya bagian yang rusak, busuk, atau terlalu kotor untuk dibersihkan. Jika demikian, tak ada salahnya Sedulur memotong bagian tersebut agar kotoran tidak lantas mengenai bagian yang kondisinya bagus. Namun harus diperhatikan bahwa buah atau sayuran tersebut secara keseluruhan masih dalam kondisi baik dan layak dikonsumsi.

BACA JUGA: Buah Namnam, Buah Langka yang Punya Segudang Manfaat!

8. Rendam dalam air dingin

iStock

Sebelumnya disampaikan bahwa cara tepat untuk mencuci buah dan sayur adalah menggunakan air mengalir. Akan tetapi, terdapat pengecualian di mana Sedulur bisa merendam sayuran jenis tertentu di dalam air dingin. Misalnya adalah sayuran hijau, seperti bayam, selada, kubis, dan pakcoy. Cara tersebut terutama dapat digunakan untuk mencuci sayuran yang digunakan sebagai bahan membuat salad. Dengan begitu, sayuran akan kembali segar dan lezat untuk dikonsumsi.

9. Gunakan larutan air garam

iStock

Selain menggunakan sabun khusus, Sedulur juga bisa memanfaatkan bahan alami seperti garam untuk mencuci buah dan sayur. Adapun cara mencuci buah dan sayur segar menggunakan garam adalah dengan melarutkan garam di air.

Sedulur bisa membuat larutan ini dengan perbandingan 1/10 atau 1 sendok garam dicampur dengan 10 sendok air. Selanjutnya rendam sayur dan buah selama 30 menit, lalu bilas dengan air mengalir.

10. Keringkan dan simpan dalam wadah yang bersih

iStock

Setelah buah dan sayuran dicuci atau dibilas dengan air mengalir, cara terakhir yang perlu dilakukan adalah mengeringkannya. Sedulur bisa menggunakan handuk bersih untuk mengeringkan buah dan sayur segar. Jangan lupa untuk memastikan bahwa handuk tersebut tidak digunakan untuk keperluan lain sehingga kebersihannya juga terjamin.

Selanjutnya, simpan buah dan sayur di wadah kering dan bersih. Dalam hal ini, ada baiknya Sedulur menyimpan buah dan sayur di wadah terpisah sesuai jenisnya daripada mencampurnya menjadi satu. Dengan demikian kesegaran buah dan sayur juga akan lebih terjaga.

Itu dia beberapa tips cara mencuci buah dan sayur segar yang bisa Sedulur coba di rumah. Seperti yang sudah dijelaskan bahwa mencuci bahan makanan tersebut merupakan hal yang penting untuk diperhatikan sebelum mengkonsumsinya. Dengan begitu, buah dan sayur akan terjamin kebersihan dan keamanannya dari zat-zat yang tidak diinginkan atau bahkan membahayakan tubuh.

Selain mencuci buah dan sayur secara tepat, jangan lupa untuk melengkapi kebutuhan pokok, seperti beras, minyak goreng, dan bumbu dapur di rumah agar kebutuhan gizi keluarga juga terpenuhi. Nah, supaya belanja kebutuhan pokok semakin hemat, Sedulur bisa menggunakan Aplikasi Super yang menawarkan produk kebutuhan pokok dan rumah tangga dengan harga terjangkau.

Tak hanya itu, Aplikasi Super juga punya layanan pengiriman gratis ongkir yang bikin belanja menjadi praktis. Karena Sedulur cukup memesan lewat aplikasi dan barang belanjaan akan dikirim sampai depan rumah. Praktis bukan? Untuk itu, yuk, langsung unduh Aplikasi Super dan lengkapi kebutuhan keluarga di rumah!