pembasmi serangga di rumah

Keberadaan serangga di rumah memang menjadi masalah yang sangat menjengkelkan. Tak hanya membuat para pemilik rumah beresiko terkena penyakit, serangga juga bisa membuat persediaan bahan baku di rumah menjadi rusak. Biasanya untuk mengusir serangga semacam ini diperlukan bahan kimia khusus. Namun, dengan semakin banyaknya penelitian, Sedulur sekarang dapat menjadikan barang-barang dapur atau sayuran sebagai bahan alami pembasmi serangga di rumah. 

Ada banyak sekali keuntungan menggunakan bahan alami untuk mengusir serangga, misalnya adalah faktor keamanan dan ketersedian bahannya yang cukup mudah ditemukan. Lantas apa saja bahan alami untuk pembasmi serangga di rumah? Simak informasi lengkapnya berikut ini!

BACA JUGA : Cara Menjaga Baju Putih Agar Tak Menguning, Ampuh!

1. Minyak Lemon

pembasmi serangga di rumah
iStock

Bahan alami pembasmi serangga di rumah yang pertama adalah minyak lemon. Meski minyak lemon tidak seefektif anti serangga buatan biasa, semprotan minyak ini mempunyai efek anti nyamuk, semut dan serangga lainnya. Sedulur dapat menyemprotkan minyak lemon setiap jam dan pastikan konsentrasi minyak minimal 10 sampai 50 persen agar mendapatkan hasil yang efektif.

-->

Selain itu, Sedulur juga bisa menggunakan campuran minyak lemon dengan daun mint kering. Kombinasi dua bahan alami ini bisa meningkatkan efektifitas pembasmian serangga di rumah hingga 30 persen. Caranya cukup mudah yaitu cukup letakkan ramuan minyak lemon dan daun mint ke tempat yang sering terdapat serangga. 

2. Membakar tanaman seperti kayu putih

iStock

Menggunakan api untuk menakuti serangga menjadi salah satu teknik yang telah digunakan sejak lama, seperti membuat api unggun. Namun, konsep ini tentu tidak efektif jika digunakan di dalam rumah. Tapi Sedulur bisa mencoba teknik yang sama dengan skala pembakaran yang lebih kecil.

Dikutip dari laman Country Living, banyak serangga yang tidak mampu mendekati area yang penuh dengan asap. Hal ini lantaran zat asap yang memiliki aroma khusus dan tidak bisa dihirup oleh serangga. Dengan konsep ini, maka Sedulur bisa mencoba beberapa bahan alami seperti kayu putih yang dibakar. Proses pembakaran batang kayu putih ini ternyata bisa mengusir serangga tapi tetap aman dihirup oleh manusia.

3. Minyak kayu putih

iStock

Tak hanya batangnya saja yang bermanfaat, ekstrak minyak kayu putih juga bermanfaat sebagai pembasmi serangga. Minyak oles ini juga bisa membantu seseorang yang mengalami serangan kulit gatal akibat gigitan serangga..

Selain itu, aroma minyak kayu putih juga bisa membantu mengusir beberapa serangga hama seperti lalat. Caranya penggunaan bahan alamai satu ini cukup mudah dilakukan, yaitu cukup percikan minyak kayu putih ke kain kemudian diamkan beberapa detik agar meresap. Setelah itu, letakkan kain tersebut di tempat yang terdapat banyak serangga.

4. Tanaman tomat

pembasmi serangga di rumah
iStock

Daun tomat secara alami mengandung zat alami yang disebut IBI 246. Berdasarkan penelitian yang dilakukan para ahli botanikal, kandungan IBI ini bisa digunakan sebagai penolak nyamuk dan kutu. Studi ini menunjukkan bahwa kemampauan dan efektifitas IBI setara dengan zat DEET yang biasa digunakan dalam campuran obat anti nyamuk, tapi dengan keunggulan ramah lingkungan atau kesehatanmu.

5. Campuran cabai, bawang putih dan air sabun

iStock

Bahan alami pembasmi serangga di rumah yang selanjutnya adalah air cabai. Semprotan cabai dapat dikatakan cukup efektif untuk mengusir serangga. Namun, Sedulur harus berhati-hati untuk tidak menerapkannya pada benda atau sesuatu yang bisa dimakan dan untuk menghindari kontak mata dan tangan. Sedulur juga dapat memadukannya dengan bawang putih dan sedikit air sabun untuk hasil yang lebih efektif.

BACA JUGA : 7 Benda Ini Bisa Jadi Pengganti Setrika Disaat Genting!

6. Makan bawang putih

iStock

Selama percobaan yang dilakukan dengan personil militer Swedia, para peneliti menemukan bahwa ternyata individu yang mengkonsumsi bawang putih pekat dosis tinggi secara signifikan tidak mudah digigit serangga. Para peneliti menemukan bau badan atau tingkat odor para personil militer tersebut memiliki aroma yang khas, sehingga bisa menurunkan resiko serangan kutu dan serangga. 

7. Menggunakan LED

iStock

Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2016 lalu, menyimpulkan bahwa meskipun semua lampu menarik serangga, namun lampu LED memiliki potensi untuk mengurangi jumlah serangga lho. Jika benar-benar dibutuhkan untuk lampu menyala di malam hari, Sedulur dapat mempertimbangkan untuk menggunakan lampu LED.

8. Minyak aregano

iStock

Minyak aregano dapat Sedulur manfaatkan untuk mengusir serangga. Caranya pun mudah yaitu cukup menyemprotkan minyak aregano ketika ada serangga, maka serangga tersebut akan segera pergi. Perlu Sedulur ketahui bahwa efek dari minyak ini mampu bertahan sampai seminggu lho.

9. Daun sirih

pembasmi serangga di rumah
iStock

Sedulur dapat memanfaatkan daun sirih untuk mengusir serangga terutama semut yang sering mengerubungi makanan di rumah.  Hal ini karena semut tidak menyukai bau atau aroma yang keluar dari daun sirih. Cara menggunakannya pun cukup mudah. Cukup letakkan beberapa lembar daun sirih di tempat yang sering didatangi semut. Kemudian, diamkan selama satu malam. DIjamin semut akan menghilang dan tidak datang kembali. 

BACA JUGA : 9 Cara Menghilangkan Noda Minyak di Pakaian, Dijamin Ampuh!

Tips agar rumah bebas dari serangga

pembasmi serangga di rumah
iStock

Agar serangga tidak mudah masuk ke rumah, berikut tips rumah bebas serangga yang dapat Sedulur praktikkan. 

1. Jaga kebersihan ruangan

Tips yang pertama agar rumah bebas dari serangga adalah Sedulur harus selalu menjaga kebersihan ruangan terutama, kamar mandi dan dapur.  Pastikan kamar mandi selalu dalam keadaan bersih dan kering. Pastikan saluran pembuangan tidak tersumbat oleh rambut atau partikel sabun serta selalu tertutup. Langkah-langkah kecil ini akan menjaga kamar mandi tetap higienis dan bebas hama untuk waktu yang lebih lama. Pastikan juga Sedulur selalu membersihkan dapur secara rutin,terutama bagian yang tersembunyi seperti sela-sela kompor dan laci meja. Pastikan untuk selalu menyediakan semprotan desinfektan untuk mengusir hama yang datang.

2. Pastikan tidak ada genangan air

Jangan biarkan air menggenang karena nyamuk akan mudah berkembang biak di air yang menggenang. Pastikan untuk membersihkan saluran air secara rutin agar tidak ada air yang tersumbat. Genangan air yang kotor akan mengundang nyamuk malaria dan juga demam berdarah. Jika Sedulur memiliki tanaman air, pastikan untuk rutin mengganti airnya agar tidak menjadi sarang nyamuk berkembang biak.

3. Rutin membuang sampah

Buang sampah secara rutin menjadi salah satu kuci agar rumah bebas dari serangan serangga. Idealnya jangan biarkan sampah menginap di dalam rumah, maka dari itu sebaiknya buang sampah setiap sore hari. Sampah yang menumpuk di rumah bisa mengundang datangnya tikus dan juga kecoa. Hama-hama ini tentu dapat menyebarkan penyakit, sangat berbahaya apalagi jika Sedulur memiliki anak kecil dan hewan peliharaan.

4. Perbaiki jaring-jaring di jendela

Untuk mencegah masuknya hama tak diundang ke dalam rumah, Sedulur dapat memasang-jaring-jaring di ventilasi maupun jendela. Periksa jaring-jaring pada jendela dan ventilasi, jika terdapat jaring yang sudah robek segeralah ganti agar nyamuk dan serangga lainnya tidak masuk ke dalam rumah. 

Demikianlah daftar bahan alami yang dapat Sedulur manfaatkan untuk membasmi serangga di rumah. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan dan membuang sampah secara rutin ya Sedulu agar serangga tidak mudah masuk ke rumah.