Cara memasang gas kompor portable

Cara memasang gas di kompor portable merupakan hal wajib Sedulur ketahui, terutama Sedulur sering melakukan aktivitas outdoor. Mungkin juga pernah mengalami kesulitan saat memasang gas portable. 

Banyak pula pendaki pemula yang akhirnya ingin mencari tahu cara memasang gas portable dengan aman dan mudah Pasalnya, cara memasang gas yang benar akan memastikan keamanan Sedulur ingin menggunakannya. Bagi yang ingin tahu cara memasang gas portable dengan mudah dan aman, simak cara memasang dan menyalakan gas kompor portable dalam penjelasan di bawah ini!

BACA JUGA: 7 Cara Memasak Beras Hitam Organik Jadi Pulen dan Lembut

Cara memasang gas

cara memasang gas di kompor portable
Hi-Cook

Cara memasang gas portable sebenarnya tidak memiliki banyak perbedaan dengan kompor gas biasa. Hal yang paling penting dalam memasang gas portable adalah Sedulur bisa memasang gasnya secara baik.

-->

Apabila Sedulur memasangnya dengan sembarangan, bukan tidak mungkin gas bisa bocor dan membahayakan Sedulur. Supaya tidak salah, ikutilah cara menggunakan kompor gas portable berikut ini:

1. Persiapkan kompor portable dan gas portable 

Langkah pertama yang harus Sedulur lakukan adalah mempersiapkan kompor portable dan gas portable. Pastikan keduanya dalam kondisi yang baik saat Sedulur ingin mempergunakannya untuk memasak.

Memastikan kondisi kompor dan gas dalam keadaan baik dan siap digunakan adalah tindakan pertama yang wajib Sedulur lakukan agar tidak memunculkan kemungkinan buruk ke depannya.

2. Pastikan memakai produk di ruangan terbuka 

Jika Sedulur ingin menggunakan gas portables, sebaiknya Sedulur menggunakannya di ruangan yang terbuka. Jadi hindari Sedulur menggunakan gas atau kompor portable di ruangan yang tertutup apalagi dengan ventilasi yang buruk.

Ini penting menjadi perhatian Sedulur agar tidak ada pengumpulan senyawa gas di ruangan. Jika terjadi pengumpulan senyawa gas, tentunya gas tersebut bisa berbahaya. Sedikit saja terkena percikan api, senyawa gas tersebut bisa menjadi api yang besar

3. Jauhkan dari bahan mudah terbakar 

Agar Sedulur bisa menggunakan kompor dengan aman dan nyaman, pastikan Sedulur jauh dari bahan-bahan mudah terbakar. Cara memasang gas di kompor portable memang memerlukan kehati-hatian, sama seperti kompor gas biasa.

Dengan menghindari gas dari bahan mudah terbakar, Sedulur juga telah meminimalisir risiko terjadinya kebakaran saat memasak. Prosedur ini juga tentu menjadi perhatian Sedulur dalam menggunakan kompor di rumah.

Memastikan bahan-bahan yang mudah terbakar sangat penting untuk dijauhkan dari gas atau kompor portable. 

4. Buka katup tempat penyimpanan gas portable 

Setelah mengecek keamanan di sekitar gas dan kompor portable, Sedulur tinggal membuka katup tempat penyimpanan gas portable Sebelumnya, pastikan terlebih dahulu bahwa knop penekan gas dan knop pemantik api dalam posisi “off”.

Setelah itu, Sedulur dapat membuka katup tempat penyimpanan gas portable. Hal ini bertujuan agar gas tidak keluar secara percuma dan menyebabkan gas terkumpul yang bisa saja menimbulkan bahaya.

5. Lakukan pemasangan gas portable 

Setelah katup tempat penyimpanan terbuka, dengan baik, Sedulur hanya perlu melakukan pemasangan tabung gas sesuai dengan tempatnya. Jika, kompor portable yang Sedulur gunakan menggunakan tipe lama, Sedulur bisa melepaskan penutup tabung gas portable dari tabungnya.

Setelah itu, pasang tabung gas portable pada bagian samping kompor. Agar aman digunakan, sebaiknya Sedulur telah memastikan bahwa posisi pemasangan tabung sudah sesuai petunjuk penggunaan dan rapat.

6. Tekan knop penekan ke posisi terkunci

Apabila tabung gas portable sudah terpasang dengan rapat pada tempat penyimpanannya, Sedulur bisa menutup kembali katup tempat penyimpanan gas portable. Jangan lupa pastikan posisi knop penekan ke posisi “lock” atau posisi terkunci.

7. Periksa Kompor Portable Mengeluarkan Api 

Apabila gas portabel sudah terpasang dengan aman, langkah berikutnya adalah memeriksa apakah kompor portabel dapat menghasilkan api. Jika kompor portable Sedulur memiliki kran gas untuk mengatur intensitas api, putar kran gas hingga terdengar suara gas.

Selanjutnya, putar atau tekan pemantik kompor portabel, jika pemantik pada kompor portable mengalami kerusakan dan tidak dapat mengeluarkan api, Sedulur dapat menggunakan korek api untuk menghidupkan api pada kompor portable.

8. Pakai kompor sesuai keperluan 

Setelah semua cara menyalakan kompor portable di atas sudah Sedulur lakukan dengan runtut, selanjutnya kompor portable dapat Sedulur gunakan  untuk memasak di segala aktivitas dan pastikan gunakan sesuai dengan kebutuhan.

Jika, kompor portable sudah selesai Sedulur gunakan, jangan lupa untuk memutar atau menekan kembali kran gas pada kompor portable untuk mematikan saluran gas agar kompor portable tidak menyala kembali. 

9. Rawat kompor portable dengan baik

Cara menyalakan kompor portable di atas sebenanrya cukup mudah bukan? Bila sudah sering menggunakannya pun Sedulur akan terbiasa sehingga tidak perlu khawatir lagi tentang cara menyalakan kompor portable dengan benar dan aman.

Jangan lupa bila kompor portable sering digunakan dalam berbagai aktivitas, bahkan untuk memasak setiap hari, Sedulur harus memperhatikan kebersihannya.

Pasalnya, bila dibiarkan kotor sehingga kotorannya menumpuk terutama karena sisa minyak memasak, Sedulur akan kesulitan membersihkannya. Ini karena nodanya sudah membandel.

BACA JUGA: 5 Ciri Telur Busuk dan Cara Memilih Telur Paling Baik

Cara menyalakan kompor

Eater

Kompor gas portable dan kompor gas biasa merupakan dua jenis kompor gas yang banyak digunakan oleh orang. Namun, walaupun keduanya punya model yang berbeda, cara penggunaannya sebenarnya tetap sama.

Untuk menggunakan kompor gas ini, langkah-langkahnya cukup mudah. Berikut ini langkah-langkah yang tepat untuk menyalakan kompor:

  • Pastikan kondisi kompor, tabung gas, dan selang regulator dalam keadaan baik sebelum Sedulur gunakan.
  • Tempatkan alat masak di atas tungku kompor.
  • Secara perlahan, putarlah knob kompor dan atur skala panas sesuai dengan keperluan Anda.
  • Segera matikan kompor ketika sudah tidak Sedulur gunakan lagi.

Cara membersihkan kompor portable setelah digunakan

Sajian Sedap

Selain menguasai cara penggunaannya, penting bagi kita untuk rutin membersihkan kompor gas portable. Hal ini karena kompor ini sering digunakan di luar ruangan, sehingga lebih mudah terkena debu dan kotoran. 

Namun, membersihkannya tidak bisa Sedulur lakukan dengan sembarangan. Sedulur harus hati-hati agar tidak merusak komponen-komponennya. Berikut adalah langkah-langkah untuk membersihkan kompor gas portable:

  • Pertama-tama, lepaskan tabung gas dari tempat penyimpanan di kompor portable dan pastikan pemantik dalam keadaan tertutup.
  • Simpan tabung gas portabel di tempat yang aman.
  • Siapkan sabun pencuci piring dan spons untuk membersihkan badan kompor gas portable yang terdapat penumpukan kotoran dan minyak sisa memasak yang membandel.
  • Celupkan spons ke dalam air yang sudah diberikan sabun pencuci piring dan usapkan ke seluruh bagian badan kompor portabel, kecuali bagian burnernya.
  • Setelah badan kompor portabel bersih, gunakan handuk basah untuk menghapus sisa-sisa busa sabun pada kompor portable.
  • Selanjutnya, lepaskan pemantik kompor portabel dan cuci bersih dengan menggunakan spons yang sudah dicelupkan ke air campuran sabun pencuci piring.
  • Keringkan semua bagian kompor portabel setelah proses pencucian selesai.

Selain menggunakan sabun pencuci piring, Sedulur juga dapat menggunakan krim pembersih serbaguna untuk membersihkan kompor portabel yang meninggalkan noda dan minyak setelah digunakan.

Berikut ini cara yang bisa Sedulur lakukan dengan krim pembersih:

  • Caranya adalah dengan mengoleskan krim pembersih serbaguna ke permukaan badan kompor portable yang ingin dibersihkan
  • Setelah itu, ratakan dan usap dengan handuk kering hingga bersih.
  • Penggunaan krim pembersih serbaguna ini akan membantu menghilangkan noda yang membandel pada kompor portabel setelah digunakan.

BACA JUGA: Cara Mengupas Telur Rebus Supaya Mulus dan Tidak Hancur

Tips perawatan kompor gas portable

Cek List

Selain memahami cara membersihkan kompor gas portable, Sedulur juga harus mengetahui cara merawatnya agar bisa tahan lama. Ini penting Sedulur pahami agar Sedulur tidak sembarangan saat menggunakannya atau membersihkannya.

Berikut adalah tips merawat kompor gas portable agar tetap awet:

  • Untuk mencegah terjadinya kecelakaan atau kebakaran, pastikan kompor dimatikan setelah selesai memasak.
  • Sebelum membersihkannya, tunggu sampai area pembakaran cukup dingin.
  • Pastikan knop gas ditarik ke atas untuk menghentikan aliran gas ketika kompor tidak digunakan.
  • Setelah mencuci, keringkan dengan lap kering.
  • Setelah benar-benar kering, barulah kompor dapat disimpan di lemari dapur.

Itulah cara memasang gas di kompor portable, lengkap dengan tips merawatnya. Semoga penjelasan di atas bermanfaat bagi Sedulur dan membuat Sedulur tidak kesulitan dan kebingungan saat memasang gas portable untuk kebutuhan apapun!