Cara memasak beras hitam

Beras hitam merupakan salah satu jenis beras yang populer dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Terutama bagi masyarakat yang tengah menjalani program diet, nasi hitam menjadi pilihan utama untuk dikonsumsi. Hal tersebut disebabkan nasi hitam memiliki kandungan serat lebih tinggi.

Bahkan lebih tinggi kandungan serat beras hitam dibandingkan dengan beras merah. Selain itu, beras hitam juga mengandung kandungan nutrisi untuk mengontol kolesterol dan kandungan gula darah dalam tubuh.

Namun, Sedulur harus tahu cara memasak beras hitam organik bagi yang mengkonsumsi beras hitam secara teratur. Karena beras ini memiliki tekstur yang lebih keras. Berikut ini beberapa cara memasak beras hitam organik agar pulen dan lembut.

BACA JUGA: 6 Cara Menghilangkan Noda di Celana Putih, Tanpa Bekas

1. Menggunakan rice cooker

cara memasak beras hitam organik
iStock

Cara pertama yaitu menggunakan rice cooker. Sedulur bisa melakukan cara memasak beras hitam organik dengan langkah di bawah ini:

  • Cuci beras hitam sampai airnya tidak berwarna ungu, lalu rendam selama satu jam. Setelah itu, buang airnya.
  • Letakkan beras hitam dan air di wadah rice cooker dengan rasio 1:2 dalam ukuran liter.
  • Kemudian, nyalakan rice cooker seperti memasak nasi biasa.
  • Nasi akan matang selama 25-30 menit, tergantung pada takaran beras hitam yang kamu masak.
  • Setelah rice cooker berhenti memasak, diamkan terlebih dahulu selama 10 menit.
  • Kemudian, aduklah nasi agar uapnya keluar.
  • Nasi dari beras hitam ini pun siap disajikan.

2. Menggunakan panci

cara memasak beras hitam organik
iStock

Cara memasak beras hitam organik kedua yaitu dengan menggunakan panci. Jika Sedulur menggunakan panci, Sedulur bisa cuci beras seperti biasa, lalu masak dengan air hingga mendidih. Setelah itu, masak dengan api kecil selama 30 menit.

Saat air sudah meresap ke dalam nasi, matikan kompor. Diamkan terlebih dahulu selama 15 menit. Setelah nasi matang, buka tutup panci, kemudian aduk-aduk supaya uap keluar. Agar lebih sukses, Sedulur bisa mengikuti tips memasak menggunakan panci lebih jelas di bawah ini.

3. Tips memasak menggunakan panci

cara memasak beras hitam organik
iStock

Umumnya, jika mamasak beras hitam menggunakan panci, nasi yang dihasilkan akan berbutir-butir. Agar nasi tetap pulen, Sedulur wajib mengikuti langkahnya di bawah ini:

  • Cuci beras sampai airnya tidak berwarna ungu. Rendam selama satu jam. Buang airnya.
  • Letakkan beras dan air di panci dengan rasio 1:2 dalam ukuran liter atau cup.
  • Nyalakan kompor. Didihkan air dan beras tersebut, kemudian kecilkan apinya. Tutuplah panci. Masak di api kecil selama 25-30 menit atau hingga air benar-benar terserap ke nasi.
  • Matikan api. Diamkan nasi terlebih dahulu selama 15 menit.
  • Bukalah tutup panci dan aduk-aduk nasi menggunakan garpu. Nasi siap disajikan.

4. Cara memasak beras hitam ala MasterChef

iStock

MasterChef merupakan salah satu tayangan yang menampilkan kontestasi chef dan koki. MasterChef Indonesia merupakan salah satu tayangan menarik yang selalu ditonton oleh masyarakat Indonesia. Di setiap season dan episodenya, selalu menggunakan beras hitam sebagai bahan untuk diolah.

Nah, berikut ini adalah cara memasak beras hitam organik ala MasterChef yang bisa Sedulur coba praktikkan di rumah. Adapun caranya adalah sebagai berikut:

  • Cuci beras dengan air bersih sebanyak dua kali bilas.
  • Didihkan beras dengan 3,5 gelas air atau setara 828 mililter, 1/2 sendok teh garam, dan 1/4 sendok teh merica dalam panci.
  • Tutup dan kecilkan api hingga kecil. Masak hingga nasi empuk dan sebagian besar air terserap, sekitar 35 menit. Angkat dari api dan diamkan, tutup, 10 menit. Aduk dengan garpu.

5. Cuci beras hitam hingga bersih

iStock

Saat memasak beras hitam, terdapat bagian penting yang perlu Sedulur lakukan. Yaitu mencuci beras hitam hingga bersih. Karena cara membersihkan yang tepat akan menghasilkan nasih yang pulen dan lembut. Gunakan air yang sangat bersih sebelum memasak, hal ini juga sangat penting.

Buang benda-benda asing, seperti batu atau gabah yang terdapat dalam beras hitam. Setelah itu, gosok beras dengan tangan agar tidak menggumpal. Kemudian, diamkan sebentar dan saring. Perlu diperhatikan, Sedulur hanya perlu mencuci beras sebanyak dua kali saja agar zat gizi yang dimilikinya tidak banyak terbuang.

Setelah dicuci, rendam beras hitam selama 30 menit hingga 1 jam dengan air bersih. Tujuannya yaitu agar beras lebih empuk dan pulen saat dimasak nantinya. Namun ingat, jangan terlalu lama merendamnya, sebab nanti hasilnya malah akan menjadi sangat lengket.

BACA JUGA: 10 Resep dan Cara Membuat Kwetiau Goreng Spesial, Praktis!

6. Perhatikan perbandingan air

iStock

Jangan lupa juga perhatikan perbandingan air saat memasak nasi. Jika Sedulur ingin menghasilkan nasi yang pulen, perbandingan beras hitam dan airnya adalah 1:2 (1 gelas beras + 2 gelas air). Memasak beras hitam bisa dengan dimasak di panci atau menggunakan rice cooker.

Waktu memasaknya adalah 25 sampai 30 menit atau hingga air terserap habis, tergantung takaran beras hitam yang Sedulur gunakan. Pastikan air telah terserap sempurna pada setiap biji beras saat memasak. Bila memasak dengan panci, masak dengan api kecil atau sedang saja.

7. Diamkan sebentar setelah dimasak

Memasak beras hitam
Modern Farmer

Tips terakhir cara memasak beras hitam organik yaitu dengan mendiamkan sebentar ketika beras telah masak menjadi nasi. Jangan langsung buka tutup dan aduk nasi. Melainkan didiamkan terlebih dahulu selama 10-15 menit.

Tujuannya yaitu agar nasi tidak terlalu lembek dan berair. Jika sudah agak kering, aduk nasi agar tidak menggumpal. Hal ini juga dilakukan agar nasi lebih empuk dan pulen.

Nah itulah beberapa tips dan cara memasak beras hitam organik agar tidak keras dan menghasilkan tekstur pulen dan lembut. Sedulur tinggal memilih cara yang sesuai dan Sedulur anggap mudah untuk dicoba. Jangan khawatir kesulitan, karena penjelasan di atas akan sangat memudahkan Sedulur.

Selain beras hitam, bagi Sedulur yang ingin mengkonsumsi nasi putih berkualitas premium dengan hasil yang pulen dan lembut bisa mencarinya di Aplikasi Super. Karena hanya di Aplikasi Super, Sedulur bisa mendapatkan berbagai macam beras dengan kualitas terbaik.

Bukan hanya beras saja, terdapat juga produk sembako dari beras hingga minyak goreng yang bisa Sedulur borong. Jangan khawatir, karena Aplikasi Super juga memberikan beragam promo menarik dari cashback sampai gratis ongkir. Maka dari itu download Aplikasi Super sekarang juga di Google PlayStore dan jangan sampai ketinggalan promo menarik yang diberikan!