cara mengetahui telur busuk

Bagi Sedulur yang suka memasak, tentu telur menjadi salah satu bahan yang paling mudah untuk diolah. Apalagi bahan satu ini memiliki kandungan gizi tinggi meskipun harganya murah. Namun, Sedulur tetap harus berhati-hati ketika membeli telur karena ada potensi busuk atau sudah tidak segar. Cara mengetahui telur busuk sebenarnya mudah, berikut ini beberapa tipsnya!

BACA JUGA: Cara Menyimpan Beras yang Benar Agar Bebas dari Kutu

Ciri Telur Busuk

Ada beberapa ciri fisik yang bisa Sedulur jadikan pedoman ketika memilih telur yang masih segar. Tentu ini membutuhkan kejelian dan pengalaman dalam berbelanja sehari-hari. Namun, agar Sedulur bisa semakin paham perbedaan telur busuk dan yang masih segar bisa melihat beberapa kondisi berikut:

1. Cangkang telur retak

Cooking Light

Cara mengetahui telur busuk yang pertama adalah dengan melihat kondisi cangkang telur. Jika Sedulur melihat ada retakan kecil pada cangkang, maka bisa dipastikan telur tersebut sudah tidak segar.

-->

Hal ini bisa berdampak besar pada kondisi bagian dalam telur yang mungkin saja sudah terkontaminasi dengan bakteri atau kuman. Sebaiknya, Sedulur menghindari memilih telur yang cangkangnya sudah retak atau rusak.

2. Suara saat digoyangkan terasa aneh

Unsplash

Kondisi telur bisa dibilang tidak segar ketika mengeluarkan suara aneh di dalamnya. Hal ini bisa Sedulur ketahui dengan cara menggoyangkan telur saat memilih. Umumnya telur yang bagus tidak akan mengeluarkan suara ketika digoyangkan karena permukaan telur masih tertutup rapat.

Namun, ketika ada suara aneh seperti hentakan keras di dalam, maka kemungkinan besar ada rongga yang terisi udara di dalam telur. Hal ini mungkin terjadi karena ada retakan halus pada cangkang telur atau kondisi kuning telur yang sudah terlalu tua.

3. Aroma tidak sedap

Cara mengetahui telur busuk
Livestrong

Cara mengetahui telur busuk selanjutnya bisa mencium dari aromanya. Telur yang dalam kondisi baik, umumnya memiliki bau amis yang normal dan netral. Tapi ketika telur sudah dalam kondisi jelek, maka aroma yang dikeluarkan akan sangat busuk.

Kondisi ini besar kemungkinan terjadi karena dua kondisi sebelumnya yaitu adanya retakan pada cangkang atau masuknya udara berlebihan di dalam telur sehingga terjadi proses oksidasi. Dan kondisi kuning telur yang sudah terlalu tua dan berair.

BACA JUGA: 15 Merek Beras Terbaik yang Enak, Pulen dan Sehat 2023!

4. Putih dan kuning telur berubah warna

Cara mengetahui telur busuk
Epicurious

Telur segar biasanya akan memiliki warna putih telur yang bening dan kuning telur yang cerah. Tekstur putih telur juga terlihat padat dan tidak terlalu cair mengelilingi kuning telur.

Namun,ketika kondisi telur sudah lama tau mendekati masa expired-nya, maka akan terjadi perubahan warna pada dua bagian tersebut. Kuning telur akan menjadi lebih pucat, dan putih telur akan terlihat menyebar.

5. Telur segar terasa berat

Reader Digest

Cara mengetahui telur busuk terakhir yaitu dengan menimbang beratnya. Menurut Prof. Dr. Ir. Niken Ulupi, MS., dari Departemen Ilmu Produksi dan Teknologi Peternakan, Fakultas Peternakan IPB, kondisi telur segar biasanya memiliki berat yang cukup mantap.

Hal ini lantaran telur segar selalu lebih berat dibandingkan dengan telur busuk. Salah satu faktor yang menyebabkan perbedaan berat ini, bisa dilihat pada lapisan pelindung cangkang telur. Pada telur yang sudah lama atau mendekati pembusukan, maka cangkangnya akan menipis sehingga bakteri menjadi mudah masuk dan memicu pembusukan.

Alhasil, isi telur busuk kemudian akan mencair dan menguap sehingga bobotnya tidak seberat telur segar.

Cara memilih telur

ZME Science

Sedulur bisa melakukan beberapa cara memilih telur yang segar dengan bereksperimen. Hal ini juga bisa dilakukan ketika Sedulur berbelanja dan memilih telur secara langsung, berikut ini caranya:

  • Bobot telur segar yang berat membuatnya tidak mudah mengapung saat direndam di dalam gelas. Telur segar akan langsung jatuh ke dasar gelas dan tidak mengapung saat direndam.
  • Periksa tanggal expired date dari telur. Jika Sedulur berbelanja di toko swalayan, maka telur yang dijual akan memiliki masa kadaluarsa di dalam kemasannya. Ini bisa menjadi alat bantu Sedulur untuk memilih telur yang masih segar dengan expired date yang lama.
  • Pastikan cangkang telur tidak kotor dan retak. Ini jadi hal paling mudah saat Sedulur memilih telur karena ketika cangkang telur rusak, maka sudah dipastikan kondisi telur sudah tidak segar.

Demikian tadi tips dan cara mengetahui telur busuk. Semoga informasi ini bisa membantu Sedulur ketika ingin menyiapkan bahan-bahan terbaik untuk memasak di rumah. Jangan lupa untuk kulakan dan belanja kebutuhan dapur di Aplikasi Super. Ada banyak sekali produk terbaik yang bisa dibeli dengan harga terjangkau.

Sedulur juga tidak perlu repot keluar rumah karena cukup memesannya dari ponsel. Apalagi ada layanan gratis ongkir yang pengirimannya akurat sampai di depan rumah. Jadi buruan download Aplikasi Super sekarang ya!