cara cuci jaket kulit

Bagi sebagian pengendara motor, jaket kulit menjadi teman perjalanan yang aman, nyaman, dan tetap keren saat digunakan. Hal ini membuat jaket kulit hampir selalu digunakan setiap hari. Sayangnya, penggunaan rutin ini akan membuat jaket kulit mudah terkena kotoran. Untuk itu, Sedulur perlu mengetahui bagaimana cara cuci jaket kulit yang baik dan benar.

Secara umum, jaket kulit terbuat dari kulit sapi, kulit domba, maupun kulit sintetis. Berbeda dengan pakaian atau celana dari bahan kain biasa, cara cuci jaket kulit tentu tidak bisa menggunakan mesin cuci. Cara pencucian ini harus dilakukan dengan benar agar permukaan kulitnya tidak kaku, rusak, dan berjamur.

Penasaran bagaimana cara mencuci jaket kulit yang benar, simak ulasan singkat di bawah ini, ya!

BACA JUGA: 20 Desain Tangga Untuk Rumah Sempit Yang Simpel dan Mudah Dibuat

-->

Cara Mencuci Jaket Kulit

Meskipun terdengar cukup rumit, namun Sedulur tetap bisa mencuci jaket kulit sendiri di rumah. Agar lebih mudah, ikuti langkah-langkah yang ada berikut ini,

1. Gunakan air hangat

cara cuci jaket kulit
iStock

Mencuci memang identik dengan penggunaan air, tak terkecuali saat mencuci jaket kulit. Namun bedanya, untuk mencuci jaket kulit sintetis ataupun asli, Sedulur perlu menggunakan air hangat. Hal ini karena merendam jaket kulit menggunakan air dingin bisa membuat tekstur kulit menjadi rusak dan semakin rapuh. 

Dengan menggunakan air hangat, kelembapan kulit pada jaket akan tetap terjaga. Sedulur bisa menggunakan air dengan suhu sekitar 32 derajat agar tidak terlalu panas. Sebab, air yang terlalu panas akan merusak serat kain jaket. Pemilihan suhu ini juga dilakukan karena telah terbukti cocok untuk mencuci jeans, kulit sintetis, maupun rajutan sekalipun. 

Setelah menyiapkan air hangat, Sedulur bisa mulai merendam jaket kulit maksimal 10 menit ke dalam air hangat. Jangan lupa untuk mengecek standar perawatan yang biasanya diberikan saat membeli, yakni berupa label pakaian dengan bentuk simbol. Simbol tersebut biasanya akan menunjukkan apakah jaket bisa dicuci dengan mesin cuci atau tidak, bagaimana cara pengeringannya, hingga cara penyimpanannya.

2. Gunakan sabun bayi

Berita Semarang

Setelah merendam jaket kulit, saatnya Sedulur membersihkannya dengan sabun. Alih-alih menggunakan deterjen, Sedulur bisa memakai sabun atau sampo bayi untuk mencuci jaket kulit ini. Hal ini karena secara umum sabun bayi biasanya mengandung minyak jojoba, minyak kelapa, maupun minyak almond yang bisa meningkatkan kelembapan kulit jaket.

Lebih dari itu, bahan sabun bayi biasanya juga bebas dari SLES atau SLS yang tergolong ke dalam zat kimia keras. Oleh karenanya, penggunaan sabun bayi saat mencuci jaket akan membuat jaket lebih terawat dan awet. Sedulur bisa menggunakan sabun atau shampo bayi ini dengan mencampurkannya ke dalam air hangat.

Namun perlu diingat, Sedulur harus mencelupkan kain bersih lebih dahulu ke dalam larutan sabun dan mengelap bagian tersembunyi pada jaket. Jika tidak ada warna yang luntur, maka Sedulur bisa langsung merendam jaket kulit. Tapi jika ada warna yang luntur, itu artinya jaket kulit yang Sedulur miliki adalah barang imitasi.  

Jaket kulit imitasi ini tidak bisa direndam dalam air sabun, melainkan hanya bisa dilakukan dengan mengelapnya dengan air hangat saja. Hindari penggunaan sabun bayi atau bahan pembersih lainnya jika tidak ingin warna kulitnya menjadi luntur.  

BACA JUGA: 10 Cara Bleaching Rambut Pria di Rumah Anti Gagal

3. Cuci dengan tangan

cara cuci jaket kulit
IDN Times

Pada sebagian besar jaket kulit, aturan perawatan akan meminta untuk mencuci jaket dengan tangan daripada menggunakan mesin cuci. Terlebih jika Sedulur memiliki jaket kulit asli, ada baiknya untuk mencucinya dengan tangan saja. Namun bila jaket kulit yang Sedulur miliki menggunakan kulit sintetis, Sedulur bisa memanfaatkan mesin cuci dengan mode cucian putaran yang rendah.

Berikut adalah cara cuci jaket kulit yang benar menggunakan tangan.

  • Kucek jaket dengan gerakan satu arah dan perlahan-lahan.
  • Oleskan sabun bayi pada area jaket yang terkena noda.
  • Gosok permukaan jaket dengan sikat bulu kuda agar noda kotoran yang menempel bisa terangkat dengan baik.
  • Seka sisa busa sabun bayi yang ada dengan spons atau kain mikrofiber hingga bersih.

Selain bisa menggunakan sabun atau sampo bayi, Sedulur juga dapat menggunakan pasta gigi atau tepung maizena. Hal ini karena tepung maizena mampu menyerap noda minyak, sementara pasta gigi bisa mengangkat kotoran yang membandel.

Untuk menggunakan bahan-bahan tersebut, Sedulur hanya perlu mengoleskannya ke area yang terkena noda. Setelah itu, kucek perlahan hingga noda menghilang. Jangan lupa, Sedulur bisa menambahkan sabun atau sampo bayi agar bau dari tepung maizena atau pasta gigi tidak terlalu menyengat. Setelah itu, bilas sampai benar-benar bersih sebelum mengeringkan jaket.

Sedulur bisa mencoba meremas jaket saat pembilasan dengan bentuk seperti bola. Selain itu, gulingkan dan lemparkan ke bagian depan dan belakang agar jaket tidak kaku setelah benar-benar kering. Metode ini juga akan membuat jaket bisa lebih nyaman dan pas saat digunakan pada tubuh.  

4. Keringkan jaket kulit

cara cuci jaket kulit
Hipwee

Setelah mencuci jaket, jangan lupa untuk mengeringkan jaket. Metode pengeringan harus dilakukan dengan tepat agar jaket tetap bisa terawat dengan baik. Hindari menjemur jaket secara langsung di bawah sinar matahari, sebab paparan sinar UV yang terlalu kuat bisa membuat jaket kehilangan kelembapannya. 

Jika jaket tidak lembap, maka permukaan kulit bisa menjadi retak dan mudah mengelupas dengan sendirinya. Hal ini tentu akan membuat tampilan jaket menjadi tidak menarik, bukan? Oleh karena itu, cara pengeringan terbaik adalah dengan mengangin-anginkan saja. Sedulur juga bisa menggantung jaket menggunakan hanger dan menjemurnya di tempat teduh pada malam hari. 

Namun jangan khawatir, sebab ada alternatif lain yang bisa Sedulur coba, yakni menggunakan hair dryer. Sedulur bisa mengeringkan jaket dengan mengangin-anginkannya menggunakan hair dryer sambil menggantung jaket.

BACA JUGA: 20 Rekomendasi Warna Cat Rumah Bagian Dalam yang Elegan

5. Berikan lotion

Freshlab

Setelah kering, jangan lupa untuk tetap menjaga kelembapan jaket kulit. Kelembaban jaket kulit ini harus tetap terjaga agar permukaannya selalu mulus seperti baru. Oleh karena itu, Sedulur perlu memberikan lotion atau minyak zaitun agar warna jaket tetap terjaga dan mengkilap, serta kelenturannya tetap terjaga.

Cara pengaplikasiannya juga mudah. Sedulur cukup menuangkan sedikit minyak zaitun atau lotion pada kain lap, lalu mengelap permukaan jaket secara merata. Pada proses ini, Sedulur tidak perlu setiap hari melakukannya, namun hanya sesekali saja.

6. Jangan melipat jaket

Konveksi Surabaya

Langkah selanjutnya terkait penyimpanan jaket. Berbeda dengan baju biasa, Sedulur tidak bisa melipat jaket kulit dan menyimpannya secara bertumpuk. Sebisa mungkin hindari melipat jaket kulit di dalam lemari untuk jangka waktu yang lama. 

Jika jaket sudah kering, Sedulur bisa menyimpan jaket dengan cara menggantungnya. Hal ini karena melipat jaket kulit dalam waktu lama akan membuat bekas lipatan yang bisa mengubah bentuknya. Lipatan tersebut juga cenderung membuat kulit jaket terkelupas.

Oleh karena itu, Sedulur bisa menggantung jaket dan menutupnya dengan plastik untuk menghindari debu. Hindari pula pemakaian parfum saat menggunakan jaket kulit, sebab kandungan zat kimia pada parfum bisa mengubah tekstur maupun warna jaket. Jika ingin menggunakan parfum, semprotkan saja pada bagian pergelangan tangan. 

BACA JUGA: 7 Bahan Alami Pembasmi Serangga di Rumah Paling Ampuh!

7. Simpan di tempat sejuk

cara cuci jaket kulit
Cleanipedia

Langkah terakhir yang penting diperhatikan adalah menyimpan jaket kulit pada tempat yang sejuk. Kelembapan yang tinggi dapat mengundang jamur untuk tumbuh, yang biasanya ditandai dengan munculnya bercak putih dan tidak mudah dihilangkan. Jamur yang tumbuh pada jaket kulit juga akan menimbulkan bau apek yang mengganggu.

Itu dia beberapa langkah mengenai cara cuci jaket kulit yang baik dan benar. Dengan perawatan yang tepat, jaket kulit yang Sedulur miliki tentu akan bertahan dalam jangka waktu yang lama. Selain itu, tampilannya juga akan tetap baru layaknya waktu pertama kali menggunakannya.  

Selain mencuci jaket kulit, jangan lupa juga untuk mencuci pakaian dengan baik dan benar. Sedulur bisa menggunakan detergen, pelembut pakaian, dan pengharum baju yang bisa dibeli melalui Aplikasi Super. Selain mudah pembeliannya, Sedulur juga akan mendapatkan harga yang terjangkau.

Tunggu apalagi? Segera download Aplikasi Super di PlayStore sekarang juga dan nikmati belanja dengan berbagai promo dan cashback menarik. Ada juga harga grosir dan voucher gratis ongkir yang akan membuat belanja semakin murah.