desain tangga rumah sempit

Salah satu alternatif yang bisa digunakan untuk hunian dengan lahan terbatas adalah penambahan lantai atas atau lantai bertingkat. Akan tetapi, kita juga perlu menyesuaikan desain tangga rumah sempit supaya bisa terlihat lebar dan tidak sesak. Tangga merupakan sebuah penghubung dari lantai bawah menuju atas yang juga perlu diperhatikan tatanannya.

Tangga juga akan mempengaruhi sebuah tampilan bangunan selain berfungsi sebagai penghubung. Apabila Sedulur memiliki tangga hunian yang kurang menarik, maka bisa mendekorasinya dengan unik, menarik, serta sesuai dengan konsep hunian. Supaya tidak bingung lagi, berikut adalah berbagai macam rekomendasi desain tangga rumah sempit yang bisa dipilih. Yuk, disimak.

BACA JUGA: Scandinavian Desain Rumah Minimalis yang Sedang Populer

1. Tangga beton

desain tangga rumah sempit
Dekoruma

Jika Sedulur menginginkan desain yang tak cuma indah dipandang tapi juga kuat, tidak mudah cepat rusak, awet, serta berumur panjang, maka model tangga sempit yang satu ini bisa dijadikan sebagai pilihan. Agar semakin keren, bisa menggunakan teknik untuk mempercantiknya dengan menggunakan lampu atau yang biasanya disebut dengan stair light. 

Namun, jenis dengan bahan dasar beton ini memiliki sifat permanen. Jadi, sebelum memilih dan membuatnya, ada baiknya untuk benar-benar memperhitungkan dan memperhatikan struktur bangunannya yang mencakup ukuran tinggi dan ukuran lebar.jika struktur bangunannya sudah salah, maka hal ini akan berakibat pada ketidaknyamanan ketika menggunakannya. 

2. Tangga curam serba ringkas

desain tangga rumah sempit
Mamikos

Pilihan berikutnya adalah tangga curam serba ringkas yang serupa dengan tangga yang terletak pada loteng. Jika dilihat dari tampilan visualnya, jenis yang satu ini memiliki kesan hemat ruang dan sangat ringan. Rekomendasi yang satu ini merupakan solusi yang mudah dan praktis untuk Sedulur yang menempuh jarak vertikal antara dua lantai dalam jangkauan area yang cukup pendek. Selain itu, desain seperti ini juga cocok digunakan untuk hunian yang kecil dan minimalis. Memang, tangga curam seperti ini sangatlah ringkas. Akan tetapi, Sedulur harus tetap berhati-hati jika akan menaikinya karena seperti memanjat. 

3. Tangga kayu

desain tangga rumah sempit
Rumah 123

Inspirasi desain tangga rumah sempit simple berikutnya adalah dengan menggunakan bahan dasar kayu. Penggunaan bahan dasar ini bisa dipilih supaya suasana hunian menjadi lebih hangat dan nyaman. Dengan dekorasi yang minimalis serta elemen pendukung yang tidak terlalu berlebihan, maka inspirasi yang satu ini dapat menjadi sebuah bagian yang cukup menarik serta fungsional. 

Sama dengan yang berbahan dasar kaca, jenis kayu ini juga cukup sering digunakan pada hunian atau perumahan yang mewah. Untuk ketahanannya, Sedulur tidak perlu lagi khawatir. Jika menggunakan jenis yang berkualitas tinggi, maka akan semakin menarik seiring berjalannya waktu. 

Untuk menonjolkan kesan yang minimalis, bahan dasar kayu juga tidak memerlukan berbagai elemen dekorasi yang menjadi pendukungnya. Tak cukup sampai disitu saja, hunian yang memiliki material utama kayu juga sangat kuat dan kokoh. Supaya kekokohannya terjamin, maka Sedulur bisa menggunakan jenis kayu jati atau mahoni sebagai material utamanya. 

BACA JUGA: 15 Aplikasi Desain Rumah Terbaik yang Mudah & Gratis

4. Tangga gantung

desain tangga rumah sempit
Olx

Rekomendasi jenis tangga rumah sempit selanjutnya adalah tangga gantung yang tidak begitu banyak orang tahu. Walaupun begitu, desain yang satu ini memiliki bentuk yang cukup unik serta tidak membutuhkan banyak ruangan untuk konstruksinya. Karena desain ini ditopang dengan menggunakan rangka besi yang kuat, maka jenis ini tidak memanfaatkan sedikitpun pondasi lantai. 

5. Tangga spiral

desain tangga rumah sempit
Dekorima

Tangga spiral sangat cocok untuk diaplikasikan hunian minimalis dengan memiliki ruangan yang cukup sempit. Jenis yang satu ini terkesan lebih fleksibel jika dibandingkan dengan beberapa jenis yang sebelumnya. Sehingga, penggunanya bisa menghemat ruangan karena tidak terlalu banyak memakan tempat.

Selain hemat ruang, model spiral juga mempunyai berbagai pilihan desain yang menarik. Sehingga, bisa menambah nilai estetika dan keindahan pada suatu ruangan. Akan tetapi, ada beberapa kekurangan yang dimiliki jenis atau model ini. 

Diantaranya adalah konsepnya yang memutar sehingga mempunyai ukuran lebar yang berbeda pada setiap anak tangganya. Jadi, jika penghuninya masih belum terbiasa dalam menggunakannya, maka bisa saja membahayakan. Tak sampai disitu saja, jenis ini juga akan sulit untuk memindahkan barang yang memiliki ukuran yang cukup besar ke lantai atas. 

6. Tangga ruang penyimpanan

desain tangga rumah sempit
Grid

Seperti yang telah diketahui sebelumnya, fungsi dari tangga adalah sebagai penghubung antara lantai atas dan bawah. Jadi, penggunaannya bisa membantu seseorang untuk turun dan naik. Akan tetapi, tangga juga bisa dikreasikan dengan hal yang berbeda, seperti menambah fitur eye-catching dengan bentuk yang tidak biasa dari fungsi utamanya. 

Misalnya adalah tangga yang mempunyai fungsi ruang penyimpanan untuk buku, sepatu, dan berbagai hal lainnya. Jadi, penghuninya dapat menyimpan berbagai macam barang dengan praktis dan efisien.Menyulap tangga dengan fungsi ganda juga bisa menjadi salah satu alternatif bagi Sedulur yang butuh ruang untuk menyimpan barang selain gudang. 

Akan tetapi, jangan asal membuatnya dengan menambahkan rak penyimpanan, ya. Sebisa mungkin, buatlah bentuk yang menyesuaikan dengan ruangan yang ada. Alasannya, supaya barang yang dimiliki bisa tersimpan dengan rapi dan baik. Tak hanya multifungsi saja, desain yang satu ini juga memiliki peran untuk menambah estetika ruangan. 

BACA JUGA: 15 Desain Rumah Minimalis 2 Lantai untuk Keluarga Modern

7. Tangga semen

desain tangga rumah sempit
Tokopedia

Tangga dengan bahan dasar semen memiliki kesan yang tampak sederhana karena penghuninya tidak harus menggunakan berbagai macam material untuk desain ini. Walaupun menggunakan bahan material yang cukup sedikit, hal ini tidak membuat pilihan yang satu ini tidak menarik dan cantik. Sebaliknya, pilihan yang minimalis dan ekonomis ini sangat cocok untuk desain hunian yang ingin terlihat sederhana namun tetap memiliki unsur alami. 

8. Tangga dengan perosotan

desain tangga rumah sempit
Brilio

Desain tangga rumah sempit yang satu ini mungkin akan menjadi pilihan favorit anak kecil. Alasannya, mereka bisa bermain pada tangga yang unik ini. Dengan menambahkan papan seluncur kecil, maka bisa membuat hunian menjadi lebih unik dan kekinian. Rekomendasi yang satu ini dapat dicoba oleh Sedulur yang ingin memiliki tampilan hunian yang menyenangkan. 

9. Tangga cubism

desain tangga rumah sempit
Tokopedia

Jika Sedulur sedang menginginkan tangga rumah dengan desain modern kontemporer, maka bisa dihidupkan kembali berbagai elemen pendukungnya dengan ruang-ruang berbentuk lingkaran. Untuk menunjang konsep modern kontemporer, maka Sedulur juga bisa menambahkan elemen dari kayu dan sedikit sentuhan dengan nuansa monokrom yang terbuat dari besi. Tak hanya bisa mendapatkan kesan dinamis, pilihan yang satu ini tidak akan menghabiskan seluruh bagian ruang. Jadi, bisa dibilang hemat ruang. 

BACA JUGA: Berencana Renovasi Rumah? Intip 10 Inspirasi Desain Rumah Ini

10. Tangga emmental

desain tangga rumah sempit
Dekoruma

Tangga emmental adalah jawaban dari keinginan Sedulur yang hendak mempercantik hunian minimalis dengan desain tangga rumah sempit yang cantik dan tidak biasa. Rekomendasi yang satu ini adalah hasil dari kreasi kaum muda di negara Inggris. Sesuai dengan namanya, tangga ini mempunyai bentuk yang serupa dengan keju Swiss. Seperti yang diketahui banyak orang, keju Swiss mempunyai banyak lubang dan mata yang berukuran besar. Tak hanya digunakan sebagai aksen hiasan, berbagai lubang yang terdapat pada jenis ini juga dapat digunakan untuk pegangan ketika hendak menaiki tangga tersebut.

11. Permainan warna tangga yang senada

Yahoo Berita

Jangan takut ketika ingin  menggunakan warna cerah untuk desain tangga ruang sempit dengan material yang tidak terbatas.Salah satu rekomendasinya adalah dengan menambahkan warna kuning. Kuning mempunyai daya tarik yang tidak pernah termakan oleh waktu. Selain itu, warna cerah ini juga bisa menambah keceriaan dalam hunian yang minimalis. Maka dari itu, pendekatan desain yang satu ini masih tetap berhasil diterapkan untuk hunian yang sempit meskipun terlihat dan terkesan berani. 

12. Tangga kaca

Detik

Jika Sedulur tertarik dengan desain tangga rumah 2 tingkat yang cantik sekaligus futuristik, maka menggunakan bahan material utama kaca bisa menjadi alternatif. Memang, saat ini penggunaan bahan kaca tengah populer dan banyak diminati. Biasanya, jenis yang satu ini banyak dipakai untuk hunian yang sempit, seperti ruangan 3×3. Tak hanya bisa menciptakan ruangan yang tampak luas, pilihan ini juga bisa menjadi solusi dalam memaksimalkan cahaya yang masuk di dalam ruangan. 

Pilihan yang satu ini juga bisa dicoba dengan membalutnya menggunakan keramik bermotif marble yang railing kacanya berwarna gelap. Dengan menggunakannya, maka konsep gemerlap akan datang. Apalagi, jika dikombinasikan dengan kerlip lukisan serta lampu sorot berwarna terang. 

Maka, semua itu akan membuat hunian menjadi terkesan mewah dan mahal. Akan tetapi, perlu diingat bahwa rekomendasi yang satu ini harus menggunakan konsep serta persiapan interior yang matang. Tujuannya adalah supaya tidak memberikan kesan yang berantakan dan bertabrakan dengan motif yang sudah ramai. 

BACA JUGA: 20 Inspirasi Desain Rumah Minimalis & Estetik, Mana Pilihanmu?

13. Tangga berbentuk “U”

Builder ID

Kita pastinya sudah sering menjumpai model tangga berbentuk “U” karena ruangan yang diperlukan untuk mengaplikasikannya tidaklah terlalu banyak. Sehingga, bentuk huruf “U” ini cocok untuk hunian yang memiliki interior minimalis karena memiliki bentuk yang berbelok arah. Bentuk ini cocok digunakan dan diaplikasikan pada ruangan yang kecil. 

Selain itu, pilihan ini juga memiliki bentuk yang kekinian dan bisa dimodifikasi atau dibuat mengarah ke kanan dan ke kiri. Karena model ini tidak memakan banyak tempat, maka penggunaannya sudah banyak diterapkan pada rumah yang minimalis dan kekinian. 

14. Tangga klasik kekinian

Ruang Arsitek

Salah satu rekomendasi model tangga rumah sempit 2 lantai selanjutnya yang bisa Sedulur gunakan adalah dengan konsep klasik kekinian. Konsep yang satu ini kenyataannya sudah banyak diminati terutama di kalangan anak muda karena selain tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar untuk merenovasi keseluruhan hunian, juga memiliki bentuk yang estetik. 

Walaupun hunian sudah terlihat usang serta membosankan, Sedulur masih bisa merombak dan memodifikasinya menjadi perpaduan gaya modern dan klasik. Tonjolkan saja dominasi warna putih yang bersih dengan sentuhan warna kayu coklat yang terletak di railing tangga.

Supaya lebih keren, Sedulur juga bisa menciptakan kontras yang menonjolkan sisi tangga yang minimalis. Dekorasinya pun terbilang cukup mudah dan tidak ribet. Sedulur hanya perlu menambahkan furnitur dan peralatan lainnya yang berwarna putih polos. Tambahkan juga tanaman hias berwarna hijau supaya ruangan terlihat tidak monoton dan terkesan alami. 

15. Konsep setengah hand railing

Pinhome

Desain tangga rumah sempit yang satu ini memang sekilas cuma mempunyai satu garis permukaan kayu saja. Tak hanya itu, tipe yang satu ini juga mempunyai ukuran yang cukup ringkas dan kecil. Sehingga, penghuninya masih bisa memanfaatkan lahan sisanya untuk keperluan lainnya. 

Akan tetapi, penghuninya harus berhati-hati ketika akan menaikinya. Alasannya karena cuma terdapat satu sisi hand railing saja yang bisa menjadi tumpuan pegangan dengan sisi yang tidak tertutup. 

Jenis ini memiliki bentuk dan konsep yang bisa membuat tampilan hunian menjadi unik serta lebih menonjolkan karakternya. Pilihan ini menggunakan permainan dengan bentuk gaya modern kontemporer. Walaupun begitu, penggunaannya tetap memiliki daya tahan dan kekokohan yang kuat dan awet.

BACA JUGA: 14 Desain Kolam Ikan Mini di Teras Rumah Modern & Kekinian

16. Model tangga lipat

Draftgorenh

Model tangga lipat hampir memiliki kemiripan dengan tangga tersembunyi. Pilihan yang satu ini juga bisa memaksimalkan ruangan ketika tidak ada penghuni yang akan memakainya. Jika menginginkannya, maka harus memilih pondasi engsel yang kuat supaya cukup awet untuk dibuka dan dilipat. 

Pilihan yang satu ini juga akan cocok untuk Sedulur yang ingin menciptakan konsep minimalis sekaligus inovatif dalam hunian. Cara untuk memasangnya adalah dengan menanamkannya pada dinding langsung tanpa adanya penahan yang lainnya pada bagian bawah. Yang menjadi sorotan utama dalam model ini adalah efek melayangnya. Namun, perlu hati-hati ketika menaikinya, ya!

17. Tangga split

Dekoruma

Salah satu bahan atau material yang sering dijadikan sebagai pilihan bahan dasar dalam pembuatan hunian tangga adalah menggunakan konsep kayu. Alasannya, sifat kayu adalah kuat dan fleksibel. Selain itu, kayu juga memiliki banyak pilihan motif. Jadi, bisa dijadikan sebagai nilai lebih pada kayu untuk memperindah tampilan hunian. 

Model split bisa menjadi pilihan desain tangga luar rumah yang terkesan sederhana dan tetap tertata rapi. Selain itu, tipe yang satu ini sangat cocok untuk Sedulur yang menginginkan cahaya matahari alami yang bisa menyinari berbagai permukaan pada hunian. Karena adanya refleksi cahaya yang ditampilkan, maka bisa membuat sebuah permainan ilusi yang terkesan hangat dan nyaman. 

Akan tetapi, konsep yang terkesan unik ini kurang disarankan untuk penghuni yang memiliki anak kecil di dalam hunian. Alasannya, tangga ini mempunyai sisi yang bolong di bagian pertengahan. Sehingga, akan mempunyai risiko anak untuk terjatuh dan berbahaya. Maka dari itu, Sedulur masih bisa mencobanya dengan gaya yang tertutup total, ya.

18. Minimalis dengan elemen gelap

Line Today

Selanjutnya adalah dengan memberikan konsep minimalis yang memiliki elemen gelap. Desain tangga rumah sempit ini akan menonjolkan kesan yang hangat dan khas karena memiliki warna alami kayu. Kemudian, konsep minimalis yang satu ini juga memadukan pilihan warna tangga yang gelap dan didominasi dengan warna putih di dinding. 

Jadi, perpaduan warna yang satu ini terkesan ideal dengan konsep minimalis monokrom dengan kesan yang modern dan cerah. Untuk posisi tangga, Sedulur bisa mencoba untuk menempatkannya dengan cara menempel ke permukaan dinding secara vertikal supaya menambah kesan ruangan yang tinggi. 

BACA JUGA: Mengenal Rumah Kontainer: Harga, Plus Minus & Desainnya

19. Tangga model zig-zag

Line Today

Berikutnya adalah desain zig-zag yang tampak cukup segar ketika melihat model yang lain. Desain tangga rumah sempit ini menggunakan model bentuk huruf L yang terbuat dari kayu yang tebal serta berwarna seperti batangan coklat. Bentuk ini akan membuatnya tampak kokoh dan tangguh. Selain itu, model yang satu ini juga dianggap hemat ruangan. Sehingga, cocok untuk hunian yang sempit. 

20. Loteng ala rural hollywood

Courtina

Jika Sedulur gemar menonton film Hollywood, maka pilihan desain tangga rumah sempit yang satu ini bisa dicoba. Biasanya, pada gudang peternakan ala film Hollywood menampilkan loteng yang tempat tidurnya diletakkan di atas sebuah lantai yang kokoh dengan material kayu. Pada pinggirannya, ada pagar yang berpola silang dan bisa membangun kesan tersebut. Jangan lupa untuk menambahkan ornamen gantung supaya kesannya semakin kuat. 

Nah, itu dia berbagai inspirasi dan rekomendasi desain tangga rumah sempit yang bisa Sedulur pilih supaya hunian menjadi lebih nyaman. Sebelum memutuskan untuk memilihnya, pertimbangkan terlebih dahulu beberapa aspek seperti panjang dan lebar anak tangga, jarak antar anak tangga, serta kecuramannya. Selain itu, sesuaikan dengan budget yang ada, ya! Semoga membantu.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!