bleaching highlight rambut pria

Di era sekarang, bleaching highlight rambut pria jadi sangat populer karena banyak digunakan para artis luar negeri sebagai salah satu gaya fashion. Jadi tidak heran penggunaan gaya ini bisa meningkatkan penampilan rambut menjadi lebih keren. Tren mewarnai rambut seakan nggak ada habis-habisnya, dengan berbagai macam paduan warna serta model yang sangat unik.

Namun, bleaching highlight rambut pria bisa jadi berisiko kalau Sedulur masih awam dengan cara-caranya, lho! Untuk itu, perlu mengetahui beberapa tipsnya. Jadi simak 10 cara bleaching rambut pria di rumah anti gagal berikut ini, yuk!

BACA JUGA: 15 Rekomendasi BB Cream Terbaik Untuk Kulit Berminyak di 2023

Cara bleaching highlight rambut pria yang aman dan anti gagal

Agar proses bleaching highlight rambut pria Sedulur aman dan tidak gagal, coba perhatikan langkah-langkah di bawah ini. Mulai dari merawat rambut secara rutin sebelum bleaching, menyiapkan seluruh peralatan yang dibutuhkan, memakai petroleum jelly agar tidak gatal dan panas, hingga menggunakan conditioner dan masker rambut untuk mengembalikan kesehatan rambut.

1. Rutin rawat rambut sebelum memulai proses bleaching

Depositphotos

Sebelum memulai proses bleaching highlight rambut pria, ada baiknya bagi Sedulur untuk mempersiapkan proses ini dari jauh-jauh hari. Salah satu persiapan yang jangan sampai terlewat adalah perawatan rambut yang rutin.

Mem-bleaching rambut sama artinya dengan membuat rambut terkena zat kimia asing dan kuat, tidak jarang rambut menjadi terasa sangat kering. Jadi, tidak ada salahnya bagi Sedulur untuk memperkuat rambut terlebih dahulu sebelum hari H.

Beberapa caranya adalah dengan rutin memakai conditioner, masker rambut, atau bisa juga ditambah serum rambut khusus. Dengan begitu, akar rambut akan semakin kuat, sehingga rambut bisa tumbuh dengan sehat. Kelembaban rambut pun akan terjaga, jadi rambut bakal tidak terlalu kering jika sudah di-bleaching.

2. Siapkan peralatan yang dibutuhkan

bleaching highlight rambut pria
BeBeautiful

Kumpulkan perlengkapan yang dibutuhkan sebelum memulai proses bleaching. Yang paling penting yaitu bubuk bleaching, developer, sisir, sarung tangan, dan wadah untuk cairan bleaching.

Developer sendiri adalah cairan yang bereaksi ketika bubuk pemutih rambut menghilangkan warna asli rambut Sedulur. Developer memiliki ragam volume yang berbeda, seperti volume 20, volume 30, volume 40, dan sebagainya. Semakin tinggi volume, maka semakin kuat hasil putih pada rambut. Namun, semakin tinggi volume, semakin tinggi pula kemungkinan rambut Sedulur akan rusak dan kering. Sebaiknya pilih developer 30 saja, ya Sedulur!

Untuk sarung tangan, ia akan melindungi tangan Sedulur dari bahan-bahan bleaching yang mengandung zat kimia keras. Jadi, tangan Sedulur akan terhindar dari rasa gatal atau panas.

BACA JUGA: 11 Model Baju Brokat Untuk Orang Gemuk agar Terlihat Ramping!

3. Gunakan petroleum jelly pada hariline dan telinga

bleaching highlight rambut pria
Depositphotos

Produk bleaching highlight rambut pria biasanya mengandung zat kimia yang sangat kuat. Saking kuatnya, tak jarang orang-orang yang melakukan bleaching merasakan sensasi panas gatal menggelitik pada kulit kepala dan telinga.

Untuk mengatasi efek samping tersebut, Sedulur dapat menggunakan petroleum jelly pada hairline dan telinga. Bisa juga dipakai di area dahi, pipi, serta leher. Petroleum jelly dapat melindungi Sedulur terkena bahan-bahan bleaching yang dapat membuat gatal dan panas.

4. Hindari bleaching hingga akar rambut

bleaching highlight rambut pria
My Hairdresser Online

Gunakan batang sisir untuk membagi rambut dan pastikan bleaching sudah diaplikasikan secara merata, ya Sedulur! Setiap bagian rambut usahakan untuk diambil tipis-tipis saja, demi memastikan cairan bleaching telah mencapai semua rambut. Sebaiknya olesi bleaching dan beri jarak 2 cm dari akar rambut agar rambut Sedulur tidak patah.

BACA JUGA: 10 Jenis Eyelash Extension Terbaik Agar Bentuk Mata Makin Elegan!

5. Diamkan selama kurang lebih 30 menit

Depositphotos

Setelah rata, diamkan bleaching selama 30 menit. Jika kepala Sedulur merasakan sensasi panas dan terasa gatal berlebihan, ada baiknya Sedulur langsung keramas di kamar mandi. Lanjutkan proses bleaching dengan mendatangi penata rambut profesional agar rambut tetap terjaga, meski akan mengeluarkan sedikit uang ekstra.

6. Bilas rambut sampai bersih dengan menggunakan air dingin

Depositphotos

Jika sudah lebih dari 30 menit, Sedulur bisa langsung membilas rambut dengan air dingin. Hindari air yang panas karena rambut Sedulur akan semakin kering dan proses bleaching dapat rusak. Bilas hingga cairan bleaching tidak tersisa lagi di rambut.

BACA JUGA: 10 Parfum Pria Terbaik di 2023, Wanginya Enak dan Tahan Lama!

7. Gunakan conditioner untuk menutrisi kembali rambut

Depositphotos

Proses bleaching highlight rambut pria dan wanita biasanya akan membuat rambut menjadi super kering. Penampilan Sedulur bisa berkurang apabila rambut kering tersebut dibiarkan, terlihat sangat kaku dan tidak terawat.

Pasti Sedulur nggak mau terlihat seperti itu, kan? Nah, salah satu solusi alternatif untuk mengatasi permasalahan pasca proses bleaching highlight ini adalah dengan rutin menggunakan conditioner. Conditioner merupakan produk perawatan rambut yang tujuan utamanya menutrisi sekaligus melembabkan. Dengan rutin memakai conditioner, Sedulur bisa perlahan-lahan mengembalikan kehalusan, kelembutan, serta kesehatan rambut seperti semula.

8. Jangan cuci rambut selama seminggu

Depositphotos

Sebagai langkah perawatan rambut Sedulur setelah proses bleaching, Sedulur tidak perlu mencucinya dengan sampo selama kurang lebih seminggu. Jika ingin keramas dan mencuci rambut karena gerah, cukup gunakan air saja atau jika ingin ditambah dengan conditioner.

Kenapa kita tidak boleh mencuci rambut setelah proses bleaching? Setelah bleaching rambut selesai, rambut biasanya akan kehilangan minyak alaminya. Jadi, dalam interval waktu satu minggu tersebut biasanya rambut akan mengumpulkan minyak alami dari kulit kepala. Jika Sedulur keramas dengan menggunakan sampo, maka dikhawatirkan rambut akan menjadi tambah kering dari sebelumnya.

9. Hindari mencatok rambut

bleaching highlight rambut pria
Depositphotos

Setelah proses bleaching, pastikan Sedulur tidak mencatok rambut. Rambut yang frizzy setelah bleaching biasanya akan sedikit sulit untuk dibuat lurus dan halus. Terlebih lagi kondisinya yang sedang kering akibat bahan-bahan kimia pada produk bleaching

Apabila Sedulur nekat untuk mencatok rambut, dikhawatirkan rambut akan semakin kering dan malah rusak. Jadi, ada baiknya Sedulur menunggu beberapa waktu dulu hingga kesehatan dan kelembaban rambut kembali sebelum mulai bereksperimen dengan catokan.

10. Pakai masker rambut minimal seminggu sekali

bleaching highlight rambut pria
Depositphotos

Sebelumnya sudah kita bahas alasan mengapa penggunaan conditioner sangat penting pasca proses bleaching. Selain conditioner, Sedulur juga bisa merutinkan pemakaian masker rambut. Masker rambut sejatinya memiliki tujuan yang sama dengan conditioner

Akan tetapi, kadar kelembaban dan nutrisi yang diberikan produk tersebut biasanya akan lebih banyak ketimbang conditioner. Maka dari itu, coba rutinkan penggunaan masker rambut minimal seminggu sekali agar kesehatan rambut Sedulur kembali seperti semula.

Nah Sedulur, itu dia 10 cara bleaching highlight rambut pria yang bisa Sedulur coba sendiri. Beberapa caranya meliputi merawat rambut secara rutin sebelum bleaching, menyiapkan seluruh peralatan yang dibutuhkan, memakai petroleum jelly agar tidak gatal dan panas, hingga menggunakan conditioner dan masker rambut untuk mengembalikan kesehatan rambut.

Jika sudah tanda-tanda tidak beres dari proses bleaching, sebaiknya hentikan dan segera bilas rambut, ya! Serahkan saja pada penata rambut profesional agar kesehatan rambut Sedulur tetap terjaga.

Kalau Sedulur ingin membeli conditioner dan masker rambut, coba cari di Aplikasi Super, deh! Selain memenuhi kebutuhan sembako, di Aplikasi Super juga tersedia berbagai macam produk perawatan diri, termasuk perawatan rambut. Harga murah, cara belinya gampang, langsung dikirim plus gratis ongkir lagi!

Nggak percaya? Cek sendiri di Aplikasi Super, yuk! Aplikasi Super, bikin belanja makin mudah, bikin belanja makin murah!