bunga anggrek

Perawatan  bunga anggrek memang dikatakan susah-susah gampang. Sebab, beda jenis anggreknya, maka akan beda pula dalam perawatannya. Baik itu untuk jenis anggrek dendrobium, cathleya, vanda atau bahkan bulan.

Anggrek merupakan tanaman epifit atau menempel di pohon,  meski beberapa jenis ada yang bisa hidup di tanah, namun mayoritas anggrek lebih banyak hidup menempel di pohon-pohon besar seperti di pohon mangga. Di alam liar, anggrek sangat menyukai tempat yang teduh dan mendapat sinar matahari cukup.

Nah, bicara mengenai perawatan bunga anggrek,  berikut tim Aplikasi Super memberikan penjelasannya untuk Sedulur

BACA JUGA : Mengenal Kucing Mixdom, Kucing Ras Campuran Lucu & Populer

-->

1. Asal usul bunga anggrek

Cara Merawat Anggrek Agar Tumbuh Subur
liputan 6

Munculnya bunga anggrek memang tidak lepas dari asal-usul sejarahnya. Sejarah paling awal mengenai anggrek tertulis dalam gambaran serta sastra Cina dan Jepang pada tahun 700 SM. Penamaan anggrek dimulai pada tahun 250-300 tahun lalu saat para misionaris gereja, personil tentara dan penjelajah mulai melakukan tradisi mengirimkan tanaman untuk teman dan keluarga.

Dalam tradisi ini, mengundang pelaut untuk kembali dengan membawa tanaman eksotis anggrek dari daratan sebrang.Pada jaman tersebut anggrek dianggap cukup langka, sehingga hanya orang kaya yang bisa memilikinya pada jaman dahulu. Maka dari itu, memiliki tanaman anggrek adalah sebuah kemewahan.

BACA JUGA : Cara Mengetahui WA Disadap Orang Lain, Tandai Cirinya!

2. Alasan bunga anggrek punya banyak peminat

Cara Merawat Anggrek Agar Tumbuh Subur
sehatq

Bunga  anggrek selalu menjadi idaman buat banyak kalangan, meski hanya untuk sekadar dikoleksi atau bisa dijadikan ladang bisnis. Warna yang ditampilkan dari tanaman anggrek yang berwarna-warni tentu membuat siapapun akan tertarik untuk memilikinya. Sampai saat ini, pecinta anggrek selalu bertambah tidak memandang usia dan jenis kelamin.

BACA JUGA : 10 Penyebab Munculnya Bintik Merah Pada Kulit & Cara Atasinya

3. Karakteristik bunga anggrek

Cara Merawat Anggrek Agar Tumbuh Subur
kompas

Karakteristik tanaman anggrek adalah mereka selalu tumbuh dengan menempel ke pohon besar seperti mangga atau pohon lainnya. Jadi bisa dikatakan bahwa anggrek merupakan jenis tanaman epifit  dan bisa dijumpai di alam liar. Meski demikian, ada beberapa ciri khusus bunga anggrek yang tidak ditemui di tanaman lain.

Ciri khusus bunga anggrek ini menjadikan anggrek begitu istimewa sebagai tanaman hias. Anggrek merupakan keluarga terbesar tanaman berbunga, yang sebagian besar mendiami daerah tropis. Di seluruh dunia, ada sekitar 735 genera yang mewakili setidaknya 20.000 spesies.

Ciri khusus bunga anggrek biasanya meliputi bentuk, strukutur dan kelopak. Ciri khusus bunga anggrek lain yang membuatnya begitu digemari adalah masa berbunganya yang cukup lama seperti halnya jenis bulan, vanda atau bahkan dendrombium. Ciri khusus bunga anggrek juga menggambarkan karakteristik tanaman anggrek secara keseluruhan.

BACA JUGA : 10 Manfaat Minyak Tawon Untuk Kesehatan Tubuh, Wajib Tau!

4. Habitat bunga anggrek

Cara Merawat Anggrek Agar Tumbuh Subur
mongabay

Tanaman bunga anggrek sebenarnya bisa kita jumpai di beberapa daerah tropis khatulistiwa, tundra Arktik, dan bisa dibudidayakan di mana pun. Tidak seperti kebanyakan tanaman, mereka tidak tumbuh di tanah. Akar anggrek menempel pada pohon atau batu di mana mereka selalu menangkap kelembaban dan nutrisi yang membasuhnya di hutan hujan.

Namun, sebagian besar anggrek yang dibudidayakan adalah tanaman asli daerah tropis. Karena anggrek tropis ini biasanya tumbuh tinggi di pohon, daripada di tanah hutan, mereka terbiasa dengan sirkulasi udara yang baik dan banyak cahaya.

BACA JUGA : 10 Penyebab Sakit di Ulu Hati, Gejala & Cara Mengobatinya

5. Jenis – jenis anggrek

Cara Merawat Anggrek Agar Tumbuh Subur
balipost

Sejauh ini kita mengetahui  ada empat jenis anggrek yang sangat populer untuk dibudidayakan. Keempat jenis tersebut adalah sebagai berikut:

Bunga anggrek bulan

Pada posisi pertama ada nama anggrek bulan. Anggrek ini selalu jadi primadona banyak kalangan karena memiliki beragam corak, motif hingga warna yang dihasilkan dari kelopak bunganya. Tidak hanya itu, anggrek bulan juga termasuk salah satu jenis anggrek yang sangat awet untuk bunganya. Untuk jenis bulan, masih ada tiga jenis lagi yaitu, anggrek bulan mini, medium hingga premium atau besar.

Anggrek dendrombium

Anggrek dendrombium  juga salah satu tanaman anggrek yang populer di kalangan para pecinta anggrek. Tinggi tanaman anggrek jenis ini, bisa mencapai. Pola pertumbuhan anggrek Dendrobium bertipe simpodial, yaitu memiliki pertumbuhan ujung batang terbatas. Batang ini tumbuh terus dan akan berhenti setelah mencapai batas maksimum. Pertumbuhan ini akan dilanjutkan oleh anakan baru yang tumbuh di sampingnya.

Pada anggrek simpodial ini terdapat penghubung yang disebut rhizoma atau batang di bawah tanah. Dari rhizoma ini akan keluar tunas anakan baru. Di antara rhizoma dan daun ada semacam umbi yang disebut pseudobulb (umbi palsu). Ukuran maupun bentuk pseudobulb bervariasi. Karakteristik anggrek jenis ini adalah, bisa tumbuh menjulang sampai 2 meter. Untuk beberapa jenis tertentu seperti keriting.

Anggrek catleya

Catleya adalah salah satu genus dari 42 spesies anggrek dari Kosta Rika sampai bagian Tropis  Amerika Selatan dan merupakan salah satu marga anggrek epifit.  Diberi nama Cattleya oleh John Lindley pada tahun 1824 setelah Sir William Cattley yang berhasil membudidayakan spesimen Cattleya Labiata yang digunakan sebagai kemasan materi dalam pengiriman anggrek lainnya. Anggrek jenis ini hidup menumpang pada pohon-pohon kayu besar, sehingga mereka terlindung dari paparan sinar matahari langsung dan memperoleh kelembaban yang sangat mereka butuhkan.

Karakteristik bunga anggrek jenis ini adalah, munculnya bunga tidak awet namun sekali munculnya bunganya sangat indah. Rentang waktu berbunga hanya berlangsung singkat antara seminggu sampai dua minggu saja.

Anggrek vanda

Terakhir ada jenis anggrek vanda. Anggrek ini juga populer di kalangan pecinta anggrek karena bunganya yang awet. Anggrek jenis ini biasanya hanya perlu digantungkan saja, tanpa perlu media tanam dan lain sebagainya. Tidak hanya itu, hal ini dilakukan supa akar bisa tumbuh lebih panjang.

Anggrek tanah

Tidak seperti biasanya yang kita ketahui bahwa tanaman anggrek hidup menempel pada pohon besar atau lain sebagainya. Namun, untuk jenis anggrek tanah akan sebaliknya, mereke tetap bisa berbunga meski hidup di tanah. Beberapa anggrek yang masuk ke dalam jenis anggrek tanah adalah, jenis cymbidium, anggrek kalajengking, vanda douglas hingga anggrek tanah golden boy.

BACA JUGA : 10 Cara Menipiskan Bibir Secara Alami & Mudah Agar Makin Manis

6. Media tanam bunga anggrek

gudviral

Media tanam anggrek sebenarnya sangat sederhana. Anggrek adalah tanaman yang tidak terlalu banyak menggunakan media tanam. Mereka hanya membutuhkan sebuah media menempel sepeti penggunaan papan pakis, moss atau lumut, arang kelapa dan juga batu bata. Fungsi dari keempat elemen tersebut ialah, untuk menjadi tempat pertumbuan akar anggrek.

7. Perawatan tanaman anggrek

ringtimesbali

Pilih pot yang sesuai dengan tempat perakaran anggrek

Pemilihan pot sangat mempengaruhi  perkembangan tanaman bunga anggrek. Apabila pot memiliki lubang yang memadai, untuk proses peresepan air, maka tanaman anggrek dapat tumbuh subur dan sehat.

Air harus mengalir

Hal yang tidak boleh dilupakan adalah, drainase dalam pot. Apabila pot minim lubang, maka akan mempengaruhi pertumbuhan akar anggrek. Cara merawat anggrek berikutnya adalah memilih media tanam yang tepat.Siapkan media tanam yang memudahkan air mengalir dengan lancar seperti batang pohon tipis, lumut atau serabut kelapa. Media tanam berbasis batang pohon tidak meresap air terlalu banyak dan mengeluarkannya langsung lewat lubang drainase.

Rawatlah anggrek pada suhu yang tepat

Bagi Sedulur yang hobi menanam anggrek, maka jangan lupa untuk mengatur suhu tempat hidup anggrek. Berikan suhu kelembapan yang ideal untuk tanaman anggrek Sedulur. Dan jangan lupa jauhkan pot dari pancaran sinar matahari.

Siramlah air secara rutin

Jangan lupa untuk selalu menyiram air ke media tanam anggrek apabila sudah terlihat sangat kering. Namun, seperti yang kita ketahui bunga anggrek bereaksi lebih sensitif terhadap air sehingga kita harus paham jumlah dan frekuensi siram. Siram bunga anggrek di pagi hari, mulai dari 7 sampai 9 pagi, serta di sore hari, mulai dari jam 3 sampai 5 sore.

Berikan pupuk terbaik

Terakhir jangan lupa berikan pupuk terbaik untuk tanaman anggrek Sedulur. Sebab, tanaman epifit ini juga sangat membutuhkan nutrisi yang seimbang.

8. Jenis bunga anggrek termahal

Suryamalang

Sebagai simbol kemewahan, memang ada beberapa anggrek yang memiliki harga yang sangat fantastis. Mahalnya jenis anggrek, biasanya tergantung dari jumlah spesiesnya dan bagaimana perawatannya. Jenis anggrek yang dikatakan sangat mahal ada yang berasal dari Indonesia yaitu anggrek hitam papua yang dibanderol dengan harga Rp 100 juta.

Sementara itu, jika di luar negeri ada, anggrek emas kinabalu asal Malaysia yang bentuknya menyerupai tanaman kantung semar dan  dibanderol kisaran harga Rp 75 juta hingga Rp 87 juta.

9. Manfaat bunga anggrek

Gdmagri

Selain untuk penghias rumah atau mempercantik taman, ternyata anggrek mempunyai manfaat untuk kesehatan. Beberapa manfaat untuk kesehatan antara lain adalah, mengatasi persoalan pernapasan, mencegah penuaan dini,  meredakan sakit perut, hingga menyehatkan mata lho Sedulur.

10. Harga bunga anggrek

suara

Harga bunga anggrek sebenarnya stabil dan tidak terlalu  fluktuatif. Di tingkat pembudidaya anggrek, anggrek dijual dari mulai kisaran 50 ribu sampai yang termahal 500 ribu. Untuk jenis bulan dewasa bisa dihargai sebesar, Rp 75 ribu. Sedangkan yang sudah berbunga, biasanya dihargai 100 ribu sampai dengan 500 tergantung corak warna dan motifnya. Semakin unik, maka akan semakin mahal.

Nah demikian  ulasan mengenai tanaman anggrek. Semoga pembahasan ini, membantu Sedulur yang hobi menanam anggrek,  agar lebih rajin lagi merawat tanaman anggrek.