resep tempe crispy

Hidangan tempe memang lebih nikmat ketika dimasak dengan cara digoreng kering. Tak hanya cocok jadi lauk dengan nasi, tapi jadi cemilan untuk bersantai. Namun, untuk membuat resep tempe crispy yang renyah tentu bukan hal mudah. Ada beberapa trik khusus yang harus dilakukan.

Tempe crispy sendiri memang jadi salah satu hidangan yang menggugah selera dan disukai oleh banyak orang di Indonesia. Kalau Sedulur merupakan pecinta tempe, mari simak resep tempe crispy  yang sangat spesial berikut ini!

BACA JUGA: Resep Gulai Putih, Kuahnya Gurih Bikin Nagih!

Tips Menggoreng Tempe

resep tempe crispy
Cookpad/Wardat El Ouyun

Tempe goreng menjadi salah satu makanan yang paling digemari di Indonesia. Namun, tempe yang digoreng tersebut harus memiliki tekstur garing yang renyah dengan bumbu gurih yang meresap.

Sayangnya, untuk bisa membuat tempe goreng crispy yang sempurna bukanlah perkara mudah. Beruntung SuperApp ada beberapa tips dan trik yang bisa Sedulur coba untuk bisa membuat resep tempe crispy, berikut ini diantaranya:

1. Memilih tempe yang tepat

Sebelum menggoreng tempe, pilih tempe yang sudah jadi tempe secara baik. Misalnya adalah tempe yang sudah bukan berbentuk kedelai atau tempe sudah terlalu matang. Selain itu, Sedulur harus memilih tempe yang masih segar dan berkualitas baik dengan kepadatan yang pas.

2. Iris tempe sedikit tipis

Salah satu trik untuk bisa menciptakan tempe crispy yang sempurna adalah ukuran potongannya. Usahakan untuk mengiris tempe dengan irisan yang tidak terlalu tebal.

Tempe yang diiris terlalu tebal akan membuat bagian dalam tempe tetap basah meski telah digoreng dalam waktu cukup lama. Sebaiknya iris tempe dengan ketebalan tidak lebih dari 1 cm.

3. Rendam tempe dalam bumbu sebelum digoreng

Jika ingin menggoreng tempe dengan cita rasa gurih dan bumbunya meresap, sebelum tempe digoreng sebaiknya marinasi tempe. Teknik ini akan membuat bumbu tempe goreng meresap dengan baik. Biasanya bumbu tempe goreng adalah garam, bawang putih, dan ketumbar.

4. Gunakan adonan tepung dan air dingin

Ketika menggoreng tempe, biasanya akan menggunakan adonan tepung sebagai lapisan luarnya. Dalam membuat balutan ini juga tidak bisa sembarangan. Sedulur sebaiknya membuat campuran tepung dengan air dingin atau air es.

Suhu dingin akan membuat adonan lebih krispi setelah digoreng. Adonan dingin ini akan memberikan tekstur keras dan renyah pada tempe goreng tepung meski sudah dingin. 

5. Adonan dua lapis

Menggunakan adonan tepung memang akan membuat tempe menjadi renyah, namun akan lebih krispi lagi jika Sedulur melapisi adonan tempe pertama tadi dengan tepung bumbu lagi.

Jadi, tempe yang sudah dilapisi dua kali, pertama dicelupkan ke adonan yang basah, lalu lapisi lagi dengan tepung yang kering. Dijamin teksturnya akan lebih renyah. 

BACA JUGA: Resep Sayur Goreng Crispy untuk Camilan di Rumah

Resep Tempe Crispy Istimewa

resep tempe crispy
Parapuan/Dwi Endah P

Nah, setelah melihat beberapa tips dan trik untuk membuat resep tempe crispy. Berikut ini beberapa resep dan cara membuat tempe crispy istimewa khusus untuk Sedulur.

Bahan:

  • Tempe iris tipis secukupnya
  • 100 gram Tepung Kriuk Cap Opung
  • 1 sdm tepung beras
  • 3 siung bawang putih
  • 1 sdt ketumbar
  • 1 ruas jari kunyit
  • 1 sdt garam
  • 1 butir kemiri
  • Air es secukupnya
  • Bumbu garam secukupnya
  • Minyak Goreng Perirasa

Cara membuat:

  • Siapkan semua bahan, campur semua tepung dengan bumbu yang telah dihaluskan.
  • Tambahkan air sedikit demi sedikit ke dalam bumbu dan tepung, aduk rata hingga membentuk adonan cukup encer.
  • Tambahkan daun bawang ke dalam adonan bumbu, aduk rata.
  • Masukkan tempe ke dalam adonan tepung, ratakan kemudian diamkan kira-kira selama 15 menit agar bumbu tepung meresap ke dalam tempe.
  • Panaskan minyak, ambil tempe satu persatu kemudian goreng dengan api sedang hingga berwarna kuning kecokelatan.
  • Angkat tempe goreng tepung daun bawang yang telah matang, sajikan selagi masih hangat.

Demikian tadi resep tempe crispy yang bisa Sedulur coba. Jangan lupa untuk memperhatikan tips dan trik yang sudah dijelaskan di atas agar menghasilkan gorengan tempe yang renyah dan kriuk ya.

Sedulur juga tidak perlu khawatir karena bahan-bahan untuk membuat tempe goreng crispy ini bisa dengan mudah ditemukan di toko kelontong dan di SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Untuk informasi lebih banyak, Sedulur bisa mengikuti Instagram SuperApp. Selamat mencoba!