makanan burung hantu

Belakangan ini, burung hantu menjadi hewan peliharaan yang disukai banyak orang. Bentuk cantik dan perilakunya yang tenang membuat orang tertarik memeliharanya. Bagi Sedulur yang berminat memilikinya, pahami terlebih dahulu apa makanan burung hantu.

Seperti yang Sedulur tahu, burung hantu merupakan hewan yang aktif pada malam hari. Hewan ini termasuk dalam jenis burung pemakan daging atau sering disebut karnivora. Uniknya, makanan burung hantu bisa berbeda-beda untuk tiap jenisnya. Jadi, Sedulur harus menyesuaikan dengan kebutuhan dan jenis burung hantu. Tidak usah khawatir, berikut contoh makanan burung hantu sesuai jenisnya yang bisa diberikan. Yuk, langsung cek!

BACA JUGA: Tips Perawatan Burung Ciblek Gunung dengan Kisaran Harganya

1. Makanan burung hantu celepuk reban

Greeners

Burung hantu jenis celepuk reban ini cukup banyak ditemui di Indonesia. Habitatnya tersebar di kawasan Sumatra, Jawa, Bali, dan Kalimantan. Selain itu, burung hantu ini juga ada di negara Filipina. Celepuk reban menjadi salah satu spesies burung hantu yang berukuran tubuh kecil. Adapun jenis makanan burung hantu celepuk reban yaitu anakan tikus, ulat hongkong, dan serangga seperti jangkrik.

2. Makanan buffy fish owl

eBird

Sama seperti celepuk reban, burung hantu ini banyak dipelihara di Indonesia. Sifatnya mudah beradaptasi dengan lingkungan serta bersahabat baik dengan manusia. Tentunya orang-orang makin senang memeliharanya. Sesuai namanya, makanan favorit burung ini adalah ikan, terutama ikan lele. Enggak cuma ikan lele, buffy fish owl juga senang memakan tikus putih, anak ayam, dan burung pipit.

3. Makanan burung hantu serak jawa

makanan burung hantu
Jalak Suren Net

Burung hantu serak jawa dikenal juga dengan barn owl, atau nama latinnya tyto alba. Ciri khas jenis ini terletak pada bagian wajahnya yang unik. Di sektor pertanian, burung hantu tyto alba sering digunakan sebagai pengendali hama tikus. Makanan burung hantu tyto alba yaitu burung kecil, anak ayam, kelelawar, atau daging yang masih segar. Saat memberikan makan, sebaiknya perhatikan ukuran makanannya agar dapat tertelan dengan baik.

4. Makanan burung hantu beluk jampuk

Greeners

Beluk jampuk disebut juga dengan burung hantu bubo sumatranus. Jenis ini memiliki ciri khas yang membuat daya pikatnya makin meningkat di kalangan penggemar burung hantu. Beluk jampuk terlihat seolah mempunyai alis pada bagian matanya.

Burung hantu beluk jampuk dinilai cukup sulit untuk dipelihara. Alasannya karena tingkat stresnya lebih tinggi ketimbang jenis lainnya. Maka dari itu, pemilihan makanan burung hantu ini tidak boleh asal. Beberapa makanan yang cocok diberikan untuknya yaitu burung puyuh, katak, kadal, kepiting kecil, kelelawar, tikus, dan anak ayam.

BACA JUGA: 13 Spesies Burung Punai, Si Merpati Cantik dengan Mitosnya

5. Makanan burung hantu salju

Treehugger

Populer berkat kemunculannya di film Harry Potter, burung hantu salju punya ciri khasnya tersendiri. Bulunya didominasi warna putih seperti salju dan tatapannya sangat tajam. Jenis burung ini sebenarnya cukup langka di Indonesia dan jarang ada yang memeliharanya. Hal ini disebabkan perbedaan habitat yang kurang cocok.

Burung hantu salju terbiasa dengan hawa dingin, sedangkan di Indonesia memiliki musim tropis dan cuacanya cukup panas. Makanan favoritnya pun sedikit berbeda dengan yang lain yaitu ikan. Namun, tenang saja, makanan seperti anakan tikus dan burung kecil masih bisa diberikan.

6. Makanan bay owl

Flickr

Burung hantu ini memiliki ciri khas sangat mencolok yaitu warna merah pada kelopak matanya. Selain itu, bay owl juga sangat aktif pada malam hari untuk berburu makanan. Adapun makanan burung hantu liar bay owl yaitu tikus dan ayam. Jika Sedulur ingin memeliharanya, serangga seperti belalang atau jangkrik dapat menjadi makanan anakan burung hantu ini. Setelah cukup dewasa, mulai berikan tikus atau daging ayam.

7. Makanan brown hawk owl

makanan burung hantu
Canon Global

Brown hawk owl atau burung hantu punggok cokelat adalah salah satu jenis yang memiliki ukuran sedang dan tubuhnya didominasi warna bulu kecokelatan. Penampilan burung hantu jenis ini mirip seperti elang dengan warna gelap dan matanya bulat cokelat. Perlu diketahui, punggok cokelat adalah spesies burung dalam famili Strigidae.

Burung ini tersebar luas mulai dari India, Asia Tenggara, hingga ke Cina Selatan. Selain itu, habitatnya juga ada di Kalimantan, Jawa, dan Palawan, FIlipina. Perihal makanan, punggok cokelat bisa mengonsumsi daging dari berbagai jenis hewan, antara lain tikus, kepiting, kelelawar, capung, dan kadal.

8. Makanan spotted wood owl

DiBird

Spotted wood owl umumnya tinggal di daerah terpencil yang sudah tidak berpenghuni seperti rawa-rawa dan hutan bakau. Jenis ini juga menempati area terbuka yang cukup luas, misalnya tepian hutan, pinggir pantai, perkebunan, atau taman-taman di permukiman. Spotted wood owl memiliki bentuk wajah bulat dan bulunya berwarna cokelat tua. Warna paruhnya abu-abu hampir hitam kehijauan.

Bagian kepalanya berwarna cokelat dan bulu keemasan dilengkapi corak bintik putih hitam menyerupai batang di bagian tengkuknya. Seluruh bagian atas tubuhnya berwarna cokelat kemerahan corak putih dan bermata hitam. Perihal makanannya, burung hantu ini suka memakan tikus putih. Namun, Sedulur bisa memberikan daging-dagingan lainya seperti daging ayam. Cukup sesuaikan ukurannya agar makanan tertelan dengan lancar.

BACA JUGA: 13 Jenis Burung Kolibri Terbaik di Indonesia yang Cantik Banget!

9. Makanan beluk watu jawa

Igottera

Burung hantu beluk watu jawa adalah salah satu jenis asli endemik Indonesia. Jenis ini memiliki ukuran lumayan kecil, panjangnya hanya mencapai 24 cm saja. Warna bulu burung ini dominan merah bata dengan mata berwarna cokelat keemasan. Bentuk paruhnya sangat runcing berwarna hijau.

Beluk watu jawa biasa tinggal di hutan dataran rendah yang hangat. Burung hantu ini menyukai jenis makanan jangkrik dan burung anakan. Jenis burung seperti burung puyuh atau pipit bisa menjadi makanan beluk watu jawa.

10. Makanan celepuk merah

makanan burung hantu
Pinterest

Celepuk merah dikenal juga dengan reddish scops owl dan memiliki nama latin otus rufescens. Jenis burung hantu ini termasuk berbadan kecil. Panjang tubuhnya hanya sekitar 1518 cm, dengan rentang sayap 127137 cm. Bulu celepuk merah berwarna cokelat kemerahan.

Jika dilihat dari arah depan, burung ini seperti memiliki 2 buah daun telinga yang tegak ke atas. Namun, itu bukanlah daun telinga, melainkan bulu kepala yang berdiri tegak. Sama seperti burung hantu beluk watu jawa, celepuk merah bisa diberi makanan berupa serangga. Burung ini sangat menyukai serangga seperti jangkrik atau belalang.

Nah, itu dia beberapa makanan burung hantu sesuai jenisnya. Semoga bisa menambah wawasan Sedulur tentang burung hantu, ya. Perlu diingat, beberapa jenis burung hantu di atas sudah sulit ditemukan atau terancam punah. Alih-alih memeliharanya, lebih baik biarkan mereka hidup bebas dan berkembang biak di alam.

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.