Sedulur sering mengalami kulkas tidak dingin? Kenali penyebabnya dan simak cara mengatasinya di bawah ini!

Ketika di rumah kulkas tidak dingin lagi, tentu saja hal tersebut sebuah masalah. Karena bahan makanan yang disimpan di dalam kulkas akan basi dan tidak bisa digunakan lagi. Bukannya hemat, biaya pengeluaran dua kali lipat dan mubazir. Oleh karena itu, perlu segera mencari tahu penyebabnya dan mengatasinya segera.

Maka dari itu, dalam kesempatan kali ini, Superapp.id akan menjelaskan kemungkinan yang menjadi penyebab kulkas tidak dingin, serta menjelaskan beberapa solusi mengatasinya. Tanpa berlama-lama, Sedulur bisa simak langsung ulasannya di bawah ini!

Baca Juga: Daftar Harga Kulkas Samsung Terbaru Mei 2021

1. Bunga es yang tebal

1. Bunga Es yang Tebal
tribunnews.com

Penyebab utama kulkas tidak dingin adalah bunga es yang tebal. Ketika bunga es sudah tembal, maka bunga es akan menutupi bagian angin. Lubang angin merupakan bagian penting yang menyalurkan udara dingin dalam kulkas. Ketika lubang angin sudah tertutup, maka otomatis kulkas sudah tidak dingin lagi.

Solusinya adalah dengan membersihkan bunga es tersebut. Sedulur bisa mematikan listrik kulkas terlebih dahulu. Biarkan bunga es mencair, sehingga bisa dibersihkan. Meskipun membutuhkan waktu yang lama, namun cara ini satu-satunya yang bisa dilakukan. Bersihkan kembali lubang angin agar udara dingin bisa benar-benar tersalurkan dengan baik dalam kulkas.

2. Atur suhu kulkas saat pertama digunakan

2. Atur Suhu Kulkas Saat Pertama Digunakan
safetysign.co.id

Jika pada saat awal membeli kulkas dan kulkas tidak dingin, maka permasalahan ini biasanya disebabkan oleh pengaturan suhu kulkas yang tidak tepat pada saat digunakan. Maka, wajib hukumnya ketika Sedulur pertama kali membeli kulkas untuk cek pengaturan suhu. Atur suhu dengan kondisi dingin yang diinginkan, dan tunggu beberapa saat maka kulkas Sedulur pun akan dingin seperti seharusnya.

3. Menyimpan makanan panas di kulkas

3. Menyimpan Makanan Panas di Kulkas
kompas.com

Penyabab selanjutnya adalah menyimpan makanan panas pada kulkas. Masalah ini seringkali dianggap sepele, namun seringkali menjadi penyebab utama kulkas tak lagi dingin. Padahal, hal ini merupakan penyebab yang paling logis, yang bisa kita urai menggunakan logika dasar.

Ketika suhu panas makanan menjadi dominan, maka susu sekitar (suhu di dalam) akan menyesuaikan dengan suhu dominan, yang artinya tak lagi dingin. Untuk mengatasi penyebab kulkas tidak dingin bagian bawah, Sedulur harus menahan untuk menyimpan makanan panas di dalam kulkas. Tiriskan terlebih dahulu, minimal suhu makanan normal atau hangat. Maka selanjutnya bisa Sedulur masukkan dalam kulkas. Kulkas pun bisa normal kembali.

4. Jauhkan kulkas dari peralatan yang bersifat panas

4. Jauhkan Kulkas dari Peralatan yang Bersifat Panas
tribunnews.com

Penyabab ini pada prinsipnya sama dengan penyebab sebelumnya. Jika kondisi panas lebih dominan, maka suhu sekitar akan menyesuaikan dengan suhu dominan. Makan untuk mengatasi persoalan kulkas tidak dingin ini, Sedulur bisa menjauhkan peralatan elektronik yang menyebabkan panas seperti magicom, dispenser dan peralatan panas lainnya untuk jauh dari kulkas. Selain agar kulkas bisa digunakan kembali, kulkas juga bisa awet dan tak mudah rusak.

5. Gangguan listrik pada stop kontak

5. Gangguan Listrik Pada Stop Kontak
idntimes.com

Gangguan kulkas tidak dingin selanjutnya adalah gangguna pada stop kontak. Stop kontak merupakan energi utama untuk mengantarkan listrik pada peralatan rumah tangga, terutama kulkas. Jika stop kontak rusak, maka kulkas pun tidak akan bisa mengalirkan listrik dan menghasilkan dingin yang sesuai.  Untuk mengatasi persoalan kulkas tidak dingin ini, Sedulur hanya perlu memperbaik stop kontak dan menggantinya dengan yang baru.

Baca Juga: 25 Daftar Peralatan Rumah Tangga Ini Wajib Kamu Punya!

6. Freon kulkas bermasalah

6. Freon Kulkas Bermasalah
sobatbee.com

Pertanyaan yang sering diutarakan adalah kondisi kulkas tidak dingin tapi lampu menyala, kira-kira apa penyababnya? Lampu menyala bukan menjadi indikator kulkas bersuhu dingin. Sumber suhu dingin yang utama dari kulkas berasal dari freon. Freon merupakan gas atau senyawa yang bisa menghasilkan dingin pada kulkas.

Freon sesungguhnya harus diganti secara berkala, ketika kulkas tidak dingin lagi maka bisa jadi freon habis dan harus diganti. Maka solusinya adalah Sedulur tinggal mengganti freon dengan yang baru, kulkas pun akan kembali normal.

7. Cek kondisi pintu kulkas

black top mount refrigerator with dispenser

Jika Sedulur masih bertanya kenapa kulkas tidak dingin, sementara seluruh bagian ada pada kondisi normal. Sedulur bisa cek kondisi pintu. Seringkali persoalannya adalah pintu kulkas yang tidak tertutup rapat. Pastikan kembali, jika pintu kulkas tidak bisa tertutup rapat, maka Sedulur harus memperbaiki pintu kulkasnya.

Biasanya, karet pintu kulkas sudah tidak berfungsi dengan baik, dan kulkas tidak bisa menutup sempurna. Hawa dingin dalam kulkas akan menyebar keluar dan kulkas tidak akan pernah dingin. Solusi untuk masalah ini sangat mudah, Sedulur tinggal memperbaiki karet pintu kulkas agar kulkas bisa dingin dan normal kembali.

8. Thermostat tidak diatur

8. Thermostat Tidak Diatur
ruangteknisi.com

Bagian ini merupakan bagian yang seringkali diabaikan, yaitu thermostat. Seluruh bagian kulkas telah Sedulur cek dan baik-baik saja, namun kulkas masih juga belum dingin. Coba Sedulur cek bagian thermostat. Thermostat merupakan pengatur suhu kulkas. Proses pendingian kulkas dimainkan oleh thermostat.

Cara memperbaiki kulkas tidak dingin satu ini sangat mudah, Sedulur tinggal atur suhu thermostat, jika posisi thermostat pada posisi off, hingga kapanpun kulkas Sedulur tidak akan dingin. Pasang pada posisi on, dan sesuaikan susu sesuai kebutuhan Sedulur. Kulkas pun akan kembali normal.

9. Daya listrik tidak stabil

9. Daya Listrik Tidak Stabil
productnation.co

Daya listrik atau tegangan listrik yang tak stabil seringkali menjadi penyebab kulkas 2 pintu tidak sedingin dulu. Listrik yang tidak stabil bisa mempengaruhi kinerja kulkas, bahkan bisa merusak kulkas. Daya listrik yang tidak stabil juga bisa menyebabkan kompresor kulkas menjadi rusak.

Kompresor kulkas hidup tapi namun tak bisa mendinginkan adalah gejala lustrak mulai tidak stabil dengan daya listriknya. Jika persoalan ini yang kulkas Sedulur alami, maka solusinya adalah memanggil teknisi PLN ke rumah Sedulur. Normalkan daya listrik di rumah, sesuaikan dengan kebutuhan kulkas dan peralatan elektronik lainnya. Karena jika daya listrik tidak stabil, bukan hanya kulkas Sedulur yang akan rusak, namun peralatan elektronik lainnya pun akan demikian.

10. Evaporator putus

10. Evaporator Putus
icreate.id

Penyebab terakhir kulkas 1 pintu tidak dingin atau kulkas jenis lainnya adalah evaporator putus. Evaporator merupakan benda yang ada di dalam kulkas yang berfungsi menyalurkan freon yang merupakan sumber dingin pada kulkas. Ketika evaporatur putus, makan energi dingin tidak akan tersalurkan.

Solusinya, baik rusak atau bocor, adalah dengan menggantinya. Jika pun bocor, proses perbaikan akan memakan biaya dan waktu yang sama dengan menggantinya. Cara mudahnya adalah dengan menggantinya, Sedulur bisa membeli evaporatur baru dan memasangnya kembali di kulkas Sedulur. Kulkas pun akan dingin kembali.

Beberapa poin di atas merupakan persoalan kulkas tidak dingin, di atnara poin-poin yang telah diulas di atas, pasti ada yang pernah Sedulur alami. Ikuti cara mengatasinya berdasarkan solusi yang telah dijelaskan di atas. Setelah kulkas normal kembali, Sedulur baru bisa mengisi kembali kulkas dengan bahan makanan yang fresh dan berkualitas.

Sedulur hanya bisa mendapatkan bahan makanan fresh dan berkualitas dengan membelinya di Aplikasi Super. Hanya di Aplikasi Super bisa mendapatkan bahan makanan yang lengkap, berkualitas dengan harga super murah dan pelayanan terbaik. Sedulur bisa klik di sini untuk download Aplikasi Super dan mulai gunakan Aplikasi Super untuk kebutuhan sehari-hari Sedulur. Selamat mencoba!