kulkas mini yang freezernya bagus dingin

Kulkas menjadi salah satu peralatan elektronik yang penting dalam rumah tangga. Sebab, kulkas merupakan tempat menyimpan berbagai makanan dan minuman agar tetap segar. Jadi tidak heran jika pertimbangan beli kulkas cukup banyak dan tidak bisa sembarangan.

Bagi Sedulur yang sedang mempertimbangkan membeli kulkas untuk kebutuhan rumah tangga, jangan melewatkan ulasan kali ini ya. Kami akan memberikan banyak sekali tips dan pertimbangan membeli kulkas agar tepat sesuai kebutuhanmu. Yuk, simak!

BACA JUGA: 13 Rekomendasi Kulkas Mini dengan Freezer Bagus, Dingin Terus!

1. Pertimbangkan kapasitas ruang kulkas

Unsplash/Point3D Commercial Imaging

Hal pertama yang harus dipertimbangkan adalah kapasitas atau volume ruang kulkas. Setiap rumah membutuhkan kapasitas kulkas yang tidak sama. Misalnya saja Sedulur memiliki keluarga besar dan rutin berbelanja banyak tiap bulan maka tentu lebih baik memilih kulkas dengan kapasitas besar.

Sebaliknya, jika keluarga Sedulur kurang dari empat anggota keluarga dan tergolong jarang membeli makanan banyak, maka bisa disarankan Sedulur cukup membeli kulkas berkapasitas kecil atau sedang. Maka, sangat penting untuk menyesuaikan kapasitas kulkas dengan kebutuhan Sedulur.

2. Perhatikan dimensi kulkas

Masalah ruang tempat meletakkan kulkas juga perlu diperhatikan. Sedulur boleh saja membeli lemari es dengan kapasitas atau volume besar. Akan tetapi, perlu Sedulur perhitungkan semakin besar kapasitas kulkas, maka semakin besar juga dimensi kulkas keseluruhan. 

Ukuran kulkas beragam, mulai dari yang besar hingga kulkas mini. Jangan sampai ruangan sempit lalu diletakkan kulkas berukuran besar. Ini tentu akan mengganggu tata interior rumah, dan buruknya lagi akan membuat rumah Sedulur terasa semakin sempit.

3. Lihat desain kulkas

Cara memilih kulkas bagus yang satu ini bisa dibilang semua kembali kepada Sedulur. Mengapa demikian? Hal ini karena tampilan desain kulkas bisa dipilih sesuai selera dan kepuasan masing-masing.

Sedulur bisa memilih kulkas yang memiliki desain dan warna yang senada dengan gaya interior dapur. Tampilan kulkas yang menarik bisa membuat suasana dapur menjadi menyenangkan.

4. Lihat mutu dan kualitasnya

Soal mutu dan kualitas tentu tidak ada yang menolak bahwa ini jadi pertimbangan pokok dalam memilih kulkas bagus. Sedulur pasti tak mau punya kulkas bagus tapi nya mudah berkarat atau engsel pintunya atau mesinnya mudah rusak. Oleh karena itu, teliti bahan dan material yang digunakan pada seluruh  kulkas.

Sedulur bisa memilih kulkas dengan bahan yang kokoh dan terbuat dari Pre Coated Material (PCM). Kemudian, jangan lupa untuk perhatikan pintu kulkas apakah rapat atau renggang, bagian kaki penopang kulkas dan engsel pintu. Jadi, Sedulur harus jeli melihat dan mempertimbangkan masalah bahan dan material supaya kulkas yang Sedulur beli tidak mudah rusak.

5. Teknologi pendingin

Masalah teknologi pendingin juga perlu Sedulur pertimbangkan dalam cara milih kulkas bagus. Masing-masing orang memiliki kebutuhan kulkas dengan kemampuan pendingin beragam. Sebagai tambahan informasi, kebanyakan kulkas bagus memiliki label berupa gambar bintang di bagian kanan atas pada pintu kulkas. 

Ada kulkas dengan gambar bintang berjumlah 3 buah, dan ada yang mencapai 5 buah. Jumlah tersebut memiliki definisi khusus terhadap teknologi pendingin yang diusung oleh kulkas terkait.

Untuk kulkas dengan label 3 bintang, maka menunjukkan bahwa kemampuan pendingin yang ditawarkan sebesar -150°C. Sedangkan untuk kulkas berlabel 5 bintang menyatakan bahwa suhu maksimum yang mampu dihasilkan mencapai angka -210°C. Jadi, pilihlah sesuai kebutuhan.

BACA JUGA: Tips Memanaskan Makanan Kulkas agar Tetap Enak dan Hangat!

6. Lihat teknologi khusus pada kulkas

kulkas mini yang freezernya bagus dingin
Unsplash/Fred Kleber

Di era digital seperti sekarang, hampir segala perangkat elektronik didukung teknologi pintar yang memudahkan, termasuk kulkas. Adapun salah satu teknologi pintar yang disematkan pada beberapa merek kulkas adalah pengaturan suhu melalui ponsel.

Meski dibanderol dengan harga lebih mahal, sebagian orang tertarik untuk memiliki kulkas dengan teknologi tersebut. Hal ini juga bisa menjadi pertimbangan sebelum membeli kulkas.

7. Lihat fitur pendinginnya

Masing-masing merk kulkas memiliki fitur pendingin yang berbeda. Fitur utama yang wajib ada adalah multi air flow. Kulkas yang menawarkan fitur ini memiliki kemampuan mendinginkan suhu secara merata ke seluruh bagian ruang kulkas.

Hal ini menjadikan tidak ada bagian yang suhunya sangat dingin sementara bagian lainnya tidak terlalu dingin. Pahami masing-masing merk kulkas yang menarik dan pahami mengenai fitur pendinginnya.

8. Fitur wadah di dalamnya

Masalah fitur wadah yang terpasang pada seluruh bagian ruang kulkas juga perlu Sedulur pertimbangkan. Misalnya, rak telur harus ada lubangnya, wadah daging dan ikan harus terpisah dari wadah makanan lain.

Selain itu, wadah buah-buahan tidak memiliki lubang untuk menjaga kesegarannya, tempat penyimpanan sayur-mayur harus memiliki lubang sebagai sirkulasi udara dan suhu agar kesegarannya lebih terjaga.

Rak-rak makanan dan minuman pada interior kulkas harus yang bisa diatur supaya mudah dalam penggunaan fungsinya. Sementara pada wadah pembuangan yang berada di bagian belakang kulkas harus memiliki sirkulasi udara yang baik, sehingga air bisa lebih mudah dan cepat dalam menguap.

9. Perhatikan berapa konsumsi listrik

Biasanya masalah listrik banyak dikeluhkan terutama ibu rumah tangga. Tapi tenang saat ini Sedulur bisa memilih kulkas yang menawarkan teknologi pendingin hemat energi atau inverter.

Hal tersebut sangat penting bagi kesehatan ekonomi keluarga agar bisa lebih hemat dan terjangkau. Jadi masalah listrik bisa menjadi salah satu prioritas pertimbangan beli kulkas yang bisa Sedulur perhatikan.

10. Kenali jenis kulkas

Secara umum, jenis kulkas terbagi dua yaitu dengan freezer (ruang pembeku) dan non-freezer (all-refrigerator model) yang unggul dalam hal kapasitas penyimpanan. Kapasitasnya disesuaikan dengan kebutuhan, ada yang satu pintu, dua pintu, hingga banyak pintu.

Kulkas dua pintu memiliki kapasitas cooler dan freezer yang lebih besar dibanding lemari es satu pintu, sehingga bisa menyimpan makanan lebih leluasa. Namun, kulkas berjenis lebih dari dua pintu memiliki kapasitas yang lebih besar. Kulkas jenis ini juga memungkinkan kita menyimpan segala jenis makanan dalam kondisi yang optimal.

Pasalnya, kulkas dengan pintu lebih dari satu memiliki kompartemen khusus untuk kebutuhan tertentu. Misalnya, area soft freezing yang ideal untuk penyimpanan daging dan ikan. Fitur soft freezing ini membuat makanan hanya sedikit beku sehingga mudah untuk langsung diolah. Jadi, sebelum membeli pertimbangkan hal ini juga.

BACA JUGA: 15 Rekomendasi Kulkas 2 Pintu 100 Watt

11. Pilih fitur yang sesuai dengan kebutuhan

Unsplash/Cshong

Saat ini, berbagai merek kulkas hadir dengan sederet fitur menarik, seperti kontrol suhu, rak yang dapat disesuaikan, pencahayaan memadai, serta efisiensi energi. Selain itu, ada pula kulkas yang dilengkapi dispenser air, pembuat es, kompartemen susu, teknologi bebas embun beku, lapisan antibakteri, filter udara, akses setiap pintu, mode liburan, dan alarm.

Meski demikian, Sedulur juga perlu mempertimbangkan bahwa semakin canggih fitur yang dimiliki kulkas, maka semakin mahal harganya. Karena itu, pilihlah kulkas dengan fitur-fitur yang sesuai dengan kebutuhan Sedulur.

12. Pilih merek kulkas terpercaya

Saat membeli kulkas baru, tak ada salahnya untuk mempertimbangkan merek dari produk elektronik tersebut. Sebaiknya beli kulkas dari brand terpercaya. Selain kualitasnya terjamin, merek kulkas terpercaya juga biasanya memiliki pelayanan terbaik seperti garansi dalam waktu yang cukup lama.

Tak hanya itu, terkadang brand tersebut juga memberikan layanan service gratis apabila terdapat kerusakan dalam jangka waktu tertentu. Sedulur juga bisa lebih nyaman ketika membeli produk tersebut.

13. Pertimbangkan harganya

Harga kulkas yang dijual di pasaran sangat variatif sesuai fitur yang ditawarkan. Jadi, sesuaikan dana dengan kemampuan dan kebutuhan Sedulur. Namun, perlu diingat kulkas adalah investasi jangka panjang.

Oleh karena itu tak ada salahnya membuat aktivitas dapur lebih menyenangkan dengan menyisihkan budget lebih untuk kulkas dengan desain menarik dan fitur yang mumpuni. Hal ini juga menjadi pertimbangan beli kulkas yang wajib diperhatikan.

Namun kulkas dengan harga murah sering kali tidak menjamin fungsinya dalam menjaga kesegaran dan kualitas makanan yang disimpan. Kulkas murah juga biasanya belum memiliki fungsi untuk mengatur kelembaban.

Kelembaban udara rendah akan mengangkat air yang terkandung dalam sayur dan buah sehingga kelembaban menjadi berkurang dan dapat membuat makanan layu. Tak hanya itu stok makanan pun sering terbuang sia-sia. Jadi Sedulur bisa memilih dengan lebih bijak terkait harga dan fiturnya.

14. Jangan lupakan garansinya

Masalah garansi menjadi salah satu pertimbangan beli kulkas yang wajib konsumen perhatikan selanjutnya. Maka pilihlah kulkas dengan garansi yang resmi dan memadai. Garansi sangat penting dalam meminimalisir terjadinya kerugian saat kulkas yang dibeli mengalami kerusakan khususnya pada bagian mesin.

BACA JUGA: Tips Menyimpan Nasi di Kulkas agar Tidak Mudah Basi

Kesimpulan untuk Membeli Kulkas

kulkas mini yang freezernya bagus dingin
Pexels/Kevin Malik

Setelah melihat beberapa pertimbangan di atas, paling penting adalah belilah kulkas sesuai dengan kebutuhanmu dan jangan lupa melihat beberapa tips di atas. Hal ini akan membantu Sedulur dalam memiliki produk terbaik. Sedulur juga memilih kulkas yang hemat energi.

Pasalnya, kulkas peralatan listrik yang tidak pernah mati atau hidup sepanjang hari. Kecuali jika Sedulur hendak meninggalkan rumah dalam waktu yang lama agar tagihan listrik tidak membengkak. Karenanya, sebelum membeli kulkas baru, penting diperhatikan seberapa hemat energi kulkas tersebut.

Itulah tadi berbagai pertimbangan beli kulkas yang bisa Sedulur pikirkan matang-matang. Jangan sampai Sedulur salah memilih dan menyesal di kemudian hari. Semoga artikel ini bisa membantu ya.